Wikipedia:Kepemilikan konten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Beberapa kontributor merasa sangat posesif terhadap bahan-bahan (baik berupa kategori, templat, artikel, berkas, dll) yang telah mereka sumbangkan untuk proyek ini. Beberapa di antaranya bahkan sampai bersikap melindungi bahan-bahan tersebut terhadap semua "pengganggu". Bedakan hal ini dengan ketertarikan Anda terhadap artikel yang Anda pantau dalam daftar pantauan Anda. Mungkin Anda adalah seorang pakar atau sangat peduli terhadap suatu topik. Tapi jika kepedulian ini melampaui batas tertentu, maka Anda terlalu berlebihan. Mempercayai bahwa suatu artikel memiliki pemilik adalah suatu kesalahan umum yang sering terjadi di Wikipedia.

Anda tidak dapat mencegah semua orang di dunia ini untuk menyunting "milik Anda", sewaktu Anda memasukkannya ke Wikipedia. Seperti telah digariskan pada tiap halaman suntingan:

Jika Anda berdebat dengan kontributor-kontributor lain mengenai penghapusan, pengembalian, dan lainnya, mengapa tidak berhenti dulu dari proses penyuntingan? Menjauhkan diri dari hal ini dapat sangat mendinginkan suasana. Segarkanlah diri Anda selama satu atau dua minggu. Atau jika orang lain mengklaim "kepemilikan" suatu halaman, Anda dapat mempertanyakannya pada halaman pembicaraan yang bersangkutan. Mintalah pendapat kontributor lain, atau pertimbangkan proses penyelesaian perselisihan.

Walaupun melakukan sesuatu terhadap suatu artikel tidak memberikan hak pada seseorang untuk "memiliki" artikel tersebut, tetaplah penting untuk menghargai karya para kontributor lain. Sewaktu membuang bagian besar isi, terutama yang dikontribusikan oleh seorang editor, penting untuk mempertimbangkan apakah hasil yang lebih baik dapat dicapai dengan bekerja sama dengan editor tersebut, bukannya menentangnya - terlepas dari apakah ia "memiliki" artikel tersebut atau tidak. Lihat Wikipedia:Kesopanan, Wikipedia:Etikawiki, serta Wikipedia:Niat baik.

Jenis kepemilikan

Ada dua jenis umum konflik kepemilikan antar-pengguna: yang melibatkan satu penyunting dan yang melibatkan banyak penyunting.

Sementara perilaku memiliki sering dipahami melibatkan pembuat artikel semula, ini juga dapat melibatkan penyunting lain yang memiliki tabrakan minat antara memamerkan atau menyerang subyek tersebut, membajak arah dan penekanan artikel semula, mengubah judul untuk memperlihatkan tindakan-tindakan tersebut, atau, jika gagal, pada akhirnya menghapus artikel tersebut sebagai bentuk serangan balasan.

Pemilikan satu penyunting

Dalam banyak kasus (tetapi tidak semua), para penyunting yang secara seorang diri terlibat dalam konflik kepemilikan juga adalah penyumbang utama ke artikel tersebut, jadi ingat-ingatlah bahwa penyunting seperti ini mungkin adalah pakar di bidangnya atau memiliki minat tulus dalam merawat kualitas artikel tersebut dan mempertahankan akurasinya. Seorang penyunting yang tampaknya Anda duga memiliki sebuah artikel perlu didekati di halaman pembicaraan artikel dengan kop deskriptif yang menginformasikan pembacanya mengenai topik ini. Selalu hindari menuduh, menyerang, atau berspekulasi mengenai motivasi seorang penyunting. Jika perilaku tersebut berlanjut, masalah ini mungkin memerlukan penyelesaian perselisihan, tetapi penting untuk berusaha baik-baik berkomunikasi dengan penyunting tersebut di halaman pembicaraan artikel sebelum berlanjut ke mediasi, dll. Penyunting jenis ini sering menyambut baik pembicaraan, sehingga sedikit bertukar pendapat biasanya akan menyelesaikan masalah pemilikan.

Jika Anda menemukan bahwa penyunting tersebut tidak bisa diajak bekerja sama, menyerang secara pribadi, atau melancarkan perang suntingan, cobalah mengabaikan suntingan yang mengganggu dengan membahas topik ini di halaman pembicaraan. Anda mungkin perlu mengabaikan serangan-serangan ketika menjawab pertanyaan. Jika kepemilikan masih terus berlanjut setelah diskusi, mungkin diperlukan penyelesaian perselisihan, tetapi setidaknya Anda akan dicatat telah berusaha menyelesaikan masalah ini langsung dengan penyunting tersebut. Penting untuk berusaha baik-baik berbicara dengan penyunting tersebut di halaman pembicaraan artikel sebelum meneruskan masalah ini dengan mediasi dll. Bijak juga jika Anda membiarkannya menarik dari pembicaraan dan kembali setelah mereka siap berdiskusi.

Pemilikan banyak penyunting

Keterlibatan banyak penyunting, masing-masing membela kepemilikan yang lain, bisa jadi sangat kompleks. Skenario paling mudahnya biasanya terdiri dari seorang penyunting yang dominan yang dibela oleh penyunting lain, yang mendukung kepemilikan semula. Ini bisa jadi menyita pikiran bagi penyunting-penyunting baru dan kawakan sekalipun. Seperti sebelumnya, tujulah topik tersebut dan bukannya tindakan para penyuntingnya. Jika ini gagal, lanjutkan ke penyelesaian perselisihan, tetapi penting bagi Anda untuk berkomunikasi di halaman pembicaraan dan berusahan untuk menyelesaikan perselisihan sendiri sebelum membesarkan proses penyelesaian konflik tersebut.

Kepemilikan dan Perhatian

Kecuali seorang penyunting memamerkan perilaku yang disangkutpautkan dengan kepemilikian, paling baik Anda mengasumsikan niat baik di pihaknya dan menganggap perilakunya sebegai tindakan seorang pemerhati. Perhatian atau pengamatan yang dilakukan terhadap sebuah artikel atau sekelompok artikel yang berhubungan mungkin adalah wujud dari minat tulus pribadi di materi subyek tersebut atau gerakan atau organisasi yang berhubungan dengannya. Penyunting tersebut mungkin juga merupakan seorang pakar atau sangat berpengetahuan di dalam materi subyeknya dan mampu menyediakan wawasan yang kredibel untuk melacak sumber terpercaya. Para penyunting yang dicurigai juga tidak lebih bebas dalam tanggung jawab untuk menganut kebijakan-kebijakan inti seperti sudut pandang netral, pemastian dengan sumber terpercaya, dan kesopanan.

Wikipedia adalah ensiklopedia yang "dapat semua orang sunting", tetapi tidak semua suntingan membawa kemajuan. Dalam banyak kasus, satu kelompok penyunting inti telah bekerja membangun artikelnya sampai keadaannya terkini dan akan menolak suntingan yang mereka ketahui merugikan dengan maksud, yang mereka yakini, mempertahankan kualitas ensiklopedia ini. Penolakan seperti ini tidaklah mengindikasikan masalah "kepemilikan", jika ia didukung dengan sebuah ringkasan suntingan yang merujuk ke kebijakan dan pedoman Wikipedia, tinjauan dan diskusi sebelumnya, atau masalah prosa atau tata bahasa spesifik yang dibawa oleh suntingan tersebut.

Jika perselisihan berlanjut setelah penolakan seperti ini, penyunting yang mengajukan perubahan seharusnya terlebih dahulu membawa masalah tersebut ke halaman pembicaraan, tanpa mengomentari pribadi atau menuduh pemilikan. Dengan cara ini, hal-hal khusus untuk segala jenis perubahan dapat didiskusikan dengan para penyunting yang akrab dengan artikel tersebut, yang juga diharapkan untuk mendiskusikan isinya dengan sopan. Ini sejalan dengan siklus suntingan, pengembalian, dan diskusi. Memang bukan kebijakan atau pedoman resmi, tetapi ia adalah metode yang dapat diandalkan untuk penyelesaian perselisihan.

Artikel pilihan

Sementara Artikel pilihan (ditandai dengan bintang emas di pojok kanan atas Fairytale bookmark gold.svg) terbuka untuk menerima suntingan seperti yang lain, artikel jenis ini telah melewati proses pengulasan komunitas ketika menjadi kandidat Artikel pilihan; sumber-sumber berkualitasnya, survei literatur yang relevan, dan pemenuhannya terhadap kriteria Artikel pilihan diperiksa. Para penyunting diminta untuk lebih berhati-hati ketika menyunting sebuah Artikel pilihan; bijaknya mendiskusikan perubahan teks atau gambar yang signifikan di halaman pembicaraannya terlebih dahulu. Menjelaskan dengan sopan mengapa sumber dan kebijakan itu mendukung versi tertentu suatu Artikel pilihan tidaklah mesti merupakan kepemilikan. Templat {{article history}} di halaman pembicaraan akan memuat pranala ke pengusulan Artikel pilihan berikut peninjauan ulangnya.

Artikel bagus (ditandai dengan bintang perak di pojok kanan atas Fairytale bookmark silver.svg) telah melewati proses ulasan sejawat yang lebih ringan daripada Artikel pilihan, umumnya oleh penyunting tunggal, untuk memeriksa persyaratan dasar prosa, akurasi faktual, dan cakupan. Semua penyunting disilakan untuk membuat perubahan dan mengembangkan artikel ini, tetapi sedikit diskusi untuk perubahan signifikan itu disarankan, dan para penyunting yang ikut serta dalam ulasan mungkin dapat menawarkan saran dan bekerja sama dengan Anda dalam mengembangkan artikel lebih jauh.

Halaman pengguna

Wikipedia menawarkan kesempatan seluas-luasnya bagi para pengguna untuk mengatur ruang penggunanya senyaman mereka. Terlepas dari itu, halaman itu bukanlah halaman beranda pribadi mereka, dan tidak dimiliki oleh pengguna bersangkutan. Halaman itu adalah bagian dari Wikipedia dan harus menjalankan fungsi-fungsi utamanya; terutama, halaman pembicaraan pengguna mempermudah komunikasi dan kolaborasi di antara para penyunting. Fungsi-fungsi yang dimaksud ini tidak boleh dikalahkan oleh perilaku memiliki.

Sementara pengguna lain dan bot lebih umum menyunting halaman pembicaraan Anda, mereka juga berhak menyunting halaman lain di ruang pengguna Anda. Biasanya orang lain tidak akan menyunting halaman pengguna utama Anda, selain untuk menangani urusan penting (jarang) atau melakukan rutinitas rumah tangga, seperti menangani tag terkait proyek, pranala disambiguasi ke halaman yang telah dipindahkan, menghilangkan halaman tersebut dari kategori yang dimaksudkan untuk artikel, atau menghilangkan tindakan vandalisme atau pelanggaran Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup yang nyata.

Menyelesaikan isu kepemilikan

Sementara mudah saja mengenali isu kepemilikan, jauh lebih sulit menyelesaikan konflik ini sampai ke titik kepuasan para penyunting yang terlibat. Jika Anda tetap dingin, mengasumsikan niat baik, dan tetap sopan. Menuduh penyunting lain sedang memiliki artikel tersebut bisa terlihat agresif, dan dapat ditafsirkan sebagai serangan pribadi. Alamati penyunting tersebut dengan sopan santun, dengan kadar penghormatan yang ingin Anda dapatkan. Sering, para penyunting yang dituduh dengan kepemilikan bisa tidak menyadarinya, sehingga penting untuk mengasumsikan niat baik. Beberapa penyunting mungkin berpikir bahwa mereka sedang melindungi artikel tesebut dari vandalisme, dan mungkin merespon segala perubahan dengan permusuhan. Yang lainnya mungkin berusaha mengunggulkan sudut pandangnya sendiri, tanpa bisa menyadari pentingnya kebijakan netral sudut pandang.

Contoh-contoh perilaku memiliki

Jika seorang penyunting secara konsisten memperlihatkan perilaku yang serupa dengan contoh-contoh berikut ini di halaman pembicaraan tertentu, maka mereka mungkin memiliki isu kepemilikan halaman.

Tindakan

  • Seorang penyunting menyoal suntingan kecil sehubungan dengan tata letak, penggunaan gambar, dan susunan kata di suatu artikel secara berkala. Penyunting tersebut bisa jadi mengakui, baik secara terbuka atau secara tersirat, hak untuk meninjau segala perubahan sebelum dapat ditambahkan ke artikel tersebut. (Ini tidak termasuk pemeliharaan konsistensi artikel rutin, seperti preservasi pengejaan yang ditetapkan atau gaya sitasi.)
  • Seorang penyunting mengembalikan perubahan artikel yang dibenarkan oleh penyunting berbeda secara berulang untuk jangka waktu tertentu untuk melindungi versi tertentu, stabil atau tidak.
  • Seorang penyunting mengembalikan perubahan hanya karena dia melihatnya "tidak diperlukan" tanpa mengeklaim bahwa perubahan itu merugikan. Ini efeknya adalah menyandangkan prioritas, antara dua versi yang sepadan, kepada versi seorang pemilik.
  • Seorang penyunting mengembalikan perubahan dengan niat baik tanpa menyediakan ringkasan suntingan yang merujuk ke kebijakan atau pedoman Wikipedia yang relevan, diskusi dan peninjauan sebelumnya, sumber terpercaya, atau masalah prosa atau tata bahasa yang spesifik yang dibawa oleh suntingan tersebut. Mengulangi pengembalian seperti ini setelah dimintai penjelasan alasan adalah indikator kuat perilaku kepemilikan.
  • Seorang penyunting mengomentari halaman pembaca penyunting lain dengan tujuan agar mereka tidak memberikan kontribusi tambahan. Diskusi ini bisa dalam banyak wujud; bisa jadi murni negatif, berisi ancaman dan cacian, seringkali menghindari topik artikel sama sekali. Di sisi ekstrem lain, pemilik mungkin seolah menjadi pahlawan bagi penyunting lain, mengeklaim bahwa ide mereka itu menarik sekaligus mengeklaim bahwa mereka tidak memiliki pemahaman yang mendalam terhadap subyeknya yang diperlukan untuk menyunting artikel tersebut (lihat dua komentar pertama di bagian Ucapan tepat di bawah ini).
  • Terkadang seorang pengguna baru menaruh namanya ke dalam artikel sebagai pengarangnya. Karena tidak ada seorang pun yang "memiliki" isi Wikipedia, konten sebaiknya tidak ditandatangani. Kontribusi persis semua penyunting dapat dilihat bersama dengan namanya di versi terdahulu. Di sisi lain, ketika menambahkan komentar, pertanyaan, atau memberikan suara di halaman pembicaraan, justru lebih baik "memiliki" teks Anda, sehingga praktek terbaiknya adalah menandatanganinya dengan mengakhiri kiriman Anda dengan "~~~~".

Ucapan

Meskipun ucapan-ucapan berikut ini, dilihat tanpa konteks, tidak mengindikasikan perilaku atau motivasi kepemilikan, mereka mungkin menjadi bagian dari sebuah pola yang mengindikasikan perilaku kepemilikan. Apabila mereka muncul bersama dengan beberapa bentuk bersi keras dan terus mendesak, tanpa ada dukungan kebijakan yang baik, dan seringnya melibatkan perang suntingan, mereka bisa menjadi ungkapan perilaku kepemilikan.

  • "Are you qualified to edit this article?" / "You only have X edits." (pulling rank)
  • "I created/wrote the majority of this article." (implying some kind of right or status exists because of that)
  • "I'm an expert on the subject. If you have any suggestions, please put them in the talk page and I will review them."
  • "Please do not make any more changes without my/their/our approval."
  • "Please clear this with WikiProject Z first."
  • "I can see nothing wrong with the article and there is no need to change anything at all." (misapplying WP:AINTBROKE)
  • "Undo peanut-gallery editor."
  • "You hadn't edited the article or talk page previously."
  • "You didn't have consensus because I was offline."
  • "You're vandalizing my hard work."

Lihat pula

Pranala luar