Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/April 2014

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

gambar untuk kompetisi bebaskan pengetahuan 2014[sunting sumber]

saya hillun, peserta kompetisi bebaskan pengetahuan 2014

saya ingin mengembangkan artikel mengenai Garin Nugroho. pada artikel tersebut sudah ada foto Garin. dalam penilaian kompetisi, terdapat komponen soal gambar, apakah saya harus mengganti foto tersebut dengan yang baru?

tq..

BP41Hillun (bicara) 1 April 2014 07.47 (UTC)

Karena menyangkut lomba sebaiknya ini Anda tanya kepada panitia. Kalau buat keperluan Wikipedia sendiri sih tidak perlu diganti. Kalau mau Anda bisa menambahkan foto/gambar lain, misalnya foto Garin dalam beberapa kesempatan yang berbeda. Coba lihat-lihat artikel biografi yang lain, biasanya dalam satu artikel bisa ada beberapa foto orang yang sama. Gombang (bicara) 1 April 2014 11.15 (UTC)
P.S. Setelah saya lihat gambar yang ada bukan gambar berlisensi bebas. Kalau Anda bisa mendapatkan gambar berlisensi bebas buat menggantikannya bisa diunggah ke Commons. Gombang (bicara) 1 April 2014 12.52 (UTC)
Halo Hillun, seperti kata Mas Gombang di atas, jika ada masalah teknis lomba bisa bertanya kepada panitia melalui halaman pembicaraan atau jaringan pribadi. Jika ada masalah teknis, bisa di Warung Kopi juga. Selamat menyunting!

Terima kasih juga Mas Gombang untuk bantuan penjelasannya. Salam.55hans (bicara) 1 April 2014 14.05 (UTC)

Kategori[sunting sumber]

Selamat Sore,

Saya BP20Benny peserta kompetisi menulis Wikipedia 2014.

Saya menulis artikel tentang Androsentrisme

Saya kebingungan memasukkan artikel ini ke dalam kategori apa

Mohon Bantuannya

Terima kasih.. – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

Mungkin dalam Kategori Feminisme? Kalau bingung soal kategori contoh saja pengkategorian di Wikipedia bahasa Inggris (en:Androcentrism) Gombang (bicara) 1 April 2014 11.18 (UTC)

Wikifisasi[sunting sumber]

Selamat pagi,

Saya BP20Benny peserta kompetisi wikipedia 2014

Saya ingin bertanya apabila satu kata sudah diwikifisasi, apakah kata itu harus diwikifisasi lagi ketika saya menggunakan kata tersebut dalam kalimat lain yang masih dalam satu artikel??

Mohon bantuannya

Terima kasih – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

Biasanya sih tidak perlu (misalnya kalau istilah absurdisme sudah disebutkan di bab 1, maka di bab 2 tidak harus diwikifisasi lagi. Tapi kalau absurdisme diwikifisasi di paragraf pembuka, mungkin masih bisa diwikifisasi lagi di bab 1, tapi tidak harus di bab 2).  Mimihitam  1 April 2014 19.48 (UTC)
Tidak harus, tapi bukan berarti tidak boleh. Sebaiknya dihindari mewikifisasi secara berlebihan, cukuplah satu atau dua kata yang diwikifisasi jika katanya sama. -39.230.23.74 1 April 2014 19.51 (UTC)

Waktu[sunting sumber]

Selamat Pagi,

Saya BP20Benny peserta lomba Wikipedia 2014

Saya mempunyai masalah dengan penyesuaian waktu..

Terakhir kali saya memperbaharui artikel androsentrisme adalah 2 April 2014 pukul 02.47 WIB

tetapi dalam versi terdahulu di artikel ini justru waktu yang muncul adalah 1 april 2014 pukul 19.41 WIB

Mohon bantuannya

Terima Kasih – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

19:41 bukan merujuk pada Waktu Indonesia Barat (+7), tapi Coordinated Universal Time (0). Kalau ingin diganti bisa diatur di preferensi di kanan atas (klik preferensi, lalu klik tab tanggal dan waktu).  Mimihitam  1 April 2014 19.53 (UTC)

Mohon Pantauan Kepaksian Skala Brak https://id.wikipedia.org/wiki/Kepaksian_Sekala_Brak[sunting sumber]

Kepada admin dan relawan Wikipedia lainnya,

Mohon agar artikel Kepaksian Skala Brak https://id.wikipedia.org/wiki/Kepaksian_Sekala_Brak dipantau. Sebab artikel tersebut ditulis berdasarkan buku yang dibuat oleh Diandra Natakembahang yang mana merupakan keluarga dari Skala Brak itu sendiri. Adanya konflik kepentingan terlihat dari gaya bahasanya yang seperti menulis 'Company Profile' dari Skala Brak. Tanpa keraguan, tanpa anti-tesis, tanpa memuat pertentangan atau pendapat-pendapat dari pihak peneliti yang mayoritas tidak mengakui adanya kerajaan di Lampung.

Perlu diketahui buku-buku asing yang dijadikan sumber klaim bahwa Skala Brak diakui sebagai kerajaan tertua di Lampung adalah tidak benar. Buku-buku yang dikutip dalam buku / artikel tersebut tidak pernah mengatakan hal-hal seperti itu. Namun oleh tim Skala Brak termasuk Diandra Natakembahang dipotong-potong kalimatnya hingga seolah-olah mengakui Skala Brak sebagai kerajaan tertua di Lampung.

Perlu diketahui, menurut para peneliti dan pengamat sejarah kebudayaan Lampung yang objektif dan tidak memiliki kepentingan. Lampung tidak pernah memiliki kerajaan / kesultanan. Karena dari masa ke masa hanya tunduk pada Sriwijaya, Banten, dll.

Diandra Natakembahang diduga membuat buku (tanpa penerbit) untuk meligitimasi seolah-olah Skala Brak sudah diteliti sebagai kerajaan tertua di Lampung. Lalu isi buku ini di copy paste di berbagai blog milik keluarga Skala Brak, sehingga jika kita googling 'Skala Brak' akan dipenuhi oleh blog-blog mereka.

Buku yang ditulis Diandra Natakembahang ditulis tanpa kajian yang kritis. Sehingga saya meminta agar halaman artikel Skala Brak dipantau.Pengguna:Margapesisir

Sudah saya masukkan dalam daftar pantauan saya. Tapi akan lebih baik jika @Margapesisir: ikut memantau, karena Bapak paham dengan artikel tersebut. Bagi yang tidak paham seperti saya, cuma bisa memantau supaya tidak divandal + kenetralan artikel. Sementara kesahihannya, repot juga. Okkisafire (bicara) 3 April 2014 05.55 (UTC)

Baik. Sangat disayangkan karena artikel ini sudah terlanjur dipaste ke berbagai Blog oleh para penulis-penulis Blog. Semoga mulai sekarang kita bisa menetralkan artikel ini.Pengguna:Margapesisir (bicara) 3 April 2014 13.33 (GMT)

Artikel[sunting sumber]

Selamat sore,

Saya BP20Benny peserta lomba wikipedia 2014

Saya membuat artikel yang berjudul Deus Faber

Artikel ini belum ada belum ada dalam Wikipedia bahasa Inggris

Apakah saya perlu juga untuk membuat artikel ini juga dalam bahasa Inggris?

Mohon Bantuannya

Terima Kasih.. – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

Untuk keperluan kompetisi ini, tidak perlu. Salam.  Mimihitam  3 April 2014 08.31 (UTC)

Sepinya Kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2014[sunting sumber]

Saya kok merasakan BP 2014 kurang greget yah... Selain tidak diekspos di media nasional juga selama hampir satu minggu ini, suntingan dan kontribusi artikel para peserta kurang mewarnai laman WBI. Padahal waktu kompetisinya tergolong singkat hanya 90 hari saja. Saya mengusulkan agar para peserta diarahkan untuk membuat artikel-artikel yang diminta pengguna atau artikel dengan yang tema dikuasai oleh peserta. Ayoo..ayoo.. Semangat Menyunting...!!!  eMpu  bicara  6 April 2014 07.19 (UTC)

Halo Empu, terima kasih sudah memberikan perhatian kepada kompetisi ini ya *nyengir. Soal tidak diekspos di media nasional, itu benar. Tidak banyak wartawan yang tertarik datang ke Konferensi Pers tanggal 25 Maret kemarin di kantor Kemenkokesra. Ada beberapa sebab yang panitia lihat, dua diantaranya adalah keterlambatan kami dalam mengirim undangan dan kesibukan pemilu yang menyedot perhatian media. Walau demikian, ada beberapa media online yang memuat berita tentang ini. Lalu soal kurangnya kontribusi para peserta, menurut saya hal itu dikarenakan para peserta masih berupaya 'menjajal' Wikipedia. Ada satu dua peserta yang sudah membuat lebih dari tiga artikel, artinya di luar harapan panitia, namun sebagian besar masih berkutat di angka satu-dua artikel. Sementara itu, peserta yang sudah gugur cukup rendah, di bawah 10 orang sejauh ini. Untuk masukan dari Anda soal permintaan artikel, nanti panitia akan usulkan ke peserta sebagai bahan. Terima kasih ya. Salam hangat.55hans (bicara) 6 April 2014 22.58 (UTC)
Terima kasih atas perhatiannya Empu, sama seperti yang Hans Abdiel utarakan sebelumnya untuk media memang saat ini media dan wartawan lebih tertarik untuk mengejar pemilu. Bahkan, rata-rata yang memuat kompetisi ini di laman mereka, mereka tidak datang dan hanya meminta pers rilis dari kami. Selain itu, terkait kontribusi peserta; ada yang artikelnya melebihi apa yang kami harapkan, namun ada juga yang tidak. Beberapa kampus selama dua minggu ini juga sedang masa UTS, jadi kami juga berpendapat mungkin ini bisa menjadi tolok ukur mengapa kontribusi masih kurang. --Beeyan (bicara) 7 April 2014 02.56 (UTC)

AP Piala Dunia[sunting sumber]

Berhubung AP untuk menyambut Piala Dunia belum ada, ada yang berminat membirukan artikel Piala Dunia FIFA sehingga bisa diajukan sebagai artikel pilihan? Saya lihat artikelnya sudah dikembangkan oleh salah seorang pengguna, dan saya perhatikan cukup banyak pengguna WBI yang suka bikin artikel sepak bola. Saya sih berminat, tapi lagi sibuk -39.226.108.222 7 April 2014 18.34 (UTC) (sori lagi malas masuk log)

Daftar pilihan[sunting sumber]

Halo semuanya, sekarang saya sudah buat nih Wikipedia:Daftar pilihan. Silahkan bagi yang berminat untuk mengusulkan suatu daftar untuk dicalonkan. Maaf kalo masih sedikit kelihatan baru. Hanya saja disitu tidak ada Wikipedia:Daftar pilihan/Kriteria, mohon bagi yang bersedia untuk mengisi halaman kriteria tersebut. Terima kasih --What a joke (bicara) 9 April 2014 00.27 (UTC)

Halo, saya sudah menyiapkan semuanya tentang DP (Daftar pilihan), mulai dari halaman usulan, templat, hingga kriteria. Tetapi kriterianya belum diterjemahkan dengan sempurna. Adakah yang ingin membantu menerjemahkan kriteria secara sempurna? Salam. Arifin.wijaya Mari bicara 9 April 2014 15.54 (UTC)

Saya sendiri mendukung adanya daftar pilihan. Namun, sebaiknya sebelum pemilihan daftar dimulai, kriterianya agar dibahas dan disepakati komunitas terlebih dahulu. Salam.  Mimihitam  9 April 2014 20.36 (UTC)

Pertama kali kriterianya dibuat oleh Pengguna:What a joke karena terjemahannya buruk jadi saya perbaiki sedikit. Salam. Arifin.wijaya Mari bicara 10 April 2014 16.16 (UTC)

Anon mau komplain[sunting sumber]

Kenapa sih beberapa orang di sini mentang-mentang anon yang menyunting sembarangan direvert begitu saja? Contohnya Pengguna:Arifin.wijaya yang asal merevert suntingan tanpa dilihat dulu (contoh: cek sejarah artikel Aburizal Bakrie). Tolong buat para pengurus orang2 seperti ini ditegur. – komentar tanpa tanda tangan oleh 145.97.140.243 (bk) .

Anda bisa menegur langsung sebenarnya. Gombang (bicara) 9 April 2014 13.59 (UTC)

Pemilu legislatif[sunting sumber]

Waduh kok, penyelenggaraan pemilihan legislatif 2014 gak masuk dalam peristiwa terkini di halaman utama? Padahal ini pesta demokrasi 5 tahun sekali. -Denny eR Ge (bicara) 11 April 2014 07.38 (UTC)

Sudah ditambahkan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 12 April 2014 08.12 (UTC)

Proposal mengenai kebijakan daftar pilihan[sunting sumber]

Saya sudah membuat halaman proposal tentang sistem daftar pilihan dan kriterianya. Anda dapat memberikan komentar di sini dan di sini. Bila tidak ada komentar maka akan dilaksanakan pemungutan suara. Terima kasih. Arifin.wijaya Mari bicara 12 April 2014 14.43 (UTC)

artikel negara[sunting sumber]

Halo, saya seorang pembaca setia Wikipedia. Kalau boleh tau, artikel negara/kota terpanjang apa ya? Saya heran aja, kok artikel Indonesia di Wikipedia bahasa lebih pendek dari artikel Amerika Serikat? Dan artikel Paris lebih panjang dari Jakarta? Saya hanya penasaran saja. Terima kasih112.215.63.29 13 April 2014 08.19 (UTC)

Anda bisa melengkapinya dengan mengeklik tombol "Sunting sumber" di bagian atas halaman. Sebelum menyunting sebaiknya daftarkan diri terlebih dahulu di sini. Semoga bermanfaat. Arifin.wijaya Mari bicara 13 April 2014 08.25 (UTC)

Artikel biasanya diterjemahkan dari Wikipedia bahasa Inggris. Dan oleh sebab itu panjang artikel juga sesuai dengan Wikipedia bahasa Inggris.

10 artikel geografi terpanjang:

  1. Chili [279.621 bita]
  2. Britania Raya [233.810 bita]
  3. Amerika Serikat [213.619 bita]
  4. Inggris [177.725 bita]
  5. Skotlandia [177.094 bita]
  6. London [173.521 bita]
  7. Selandia Baru [161.674 bita]
  8. Manchester [149.085 bita]
  9. Italia [148.740 bita]
  10. Estonia [147.031 bita]

Selengkapnya bisa dilihat disini. Romanda (bicara) 13 April 2014 08.42 (UTC)

Artikel Boas[sunting sumber]

Selamat Malam,

Saya BP20Benny peserta lomba wikipedia 2014.

Saya sedang menyempurnakan artikel Boas, tetapi dalam artikel itu sudah ada beberapa referensi

yang saya belum tahu apakah referensi itu termasuk standard referensi yang baik menurut wikipedia.

Apakah saya harus menghapusnya referensi tersebut atau saya biarkan saja?

lalu, apakah artikel ini bisa masuk hitungan artikel sempurna saya? jika saya menyempurnakan referensi dan juga melengkapi isi dari artikel ini??

Terima kasih – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

sepertinya gak perlu setiap kalimat dikasih nomor referensi. Misalnya nomor referensi cukup pada akhir alineanya saja, gak perlu di tiap kalimat. | Ciko bicara 6 Mei 2014 20.44 (UTC)

Untuk keperluan kompetisi sepertinya tiap kalimat harus ada rujukannya. Untuk referensi artikelnya sendiri bisa diperiksa kelayakannya. Peraturannya kurang lebih sama dengan standar penulisan ilmiah. Misalnya, kalau isinya cuma blog, jelas tidak layak. Terima kasih dan salam  Mimihitam  6 Mei 2014 21.00 (UTC)

Artikel Abaddon[sunting sumber]

Selamat Malam,

Saya BP20Benny Peserta lomba wikipedia 2014..

Saya membuat artikel Abaddon tanpa menyadari bahwa artikel itu sudah dalam nama Abadon...

lalu saya coba menghapus artikel Abaddon, tetapi tidak bisa...

Mohon bantuannya terima kasih.. – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

Kalau namanya mirip, Anda boleh mengalihkan halaman tersebut ke halaman yang benar. (baca: Bantuan:Pengalihan) Salam. ·· KℇℵℭK 16 April 2014 11.58 (UTC)

Fariz RM.jpg[sunting sumber]

Coba deh lihat ini:

Dua berkas yang berbeda gambar di Wikimedia tapi namanya sama. Bolehkah yang versi WBInya dihapus saja karena sudah diunggah oleh Crisco versi bebasnya di Commons ? --Erik Fastman (bicara) 26 April 2014 08.00 (UTC)

Mana versi yang di Commons? Yang di en.wp bukan versi bebas juga. Gombang (bicara) 29 April 2014 04.42 (UTC)
Versi yang di Commons itu yang di en.wp --Erik Fastman (bicara) 29 April 2014 08.37 (UTC)