Wikipedia:Suntingan yang mengganggu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:DE
WP:GANGGU

Suntingan yang mengganggu adalah pola suntingan yang menghambat kemajuan perbaikan atau pembangunan sebuah artikel ensiklopedia, dilakukan dalam jangka panjang atau dalam banyak artikel. Suntingan yang mengganggu biasanya tidak dianggap vandalisme, namun bisa membuat ketidaknyamanan yang lebih kurang sama dengannya. Setiap kasus harus diperiksa masing-masing untuk mencari tahu apakah kasus tersebut melanggar kebijakan dan pedoman Wikipedia. Jika seorang penyunting menganggap kasus yang bukan vandalisme sebagai vandalisme, ia dapat merugikan ensiklopedia dan dapat dianggap sedang mengacau.

Penyuntingan yang mengganggu tidak selalu disengaja. Mungkin penyuntingan yang mengganggu itu terjadi karena pengguna tidak mengerti bagaimana membuat suntingan atau mereka tidak memiliki kemampuan atau keterampilan sosial untuk bekerja sama.

Ringkasan[sunting sumber]

Keberhasilan Wikipedia karena keterbukaannya. Namun, keterbukaan ini kadang-kadang menarik orang-orang yang ingin menggunakan situs untuk hanya berlaku satu pendapat, penelitian asli, organisasi, atau yang ingin mengekspresikan diri. Sementara Wikipedia menyambut pendapat minoritas bila didukung dengan sumber yang dapat diverifikasi, dan penyunting yang membangun terkadang membuat kesalahan, ada contoh ketika seorang penyunting Wikipedia menimbulkan masalah jangka panjang dengan menyunting sebuah halaman atau sekumpulan halaman dengan informasi yang tidak dapat diverifikasi secara berulang-ulang, atau desakan untuk fokus pada pendapat minoritas.

Secara kolektif, penyunting yang mengganggu merugikan Wikipedia dengan mengurangi keandalan Wikipedia sebagai sumber referensi dan untuk menguji kesabaran penyunting yang produktif yang mungkin memilih keluar dari proyek hasil kekesalan yang muncul ketika penyunting yang mengganggu hak untuk membuat gangguan tanpa suatu tindakan dilakukan.

Sangat penting bahwa pola suntingan yang mengganggu dikenal. Kebijakan perang suntingan kami mengakui bahwa satu tindakan, dengan sendirinya, tidak melanggar kebijakan, tetapi ketika tindakan seperti menjadi bagian dari pola tindakan, itu adalah pelanggaran kebijakan.

Suntingan yang mengganggu mungkin tidak terjadi dalam waktu 24 jam, dan mungkin juga tidak dalam tindakan yang sama. Meskipun demikian, serangkaian suntingan yang harus dilakukan untuk waktu yang lama mungkin membentuk pola yang dapat menyebabkan proyek gangguan serius.

Penyunting yang mengganggu mungkin repot-repot mencoba untuk menyembunyikan perilaku mereka dan menyamar sebagai pembuat suntingan produktif; namun demikian ada karakteristik tertentu yang membedakan mereka dari penyunting produktif. Ketika pembicaraan gagal untuk menyelesaikan masalah dan ketika kesepakatan penyunting lain (di luar artikel yang disengketakan) setuju (melalui proses permohonan ulasan, dll), gangguan lebih dapat digunakan sebagai alasan untuk sanksi dan tindakan yang lebih serius dapat diambil melalui proses penyelesaian. Dalam kasus-kasus serius ini dapat menyebabkan pemblokiran situs, baik melalui Komite Arbitrase, atau melalui konsensus.

Peraturan pengembalian tiga kali, jika mengangkat penyunting yang mengganggu, tidak akan dilihat sebagai argumen dalam tindakan yang berhubungan dengan pertahanan diambil terhadap penyunting yang mengganggu.

Tanda-tanda suntingan yang mengganggu[sunting sumber]

Pedoman ini berhubungan dengan pelanggaran besar, jelas, dan berulang kali menentang kebijakan dasar, bukan hal-hal sepele yang mungkin tidak disepakati orang berpikiran rasional.

Penyunting yang mengganggu adalah seorang penyunting yang:

  • Sering melakukan Suntingan sepihak: Menyunting artikel atau sekolompok artikel untuk mempertahankan anggapan dan sudut pandang mereka sendiri, yang belum tentu sesuai NPOV. Mereka bahkan menolak penambahan konten yang mengutip sumber terpercaya demi mempertahankan argumen atau anggapan mereka.
  • Tidak dapat memenuhi kebutuhan Wikipedia:Pemastian; gagal untuk mengutip sumber, mengutip sumber yang tidak sesuai untuk ensiklopedia, atau membuat riset asli.
  • Terlibat dengan memberikan "tag rujukan" yang mengganggu; menambahkan {{rujukan}} dalam sebuah artikel tanpa alasan ketika isi yang diberikan tag sudah diberi sumbernya. Menggunakan tag sehingga memberikan kesan bahwa artikel konten yang disediakan sumber dipertanyakan.
  • Tidak terlibat untuk mencapai kesepakatan:
    • berulang kali mengabaikan pertanyaan atau meminta klarifikasi penyunting lain yang berkaitan dengan suntingan atau keberatan suntingan;
    • berulang kali mengabaikan alasan penyunting lain terkait suntingan mereka.
  • Menolak atau mengabaikan masukan dari komunitas: menentang upaya untuk mencapai konsensus dan/atau permintaan pendapat, terus menyunting dengan meminta pandangannya sendiri bahkan menantang konsensus bahwa penyunting tidak tertarik.

Selain itu, penyunting yang mengganggu juga mungkin:

Bersikap "tidak mau mengalah"[sunting sumber]

Dalam beberapa kasus, penyunting bersikeras memperpanjang perselisihan dengan pendapat lama setelah komunitas mencapai konsensus bahwa pindah ke topik baru yang lebih menguntungkan. Perilaku seperti mengganggu Wikipedia. Mempercayai bahwa Anda memiliki argumen yang valid tidak memberikan hak untuk bertindak seolah-olah Anda harus diterima komunitas ketika Anda sudah diberitahu bahwa pandangan tersebut tidak diterima.

Jangan bingungkan "mendengar" dengan "setuju". Penolakan ide Anda bukan bukti bahwa komunitas gagal untuk mendengarkan Anda. Salah satu pilihan yang harus dipertimbangkan dalam situasi yang sebenarnya adalah berhenti, mendengarkan, dan mengukur apa yang dikatakan oleh penyunting lain, lihat apakah Anda dapat melihat argumen dari sisi lain, dan bekerja untuk menemukan titik kesepakatan.

Terkadang, meskipun seorang penyunting itu membuat penyuntingan tulus, kontribusi dapat mengganggu karena tidak memahami masalah yang sebenarnya. Baik penyunting didorong untuk berani menyunting dan terus bertindak jika mereka berpikir yang tepat, ada saat ketika kebangkrutan menjadi faktor. Jika komunitas merasa mereka menghabiskan lebih banyak waktu memperbaiki suntingan penyunting dan memberi nasihat tentang kebijakan dan pedoman dari yang diperlukan, tindakan dapat diambil terhadap penyunting yang terlibat.

Pemblokiran dan tindakan lainnya[sunting sumber]

  • Suntingan yang mengganggu dapat menyebabkan peringatan dan pemblokiran, dimulai dengan pemblokiran 24 jam kepada penyunting yang bersangkutan.
  • Akun yang digunakan terutama untuk mengganggu dapat diblokir tanpa batas waktu.

Lihat pula[sunting sumber]