Umpan web

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Web feed)

Umpan web (Bahasa Inggris: web feed) adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbarui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita).[1]

Dalam skenario umum penggunaan umpan web, penyedia isi memublikasikan suatu pranala umpan pada situs mereka yang dapat dilanggani oleh pengguna akhir dengan menggunakan program pembaca umpan yang dijalankan dari komputer para pembaca itu sendiri. Jika diminta, agregator akan membaca server-server pada daftar umpannya untuk mencari isi baru; jika ditemukan, agregator dapat memberitahukan adanya isi baru tersebut atau langsung mengunduhnya. Agregator juga dapat dijadwalkan untuk mengecek isi baru secara periodik.

Jenis muatan yang disampaikan oleh umpan web umumnya adalah HTML (isi halaman web) atau pranala ke halaman web dan berbagai media digital lain. Seringkali suatu situs web yang menyediakan umpan web hanya menyertakan ringkasan pada umpan web mereka dan bukan isi lengkapnya.

Umpan web diberikan oleh banyak situs web berita, weblog, sekolah, dan podcast.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Indratko Media Group". Indratko Media (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-03.