Wikipedia:Akun dengan tujuan tunggal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Akun dengan tujuan tunggal adalah akun pengguna atau editor IP yang penyuntingannya terbatas pada satu area yang sangat sempit atau sekumpulan artikel tertentu, atau pola penyuntingannya untuk banyak artikel terlihat sama. Jika ada Wikipediawan/ti yang mengarahkan Anda ke halaman ini, itu artinya mereka ingin mendorong Anda untuk membiasakan diri dengan pedoman Wikipedia mengenai konflik kepentingan dan advokasi. Sebagian besar akun jenis ini digunakan untuk tujuan promosi atau semata-mata menunjukkan sudut pandang mereka, yang dimana hal tersebut tidak diperbolehkan.

Komite Arbitrase Wikipedia telah menetapkan bahwa "akun dan editor dengan tujuan tunggal memiliki sudut pandang pribadi yang kuat tentang topik tertentu dalam Wikipedia diharapkan untuk berkontribusi secara netral daripada mengikuti kehendak mereka sendiri; mereka harus berhati-hati untuk menghindari menciptakan kesan bahwa fokus mereka pada satu topik tidaklah netral; ketidaknetralan menunjukkan bahwa penyuntingan mereka tidak sejalan dengan tujuan proyek ini."

Karena alasan inilah, editor berpengalaman sering melakukan pemeriksaan dengan cermat terhadap kegiatan penyuntingan yang dilakukan akun baru untuk menentukan apakah mereka ada di sini untuk membangun sebuah ensiklopedia (mungkin mereka butuh bantuan dan saran), atau apakah mereka mengedit untuk promosi, advokasi atau intensi terlarang lainnya. Meskipun komunitas Wikipedia berusaha untuk menarik pengguna baru maupun yang berwawasan dalam bidang tertentu, Wikipedia tetaplah bukan tempat untuk melakukan advokasi.

  • Editor baru memiliki hak untuk diperlakukan dengan hormat dan kesopanan; tetapi mereka juga harus menyadari bahwa manusia memiliki batas kesabaran, mereka mungkin akan menjadi target pengawasan cermat pada tahap awal penyuntingan mereka karena editor lain berupaya menilai seberapa baik mereka mematuhi standar Wikipedia.
  • Editor berpengalaman harus memiliki itikad baik mengenai akun pengguna, bertindak adil dan sopan, dan tidak menggigit pendatang baru. Ingatlah bahwa setiap editor di Wikipedia adalah orang baru di beberapa titik. Kehati-hatian diperlukan ketika menindak suntingan mereka sebagai akun dengan tujuan tunggal.
Penanda dapat dipakai untuk menyoroti secara visual bahwa seseorang dalam diskusi multi-pengguna yang hanya berkontribusi sedikit atau malah tidak ada tentang artikel selain yang sedang diperbincangkan. Namun, pengguna yang menyunting dengan tepat dan melontarkan poin-poin yang selaras dengan norma-norma komunitas Wikipedia, kebijakan dan pedoman Wikipedia mengharuskan komentar mereka dipandang setara, terlepas dari penanda apa pun yang ditempatkan padanya.