Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/September 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Info tarif dan jadwal di artikel KA

Artikel2 mengenai produk layanan KA di WI sudah banyak dan beberapa di antaranya memuat jadwal dan harga tarif, misalnya Kereta api Malabar. Saya kok keberatan dengan kedua info ini, krn wikipedia bukan etalase produk tapi ensiklopedia. Lebih baik info ini dialihkan ke wikibooks bagian wisata [1], sekalian memperkaya isinya (masak artikelnya masih di bawah 1000 ?) Nanti dibuat interwikinya. Kembangraps (bicara) 08:46, 26 Agustus 2010 (UTC)

Sepertinya memang harus dihapus. Namun artikel KA di Wikipedia bermasalah. Beberapa diantaranya merupakan kereta api palsu. Di forum penggemar kereta api Indonesia, ada yang protes, ada juga yang merasa lucu, ada yang ingin hapus tapi tidak tahu caranya makanya mereka kosongkan halaman tapi malah dikembalikan oleh pengurus. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:23, 26 Agustus 2010 (UTC)
Saya setuju hapus, tetapi saya tidak yakin untuk yang ke WikiBuku. Kalau mengenai fiktifnya kereta itu, mungkin kita perlu membuat komunikasi dengan mereka, untuk mengetahui mana saja yang fiktif atau isinya ngawur. Salam, Albertus Aditya (bicara) 14:45, 26 Agustus 2010 (UTC)
Kalau tidak salah nama situs webnya http://www.semboyan35.com/ ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:37, 26 Agustus 2010 (UTC)

Yang suka rajin mengedit siapa ya di artikel itu? Kembangraps (bicara) 09:57, 7 September 2010 (UTC)

Pengguna:Tristanarga atau Pengguna:Arga tristan. Dan beberapa pengguna lainnya (serta beberapa pengguna anonim) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 13:47, 7 September 2010 (UTC)

mohon perhatian dan jawaban prihal tersebut diatas dari pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, terima kasih

edi

Menyusul pertanyaan saya diatas dengan ini saya usulkan agar keterangan pada penyuntingan sbb:
Jika Anda tidak ingin tulisan Anda disunting dan didistribusikan ulang jika diinginkan, jangan kirimkan tulisan Anda ke ::sini. Jika Anda tidak menulisnya sendiri, tulisan ini harus tersedia dengan ketentuan yang sesuai dengan Ketentuan Penggunaan, ::dan Anda setuju untuk mengikuti semua persyaratan perizinan yang relevan.
Perubahan yang Anda lakukan akan langsung muncul
  • Gunakan bak pasir untuk percobaan penyuntingan.
  • Tanda tangani komentar Anda pada halaman pembicaraan dengan mengetikkan empat tilda (~~~~).
segera dapar dirubah sesuai dengan prinsip kebijakan pengurus: Versi tertunda agar tidak terkesan adanya inskonssitensi kebijakan, terima kasih, edi
mari kita berdiskusi pada Local Embassy, Needs your attention, salam Creptes (bicara) 06:54, 6 September 2010 (UTC)

Sejak awal, pemasangan flaggedrevs berdasarkan konsensus yang telah kadaluwarsa itu tidak tepat, apalagi dipasang terburu-buru oleh sdr Benny. Kacau? Tentu saja, sudah banyak saksinya (termasuk saya). Selain itu, sdr Benny tidak dapat menjawab argumen, "flaggedrevs adalah penyensoran" dalam Pembicaraan:Malaysia.  Mimihitam  14:50, 18 September 2010 (UTC)

Terus terang, saya baru mau aktif lagi di WPID, tapi begitu melihat ada aturan-2 aneh seperti flagrev dsb, lebih baik saya jadi pembaca pasif aja. Tapi terus terang hal ini menghambat perkembangan. WPID bisa berkembang kan karena bisa disunting oleh siapapun. Kalau memang ada masalah, itu fungsinya pengurus untuk membuat rambu2, bukan kemudian mencari orang2 untuk menjadi 'polisi' penyensoran. Aku usul supaya dicabut aja itu flagrev. aday(ngobrol) 08:23, 6 Oktober 2010 (UTC)
Bung aday, saya punya pendapat yang berbeda. Banyak energi para penyunting/pengguna WBI yang peduli pada pencegahan vandalisme jadi terbuang karena harus terus memantau perubahan terbaru. Semakin banyaknya artikel menyebabkan semakin besar energi yang dibutuhkan di masa depan. Bila ada 10 tindakan vandalisme pengguna, maka dibutuhkan 10 tindakan anti-vandalisme juga, jadinya ada 20 tindakan yang sia-sia (coba ubah 10, menjadi 1.000, kemudian 10.000, jadi banyak banget 'kan?). Dengan Flaggedrevs, pejuang anti-vandalisme umumnya tidak harus merevisi semua tindakan vandalisme, karena bisa melihat secara sekaligus semua perubahan sebelumnya yang belum diperiksa. Flaggedrevs meningkatkan efisiensi penyuntingan para pejuang anti-vandalisme, sekaligus kualitas tampilan artikel WBI. Semua pengguna (termasuk anonim) tetap dapat menyunting, hanya saja tertunda beberapa saat baru akan tampil (setelah diperiksa). Satu artikel umumnya diperiksa oleh beberapa pemeriksa kok. Menurut hemat saya ini sebenarnya sistem yang lebih "terbuka" daripada Wikipedia:Perlindungan penuh, suatu fitur/kebijakan yang bahkan telah ada sewaktu Jimbo masih aktif menyunting. Naval Scene (bicara) 09:19, 6 Oktober 2010 (UTC)
Bung aday, kontribusi-kontribusi Anda masih diharapkan. Untuk suntingan Anda bisa langsung tertampil, Anda dipersilakan mengajukan diri sebagai salah seorang Editor. Saya pikir Anda memenuhi syarat, hanya perlu meningkatkan suntingan dalam 3 bulan terakhir untuk mencapai jumlah yang disyaratkan.
βέννγλιν 10:20, 6 Oktober 2010 (UTC)

Masalahnya suntingan kita tidak sebanyak itu, dan keberadaan flagrev mengurungkan keinginan pengguna baru kalau perubahannya tidak langsung muncul. Gampang aja sih equationnya, kalau kompetisi diadakan pada keadaan WP ID sudah di flagrev, berantakannya bukan main. Saat salah satu artikel di validasi oleh editor numpang lewat, peserta tidak bisa menyunting lagi, panitia ngga bisa mbenerin juga, semuanya tertunda. Mau jadiin panitia editor, musti nuwun sewu sama siapa? Kalau panitianya ganti gimana? (ini terjadi juga) - intinya mau dipagerin atau mau nambah penulis? Ngga bisa dua-duanya. Dengan flag rev ngga akan ada kompetisi lagi atau gue ngiklanin Wikipedia bisa disunting semua orang, karena pernyataan salah itu. Sesat. Menurut penelitian Erik Zachthe flag rev juga terbukti tidak mengurangi vandal, niat vandal mah vandal aja. Pengurus juga niatnya gimana? Niat jaga atau niat kasih editor? Saya mengerti tentang lapisan pembatalan, tapi angka yang anda paparkan juga ngga sehebat dan serame itu. Saat itu Borgx bisa memeriksa semua suntingan, kenapa sekarang dia tidak ada jadi tidak bisa? Serenity (bicara) 09:32, 6 Oktober 2010 (UTC)

Kebijakan tentang daftar

Halo, saya mengusulkan agar dalam halaman-halaman berisi daftar, seperti misalnya Daftar band black metal, subyek yang boleh dimasukkan hanyalah entri yang telah memiliki artikel di Wikipedia (pranala biru). Ini untuk mencegah dimasukkannya subyek-subyek yang kemungkinan tidak layak seperti ini. --BlackKnightmail 10:20, 31 Agustus 2010 (UTC)

Tidak setuju. Sepertinya kita belum siap. Kita masih mengalami "kekurangan artikel" tentang mana yang layak dan mana yang tidak. Mungkin hal itu hanya bisa diterapkan di beberapa artikel tertentu saja seperti yang Anda berikan contohnya, tetapi seperti di Daftar tokoh mitologi Yunani, saya tak yakin kalau semua yang belum ada artikelnya itu tidak layak. Kitapun juga tidak bisa memastikan satu per satu bahwa semua yang ada artikelnya itu layak, kan ? Tetapi kalau nemu yang tidak layak, langsung hapus saja disertai penjelasan kepada kontributornya.. Albertus Aditya (bicara) 10:49, 31 Agustus 2010 (UTC)
Tidak setuju. Wah, jangan. Kalau begitu, isi daftarnya jadi sedikit dong. Kalau kebijakan itu diterapkan, nanti daftar dengan pranala merah banyak, seperti daftar band black metal, jadi sangat pendek. Mungkin dalam daftar itu cuma akan diisi oleh 10-15 artikel saja. Daftar kerdil. Mengenai layak atau tidak, search dulu di Google, atau di wikipedia lain. Kalau tidak layak, dihapus saja. Kalau layak, ya dibiarkan.-- Adiputra बिचर -- 10:53, 31 Agustus 2010 (UTC)
Tidak setuju ΑΛΑΓΟΣ  11:18, 31 Agustus 2010 (UTC)
Tidak setuju Saya kurang sependapat (per Made).  Mimihitam  14:50, 18 September 2010 (UTC)

Kebijakan rujukan untuk peristiwa terkini

Diskusi pada bagian ini dipindahkan ke Permohonan pendapat untuk Peristiwa terkini‎. Serenity (bicara) 03:52, 20 September 2010 (UTC)

Templat

Akhir - akhir ini, ada aksi dari pengguna pengurus yang menghilangkan templat DEFAULTSORT. Saya tidak mengerti kenapa dihilangkan, karena jika dihilangkan, stub menjadi tidak disort berdasarkan format nama keluarga, nama depan seperti yang sudah dipakai biasanya. Lalu, ada beberapa pengguna lainnya, yang menyatakan bahwa templat Defaultsort itu diubah dengan templat lifetime. Saya agak kurang setuju, karena templat lifetime agaknya tidak bisa memberikan fungsi seperti defaultsort atas kategori-kategori yang ada, juga templat lifetime tersangkut dengan kasus ketidak akuratan angka kelahiran/kematian yang dihasilkan pada beberapa subjek, seperti yang dibicarakan di halaman bicara Pengguna:Bennylin. Ada penjelasannya tentang hal ini dari pengurus ? Salam, Albertus Aditya (bicara) 14:42, 21 September 2010 (UTC)

Saya mencoba menjelaskan, sejauh sepengetahuan saya:
  • Artikel dengan kategori {{stub}} (rintisan) nantinya di susun berdasarkan urutan alfabet dari artikel itu sendiri. Sebagaimana dapat dilihat dari pembuatan {{stub}} itu sendiri, yakni menggunakan {{PAGENAME}} terlebih dahulu sebelum pengurutan lainnya (terpisah).
  • Peleburan {{DEFAULTSORT}} ke dalam {lifetime}} ditujukan untuk meminimalis penulisan templat, dan sekaligus memaksimalkan kegunaan dari {{lifetime}} itu sendiri. Sebagaimana dijelaskan dalam informasi di {{lifetime}}.
  • Ketidak akuratan penulisan dalam {{lifetime}}, sepertinya manusiawi. Dalam penulisan kalimat sendiri juga tentunya ada kesalahan. Bila ketidak-akuratan yang dimaksud adalah hasil perhitungan tahun usia, hal ini juga sudah dijelaskan terpisah dalam kategori yang secara otomatis diberikan oleh templat {{lifetime}} itu sendiri.
Mungkin ada yang lain yang bisa memberikan penjelasan lebih lanjut, atau mungkin memperbaiki penjelasan saya (maklum masih kurang canggih juga) Semoga berkenan & Salam — Tjmoel  bicara 16:03, 21 September 2010 (UTC)

Tanggapan

  • Berarti, yang sejak ini sudah diterapkan mau diubah ? Menurut saya perlu diskusi di komunitas dahulu, jangan hanya internal pengurus saja.
  • (2) & (3) Saya mengusulkan agar angka yang dihasilkan dari {{lahirmati}} menjadi kategori angkanya. Bisa diatur saya rasa, sedemikian rupanya, supaya tidak perlu menuliskan pula templat lifetime. Sementara, fungsi defaultsort juga dihasilkan dari templat lahirmati dengan parameter nama, atau bisa juga dibuat parameter tambahan, yang bisa didiskusikan lebih lanjut. Hasilnya, angka yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan kesalahan manusiawi bisa terhindarkan, sebab untuk tokoh yang telah meninggal dunia, akan menjadi tidak akurat selamanya, jika memang ada perbedaan yang dihasilkan, jadi agak kasihan ya..
  • Tambahan : Setiap kebijakan yang besar dan sistemik adalah lebih baik jika didiskusikan terlebih dahulu dengan komunitas, lalu hasilnya diumumkan di Warkop dan WP:Pengumuman, bila perlu juga di grup resmi di Facebook dan akun resmi di Twitter dan media lainnya yang dirasa perlu.

Salam, Albertus Aditya (bicara) 16:11, 21 September 2010 (UTC)

  • Apa yang berubah ? (maaf, kurang jelas). Sejauh sepengetahuan saya, tidak ada perubahan. Setiap artikel yang miliki kategori kelahiran dan/atau kematian, tetap memiliki kategori tersebut tanpa mengurangi apapun. Penyusunan sebagaimana yang dilakukan, juga tetap dipertahankan (sebagaimana tertulis diatas).
    • Selama ini, sepengamatan saya, stub itu mengikuti Defaultsortnya, format nama keluarga, nama depan, kalau menggunakan pagename kan menjadi format nama depan, nama keluarga seperti judul artikel
    • Coba dilihat lagi artikel {{stub}} yang menggunakan {{PAGENAME}}. Terakhir saya periksa sih, urutan-nya seperti nama artikel, walau menggunakan {{DEFAULTSORT}}
      • Ok. That's clear. Tapi, itu perlu persetujuan komunitas, apakah mau seperti itu, atau mengikuti format Dsnya. Albertus Aditya (bicara) 16:49, 21 September 2010 (UTC)
  • Templat {{lahirmati}} sudah secara otomatis memberikan kategori menurut kelahiran, maupun kematian. Penulisan {{lifetime}} sekaligus menghapus kategori kelahiran dan/atau kematian itu pun sudah dimulai sejak lama, dan bukan baru-baru ini (bukan ? ; karena anda juga menggunakan-nya kan ?). Kalau mengenai perhitungan usia yang dihasilkan oleh {{lifetime}}, hal ini berbeda karena tidak adanya tanggal. Mungkin anda dapat mengajukan pemberian kategori usia yang dihasilkan oleh {{lahirmati}} secara otomatis.
    • Ya, saya menggunakannya, tetapi saya rasa terkadang memang tidak efektif. Hanya saja, templat itu memberikan satu kategori yang tidak bisa saya mutakhirkan untuk semua artikel, jadi ya agak kurang sreg sebenarnya secara pribadi..
    • Kan tidak mungkin semua-nya dijadikan otomatis, pasti ada kelebihan dan kekurangannya.
  • Seperti yang diketahui, Wikipedia adalah ensiklopedis bebas dan bukan milik pribadi. Silahkan dipandang mana yang perlu didiskusikan dengan komunitas melalui media-media yang disebutkan. Mohon maaf kalau penjelasan saya masih kurang, Salam — Tjmoel  bicara 16:29, 21 September 2010 (UTC)
    • Unsur pribadi darimana ya ? Ini kan dibangun dari komunitas dan kontributor, jadi ya saya rasa kebijakan-kebijakan, apalagi yang besar dan sistemik sebaiknya didiskusikan dahulu di tempat di mana komunitas bisa ikut andil dalam memutuskan itu. Mengenai Facebook dan Twitter itu hanya mengumumkan, kalo ada yang berubah dalam format penyuntingan, agar kontributor yang kadang lebih aktif di situs" itu juga bisa saja tahu.. Albertus Aditya (bicara) 16:36, 21 September 2010 (UTC)
    • Maksud saya, kalau memang dipandang perlu untuk didiskusikan -yah monggo. Mengenai kontributor aktif, memang terkadang mengganggu kalau ada yang membanjiri perubahan terbaru, akan tetapi kalau hanya menunggu orang-lain ; dan orang-lain menunggu orang-lain ; bukan-nya jadi tunggu-tungguan. Menurut saya loh. Maaf kalau mengganggu. Salam — Tjmoel  bicara 16:43, 21 September 2010 (UTC)

Yang saya ketahui, di en.wiki templat lifetime itu fungsinya hanya menambahkan kategori "Lahir tahun xxxx" dan "Meninggal tahun xxxx" (kalau di id.wiki, templat lahirmati sudah dapat menanganinya). Coba saya akan tes tambahkan kode di templat "lahirmati". Kalau berhasil, ya tidak usah repot-repot lagi mengganti semua "Defaultsort" di artikel biografi. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 09:18, 22 September 2010 (UTC)

Tes ada di Pengguna:Kenrick95/Sandbox#Tes_3 ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:18, 22 September 2010 (UTC)
Bagaimana hasilnya ? Saya kurang paham dengan cara tes yang Anda lakukan soalnya. Albertus Aditya (bicara) 10:22, 22 September 2010 (UTC)
Hasil. Halaman itu masuk ke dalam kategori : Tokoh kelahiran Amerika Serikat tahun 1809 | Tokoh yang meninggal di Amerika Serikat tahun 1865 | Meninggal usia 56 | Kelahiran 1809 | Kematian 1865 | dan semuanya seharusnya sudah di Defaultsort. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:34, 22 September 2010 (UTC)

Saya pikir itu bagus. Mungkin dapat disepakati bersama dalam komunitas, apakah ini dapat menjadi kebijakan yang baru dalam penulisan artikel biografi ? Albertus Aditya (bicara) 10:50, 22 September 2010 (UTC)

Kebijakan lagi? Aduh.... 1 kebijakan itu butuh waktu kira-kira 1 bulan... Nunggu 1 bulan itu lama... Atau begini saja: "Aksi individual" dulu. Sebab yang rubah Templat:Lifetime pun karena lagi-lagi "aksi individual" pengguna yang sama dengan yang merubah "sunting" jadi "s". ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:00, 22 September 2010 (UTC)
Saya tak suka untuk melakukan aksi individual. Terlalu berbahaya, dan kalau banyak yang tidak suka nanti berabe jadinya. Maka saya ajukan dahulu di sini saja, nanti baru dibawa jadi kebijakan kalau jadi. Albertus Aditya (bicara) 15:06, 22 September 2010 (UTC)

Pelatihan mentor dan opsis

Wikipedia:Pelatihan opsis dan Wikipedia:Program pembelajaran kembali dibuka dengan satu pelatih/opsis baru. Barangsiapa ingin berlatih menjadi pengurus atau pengguna yang baru silakan menghubungi pelatih. Juga dibuka lowongan untuk pelatih baru untuk melatih pengguna yang lain.
βέννγλιν 15:24, 25 September 2010 (UTC)