Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 88 daftar pilihan dari 403.356 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 4.584 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia

Para penguasa monarki saat ini dibedakan menurut gelar dan pangkat, yang dalam sebagian besar kasus didefinisikan oleh tradisi, dan dipandu di bawah konstitusi negara tersebut. Penguasa monarki adalah kepala monarki, suatu bentuk pemerintahan berupa negara atau pemerintahan diperintah oleh seseorang yang biasanya memerintah seumur hidup atau sampai turun takhta. Dalam pembelajaran politik dan sosio-budaya, penguasa-penguasa monarki biasanya dikaitkan dengan penguasa warisan; sebagian besar penguasa monarki; sebagian besar penguasa monarki lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga kerajaan. Namun, beberapa penguasa monarki tidaklah warisan, dan sebagai gantinya penguasa tersebut ditentukan melalui proses elektif. Pada umumnya, negara hanya memiliki satu penguasa monarki, tetapi dalam keadaan khusus, yaitu apabila penguasa monarki masih di bawah umur (secara hukum), tidak ada, atau tidak mampu secara hukum melaksanakan kekuasaan, seorang regen dapat melaksanakan kekuasaan tersebut. (Selengkapnya...)


Istana Apostolik

Terdapat 110 pemilihan kepausan yang menghasilkan paus yang saat ini diakui oleh Gereja Katolik secara sah. Prosesnya tidak tetap pada suksesi kepausan sebelum 1059 dan para paus pada saat itu sering dipilih oleh keterlibatan sekuler secara substansial, jika tidak ada penunjukan langsung. Namun, sejak promulgasi In nomine Domini (1059), hak pilih hanya terbatas untuk Dewan Kardinal. Pemilihan kepausan sejak 1276 dibuat dalam bentuk konklaf kepausan, yang merupakan pemilihan yang disertai dengan peraturan dan prosedur yang dikembangkan pada Ubi periculum (1274) dan kemudian bulla kepausan; pengadaan konklaf dibuat beragam sampai 1294, namun, seluruh pemilihan kepausan setelahnya dibentuk dengan prosedur konklaf yang relatif sama. Meskipun para kardinal secara historis dapat berkumpul di beberapa lokasi baik itu Roma dan di kota lainnya, hanya lima pemilihan sejak 1455 yang dilakukan di luar Istana Apostolik (gambar). Tiga pemilihan berpindah tempat pada saat prosesnya: pemilihan 1268–71, 1292–94, dan 1314–16. (Selengkapnya...)

Daftar pilihan sebelumnya: Daftar ketua menteri India saat ini

Permukiman Dzul Hulafah, salah satu permukiman di Madinah

Kota Madinah memiliki 73 permukiman yang dihuni oleh populasi sejumlah 1,183,205 pada tahun 2010. Permukiman-permukiman tersebut beberapa diantaranya memiliki suatu keistimewaan atau ciri khas tertentu yang menyebabkan wilayah permukiman tersebut mampu menarik perhatian para peziarah Muslim yang mendatangi Madinah. Contohnya lingkungan Al-Haram yang seluruh wilayahnya dicakup oleh Masjid Nabawi dan Jannatul Baqi, wilayah permukiman sekitar Gunung Uhud yang menjadi saksi pertempuran Uhud yang berdampingan dengan permukiman Sayid Syuhada yang didalamnya terdapat lapangan Syuhada dan pemakaman para Syuhada Uhud. Wilayah-wilayah permukiman di Madinah dapat diketahui batas-batasnya dengan jalan-jalan raya atau tanda geografis lainnya. Secara umum, masyarakat luas tidak mengetahui suatu bangunan terletak di permukiman yang mana. Mereka hanya mengetahui nama tempat tersebut dengan kota Madinah atau tempat itu sendiri, misalnya Masjid Qiblatain yang termasuk kedalam permukiman Al-Qiblatain atau Masjid Quba yang termasuk kedalam permukiman Quba. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]