Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 286 daftar pilihan dari 432.597 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.513 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Jakarta Pusat

DKI Jakarta terbagi menjadi satu kabupaten administrasi dan lima kota administrasi. 100% dari seluruh penduduk di provinsi ini tinggal di kawasan perkotaan. Kabupaten/kota administrasi dengan jumlah penduduk terbesar adalah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan penduduk sebesar 2.843.816 jiwa (27,94% dari jumlah penduduk DKI Jakarta), sedangkan jumlah penduduk yang terkecil adalah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan penduduk sebesar 23.340 (0,23% dari jumlah penduduk DKI Jakarta) pada tahun 2015. Menurut luas wilayahnya, kabupaten/kota administrasi dengan luas terbesar adalah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan luas wilayah 188,03 km², sedangkan kabupaten/kota administrasi terkecil menurut luas wilayahnya adalah Kota Administrasi Jakarta Pusat (gambar) yang terbentang seluas 48,13 km². (Selengkapnya...)


Monroe berperan sebagai Lorelei Lee dalam Gentlemen Prefer Blondes (1953)

Aktris Amerika Marilyn Monroe tampil dalam 29 film antara 1946 dan 1961. Setelah berkarir dalam modeling, ia menandatangani kontrak film jangka pendek, mula-mula dengan 20th Century Fox, kemudian Columbia Pictures, dan muncul dalam peran-peran kecil untuk beberapa tahun pertama karirnya. Puncak karirnya datang pada 1953, saat ia membintangi tiga film: film noir Niagara, dan film-film komedi Gentlemen Prefer Blondes dan How to Marry a Millionaire. Pada 1955, Monroe tampil dalam film komedi sutradaraan Billy Wilder The Seven Year Itch, dimana ia menjadi obyek fantasi seksual tetangganya yang telah menikah. Dalam film tersebut, Monroe berdiri di sebuah jalur busway dengan angin menyebulkan rok dari gaun putihnya, yang menjadi salah satu adegan paling terkenal dalam karirnya. Setelah muncul dalam Bus Stop (1956), Monroe mendirikan perusahaan produksinya sendiri, Marilyn Monroe Productions, pada 1955; perusahaan tersebut memproduksi satu film independen, The Prince and the Showgirl (1957). Monroe kemudian tampil dalam Some Like It Hot (1959) dan The Misfits (1961). Ia menunda pemfilman Something's Got to Give pada Juni 1962, dan film tersebut masih belum rampung saat ia wafat pada bulan Agustus. Meskipun ia adalah seorang aktris berbayaran tinggi hanya selama sebuah dekade, film-filmnya meraih keuntungan sebesar $200 juta pada masa kematian mendadaknya pada 1962. (Selengkapnya...)

Tim Jerman

Final Piala Dunia FIFA adalah kompetisi terakhir Piala Dunia FIFA, sebuah kompetisi sepak bola international yang didirikan pada tahun 1930. Hasilnya menentukan tim negara yang dinyatakan sebagai juara dunia dan meraih Trofi Piala Dunia FIFA. Dengan lima gelar, Brazil adalah tim Piala Dunia paling sukses dan juga satu-satunya negara yang berpartisipasi dalam setiap turnamen final Piala Dunia. Italia memiliki empat gelar dan Jerman (gambar) mendapatkan tiga. Bekas pemenang lainnya adalah Uruguay, yang memenangkan turnamen perdana, dan Argentina, yang masing-masing mendapatkan dua gelar, dan Spanyol, Inggris dan Perancis, yang masing-masing mendapatkan satu. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]