Wikipedia:Logo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Walaupun penggunaan logo sangat berguna untuk membantu menunjukkan bahwa suatu artikel adalah mengenai perusahaan pemilik logo tersebut, keterkaitan antara perusahaan-perusahaan dan logonya membuat penggunaan logo menjadi topik yang sensitif bagi perusahaan-perusahaan tertentu sehingga harus ditangani dengan hati-hati.

Alasan pemuatan suatu logo dalam ensiklopedi serupa dengan alasan pencantuman foto dari, sebagai contoh, Rano Karno atau Krisdayanti. Sulit untuk menjelaskan dalam kata-kata informasi yang dapat disampaikan dengan foto tersebut. Walaupun demikian, sebagian besar pengguna merasa bahwa foto-foto tersebut sangat bermanfaat. Logo harus dianggap sebagai foto dari perusahaan. Walaupun demikian, tidak seperti orang, yang sangat mungkin untuk diambil fotonya secara bebas, logo perusahaan umumnya selalu dilindungi oleh hak cipta atau merek dagang. Karenanya, penggunaan logo harus mengikuti pedoman penggunaan yang adil Wikipedia.

Di Indonesia, penggunaan logo di Wikipedia mengikuti aturan pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014. Macam-macam logo dapat dibagi menjadi dua menurut lisensinya, yaitu, logo domain umum dan logo penggunaan wajar.

Ketentuan hak cipta[sunting]

Mengunggah berkas nonbebas[sunting]

Logo perusahaan, atau badan hukum dapat muncul di artikel Wikipedia, namun harus diketahui, jika berhak cipta, wujud tanggung jawab orang yang mengunggah logo tersebut ialah membuktikan bahwa logo tersebut dilindungi hak cipta dan memenuhi Ketentuan Penggunaan Wajar. Logo yang diunggah harus beresolusi rendah dan tidak boleh lebih tinggi daripada itu. Pada halaman deskripsinya, harus mencantumkan deskripsi yang lengkap serta templat lisensi {{logo}}. Seperti halnya ketentuan penggunaan wajar, URL tempat logo itu berasal bermanfaat untuk membantu memverifikasi status dan pemegang hak cipta, dan keautentikan logo. Templat hak cipta gambar wajib ditambahkan pada semua gambar—pada logo berhak cipta umumnya diberi tag {{logo}}. Tidak perlu menuliskan permohonan izin resmi tertulis dari pemegang hak cipta dalam menggunakan logo, karena dilisensikan di bawah penggunaan wajar, dan tidak memberikan pengaruh bahwa logo itu terkait dengan Wikipedia ataupun mendukung Wikipedia atau artikel tempat logo itu diletakkan, dan tidak menimbulkan pengaduan dengan alasan tertentu oleh sang pemilik hak cipta.

Logo bebas hak cipta[sunting]

Logo Coca-Cola yang dilepas ke domain umum namun dilindungi oleh Undang-Undang Hak Merek.

Walaupun kebanyakan logo dilindungi hak cipta dan penggunaannya harus diawasi, ada berbagai alasan mengapa sebuah logo dapat bebas hak cipta

  1. karena tanggal publikasinya: jika logo diterbitkan sebelum 1923, logo tersebut dapat dilepas ke domain umum.
  2. karena logo hanya berupa tulisan saja: jadi logo hanya murni tersusun dari huruf-huruf dari rupa huruf tertentu dan bebas hak cipta.
  3. karena logo hanya tersusun atas bangun datar sederhana, atau gabungan sederhana dari bangun datar dan teks.

Ingat, logo masih dilindungi oleh hak merek meskipun bukan merupakan hak terkait hak cipta. Anda dapat mengunggah logo yang bebas dari hak cipta ke Wikimedia Commons agar dapat digunakan untuk semua proyek Wikimedia, dengan tetap memperhatikan status hak merek yang melekat padanya.

Ketentuan hak merek[sunting]

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2001 melindungi hak-hak bagi pemegang merek dan bukan pemegang merek, serta mengatur penggunaan hak merek. Ketika mengunggah materi berhak merek, tidak berlaku templat {{logo}} dan dimohon agar menambahkan templat:

Ingat tag hak cipta tetap wajib digunakan, sebagaimana sebagai templat tambahan dari templat merek dagang. Selalu tambahkan pemegang hak merek pada berkas yang Anda unggah.

Ketentuan editorial[sunting]

Iklan[sunting]

Hindari menggunakan logo dalam bentuk apa pun yang mempengaruhi masyarakat bahwa tujuannya hanyalah untuk mempromosikan. Umumnya, logo hanya boleh digunakan ketika logo tersebut cukup familiar di masyarakat atau ketika logo itu adalah untuk kepentingan desain ataupun artistik saja.

Logo yang bersifat menghasut[sunting]

Logo tidak boleh digunakan apabila bersifat menghasut atau melecehkan orang lain. Menggunakan logo untuk mengilustrasikan badan hukum atau perusahaan, atau pada artikel yang membicarakan tentang deskripsi logo, sejarah penggunaannya, atau tampilan menurut pencipta logo, dapat diterima secara luas. Logo yang berubah tampilannya atau logo yang bersifat lelucon harus digunakan dengan sangat hati-hati dan tidak menonjolkan sesuatu. Misalnya, logo-logo yang bersifat lelucon boleh digunakan dengan sangat hati-hati di bawah ketentuan penggunaan wajar pada artikel tentang kampanye atau lawakan, namun hanya boleh digunakan pada artikel aslinya jika lelucon tersebut dibahas dalam ruang lingkup yang luas.

[sunting]

Kewaspadaan harus diperhatikan untuk memastikan bahwa logo tersebut akurat dan berkualitas bagus. Bukan berarti bahwa gambar beresolusi tinggi harus digunakan, melainkan harus dimaknai bahwa logo yang diubah ukurannya tidak digunakan apabila penampilannya berubah drastis dari aslinya. Umumnya, digunakanlah logo yang resmi digunakan sekarang. Ketika logo lama dan bersejarah ditampilkan, teks di bawahnya harus menjelaskan secara rinci gambar, dan pada halaman berkasnya harus ada deskripsi jelas mengenai penggunaan logo bersejarah tersebut (baik logo sekarang digunakan atau tidak). Logo yang berslogan sebaiknya jangan diunggah, tetapi gunakanlah yang tanpa slogan saja. Slogan dapat dijelaskan pada {{infobox perusahaan}} dan/atau pada bagian tengah artikel.

[sunting]

Dalam hal memastikan bahwa logo ditampilkan secara tepat dengan mempertahankan detail logo tersebut, mohon agar tidak mengunggah logo dengan ukuran kurang dari 100 piksel, kecuali tidak ada versi yang lebih besar daripada ukuran tersebut. Ingat, tetap menggunakan gambar logo yang beresolusi rendah.

Penempatan[sunting]

Logo dapat muncul pada templat kotak info (infobox) artikel bertopik subjek yang bersangkutan. Sebagai contoh, logo badan usaha muncul pada artikel bertopik badan usaha tersebut, logo sekolah pada artikel sekolah tersebut, ataupun logo tim olahraga pada artikel bertopik tim olahraga, logo kementerian negara pada artikel bertopik kementerian negara tersebut; namun logo sekolah dan logo tim olahraga tidak boleh tampil pada artikel yang sama (tetapi boleh muncul pada dua artikel yang berbeda). Di luar batasan tersebut, baik logo nonbebas maupun merek dagang harus ada sekurang-kurangnya pada satu artikel, yaitu artikel yang mengilustrasikan subjek yang bersangkutan.

Lihat pula[sunting]