Bantuan:Pengantar penyuntingan dengan VisualEditor/5

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

VisualEditor-logo.svg

Membuka menu penyuntingan
Cara mengaktifkan mode penyuntingan visual

Perkakas
Perkakas yang dapat digunakan

Pranala
Menghubungkan halaman satu sama lain

Menerbitkan perubahan
Menyimpan hasil suntingan Anda

Membuat artikel baru
Menulis halaman dari awal

Ringkasan
Apa saja yang telah dipelajari?



AFC-Logo.svg

Wikipedia telah memiliki 600.7 ribu artikel, sehingga sebagian besar waktu akan digunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan artikel yang sudah ada. Namun, Anda bisa jadi ingin menulis sebuah artikel baru. Sebelum melakukannya, terdapat tiga kriteria yang perlu Anda ketahui:

Kelayakan

Apakah subjek yang ingin ditulis layak berada di Wikipedia? Sebuah subjek haruslah cukup penting untuk bisa dituliskan di Wikipedia. Hal tersebut berarti bahwa subjek harus mendapat ulasan atau pembahasan yang signifikan dalam sumber tepercaya yang independen dari subjek, seperti koran, majalah, jurnal ilmiah, dan buku.

Coba jawab pertanyaan kuis kelayakan!

Sumber Tepercaya

Apakah terdapat sumber tepercaya untuk memastikan kebenaran seluruh pernyataan? Sebelum Anda mulai menulis artikel baur, disarankan untuk mengumpulkan berbagai sumber yang independen, tepercaya, dan terverifikasi sebagai rujukan. Hal ini penting untuk memastikan konten yang berada di Wikipedia tetap akurat dan benar.

Konflik kepentingan

Apakah Anda memiliki konflik kepentingan? Sebaiknya Anda menghindari menulis tentang diri Anda sendiri, perusahaan milik Anda atau tempat Anda bekerja, atau atasan dan teman Anda. Hal ini karena sulit bagi Anda untuk menghindari bias dan mencapai sudut pandang netral dalam pembahasan subjek tersebut. Anda dapat mengajukan permohonan permintaan artikel dan memberikan sumber tepercaya pada kontributor yang mau menulis subjek tersebut.