Wikipedia:Proses penghapusan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Proses penghapusan melibatkan berbagai macam proses pelaksanaan dan pencatatan keputusan komunitas untuk menghapus atau mempertahankan halaman dan media.

Secara umum, diskusi penghapusan perlu dilaksanakan dalam rangka mewujudkan konsensus penghapus. Pengurus bertanggung jawab untuk menutup diskusi ini, meskipun nonpengurus boleh menutup diskusi dalam keadaan tertentu. Dalam banyak kasus, halaman dapat dihapus dengan cepat jika memenuhi kriteria ketat ditetapkan berdasarkan konsensus.

Catatan: Tindakan resmi dari Wikimedia Foundation atau admin sistem, khususnya terkait hak cipta, masalah hukum, atau beban peladen, diprioritaskan dari konsensus.

Penghapusan cepat[sunting sumber]

Penghapusan cepat berlaku apabila salah satu halaman sudah memenuhi kriteria penghapusan cepat, yakni saat pengurus memutuskan bahwa penghapusan halaman atau media tanpa harus diskusi terlebih dahulu.

Sebelum menghapus, pertimbangkan bahwa halaman/berkas ini sudah memenuhi sekurang-kurangnya satu kriteria tersebut, lalu periksa riwayat halaman apakah Anda bisa mengembalikan versi sebelumnya dan untuk menentukan apakah ada tindakan potong-tempel yang terlibat, serta cari informasi terkait yang dapat mempengaruhi kebutuhan atau alasan penghapusan:

  • Ringkasan suntingan dapat memiliki informasi tentang sumber atau alasan halaman.
  • Halaman pembicaraan dapat merujuk pada diskusi penghapusan yang sebelumnya atau memiliki diskusi berlangsung yang relevan dengan halaman tersebut.
  • Log halaman dapat memiliki informasi tentang penghapusan sebelumnya yang dapat menentukan pembuatan halaman berulang-ulang atau mempertahankannya.
  • Pranala balik dapat menunjukkan apakah halaman tersebut sering dirujuk dari ensiklopedia, atau mungkin menampilkan halaman serupa lainnya yang membutuhkan penghapusan. Untuk halaman yang tidak boleh dibuat ulang, pranala yang muncul di halaman lain (kecuali dalam pembicaraan, arsip, dan pelacakan) harus dihapus.

Jika Anda menilai penghapusan cepat ini tidak sesuai untuk halaman tersebut:

  1. Silakan hapus tag penghapusan cepat dari halaman. Otomatis menghapus halaman dari Kategori:Kandidat penghapusan cepat .
  2. Beri tahu pengusul menggunakan {{speedy-decline}} atau {{uw-csd}}.

Bila menghapus halamannya melalui penghapusan cepat, tentukan alasan penghapusan di ringkasan penghapusan, sehingga penghapusannya dicatat. Mengutip isinya diperbolehkan, kecuali untuk isi yang menyerang subjek atau teks berhak cipta. Sangat dianjurkan memberi tahu pembuat halaman tentang penghapusan tersebut.

Usulan penghapusan[sunting sumber]

Usulan penghapusan ditujukan kepada halaman yang menggunakan suatu diskusi. Meskipun langkah-langkah untuk menutup diskusi penghapusan bervariasi dari satu tempat diskusi penghapusan ke yang lain, ada prinsip umum yang berlaku di semua tempat.

Forum penghapusan[sunting sumber]

Di bawah ini adalah enam forum penghapusan untuk halaman yang tidak memenuhi penghapusan cepat. Banyak pengguna menggunakan alat bantu bernama Twinkle, yang dapat diakses oleh pengguna terkonfirmasi otomatis.

Forum penghapusan
Nama diskusi Ditujukan kepada
Usulan penghapusan (UP) Artikel dan halaman lain di ruang nama utama (termasuk halaman disambiguasi), tidak termasuk pengalihan.
Kategori yang didiskusikan

(UP-K)

Kategori dan templat rintisan.
Berkas yang didiskusikan (UP-B) Berkas multimedia (termasuk gambar)
Usulan penghapusan lain-lain (UP-L)
Pengalihan yang didiskusikan (UP-R) Pengalihan di segala ruang nama.
Templat yang didiskusikan (UP-T) Halaman dalam ruang nama Templat: dan Modul:, tidak termasuk templat rintisan, kotak pengguna, dan pengalihan.[catatan 1]
Permohonan pemindahan (PPA) Meski digunakan untuk mengganti judul, dapat dilakukan untuk menimpa pengalihan lama (misalnya menghapus pengalihan atau isi di halaman target) atau menggabungkan artikel.

Penggunaan halaman ini dikecualikan untuk ruang nama kategori dan templat rintisan (masuk dalam Wikipedia:Kategori yang didiskusikan).

  1. ^ a b Kebijakan dan pedoman serta proses beserta templat-templatnya tidak boleh diajukan untuk dihapus, karena ada kemungkinan komunitas untuk menghidupkan lagi kebijakan tersebut. Anda dapat mengajukannya lewat halaman pembicaraan, permohonan pendapat, atau ke Warung Kopi.
Peninjauan kembali (PK)
Jenis diskusi Cakupan
Evaluasi penghapusan (EP) Untuk mengajukan banding atas penghapusan halaman atau diskusi penghapusan yang menurut pengusul tidak sesuai dengan konsensus komunitas, jika permintaan berada di luar cakupan pembatalan penghapusan, dan sudah berdiskusi dengan pengurus yang menghapus atau lebih dekat.
Evaluasi pengalihan (ER) Untuk mengajukan peninjauan kembali atas pemindahan dan/atau penggabungan, jika menurut pengusul tidak sesuai dengan konsensus atau prosedur penutupan yang tepat, dan sudah mendiskusikannya dalam waktu yang akhir-akhir ini.

Konsensus[sunting sumber]

Pembentukan konsensus harus melalui pertimbangan yang cermat, penguraian, dan sintesis akhir dari berbagai perspektif anggota komunitas selama diskusi, dan tidak dihitung sekadar dengan jumlah suara saja.

Hasil diskusi harus menggambarkan suatu konsensus kotor yang dicapai dalam diskusi penghapusan serta konsensus komunitas dalam skala yang luas. (Meskipun konsensus dapat berubah, konsensus yang mengutamakan kepentingan kelompok atau pengguna, pada waktu dan saat-saat tertentu, tidak dapat menggantikan konsensus komunitas).

Perilaku dan pandangan[sunting sumber]

  • Perilaku menganvas: Evaluasi apakah diskusi sudah mematuhi standar konsensus. Ingatkan peserta bahwa diskusi penghapusan bukanlah pemungutan suara, dan pranalakan ke halaman informasi yang sesuai. Asumsikan niat baik – peserta lain mungkin dapat membantu dengan melakukan apa yang menurut mereka benar.
  • Siluman: Jika terang-terangan, komentar dapat ditandai (dapat dianggap tidak memiliki iktikad baik atau menyinggung pihak lain). Jika tidak yakin, laporkan dalam investigasi pengguna siluman, dan tunjukkan keluhan dan alasan Anda, tetapi gunakan konteks perdebatan, dan jangan menyerang pengguna.
  • Konflik atas sudut pandang mayoritas versus minoritas serta senioritas: Ingatlah bahwa saya dan Anda memiliki pilihan yang khas. Daripada menutup, atau memperpanjang periode diskusi, faktanya tidak ada yang memiliki kewajiban untuk segera menutup diskusi setelah melewati tenggat waktu yang ditetapkan.

Usulan penghapusan oleh subjek[sunting sumber]

Usulan penghapusan artikel biografi tokoh yang masih hidup yang bukan merupakan tokoh publik, serta mengajukan penghapusan dan tidak ada konsensus, dapat langsung "hapus" sesuai kebijakan penghapusan dan kebijakan biografi tokoh. Pengguna yang menutup diskusi harus meninjau kebijakan ini untuk memastikan kriteria terpenuhi secara bijaksana.

Hasil umum[sunting sumber]

Usulan penghapusan dapat diakhiri dengan salah satu dari sejumlah hasil yang berbeda, dengan hasil tertentu yang akan dicatatkan dalam tempat diskusi penghapusan.

Saat mempertimbangkan untuk menutup diskusi, mohon diketahui bahwa:

  • Keputusan lain yang nonstandar kadangkala dapat digunakan. Misalnya, "Gabung dan hapus" atau "Ganti nama dan gabungkan". Pengusul penutupan harus sesuai konsensus, yang penting kebijakan dan norma komunitas harus dipatuhi.
  • Keputusan dapat menyertakan alasan atau penjelasan agar alasan penghapusannya dapat dipahami – biasanya berlaku dalam topik-topik panas, atau saat pandangan mayoritas dikesampingkan (atau beberapa pandangan diberi bobot yang substansial), atau bila alasan penutupan dapat saja diinterpretasikan berbeda saat menjalani evaluasi.
  • Kami tidak pernah mewajibkan tanggal jatuh tempo untuk menutup diskusi penghapusan – dalam beberapa kasus mungkin akan lebih baik bagi pengusul untuk mengomentari dirinya sendiri, bahkan jika "tanggal jatuh tempo" untuk penutupan telah tercapai, dan memilihnya untuk menutup diskusi kepada.
Hasil yang umum
Hasil Ditujukan kepada Detail
Pertahankan Semua Konsensus kasar untuk tetap mempertahankan halaman meski tidak harus dalam bentuknya yang sekarang. Untuk menetapkannya, tutup diskusi sebagai 'pertahankan'; sunting; dan catat hasilnya pada halaman pembicaraan menggunakan salah satu dari beberapa templat khusus tempat (lihat 'Petunjuk langkah demi langkah' untuk detailnya).
Hapus Semua Konsensus kasar untuk menghapus halaman, termasuk seluruh riwayat revisinya. Untuk menetapkannya, tutup diskusi penghapusan sebagai 'hapus'; hapus halaman, dan pranalakan ke diskusi penghapusan di ringkasan penghapusan; dan, jika halaman tersebut tidak boleh dibuat ulang, hapus pranala balik di halaman lain (kecuali di halaman diskusi, arsip, dan pelacakan).
Tidak ada konsensus Semua Tidak ada konsensus kasar. Untuk menerapkan hasil 'tidak ada konsensus': tutup diskusi sebagai 'tidak ada konsensus'; sunting halaman untuk menghapus pemberitahuan penghapusan; dan catat hasilnya pada halaman pembicaraan menggunakan salah satu dari beberapa templat khusus tempat (lihat 'Petunjuk langkah demi langkah' untuk detailnya).
Pindahkan (selain kategori),
atau
Ganti nama (kategori)
Semua Ditujukan untuk halaman yang menurut konsensus dapat diperbaiki jika judulnya juga diubah. Untuk kategori, masalah ini akan berbeda:
Gabung Artikel, kategori, templat Untuk menggabungkan dua halaman atau lebih. Alasannya spesifik dan jelas. Untuk menggabungkan template atau kategori, gunakan usulan penghapusan. Jika ingin menggabungkan artikel, mohon tidak menggunakan diskusi penghapusan, tetapi diskusikan di halaman pembicaraan.
Buat disambiguasi Artikel, pengalihan Jika diskusi berujung pada pembuatan dua topik berbeda, silakan usulkan halaman sebagai disambiguasi.
Alihkan Artikel, templat, halaman lain-lain Ditujukan pada halaman yang duplikat serta sudah dibahas di artikel lain.
Pindah ke halaman pengguna Artikel, templat, lain-lain Pindahkan ke bak pasir pembuat halaman sehingga mereka dapat melakukan perbaikan. Jika yang dinominasikan adalah esai Wikipedia, terkadang dapat dipindahkan ke ruang nama pengguna jika kedapatan melanggar kebijakan atau pedoman.
Hapus dan dapat diizinkan untuk dibatalkan asal mematuhi lisensi yang sesuai Berkas Jika berkas akan dihapus karena masalah hak cipta, dapat diunggah ulang jika masalah ini diselesaikan.
Buat daftar Kategori Menghapus suatu kategori dan membuat artikel daftar sebagai pengganti.
Target ulang Pengalihan Pengalihan harus diarahkan menuju judul yang lain.
Tuju pada subbab Pengalihan Pengalihan ditargetkan pada subbab tertentu (misal AfrikaAfrika#Sejarah)

Menutup diskusi[sunting sumber]

Diskusi biasanya ditutup setelah seminggu. Jika tidak ada komentar, atau tindakan lain berasa tidak jelas, diskusi dapat diperpanjang. Baik menutup atau memperpanjang diskusi adalah tindakan pengurus, tetapi pengguna berpengalaman boleh memperpanjang diskusi.

Petunjuk penutupan
Jenis diskusi Petunjuk untuk menutupnya
Usulan penghapusan (UP) Wikipedia:Usulan penghapusan/Petunjuk bagi pengurus
Kategori yang didiskusikan

(UP-K)

Wikipedia:Kategori yang didiskusikan/Petunjuk bagi pengurus
Berkas yang didiskusikan (UP-B) Wikipedia:Berkas yang didiskusikan/Petunjuk bagi pengurus
Usulan penghapusan lain-lain (UP-L) Wikipedia:Usulan penghapusan lain-lain/Petunjuk bagi pengurus
Pengalihan yang didiskusikan (UP-R) Wikipedia:Pengalihan yang didiskusikan/Petunjuk bagi pengurus
Templat yang didiskusikan (UP-T) Wikipedia:Templat yang didiskusikan/Petunjuk bagi pengurus
Permohonan pemindahan (PPA) Wikipedia:Permohonan pemindahan/Petunjuk bagi pengurus

Memperpanjang diskusi[sunting sumber]

Tujuan dari diskusi penghapusan adalah menghasilkan penghapusan. Namun, bila sudah mencapai seminggu dan jumlah partisipannya sedikit, atau memiliki kekurangan argumen berkaitan kebijakannya, penutup diskusi dapat memperpanjang diskusi untuk menetapkan konsensus.[1] Namun, memperpanjang diskusi bukanlah pengganti "tanpa konsensus". Jika sang penutup mengakui bahwa mungkin saja debatnya dilanjutkan, dengan pendapat yang berbeda-beda, tetapi konsensus yang tak dapat dicapai, keputusan Tanpa konsensus dapat dicapai.

Penutupan oleh nonpengurus[sunting sumber]

Pengurus dapat menutup diskusi penghapusan, tetapi penutupan diskusi dapat dilakukan oleh nonpengurus (bukan anonim).

  • Seperti semua diskusi, usulan penghapusan harus mematuhi kebijakan dan pedoman Wikipedia dan memenuhi suatu konsensus. Jika Anda belum berpengalaman, atau belum familier dengan kebijakan penghapusan, jangan ditutup.
  • Putusan kontroversial harap diserahkan kepada pengurus.
  • Perlu diingat bahwa nonpengurus tidak memiliki kemampuan menghapus halaman tersebut seperti layaknya pengurus yang memiliki hak menghapus.
  • Jangan menutup diskusi saat Anda sudah menawarkan opini, atau pada halaman yang sedang Anda minati (sehingga Anda akan merombak besar-besaran artikel yang diusulkan untuk dihapus itu).
  • Nonpengurus harap mengindikasikan statusnya dengan {{nac}}, yang harus disubstitusi seperti

Jika pengurus sudah menghapusnya, tetapi belum menutup diskusinya, semua orang boleh menutup diskusi asalkan nama pengurus dan ringkasan penghapusannya dimasukkan dalam alasan penutupannya.

Diskusi yang sudah ditutup hanya boleh dibuka lagi oleh sang penutup diskusi; dengan melibatkan pengurus; memberikan alasannya; atau melalui konsensus pada evaluasi penghapusan.

Transwiki[sunting sumber]

Jika konsensusnya adalah transwiki, tetapi Anda belum memutuskan untuk mentranswikikannya, maka silakan

  1. Masukkan entri ke Wikipedia:Usulan penghapusan/Transwiki
  2. Beri tag pada artikel:

Halaman dengan banyak revisi[sunting sumber]

Penghapusan halaman dengan riwayat suntingan yang panjang dapat mempengaruhi kinerja peladen. Sebagai praperingatan, penghapusan dengan revisi lebih dari 5.000 kali memerlukan "penghapusan besar-besaran" secara khusus. Ajukan permohonan kepada steward di Meta-Wiki dalam meta:Steward requests/Miscellaneous.

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ Namun jika tidak ada yang mempertentangkan dengan jumlah partisipan yang sedikit dapat dihapus mengikuti kaidah "tanpa kuorum".