Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 367 daftar pilihan dari 437.218 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.191 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Foto Cruise saat menghadiri penayangan perdana film Edge of Tomorrow di Paris pada 2014

Dari 52 taman nasional di Indonesia, 6 di antaranya adalah Situs Warisan Dunia, 9 taman bagian dari World Network of Biosphere Reserves, dan 5 taman merupakan lahan basah yang secara internasional dilindungi oleh Konvensi Ramsar. Sebanyak 9 taman didominasi oleh perairan. Lima taman nasional pertama Indonesia didirikan tahun 1980. Jumlah ini meningkat tetap hingga 41 taman pada tahun 2003. Dalam ekspansi besar-besaran tahun 2004, 9 taman nasional baru ditetapkan sehingga jumlahnya mencapai 50 taman. taman nasional adalah kawasan pelestarian alam (Selengkapnya...)


Jared Borgetti

Jared Borgetti mencetak 46 gol dalam 89 penampilan antara 1997 dan 2008 mewakili tim nasional sepak bola Meksiko dan pencetak gol tertinggi sepanjang masa dari negaranya untuk dua puluh tahun sampai Javier Hernandez melampauinya pada 2017. Ia membuat debutnya pada 5 Februari 1997 dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Ekuador di Estadio Azteca, mencetak gol kedua dalam kemenangan 3–1. Borgetti menjadi pencetak skor papan atas dari negaranya saat ia mencetak gol ke-36nya melawan Kosta Rika dalam sebuah Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006 pada September 2005; pada waktu itu, rekor 35 dipegang bersama oleh Carlos Hermosillo dan Luis Hernández. Dari 46 gol Borgetti, 37 berada dalam pertandingan resmi sementara 9 berada dalam pertandingan persahabatan. Borgetti mencetak gol terbanyak (lima) melawan Saint Vincent and the Grenadines dan Trinidad dan Tobago ketimbang negara lainnya. Borgetti mencetak sebuah hat-trick dalam sebuah kualifikasi Piala Dunia FIFA 2002 melawan Trinidad dan Tobago dan mencetak empat skor dalam kemenangan 7–0 atas Saint Vincent and the Grenadines dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006. Borgetti adalah pencetak skor papan atas seluruh dunia dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006 dengan 14 gol. (Selengkapnya...)

James Cameron

James Cameron adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser Kanada yang memiliki karier ekstensif dalam film dan televisi. Debut Cameron adalah film pendek fiksi ilmiah 1978 Xenogenesis, yang ia sutradarai, tulis, dan produseri. Pada masa awal kariernya, ia melakukan berbagai pekerjaan teknikal seperti produser efek visual khusus, asisten penata set, artis matte, dan fotografer. Debut penyutradaraan filmnya adalah Piranha II: The Spawning yang dirilis tahun 1981. Film berikutnya yang ia sutradarai adalah film cerita seru aksi fiksi ilmiah The Terminator (1984). Film tersebut dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger sebagai pembunuh cyborg sesuai judul filmnya, dan merupakan puncak karier Cameron. Pada 1986, ia menyutradarai dan menulis sekuel aksi fiksi ilmiah Aliens yang dibintangi oleh Sigourney Weaver. Ia menyusulnya dengan menyutradarai film fiksi ilmiah lainnya The Abyss (1989). Pada 1991, Cameron menyutradarai sekuel untuk The Terminator, Terminator 2: Judgment Day (dengan Schwarzenegger mengulangi perannya), dan juga menjadi produser eksekutif pada film kejahatan aksi Point Break. Tiga tahun kemudian, ia menyutradarai film aksi ketiga yang dibintangi oleh Schwarzenegger True Lies (1994). (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]