Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 368 daftar pilihan dari 454.042 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.234 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Krishna Sobti adalah penerima paling terkini dari penghargaan tersebut.

Penghargaan Jnanpith adalah sebuah penghargaan sastra India yang dipersembahkan setiap tahun oleh Bharatiya Jnanpith kepada seorang pengarang untuk "kontribusi menakjubkan terhadap sastra". Dilembagakan pada 1961, penghargaan tersebut hanya ditujukan kepada para penulis India yang menulis dalam bahasa-bahasa India yang tercantum dalam Jadwal Kedelapan Konstitusi India dan Inggris. Dari 1965 sampai 1981, penghargaan diberikan kepada para pengarang untuk "karya paling menakjubkan" mereka dan terdiri dari sebuah plat kutipan, hadiah uang 1 lakh (US$1,600), dan replika perunggu Saraswati, dewi pengetahuan dan kebijaksanaan Hindu. Penerima pertama dari penghargaan tersebut adalah sastrawan Malayalam G. Sankara Kurup yang dianugerahi pada 1965 untuk kumpulan puisinya, Odakkuzhal (Suling Bambu), yang diterbitkan pada 1950. Peraturan direvisi untuk tahun-tahun mendatang agar karya-karya pada periode dua puluh tahun terakhir dapat dianugerahi, kecuali tahun dimana penghargaan tersebut diberikan dan hadiah uangnya ditingkatkan menjadi 1,5 lakh (US$2,300) dari 1981. (Selengkapnya...)


Michelle Williams meraih tiga puluh dua nominasi atas perannya sebagai Marilyn Monroe, memenangkan Penghargaan Golden Globe untuk Aktris Terbaik – Film Komedi atau Musikal

My Week with Marilyn meraih berbagai penghargaan dan nominasi setelah perilisannya, dengan nominasi terbanyak diberikan kepada film itu sendiri dan penampilan akting para pemerannya, terutama Michelle Williams dan Kenneth Branagh (yang memerankan Laurence Olivier). Kedua pemeran tersebut meraih nominasi di Academy Awards ke-84 masing-masing untuk Aktris Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik. Para pemeran tersebut juga meraih nominasi dari Alliance of Women Film Journalists, sementara film tersebut dinominasikan untuk Film Terbaik di African-American Film Critics Association. My Week with Marilyn meraih empat nominasi dari Broadcast Film Critics Association, dengan dua nominasi berasal dari kategori Rancangan Kostum Terbaik dan Tata Rias Terbaik. British Academy Film Awards memberikan tujuh nominasi kepada film tersebut, yang meliputi Film Britania Raya Terbaik, Aktris Terbaik untuk Williams, Aktris Pendukung Terbaik untuk Judi Dench, Rancangan Kostum Terbaik dan Tata Rias dan Rambut Terbaik. Para pemerannya meraih Penghargaan Pemeranan Ensembel Capri dari Festival Film Internasional Capri, Hollywood pada Januari 2012. (Selengkapnya...)

Peran Sonam Kapoor sebagai karakter utama dalam film Neerja membuatnya meraih beberapa penghargaan.

Neerja memenangkan 37 penghargaan dari 57 nominasi; penyutradaraannya dan pementasan dari para anggota pemerannya meraih perhatian besar dari kelompok-kelompok penghargaan. Film tersebut memenangkan dua penghargaan di acara ke-64 dari Penghargaan Film Nasional India—Film Fitur Terbaik dalam bahasa Hindi dan Penghargaan Juri Khusus untuk Kapoor. Di Penghargaan Filmfare ke-62, Neerja memenangkan lima penghargaan, termasuk Film Terbaik (Kritikus) dan Aktris Terbaik (Kritikus); film tersebut juga dinominasikan untuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik. Di Screen Awards tahun 2016, film tersebut meraih nominasi untuk Aktris Terbaik, dan memenangkan empat penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik. Neerja memenangkan empat penghargaan di acara ke-18 dari Penghargaan Akademi Film India Internasional, yang meliputi Film Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik; film tersebut juga meraih tiga nominasi, yang meliputi Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik. Di Zee Cine Awards tahun 2017, film tersebut memenangkan penghargaan dalam tujuh kategori, yang meliputi Sutradara Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]