Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 368 daftar pilihan dari 500.649 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.360 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Loetoeng Kasaroeng

Sebanyak 112 film fiksi diketahui pernah dibuat di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) sejak 1926 sampai pembubaran koloni ini tahun 1949. Film pertama yang diimpor dari luar negeri ditayangkan pada akhir 1900, dan pada awal 1920-an, film serial dan fiksi impor ditayangkan di negara ini, biasanya dengan judul yang diterjemahkan. Perusahaan-perusahaan Belanda juga membuat film dokumenter seputar Hindia Belanda dan ditayangkan di Belanda. Laporan pertama mengenai pembuatan film fiksi di Hindia Belanda sudah ada sejak 1923, meski karya tersebut tidak selesai dibuat. Film buatan lokal pertama, Loetoeng Kasaroeng (gambar), disutradarai oleh L. Heuveldorp dan dirilis tanggal 31 Desember 1926. Antara 1926 dan 1933, sejumlah film lokal dirilis. Meski orang Belanda seperti Heuveldorp dan G. Kruger terus aktif dalam industri ini, kebanyakan pembuat film dan produsernya merupakan etnis Cina. Tan Bersaudara (Khoen Yauw dan Khoen Hian) dan The Teng Chun adalah produser terbesar waktu itu, sedangkan Wong Bersaudara (Nelson, Othniel, dan Joshua) merupakan sutradara paling terkenal waktu itu. (Selengkapnya...)


Waikiki

Kelima wilayah di Hawaii menikmati kedudukan yang sedikit lebih tinggi daripada banyak wilayah di daratan Amerika Serikat karena wilayah di Hawaii adalah satu-satunya badan pemerintahan berdasarkan hukum di bawah negara bagian. Tidak ada tingkatan resmi pemerintah (seperti pemerintah kota) di bawah wilayah di Hawaii. Tingkatan di bawah negara bagian yang ada hanyalah tempat terpilih sensus yang bukan merupakan badan pemerintahan. Bahkan Honolulu diperintah sebagai Kota dan Wilayah Honolulu, sebuah wilayah yang mencakupi seluruh Pulau Oahu. Berbeda dengan 49 negara bagian lainnya, Hawaii tidak meletakkan pertanggungjawaban pendidikan kepada dewan sekolah daerah; pendidikan negeri diselenggarakanan oleh Departemen Pendidikan Negara Bagian Hawaii. Wilayah-wilayah Hawaii memungut pajak properti dan biaya pengguna untuk mendukung pemeliharaan jalan, aktivitas-aktivitas komunitas, taman-taman (termasuk penjaga pantai di taman-taman pantai), pengambilan sampah, polisi (angkatan polisi negara bagian yang disebut Departemen Keamanan Umum Hawaii yang terbatas di cakupannya), ambulans, dan layanan pemadaman api. (Selengkapnya...)

Pada April 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada tahun 2017. BPS menyatakan bahwa pada tahun 2017, IPM Indonesia mencapai angka 70,81 atau tumbuh sebesar 0,90% dibandingkan tahun 2016. Menurut standar UNDP dan BPS, IPM tersebut dikategorikan tinggi, tidak berubah sejak memasuki kategori tersebut pada 2016 lalu. Peningkatan terjadi di semua dimensi, baik dimensi kesehatan, pendidikan, maupun pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. IPM tahun tersebut pun disebut-sebut melampaui target APBN dan berperan sebagai penegasan upaya pemerintah selama ini. Jika dilihat dari masing-masing komponen, bayi yang lahir pada 2017 memiliki harapan hidup hingga 71,06 tahun; meningkat 0,16 tahun atau 0,23% dari bayi yang lahir pada tahun sebelumnya. Pada dimensi pendidikan, terjadi peningkatan rata-rata lama sekolah orang berusia 25 tahun ke atas menjadi 8,1 tahun (kelas 9) atau lebih lama 0,15 tahun dan terjadi pula peningkatan harapan anak berumur 7 tahun untuk mendapat pendidikan menjadi 12,85 tahun (diploma I); lebih lama 0,13 tahun. Pengeluaran per kapita pun meningkat 244 ribu rupiah menjadi 10,66 juta rupiah per tahun. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]