Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/Juli 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian



Kebijakan Wikipedia Indonesia mengenai gambar vulgar

Apakah wikipedia Indonesia mengijinkan penggunaan gambar-gambar vulgar (misalnya gambar alat kelamin) dalam suatu artikel? Sudah pernah dibahas belom? Hehehe.... terutama gambar ini: http://commons.wikimedia.org/wiki/Image:Ejaculation_educational_ani_short.gif WOW!!

XD Hand15 11:27, 25 Juni 2008 (UTC)

Udah pernah: Wikipedia:Rambu dewasa untuk artikel Mimihitam  • 11:32, 25 Juni 2008 (UTC)
Hueks gambarnya :( --BlackKnight(kirim pesan) 13:21, 13 Juli 2008 (UTC)
Fotografer kita sendiri, Hariadhi, memuat gambar-gambar yang cukup "seru" (atau "saru", ehehe). – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 23:56, 1 Juli 2008 (UTC)
wakakakak, yang mana emangnya bos? dah setengah lupa gw. Hariadhi - Ngobrol 11:55, 13 Juli 2008 (UTC)
Tuh, gambar keenam di daftar gambarmu di halaman penggunamu. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 12:14, 13 Juli 2008 (UTC)
Ooo... hehehe. Beneran dah lama banget. kalau emang ada yang lebih ga vulgar dan informatif ya ganti aja. ;) 202.152.195.10 12:29, 16 Juli 2008 (UTC) (Hariadhi males login, lagi lelet inetnya)

Halaman Utama

Berhasil dijebol oleh anonim yang gak jelas ini sampai sampai emosi saya meledak  Azmi   Bicara  06:23, 5 Juli 2008 (UTC)

bukan halaman yang utama yg dirusak, tapi portal berita. Lagian kurang kerjaan amat ngedeface wiki :D semua orang juga bisa kali --BlackKnight(kirim pesan) 13:22, 13 Juli 2008 (UTC)

Masalah Hak Cipta Produk-Produk Pemerintah

Undang-undang hak cipta, dapat diakses di Wikisource Indonesia, di halaman s:Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002.

Tadi gw mampir ke halaman ini. Kebetulan gw kemarin-kemarin ini baru beli buku Undang-Undang soal HAKI. Di pasal 14 UU Hak Cipta ternyata udah disebutkan kalau seluruh karya pemerintah bebas disalin dan disebar ulang tanpa perlu khawatir melanggar hak cipta. Hal serupa untuk berita, lambang negara, dan lagu kebangsaan. Masalahnya apakah dengan pasal ini hal-hal tersebut sudah bisa dibilang domain umum, gw ga tau. Soalnya di bagian akhir kalimatnya ada ketentuan yang agak-agak karet: "Kecuali jika dinyatakan dilindungi baik melalui Undang-Undang maupun dinyatakan di karya ciptaannya". Jadi periset pemerintah itu bisa aja mengklaim karyanya ga boleh disalin orang lain kalau mereka mau.

Kalau pendapat gw sih mending bikin tag baru aja di luar Public domain atau fair use, misalnya seperti ini:

Produk Pemerintah
Undang-Undang Hak Cipta tahun 2002 pasal 14 sudah menyatakan bahwa seluruh publikasi yang dilakukan pemerintah bisa disalin ulang dan disebarluaskan tanpa khawatir melanggar Undang-Undang. Pengecualian hanya untuk karya yang sudah dinyatakan dilindungi.

Untuk pidato pejabat, putusan pengadilan, keputusan badan arbritase dan sejenisnya, dan salinan undang-undang sudah jelas-jelas disebutkan tidak ada hak cipta (pasal 13).

Yang gw agak heran untuk buku yang sebenarnya sudah masuk domain umum macam Max Havelaar nya Multatuli. Ternyata penerbitnya mengklaim dengan hak cipta, walaupun pengarangnya sudah lebih dari 50 tahun meninggal dunia. Atau yang lebih aneh lagi, buku Undang-Undang HAKI ini, jelas-jelas dia cuma menyalin undang-undang yang udah dinyatakan tidak berhak cipta (yah plus beberapa penjelasan yang menurut gw ga menambah nilai banyak), tapi malah diklaim sebagai hak cipta penerbitnya. Itu kan jadi aneh.

Kecuali barangkali di Indonesia tindakan menerjemahkan atau mempublikasi ulang bisa memunculkan hak cipta, gw ga tau juga. Ada yang bisa kasih opini? Hariadhi - Ngobrol 07:25, 19 Juli 2008 (UTC)

Menerjemahkan karya domain umum setahu saya hak ciptanya tersendiri (lihat pasal 12 (1) l.). Misalnya terjemahan cerita-cerita Sherlock Holmes. Jika penerbit yang anda maksud menyalin mentah-mentah dari karya aslinya, mungkin hak cipta yang dimaksud adalah hak cipta macam-macam (bukan isi) seperti layout, catatan kaki, dan sebagainya. Arkwatem 14:00, 19 Juli 2008 (UTC)
Produk pemerintah memang berada di domain umum, di commons sudah ada tagnya http://commons.wikimedia.org/wiki/Template:PD-IDGov Arkwatem 14:02, 19 Juli 2008 (UTC)
Ok, gw jadi lebih ngerti untuk kasus Max Havelaar. Tapi gimana dengan buku Undang-Undang HAKI ini? Nyaris semua buku isinya salinan Undang-Undang, tapi masak berani-beraninya mereka kasih pernyataan begini:
Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang
Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian
atau seluruh dari buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit
Sama sekali ga ada penjelasan apakah hak cipta yang dimaksud melingkupi layout saja, design saja, atau catatan kakinya saja. Apa itu fair? Maksud gw begini lho: kalau pernyataan seperti itu sah, pada dasarnya mereka bisa nuntut siapapun yang berani ngupload UU no 19 itu ke internet. Namanya undang-undang di manapun bunyinya akan sama, toh? :D
Omong-omong tag di Wikimedia Commons itu ada yang bisa tolongin ngebuat versi wikipedia bahasa Indonesianya? (gw ga ngerti gimana cara munculinnya di halaman pemuatan) Hariadhi - Ngobrol 15:45, 19 Juli 2008 (UTC)
Setahu saya, semua yang kegiatan yang dananya bersumber dari dana pemerintah (APBN) hasilnya adalah untuk publik dan bersifat publik. --za (bicara) 15:52, 21 Juli 2008 (UTC)

Dhi, situ mau percaya UU HAKI-nya sendiri apa pernyataan penerbit buku? Kalau memang situnya ngutip bukan dari buku UU HAKI, mau apa dia (penerbitnya)? Apa dia bisa buktikan kalo seseorang mengunggah ke wikipedia itu berasal dari bukunya? Take it easy aja kalo gue. Kembangraps 16:02, 21 Juli 2008 (UTC) (Eh, ada yg bisa jelasin, kenapa kalo gw pake 4 tilde alias signature, ngga muncul pranala ke hal pengguna gw ya?) > problem solved. thanks buat yg bantu.

sekedar tanya saja... di wiki indo apa sdh mempunyai lisensi lepas atau masih berinduk ? pentoel (bicara) 08:08, 24 Juli 2008 (UTC)

Artis idol atau sinetron

Mudah2an ngga salah tempat. Dear all, terutama pengurus saya prihatin dengan banyak artis-artis idol atau finalis, atau artis sinetron yang rasanya menuh2in wikipedia. Bukan apa2 prestasinya belum jelas banget, banyak yang belum bikin perubahan mendasar, dan kalau orang mau mencari informasi mengenai mereka bisa dicari di banyak tempat di internet, misalnya di portal2 gosip :). Apa perlu dibuat kebijakan mengenai kriteria artis yang boleh menjadi artikel wikipedia? --Ira Silva (bicara) 09:07, 22 Juli 2008 (UTC)

Justru semakin banyak seseorang dibahas di internet, semakin layak dia ditulis di sini . Kriteria kelayakan artis dapat Anda temukan di halaman ini--BlackKnight(kirim pesan) 11:27, 22 Juli 2008 (UTC)

Knol

Halo, menurut pendapat Wikipediawan, bolehkah kita menjadikan artikel di Knol sebagai referensi di Wikipedia? --BlackKnight(kirim pesan)

Encyclopaedia Americana citing Enc. Britannica, Bisa ngga? Bisa aja kayaknya, cuma aneh. Sejumlah artikel di wiki Inggris juga menyitasi Ency. Britannica lho. Khusus untuk artikel ilmiah/sains, kutipan sih sebaiknya dari jurnal atau situs internet lembaga2 ilmiah langsung. Kutipan dari koran adalah untuk hal2 kejadian sehari-hari. Itu idealnya. Kembangraps (bicara) 08:52, 24 Juli 2008 (UTC)
Saya kurang setuju dengan alasan Kembangraps, yang jadi masalah disini bukanlah knol itu sebuah ensiklopedia atau bukan, tapi apakah Knol itu tepercaya atau bukan. Menurut saya dalam mengutip knol kita perlu memperhatikan kredensial penulisnya, jika ditulis oleh orang yang berkompeten dibidangnya, baru bisa dikutip di wikipedia. Selain itu saya kurang tahu apa artikel-artikel Knol memiliki editor/direview dulu, ada yang tahu? Arkwatem 09:29, 24 Juli 2008 (UTC)

Abuse oleh pengurus

Bagaimana bila tindakan abuse malahan dilakukan oleh pihak pengurus ? pentoel (bicara) 08:04, 24 Juli 2008 (UTC)

bisa diperjelas maksudnya? Abuse macam apa? --BlackKnight(kirim pesan) 08:38, 24 Juli 2008 (UTC)

Pengurus bukan pejabat. Pengurus adalah orang yang dipilih untuk mengurus hal-hal teknis tertentu (biasanya sangat rutin) di wikipedia. Boro-boro abuse, yg terjadi biasanya pengurus "males" krn kebanyakan kerjaan. Kalau ada yang merasa rugi karena tindakan pengurus silakan diprotes. Kembangraps (bicara) 08:48, 24 Juli 2008 (UTC)

Mungkin maksudnya penyalahgunaan kekuatan yang dimiliki pengurus, misalnya memblokir pengguna, melindungi artikel dan sebagainya tanpa alasan yang baik. Setahu saya hal seperti ini belum pernah terjadi di wikipedia (indonesia), tapi memang perlu ada aturan mengenai hal ini. Arkwatem 09:33, 24 Juli 2008 (UTC)

Saya membicarakan mengenai masalah Ikrar Kaum Muda Indonesia, sejak awal telah kontroversi yaitu mendapat gangguan berupa penghapusan 'tanpa terlebih dahulu dimulai dengan pembicaraan apapun bahkan saya mengetahui ada seorang dari pengurus yang dengan seenaknya memberikan komentar singkat omong kosong setelah itu terdapat usul penghapusan dan kemudian diberikan batas waktu sampai 1 agustus akan tetapi selama proses berjalan dan upaya penyuntingan agar menjadi lebih ensiklopedis belum selesai ternyata telah diambil tindakan babar ( maaf ini menurut pendapat saya) yaitu pencekalan artikel padahal prinsip dasar wiki adalah jelas adalah ( agar bahasa tdk bias) an encyclopedia, has a neutral point of view, free content, has a code of conduct dan does not have firm rules dan jangan dianggap kalau didunia maya tidak akan berlakunya hukum, sepengetahuan saya wiki indonesia belum luar lisensi oleh karena itu masih berlaku hukum asal wiki, dengan ini saya meminta agar para pengurus melakukan membicaraan atas tindakan tersebut, terima kasih. pentoel (bicara) 14:15, 24 Juli 2008 (UTC)

Saya ingin tahu, komentar seenaknya "omong kosong" itu Anda ketahui dari mana? Saya sudah memeriksa di log penghapusan artikel tersebut, tidak ada komentar "omong kosong" terhadap artikel tersebut. REX (bicara) 14:29, 24 Juli 2008 (UTC)
silakan sdr tanyakan pada sdr jagawana dan oleh karena ada pembicara mengatakan judul kurang tepat maka dialihkan menjadi Kaum muda Indonesia, demikian agar priksa, terimakasih pentoel (bicara) 14:35, 24 Juli 2008 (UTC)
lah kalo sudah penggunaan judul dan isi yang tidak berhubungan bukannya sudah masuk omongkosong??..--•• Jagawana 14:47, 24 Juli 2008 (UTC)
tolong dijelaskan dimana " omong kosong " dimateri atau korelasi judul ? terima kasih pentoel (bicara) 14:58, 24 Juli 2008 (UTC)

kalau penyerang pribadi bagaimana ? ini bukan dihutan lho

masalah beginian harus diselesaikan kalu gak salah ini masuk jurisdiksi fl nanti aku bantu Cypress 16:17, 24 Juli 2008 (UTC)

Saya pada posisi setuju artikel itu dihapus, tapi juga benar bahwa tertulis pengambilan suara sampai dengan tgl 1 agustus, tapi hari ini (atau kmrn) kok sudah di hapus. --  ERd  ►  19:21, 24 Juli 2008 (UTC)

Tulisan tanggal "1 Agustus" itu sebenarnya ditambahkan oleh Mikhailov Kusserow (suntingan ini). Tanggal tersebut tidak berdasarkan kebijakan Wikipedia tentang penghapusan (yang bisa dibaca di sini). Anda bisa melihat hasil diskusi (di sini) bahwa setelah didiskusikan selama 2 hari ternyata 100% komunitas Wikipedia menyetujui untuk dihapusnya artikel tersebut, dan ternyata pengguna yang voting tidak setuju adalah teman-teman dari pembuat artikel (bisa dilihat bahwa setelah mendaftar mereka langsung ke halaman voting, pada suntingan pertamanya, bahkan ada yang menggunakan open proxy!). Dari situ disimpulkan bahwa artikel tersebut memang belum layak, dan terlihat indikasi adanya conflict of interest, maka pengurus sudah sesuai prosedur dalam penghapusannya. dragunovadiscuss 05:44, 25 Juli 2008 (UTC)
mau tanya siapa yg memasang templat (hapus|alasan anda} dan tolong jelaskan dng alasan apa ? dan saya ingin mengetahui yg siapa berhak menentukan hal tersebut oleh karena itu saya tetap meminta hal ini dibicarakan kembali dan tolong dijelaskan dimana letak ketidak layakannya ? dan mengenai konsesus angka 100 % itu anda dapat dari mana ? terima kasih pentoel (bicara) 19:08, 25 Juli 2008 (UTC)
tambahan: mengenai {Dari situ disimpulkan bahwa artikel tersebut memang belum layak, dan terlihat indikasi adanya conflict of interest} jikalau anda tidak keberatan tolong dijelaskan kesimpulan tersebut diambil berdasarkan apa ? dan mengenai conflict of interest bukankah sejak dari awal saya menyatakan terbuka dengan masukan apapun kalau memang ada sumber lain yang mungkin tdk saya ketahui, dan mengenai (Tanggal tersebut tidak berdasarkan kebijakan Wikipedia tentang penghapusan) saya sangat berharap anda akan konsisten dengan pernyataan anda, saya mengetahui hak saya dan saya mengetahui kemana saya akan meneruskan persoalan ini sampai tuntas, terima kasih pentoel (bicara) 20:15, 25 Juli 2008 (UTC)
Ketika saya memasukkan suara saya di bagian vote dihalaman ini, saya lihat vote dimulai oleh pengurus, dan diikuti pula oleh tiga pengurus lainnya, dan tidak ada koreksi/penyangkalan terhadap tgl 1 agustus diatasnya. Jadi tentu saja apa yg saya pahami (dan juga mungkin pengguna lain), bahwa apa yg tertulis dihalaman itu benar adanya. Dan sampai sekarang pun tidak ada koreksi/penyangkalan/penjelasan di halaman itu. Ya tidak ada yg salah memang, cuma kurang informatif saja, kan tidak semua pengguna tau dan hapal ttg kebijakan2 di Wikipedia. --  ERd  ►  06:57, 25 Juli 2008 (UTC)


courtesy of Jagawana 14:45, 24 Juli 2008 (UTC)

Berdasarkan Kebijakan: Apabila suatu artikel jelas tidak memenuhi unsur kelayakan:

  1. Langsung berikan templat (hapus:kelayakan)

Pengurus akan langsung menghapus artikel yang jelas tidak memenuhi unsur kelayakan.


hal ini bahkan membuat saya menjadi bingung tolong kita bicara apa yang dimaksud dengan "kebijakan" serta kelayakan yg dimaksudkan disini terima kasih ? pentoel (bicara) 19:20, 25 Juli 2008 (UTC)


pertama saya ucapkan terima kasih kepada Mikhailov Kusserow yang telah memberikan saya kesempatan waktusehubung telah dihapus sebelum ada keputusan jelas maka semua keputusan menjadi tdk jelas, karena itu saya merasa saya masih mempunyai hak menulis artikel tersebut , kedua berdasar adanya konsensus seperti yang dikatakan oleh dragunova yaitu setelah 2 hari telah dilakukan pembicaraan ternyata belum ada jawaban dan sambil menunggu tanggapan lain yg lebih netral dan tdk terlibat dalam conflict of interest sejak awal bersama ini saya umumkan artikel tersebut akan saya lakukan perubahan dan akan saya namakan dengan perjuangan kaum muda indonesia (untuk menjadi pemimpin) jadi bilamana ada yg merasa terlanggarkan hak ciptanya silakan menghubungi saya dan bagi yg merasa nantinya ada artikel2 yg lebih omong kosong ya harap maklum saja, saya sekarang ini sedang mempunyai hobi baru untuk membuat artikel2 omdo (omong doang) dan ongkos (omong kosong) apalagi saat sekarang ini saya ini sedang bergurudng seorang staria, selain berdebat lebih baik saya ingatkan kembali pada hakikat kehadiran kita disini adalah untuk membuat ensiklopedia, bukan ? :D pentoel (bicara) 04:38, 26 Juli 2008 (UTC)

Pengalihan

Memang belum ada kebijakan yang mengatur ini, tapi sebenarnya apakah boleh kita membuat halaman pengalihan dalam bahasa asing (terutama bahasa Inggris)? Contoh: Vocabulary > Kosakata, Attachment > Lampiran, Damascus > Damaskus, Germany > Jerman, Jubilee > Yubileum, dsb masih banyak lagi. Walaupun belum pernah dicoba, tapi saya yakin apabila saya membuat [[Kosakata]] untuk dialihkan ke [[Vocabulary]] atau [[Damaskus]] untuk dialihkan ke [[Damascus]] atau [[Jerman]] untuk dialihkan ke [[Germany]] atau [[Lampiran]] untuk dialihkan ke [[Attachment]] di wikipedia bahasa Inggris, saya yakin pasti akan langsung dihapus. Maksud saya kalau namanya wikipedia bahasa Indonesia harusnya pengalihan haruslah istilah dalam bahasa Indonesia juga, yang pasti bukan merupakan terjemahan. borgx(kirim pesan) 06:12, 25 Juli 2008 (UTC)

Menurut saya hal tersebut sah-sah saja, terutama untuk istilah-istilah yang masih jarang digunakan bahasa Indonesianya, misalnya Online > Daring, offline > luring, trade-off > tarik ulur. --BlackKnight(kirim pesan) 06:46, 25 Juli 2008 (UTC)
Itu kalau istilah teknis, kalau bukan, bagaimana? borgx(kirim pesan) 07:43, 25 Juli 2008 (UTC)
Kalau nama istilah mungkin garisnya abu-abu, namun kalau nama entitas, itu perlu proposal (nama tempat dan nama tokoh). – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 06:47, 25 Juli 2008 (UTC)
Oh, ya, tambah lagi, kalau istilah teknologi (seperti kata BlackKnight) misalnya mouse, keyboard, hard drive, dll juga perlu dipertanyakan kalau begitu. Omong-omong, ini mungkin lebih cocok di WarKop Bahasa, namun, apa padanan untuk screenshot? "Cuplikan" atau "Tampilan"? karena saya baru mengerjakan Templat:Cuplikan-film dan Templat:Web-screenshot dan bingung istilah mana yang cocok untuk kedua-duanya. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 06:52, 25 Juli 2008 (UTC)
Di sini karena menyangkut kebijakan, tapi itu bukan inti permasalahannya. Kalau mau sih kita buat proposalnya untuk pengalihan, bagaimana? borgx(kirim pesan) 07:43, 25 Juli 2008 (UTC)
Kalau yang lain setuju akan perlunya proposal, maka menurut saya jangan digeneralisir untuk semua bahasa. Bahasa Inggris sendiri, bahasa non-Latin sendiri, dll. Omong-omong, bagaimana dengan Wikipedia-Wikipedia non-Latin, ar.wiki atau zh.wiki misalnya? bukannya mereka pasti punya banyak peralihan serupa? Untuk nama orang, kedua bahasa tersebut mentransliterasikan semua nama, jadi semua tokoh memiliki "alias" minimal dalam bahasa Arab dan Tionghoa. (contoh: ar:John von Neumann, zh:John von Neumann) – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 08:03, 25 Juli 2008 (UTC)

@Borgx Contoh kata Inggris lain yang perlu dibuatkan pengalihan misalnya Ivory Coast dan China.

Menurut saya tidak perlu karena akan sulit sekali menentukan kriterianya. Mungkin pengurus dapat menggunakan rule of thumb saja. Pengalihan-pengalihan yang dirasa tidak perlu seperti Germany > Jerman dapat langsung dihapus, kecuali ada yang dapat memberikan alasan yang baik untuk mempertahankannya.

Ngomong2 rasanya saya pernah membaca tentang masalah artikel apa yang boleh dibuat pengalihannya, tapi lupa di mana. Saya coba cari deh. Tapi yang jelas, nama-nama yang memiliki banyak alias seperti yang disebut Bennylin memang harus dibuat pengalihannya, juga nama atau kata yang menggunakan huruf tak lazim seperti á, ď, É, Ó, Ř, Š, ú, dll--BlackKnight(kirim pesan) 12:41, 25 Juli 2008 (UTC)

Beberapa pedoman mengenai pengalihan ini sudah ada dan dapat dilihat di Wikipedia:Pengalihan#Kapan seharusnya kita menggunakan pengalihan?. Halaman ini saja yang diperbaharui tanpa menciptakan kebijakan yang baru. REX (bicara) 14:52, 25 Juli 2008 (UTC) (didapat dari IvanLanin)