Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 374 daftar pilihan dari 512.016 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.369 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Setiap 29 negara bagian dan 7 wilayah di India memiliki ibukota. India adalah sebuah negara yang terletak di Asia selatan. Dengan lebih dari 1.3 miliar orang, India adalah demokrasi paling padat di dunia. Negara tersebut adalah sebuah republik konstitusional federal yang diperintah di bawah sistem parlementer. Seluruh negara bagian, serta wilayah Puducherry dan Delhi, memiliki legislatur dan pemerintahan terpilih, yang sama-sama disusun pada model Westminster. Lima wilayah lainnya diperintah langsung oleh pusat melalui administrator terpilih. Pada 1956, di bawah Undang-Undang Reorganisasi Negara-Negara Bagian, negara-negara bagian direorganisasi atas dasar linguistik. Sejak itu, struktur mereka sebagian besar masih belum berubah. Setiap negara bagian atau wilayah kemudian terbagi dalam distrik administratif. Ibu kota-ibu kota negara bagian dan wilayah tak disortir menurut ibu kota legislatif dan yudisial. Ibu kota administratif adalah tempat dimana kantor-kantor pemerintah eksekutif berada, ibu kota legislatif adalah tempat dimana majelis negara bagian berada, dan ibu kota yudisial adalah tempat Pengadilan Tinggi negara bagian atau teritorial. (Selengkapnya...)


Penulis, produser dan sutradara Avatar, James Cameron

Avatar meraih berbagai penghargaan dan nominasi. Avatar memenangkan Academy Awards ke-82 untuk Pengarahan Gambar Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Efek Visual Terbaik, dan dinominasikan untuk sembilan kategori, yang meliputi Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Film tersebut meraih empat nominasi di acara Golden Globe Awards ke-67, dan meraih dua penghargaan untuk Film Drama Terbaik dan Sutradara Terbaik. Avatar dinominasikan untuk delapan British Academy Film Awards, memenangkan Rancangan Produksi Terbaik dan Efek Visual Khusus Terbaik. Prestasi film tersebut dalam efek visual dipuji oleh Visual Effects Society, yang menganugerahinya dengan enam penghargaan pada acara penghargaan tahunan mereka. Avatar juga dinominasikan untuk Directors Guild of America Awards, Producers Guild of America Awards, dan Writers Guild of America Awards. Film tersebut dinominasikan untuk sepuluh Saturn Award dan memenangkan seluruh sepuluh penghargaan tersebut di acara Saturn Awards ke-36. Kemenangan Zoe Saldana pada Saturn Award untuk Aktris Terbaik menandai kejadian langka untuk sebuah karakter grafis komputer. (Selengkapnya...)

Logo Bleach

Arrancar: The Fierce Fight arc (破面・激闘篇, Arankaru Gekitō Hen) adalah musim kedelapan dari serial anime Bleach. Episode-episodenya disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot. Berdasarkan pada serial manga Bleach karya Tite Kubo, alur episode-episodenya berpisah pada pertarungan Ichigo Kurosaki dan para temannya melawan Espada, para anggota terkuat dari pasukan mantan kapten shinigami Sōsuke Aizen, untuk menyelamatkan Orihime Inoue. Musim tersebut disiarkan dari Desember 2007 sampai April 2008. Adaptasi Inggris dari anime Bleach dilisensikan oleh Viz Media, dan serial tersebut mulai disiarkan pada 26 September 2009 dan berakhir pada 21 November 2009 di Adult Swim. Empat kompilasi DVD, masing-masing terdiri dari empat episode musim tersebut, dirilis oleh Aniplex antara 28 Mei 2008 dan 27 Agustus 2008 di Jepang. Viz Media merilis musim tersebut dalam dua kemasan DVD terpisah pada 21 Juni dan 6 September 2011. Namun, kemasan pertama juga berisi episode-episode dari musim sebelumnya. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]