Wikipedia:VRT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dasbor sukarelawan OTRS (per 2016)
Kebijakan Wikipedia Indonesia
Standar artikel

Sudut pandang netral
Pemastian informasi
Bukan riset asli
Sumber tulisan
Wikipedia bukanlah
Biografi tokoh yang masih hidup

Etika kerja bersama

Kesopanan dan etika
Jangan menyerang pribadi
Menyelesaikan perselisihan

Volunteer Response Team (VRT) adalah kelompok sukarelawan yang memiliki hak akses untuk membuka dan menjawab surel yang dikirimkan ke Wikipedia dan the Wikimedia Foundation. Sebelum April 2021, VRT menggunakan perangkat lunak Open-source Ticket Request System ("OTRS") untuk mengorganisasi dan memproses surel yang dikirimkan. Semenjak pengembangan sumber terbuka OTRS tersebut ditiadakan oleh pengembangnya, tim ini menggunakan Znuny, yang merupakan fork dari perangkat lunak ini. Terkadang OTRS masih dipakai untuk menyebut tim yang memiliki hak akses tersebut.

Znuny akan menyediakan cara yang lebih terorganisasi untuk siapa saja yang mengategorikan dan menjawab surel pihak ketiga, sehingga tim tersebut dapat dianggap seperti sebuah "layanan pelanggan" bagi Wikipedia. Sukarelawan harus memiliki rekam jejak yang baik di proyek Wikimedia, dan harus setuju untuk merahasiakan informasi nonpublik.

Di Wikipedia bahasa Indonesia, surel yang sudah terdaftar dalam sistem VRT adalah info-id@wikimedia.org. Jika Anda diminta untuk mengontak VRT, baca Wikipedia:Hubungi kami, untuk bantuan, termasuk saran bagaimana cara menulis surel terkait dengan masalah serta perihal lainnya yang perlu Anda selesaikan.

Tugas dan fungsi[sunting sumber]

Tugas VRT adalah:

Mayoritas permintaan yang berkaitan dengan masalah editorial dapat dirujuk dalam proses normal di wiki. Sukarelawan dapat memberikan bantuan yang aktif untuk masalah pencemaran nama baik, privasi, atau permintaan dari subjek artikel. VRT juga bertindak sebagai titik kontak bagi pihak ketiga yang tidak terbiasa dengan proses penyuntingan Wikipedia, yang ingin meminta perbaikan atas kesalahan atau masalah artikel.

Hak pengguna (global)[sunting sumber]

Semua pengguna dengan akses ini akan diberikan hak akses permohonan izin VRT global. Termasuk di dalamnya adalah izin untuk membaca halaman (dipegang oleh tiap IP dan akun pengguna), akses ke VRT wiki, dan otentikasi 2 faktor. Hak pengguna ini masih memiliki filter penyuntingan yang mencegah anggota non-VRT untuk menambah atau menghapus izin VRT.

Pengguna, karcis, dan antrean[sunting sumber]

Lihat meta:VRT untuk halaman utama dan daftar lengkap sukarelawan VRT

Karcis dan antrean[sunting sumber]

Permintaan surel masuk dalam sistem VRT/OTRS Wikimedia dikenal sebagai "karcis" (ticket) dan memiliki nomor karcis. Surel dikategorikan saat datang berdasarkan bahasa dan jenis konten untuk memungkinkan peningkatan layanan.

Anggota tim diberikan akses ke kategori surel yang ditentukan (dikenal sebagai "antrean") pada penentuan pengelolaan VRT. Di Wikipedia bahasa Indonesia, ada satu antrean, yaitu info-id, yaitu semua hal yang berkaitan dengan Wikipedia bahasa Indonesia secara umum.

Keanggotaan VRT[sunting sumber]

Keanggotaan VRT langsung di bawah Pengurus VRT (yang disetujui Wikimedia Foundation), kepada setiap orang yang diberi amanah untuk memberikan jawaban yang sopan dan berpengetahuan. Kerja VRT sering melibatkan kesediaan untuk menanggapi pesan yang sukar dipahami, sensitif, dan terkadang memusuhi yang dikirim ke Wikimedia; peka terhadap kebutuhan masyarakat; dan memiliki sifat arif bijaksana.

Daftar lengkapnya ada di Meta-Wiki. Jika Anda ragu bahwa penulis yang mereferensikan karcis VRT dalam hasil suntingan mungkin bukan responden VRT, jangan ragu untuk menghubungi salah satu pengurus VRT via surel untuk mengklarifikasi, memberikan pranala ke rujukan karcis VRT dalam suntingannya.

Sukarelawan boleh mengajukan diri di meta:VRT/Volunteering. Yang lain boleh berkomentar secara publik atau pribadi pada halaman pendaftaran. Pengurus VRT akan mendiskusikan permohonan Anda secara pribadi dan memutuskan apakah Anda disetujui atau ditolak atas dasar pertimbangan pengurus VRT.

Privasi dan anggota tim[sunting sumber]

Anggota tim harus menangani informasi pribadi, dan kebijakan Wikimedia Foundation melarang buka-bukaan atas informasi tersebut tanpa izin tertulis dari penyedia asli informasi tersebut. Oleh karena itu, ketika menanyakan tentang karcis VRT tertentu, sukarelawan hanya boleh membeberkan sedikit atau bahkan tak ada informasi semacam itu untuk melindungi hak-hak pribadi pengaju permintaan.

Anggota tim harus patuh dengan kebijakan dan pedoman masing-masing wiki saat menjalankan tugas di wiki tersebut terkait dengan permintaan yang diterima melalui sistem VRT. Mayoritas berpedoman pada Wikipedia:Hak cipta dan Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup.

Penyelesaian perselisihan[sunting sumber]

Bila tidak setuju dengan suntingan yang berkaitan dengan tim[sunting sumber]

VRT meminta Anda menghubungi penulis yang bertanggung jawab sebelum melakukan pengembalian. Agen VRT tidak tunduk pada kebijakan tunggal di Wikipedia bahasa Indonesia serta tak memiliki kontrol editorial yang khusus. Namun, agen mungkin memiliki informasi rahasia yang relevan terkait tindakan yang tidak boleh dipublikasikan di hadapan forum publik.

Jika Anda tidak setuju dengan tindakan suntingan atau catatan yang Anda yakini mungkin terkait dengan karcis VRT, Anda dapat memulai prosedur tinjauan editorial normal seperti yang Anda lakukan dengan editor mana pun. Selain itu, Anda dapat memilih untuk:

  1. menghubungi penulis yang membuat perubahan, sebaiknya melalui surel, jika tidak di halaman pembicaraan pengguna mereka. Korespondensi pribadi dapat memberikan lebih banyak kebebasan bagi anggota tim untuk mendiskusikan masalah terkait privasi secara rahasia.
  2. Jika Anda tidak setuju dengan tampilan yang dihasilkan dan memilih pendapat kedua, Anda memiliki pilihan berikut:

Dan ingat bahwa semua tindakan tunduk pada pedoman, kebijakan, dan praktik Wikipedia.

Bila tidak setuju dengan keanggotaan tim pengguna[sunting sumber]

VRT bersifat lintas-wiki dan berlaku sebagai sumber daya untuk semua proyek Wikimedia. Oleh karena itu, keanggotaan dalam VRT tidak berada di bawah yurisdiksi wiki Wikimedia tertentu, komunitasnya, atau Komite Arbitrasinya, tetapi sepenuhnya ditentukan oleh pengurus OTRS. Anggota tim bertanggung jawab kepada pengurus OTRS atas tindakan mereka saat menggunakan sistem. Karena sistem menangani berbagai macam surel, sanksi pada satu wiki Wikimedia tidak secara otomatis menghentikan akses pengguna ke sistem OTRS; tetapi, pengelola OTRS akan melihat alasan yang mendasari sanksi apa pun untuk melihat apakah tindakan yang menyebabkannya tidak sesuai dengan apa yang diminta dari responden, dan sampai pada keputusan konsensus dari analisis tersebut. Jika Anda ingin menyampaikan masalah atau sanksi tersebut kepada pengurus OTRS, ajukan permohonan via surel ke salah satu pengurus VRTS. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang nominasi sukarelawan yang tertunda yang saat ini terdaftar di meta:VRT/Volunteering, silakan tinggalkan komentar di bagian yang relevan dengan menyoroti alasan kekhawatiran Anda atau berbicara dengan pengurus OTRS.

Lihat pula[sunting sumber]

OTRS Wikimedia.svg