Wikipedia:Masalah hak cipta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Masalah hak cipta Wikipedia

Halaman ini digunakan untuk membahas masalah hak cipta yang melibatkan teks di Wikipedia, termasuk halaman yang memuat materi yang melanggar hak cipta. Diskusi dilaksanakan sekurang-kurangnya lima hari hingga pengurus, panitera, atau pematroli meninjau halaman tersebut. Selama waktu ini, kontributor yang berminat diundang untuk memberikan umpan balik tentang masalah di halaman pembicaraan artikel, mengusulkan revisi sebagai atau seluruhnya, atau meminta izin hak cipta. Setelah masa diskusi, pengurus, panitera, atau pematroli akan memeriksa daftar dan mengambil tindak lanjut jika perlu.

Untuk menambahkan daftar baru, klik tombol Buat aduan di bawah. Petunjuk untuk menangani aduan dapat ditemukan di Petunjuk untuk menangani masalah hak cipta teks.

Menangani teks yang dipublikasi sebelumnya

Dalam Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat yang mengatur konten Wikipedia, hak cipta adalah hak eksklusif yang timbul secara otomatis segera setelah setiap konten (teks atau media lain) diwujudkan dalam bentuk fisik. Seorang pencipta sebuah ciptaan tidak perlu mengajukan atau mengeklaim hak cipta agar ada.

Dalam proyek Wikimedia, hanya salah satu lisensi yang diizinkan agar memungkinkan konten dapat digunakan kembali:

  • Pernyataan Eksplisit. Pernyataan yang bersifat tertulis dan jelas dari penciptanya bahwa ciptaan tersebut bebas, termasuk:
  • Domain Publik, untuk ciptaan yang memang sudah lepas di domain publik, karena umur, jenis karya, atau tidak memenuhi orisinalitas; atau
  • Penggunaan Wajar. Undang-undang Amerika Serikat mengizinkan penggunaan wajar konten berhak cipta, dan (dalam batas tertentu) Wikipedia juga melakukannya. Di bawah kebijakan isi nonbebas, kutipan singkat dari teks berhak cipta dapat digunakan, tetapi harus ditandai dengan jelas dan dengan atribusi penuh.

Bahkan jika suatu sumber adalah domain publik atau berlisensi yang kompatibel, materi harus diatribusikan dengan benar sesuai dengan pedoman plagiarisme. Jika persyaratan lisensi tidak terpenuhi, penggunaan konten dapat merupakan pelanggaran hak cipta bahkan jika lisensi tersebut kompatibel dengan lisensi di atas.

Berulang-ulang melanggar hak cipta

Kontributor yang berulang kali membuat teks atau gambar berhak cipta dapat dikenakan investigasi hak cipta kontributor, untuk memastikan penghapusan seluruh pelanggaran hak cipta dari proyek. Kontributor yang berulang kali memposting materi berhak cipta setelah peringatan akan dijatuhkan hukuman blokir dari penyuntingan untuk melindungi proyek; lihat 17 United States Code 512.

Salinan balik dari Wikipedia

Dalam beberapa kasus, banyak teks Wikipedia muncul di tempat lain sebagai sebuah salinan teks, tetapi tidak jelas bagian mana yang asli dan mana yang merupakan salinan murni. Situs "cerminan" yang menyalin teks Wikipedia menyebut bahwa mereka telah melakukannya, tetapi tidak semua pengguna kembali patuh dengan kebijakan kami.

Jika Anda menemukan kasus ini, pertama-tama Anda dapat mengecek halaman pembicaraan untuk melihat apakah sebuah tulisan telah ditambahkan ke bagian atas halaman pembicaraan untuk menghilangkan kekhawatiran orang-orang. Jika tidak, Anda dapat mencari petunjuk. Apakah halaman di situs web lain menyalin artikel Wikipedia lainnya? Apakah konten muncul di Wikipedia semuanya utuh, ditempatkan oleh satu editor? Jika Anda tidak melihat bukti bagus bahwa Wikipedia memilikinya terlebih dahulu, ada baiknya untuk membawanya untuk diselidiki. Anda dapat mengikuti Instruksi untuk mendaftarkan masalah di bawah atau menandai artikel {{copy-paste|url=sumber yang memungkinkan}} sehingga orang lain dapat mengevaluasi.

Jika Anda telah mengonfirmasi dengan bukti yang otentik bahwa konten tersebut muncul pertama di Wikipedia, harap pertimbangkan untuk menambahkan {{backwardscopy}} ke halaman pembicaraan artikel dengan penjelasan bagaimana Anda mengetahuinya. Jika Anda melihat artikel di tempat lain yang disalin dari Wikipedia tanpa atribusi, Anda dapat mengunjungi halaman Wikipedia:Situs cerminan. Ada kasus plagiarisme dari Wikipedia yang terdokumentasi dengan baik oleh publikasi eksternal.

Instruksi untuk menangani pelanggaran hak cipta teks

Bagi pemegang hak cipta: Jika Anda yakin Wikipedia melanggar hak cipta Anda, Anda dapat mengajukan peringatan penghapusan materi yang melanggar hak cipta dengan mengirim surel ke info-id@wikimedia.org. Mohon berikan judul artikel yang dimaksud serta bukti untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pemilik hak cipta yang sah.

Terang-terangan melanggar

Halaman yang jelas melanggar hak cipta dapat dihapus dengan cepat jika:

  • Konten disalin dari sumber yang jelas-jelas tidak memiliki lisensi yang kompatibel dengan Wikipedia.
  • Halaman tidak dapat dikembalikan ke revisi yang tidak melanggar, dan tidak akan memenuhi kelayakan jika konten yang melanggar dihapus.
  • Tidak ada pernyataan yang jelas tentang status domain publik, penggunaan wajar, atau lisensi bebas dari teks.

Untuk menominasikan penghapusan cepat, tambahkan salah satu templat ini ke halaman:

Kedua templat ini akan menghasilkan pemberitahuan bahwa Anda meminta perubahan teks. Hal ini penting untuk membantu memastikan bahwa mereka tidak terus-terusan menambahkan konten berhak cipta ke Wikipedia. Pengurus atau panitera akan memeriksa artikel tersebut dan memutuskan apakah akan menghapusnya atau tidak. Anda tidak boleh mengosongkan halaman.

Pelanggaran yang dicurigai

Jika pelanggarannya bersifat terselubung atau kriteria penghapusan cepat tidak berlaku:

  • Silakan menulis ulang artikel dengan kata-katamu sendiri untuk mencegah pelanggaran hak cipta atau kembalikan halaman ke versi sebelumnya.
    Teks yang melanggar akan tetap ada di page history, dan mungkin diberi tag untuk {{copyvio-revdel}}. Administrator memegang kebijaksanaan pada kelayakan penghapusan revisi untuk setiap kasus. Harap perhatikan alasan penghapusan di edit ringkasan dan di halaman pembicaraan artikel (Anda mungkin ingin menggunakan {{subst:cclean}}). Harap identifikasi dan beri tahu kontributor materi tentang masalah tersebut, kecuali disarankan untuk tidak. Template {{Uw-copyright}} dapat digunakan untuk tujuan ini.
  • Namun, jika semua revisi memiliki masalah hak cipta, penghapusan masalah hak cipta ditentang, pengembalian/penghapusan rumit, atau artikel memenuhi syarat untuk penghapusan dugaan:
  • Substitusi teks dengan salah satu dari berikut ini:
  • Buka bagian hari ini dan tambahkan:
    • {{subst:article-cv|Nama halaman}} dari [masukkan URL atau identifikasi sumber non-Internet di sini] ~~~~
ke daftar. Ganti Nama halaman dengan judul artikel yang Anda identifikasi. Jika Anda tidak memiliki URL, masukkan deskripsi sumbernya. (Teks ini disalin dari bagian atas templat setelah menggantinya dan nama halaman dan URL akan diisi untuk Anda.) Jika belum ada halaman untuk hari itu, karena Anda akan menjadi daftar pertama, silakan tambahkan header ke bagian atas halaman menggunakan halaman untuk tanggal lain sebagai contoh.
  • Beri tahu setiap kontributor daftar di halaman pembicaraan mereka. Templat pada halaman yang sekarang kosong menyediakan pemberitahuan yang dapat Anda gunakan untuk tujuan itu.

Petunjuk untuk kasus khusus

  • Kemungkinan pelanggaran hak cipta tanpa sumber yang diketahui: Jika Anda menduga bahwa suatu halaman memuat pelanggaran hak cipta, tetapi Anda tidak dapat menemukan sumber pelanggaran tersebut (sehingga Anda tidak mampu memastikannya), jangan daftar di sini. Sebagai gantinya, tempatkan {{cv-unsure|~~~|2=FULL_URL}} pada halaman pembicaraan, dan ganti FULL_URL dengan URL lengkap dari versi halaman yang Anda yakini mengandung pelanggaran. (Untuk menentukan URL, klik "Pranala permanen" di bilah Peralatan di kiri, dan salin URL-nya.)
  • Satu kontributor terbukti mengalami masalah hak cipta pada beberapa halaman atau berkas sehingga memerlukan asistensi dalam peninjauan lebih lanjut: Lihat Wikipedia:Investigasi hak cipta kontributor.

Petunjuk menangani pelanggaran hak cipta berkas

Masalah hak cipta berkas tidak ditangani di sini. Untuk gambar yang terindikasi melanggar hak cipta, ikuti prosedur penghapusan cepat; atau gunakan Berkas yang didiskusikan. Untuk meminta asistensi terhadap kontributor berkaitan dengan pelanggaran hak cipta, lihat Wikipedia:Investigasi pelanggaran hak cipta kontributor.

Merespon daftar artikel yang diinvestigasi melanggar hak cipta

Pemegang atau kuasa pemegang hak cipta yang sengaja melepaskan kontribusinya di sini, lihat di bawah.

Setiap kontributor dipersilakan membantu menginvestigasi artikel yang bermasalah hak cipta, meski hanya pengurus, panitera, dan VRT dapat menghapus tag {{copyvio}} dan menyelesaikannya.

Asistensi yang dapat dilakukan adalah seperti memberikan bukti pelanggaran atau nonpelanggaran, atau mendapatkan dan memverifikasi izin lisensi. Anda dapat menulis ulang artikel bermasalah.

Memberikan bukti nonpelanggaran

Artikel yang terdaftar di bawah ini diduga memiliki masalah hak cipta, tetapi tidak setiap artikel memuat pelanggaran. Konten di dalamnya dapat saja muncul di Wikipedia pertama kali, sudah dilepas ke domain publik, memiliki lisensi yang kompatibel dengan Wikipedia, atau tidak memenuhi orisinalitas. Kadang orangnya sendiri merupakan pemilik hak cipta materi bebas, dan sangat dianjurkan untuk diverifikasi.

Anda dapat memberikan informasi apakah konten tersebut menggunakan lisensi kompatibel atau domain publik di sini atau di halaman pembicaraan. Pranala atau penjelasan lainnya dapat membantu ketika pengurus atau panitera mengevaluasi materi tersebut. Kemungkinan memerlukan waktu beberapa hari untuk mendapatkan jawaban.

Jika artikel ditandai {{copyvio}}, Anda hanya mengizinkan pengurus atau panitera untuk menghapus tag. Jika artikel ditandai {{copy-paste}} atau {{close paraphrasing}}, Anda boleh menghapus tag dari artikel saat masalah berjalan, tetapi tidak boleh menghapus daftar masalah hak cipta begitu saja.

Mendapatkan dan memverifikasi izin

Kadangkala materi dimasukkan ke sini atas izin pemegang hak cipta. Terkadang pemegang hak cipta bersedia memberikan izin (dan lisensi yang sesuai!) meskipun sebenarnya tidak.

Setiap kontributor boleh memohonkan izin kepada pemilik hak cipta sekaligus memeriksa apakah mereka bersedia memberikan izin (atau mungkin mereka memang menulisnya di sini!). Lihat Wikipedia:Contoh permintaan izin. Dalam kedua kasus tersebut, kecuali jika pernyataan pelisensian yang kompatibel ditempatkan secara daring pada saat publikasi asli, izin harus dikonfirmasi melalui surel ke Wikimedia Foundation. Lihat Wikipedia:Permintaan izin. Jika lisensi yang kompatibel ditempatkan secara daring pada tempat publikasi asli, silakan memberikan pranala ke sana di halaman pembicaraan artikel.

Ingat bahwa diperlukan waktu beberapa hari untuk menghapus surel setelah dikirim. Tidak perlu khawatir jika konten dihapus sebelum waktunya; konten dapat dipulihkan kapan saja setelah perizinan disimpan.

Menulis ulang konten

Setiap kontributor boleh menulis ulang artikel yang bermasalah hak cipta dengan melakukan parafrase. Ketika artikel atau bagian artikel dikosongkan saat masalah berjalan, menulis ulang artikel dapat dilakukan pada halaman sementara di Pembicaraan:NAMAHALAMAN/Temp sehingga materi baru dapat disalin dari yang lama. (Templat pengosongan artikel akan ditautkan ke halaman sementara tertentu.)

Jangan menggandakan versi artikel bermasalah hak cipta. Setiap konten yang disalin bulat-bulat harus dihapus. Konten lain dari artikel dapat digunakan, jika terindikasi bukan masalah hak cipta. Sering kali merupakan ide bagus – dan penting ketika konten digandakan dari sumber yang tidak dapat diakses seperti buku – untuk menemukan tempat materi ada di artikel dan menghilangkan semua teks yang ditambahkan oleh kontributor tersebut. Hal ini dapat membantu menghindari melanjutkan masalah hak cipta secara tidak sengaja dalam penulisan ulang Anda. Jika Anda menggunakan teks apa pun dari versi artikel sebelumnya, mohon tinggalkan catatan di halaman pembicaraan artikel untuk memberi tahu administrator atau petugas yang menangani daftar. Riwayat artikel lama kemudian harus dipertahankan. (Jika versi aslinya terbukti tidak melanggar, kedua versi artikel tersebut dapat digabungkan.)

Menulis ulang dapat dilakukan langsung pada artikel yang telah diberi tag {{close paraphrasing}} dan {{copy-paste}}, dengan tag tersebut dihapus setelah penulisan ulang selesai.

Mohon baca Wikipedia:Salin dan tempel serta kebijakan dan pedoman terkait untuk menangani teks nonbebas. Membaca Wikipedia:Plagiarisme juga dapat membantu, khususnya jika konten dilisensikan dengan lisensi kompatibel atau domain publik. Memperbaiki masalah tersebut cukup sederhana, dengan cukup memberikan atribusi.

Pemegang hak cipta yang menyerahkan karyanya di Wikipedia (atau orang yang menulis atas nama pemegangnya)

Jika Anda memang ingin menerbitkan karya Anda ke Wikipedia dan kontribusi Anda ditandai sebagai potensi pelanggaran hak cipta, sampaikan pada halaman pembicaraan artikel bahwa Anda adalah pemegang hak cipta dari karya tersebut (atau sebagai agen atau kuasanya), meski belum tentu mencegah penghapusan. Untuk menyelesaikan masalah hak cipta sepenuhnya, cukup:

Lihat pula Wikipedia:Menyumbangkan materi berhak cipta.

Harap dicatat bahwa kemungkinan perlu sedikit waktu untuk menghapus surel setelah dikirim. Jangan khawatir jika konten dihapus sebelum waktunya; hal itu dapat dipulihkan kapan saja setelah izin yang dapat digunakan dicatat. Surel Anda akan menerima tanggapan apakah izin tersebut boleh digunakan atau tidak. Jika Anda belum menerima tanggapan atas surat Anda dalam waktu dua minggu, ada baiknya untuk memohon pengajuan kembali.

Namun, satu faktor lain yang harus Anda pertimbangkan adalah bahwa konten yang sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain mungkin tidak memenuhi pedoman dan kebijakan khusus Wikipedia. Jika Anda tidak memahami kebijakan dan pedoman ini, harap tinjau terutama Pancapilar yang mengatur proyek. Hal ini dapat membantu mempersiapkan diri Anda ketika menghadapi masalah lain dengan teks yang mungkin muncul.

Jika Anda memilih untuk menulis ulang konten daripada merilisnya di bawah lisensi yang diperlukan, silakan lihat di atas.

Pengurus dan panitera

Panitera

Untuk tugas dan fungsi dari panitera masalah hak cipta, lihat Wikipedia:Masalah hak cipta/Panitera.

Panitera di sini merupakan pengguna berpengalaman di Wikipedia yang sudah akrab dengan hak cipta dan kebijakan isi nonbebas dan penanganan pelanggaran lainnya berkaitan teks. Mereka dipercaya untuk mengevaluasi dan menutup daftar dan meminta tindakan administratif bila diperlukan. Panitera ditinjau secara berkala oleh panitera lain dan administrator patroli.

Pengurus

Untuk deskripsi lengkap dari pengurus, lihat Wikipedia:Administrators.

Pengurus dapat mengelola halaman masalah hak cipta. Pengelolaannya melibatkan evaluasi pribadi atau menggunakan alat yang diperlukan untuk menyelesaikan penutupan oleh panitera. Evaluasi panitera dapat dilakukan dan direkomendasikan tanpa perlu pemeriksaan ulang oleh pengurus, meskipun semua pengurus boleh meninjau rekomendasi dan mendiskusikannya dengan panitera yang bersangkutan.

Menutup diskusi

Halaman umumnya terdaftar selama minimal 5 hari sebelum diproses oleh panitera dan pengurus. Halaman yang terdaftar untuk praduga penghapusan dapat dibuka minimal 7 hari sebelum diproses. Agen VRT dapat menutup daftar kapan saja.

Untuk memulai permohonan baru, masukkan judul artikel bermasalah hak cipta berikut:



Penutup[sunting sumber]

Sekarang tanggal 6 Oktober 2022. Tempatkan Wikipedia:Masalah hak cipta/2022 Oktober. Berkas harus diajukan untuk dihapus menurut usulan penghapusan cepat atau Wikipedia:Berkas yang didiskusikan.