Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 368 daftar pilihan dari 459.478 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.249 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Kathryn Bigelow, sutradara The Hurt Locker di Academy Awards ke-82

The Hurt Locker meraih berbagai penghargaan dan nominasi, dengan nominasi dalam kategori yang terbentang dari pengakuan atas skenarionya, penyutradaraannya, penyuntingannya sampai penampilan akting para pemeran. Kathryn Bigelow mendominasi kategori Sutradara Terbaik di lingkar-lingkar kritikus. Acara Penghargaan Golden Globe ke-67 memberikan tiga nominasi kepada The Hurt Locker untuk Film Drama, Sutradara dan Skenario Terbaik, namun gagal memenangkan satupun. Film tersebut meraih sembilan nominasi di Academy Awards ke-82; acara tersebut memberikan enam penghargaan kepada film tersebut, termasuk Film, Sutradara dan Skenario Asli Terbaik. Bigelow menjadi wanita pertama yang memenangkan Oscar untuk Sutradara Terbaik dan juga menjadi wanita keempat yang dinominasikan dalam kategori tersebut dalam sejarah penghargaan tersebut.(Selengkapnya...)


Sopocani.

Terdapat lima situs di Serbia pada daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan sebelas pada daftar tentatif. Situs pertama di Serbia yang ditambahkan pada daftar tersebut adalah Stari Ras dan Sopoćani (gambar), yang diinskripsikan di sesi UNESCO ke-3 pada 1979. Situs-situs berikutnya ditambahkan ke daftar tersebut pada 1986, 2004, 2007, dan 2017. Semuanya didaftarkan sebagai situs budaya, seperti yang ditentukan oleh kriteria seleksi organisasi tersebut. Empat dari lima situs berasal dari Abad Pertengahan, sementara situs kelima, kompleks Gamzigrad, berasal dari Zaman Kuno Akhir. Situs Monumen Abad Pertengahan di Kosovo, yang pertama kali ditambahkan ke daftar tersebut pada 2004 dan diperluas dua tahun kemudian, berada dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dalam bahaya sejak 2006 karena kesulitan manajemennya dan konservasi akibat ketidakstabilan politik di kawasan tersebut. Situs Pemakaman Batu Nisan Abad Pertengahan Stećci adalah entri transnasional, berbagi dengan tiga negara tetangga. (Selengkapnya...)

BEJ48

Para anggota BEJ48 mula-mula dibentuk pada 2016 sebagai grup saudari pertama SNH48 bersama dengan GNZ48. Pembentukannya bersama GNZ48 juga merupakan sebab dari SNH48 memutuskan kemitraan dengan AKB48 Group pada 9 Juni 2016. Grup tersebut memiliki teater di Youtang Life Square di Distrik Chaoyang, Beijing. Namanya adalah sebuah singkatan dari nama pinyin "Beijing" (BEi Jing), "BEJ". Bagian pertama dari para anggotanya terdiri dari beberapa anggota generasi kelima dan keenam SNH48 yang ditransfer. Karena BEJ48 dibentuk di bawah manajemen Shiba48 dan bukannya perusahaan manajemen AKB48, AKS, penamaan timnya tak mengikuti konvensi AKB48. Maka dari itu, tim-tim B, E, dan J dalam grup tersebut tak sama dengan Tim B dari AKB48, Tim E dari SKE48, dan Tim J dari JKT48.(Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]