Aaron Swartz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aaron Swartz
Aaron Swartz profile.jpg
LahirAaron H. Swartz
(1986-11-08)8 November 1986
Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Meninggal11 Januari 2013(2013-01-11) (umur 26)
Crown Heights, Brooklyn, New York, Amerika Serikat
Sebab meninggalGantung diri
PekerjaanPengembang perangkat lunak, penulis, peretas, Aktivis internet
Situs webaaronsw.com

Aaron H. Swartz (lahir 8 November 1986 – meninggal 11 Januari 2013 pada umur 26 tahun)[1] adalah programer, aktivis internet, pengurus politik, aktivis, dan penulis asal Amerika Serikat.

Swartz terlibat dalam pengembangan format web feed RSS, organisasi Creative Commons, kerangka situs web.py dan situs berita sosial Reddit, di mana ia menjadi partner setelah merger dengan perusahaannya, Infogami.

Selanjutnya Swartz berfokus pada sosiologi, kesadaran masyarakat dan aktivisme. Dia membantu meluncurkan Komite Kampanye Perubahan Progresif pada tahun 2009 untuk mempelajari lebih lanjut tentang aktivisme online yang efektif. Pada tahun 2010 ia menjadi peneliti di Universitas Harvard, Safra Research Lab tentang Korupsi Kelembagaan, yang dipimpin oleh Lawrence Lessig. Ia mendirikan kelompok Demand Progress secara online, yang dikenal dalam kampanye melawan UU Anti Pembajakan (SOPA).

Pada tanggal 6 Januari 2011, Swartz ditangkap oleh polisi MIT atas tuduhan membobol masuk kampus dan secara sistematis mengunduh artkel-artikel jurnal akademik dari JSTOR. Jaksa federal kemudian menuduhnya dengan 2 tuduhan penipuan dan 11 pelanggaran terhadap Penyalahgunaan Komputer dan Pelanggaran UU, dengan hukuman maksimal denda kumulatif $1 juta, 35 tahun penjara, penyitaan aset, restitusi, dan diawasi.[2]

Dua tahun kemudian, dua hari setelah jaksa menolak tawaran pengacaranya yang kedua, Swartz ditemukan tewas menggantung diri di apartemennya di Brooklyn, New York.

Pada Juni 2013, Swartz secara anumerta dianugerah Hall of Fame Internet.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yearwood, Pauline (February 22, 2013). "Brilliant life, tragic death". Chicago Jewish News. p. 1.
  2. ^ http://www.justice.gov/usao/ma/news/2011/July/SwartzAaronPR.html
  3. ^ http://www.internethalloffame.org/press/latest-news/internet-hall-fame-announces-2013-inductees

Pranala luar[sunting | sunting sumber]