Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 161 daftar pilihan dari 423.440 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 2.630 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Amir Hamzah

Amir Hamzah telah menulis 50 puisi, 18 prosa lirik, 12 artikel, 4 cerita pendek, 3 koleksi puisi, dan 1 buku. Ia juga telah menerjemahkan 44 puisi, 1 prosa lirik, dan 1 buku. Meioritas puisi asli buatan Hamzah disertakan dalam antologinya, Njanji Soenji (1937) dan Boeah Rindoe (1941), keduanya pertama kali diterbitkan di Poedjangga Baroe. Puisi-puisi terjemahannya diantologikan di Setanggi Timoer (1939). Pada tahun 1962, pembuat dokumenter HB Jassin menyatukan semua karya Hamzah yang tersisa – termasuk Sastera Melajoe Lama dan Radja-Radja'nja – menjadi buku Amir Hamzah: Radja Penjair Pudjangga Baru. Beberapa puisi pertamanya mengikuti aturan pantun tradisional, termasuk struktur empat baris dan kuplet berimanya. Karya-karya terakhirnya beralih dari struktur tradisional, tetapi Jassin menganggap Hamzah mempertahankan gaya penulisan Melayu yang tidak ada duanya. Tema karyanya bervariasi: Boeah Rindoe, antologi pertama yang ditulis secara kronologis, dipenuhi rasa rindu dan kehilangan, sementara karya di Njanji Soenji lebih bersifat religius. Hamzah mendapat pengakuan luas atas puisi-puisinya. Jassin menjulukinya "Raja Penyair Zaman Poedjangga Baroe", sedangkan ahli sastra Indonesia asal Belanda A. Teeuw mendeskripsikan Hamzah sebagai satu-satunya penyair Indonesia berkelas dunia dari masa Revolusi Nasional Indonesia. (Selengkapnya...)


Ranil Wickremesinghe, Perdana Menteri Sri Lanka saat ini

Terdapat empat belas Perdana Menteri Sri Lanka sejak pembentukan jabatan tersebut pada 1947, sebelum pembentukan Dominion Ceylon. Dibawah konstitusi Sri Lanka saat ini, Perdana Menteri merupakan pemimpin Kabinet bisnis dan juga berfungsi sebagai deputi Presiden. Bila presiden meninggal saat menjabat, Perdana Menteri menjadi pelaksana jabatan presiden sampai Parlemen memilih seorang pengganti atau pemilihan baru dapat diselenggarakan untuk memilih presiden baru. Kasus tersebut pernah terjadi pada 1993, ketika Presiden Ranasinghe Premadasa dibunuh dan Perdana Menteri Dingiri Banda Wijetunge mengambil jabatan sebagai Presiden. Dari empat belas Perdana Menteri yang menjabat sejak pembentukan jabatan tersebut pada 1947, tiga orang diantaranya menjabat sebanyak tiga kali, dan satu orang menjabat sebanyak dua kali. Lima Perdana Menteri kemudian menjadi Presiden negara tersebut. (Selengkapnya...)

Anggota-anggota Persemakmuran

52 negara independen dan berdaulat ikut dalam perhimpunan sukarela Persemakmuran Bangsa-Bangsa. Kebanyakan adalah bekas koloni Inggris atau dependensi dari koloni-koloni tersebut. Tidak ada pemerintahan dalam Persemakmuran yang memiliki kekuasaan melebihi yang lainnya seperti halnya kasus dalam uni politik. Selain itu, hubungannya adalah sebuah organisasi internasional yang negara-negaranya memiliki keragaman latar belakang sosial, politik, dan ekonomi dianggap setara dalam hal status dan bekerja sama dalam wadah nilai-nilai dan tujuan-tujuan umum seperti yang tertua dalam Deklarasi Singapura yang dikeluarkan pada 1971. Nilai-nilai dan tujuan-tujuan umum tersebut meliputi demokrasi, hak asasi manusia, pemerintahan yang baik, aturan hukum, kebebasan individual, egalitarianisme, perdagangan bebas, multilateralisme, dan perdamaian dunia yang dibawa pada proyek-proyek dan pertemuan-pertemuan multilateral yang meliputi Commonwealth Games yang diadakan setiap empat tahun sekali. Simbol perhimpunan bebas tersebut adalah Ratu Elizabeth II yang menjabat sebagai Kepala Persemakmuran. Namun, jabatan tersebut tidak memberikannya kekuasaan eksekutif atau politik apapun terhadap negara-negara anggota Persemakmuran manapun; jabatan tersebut murni simbolik, dan Sekretaris-Jenderal Persemakmuran yang menjadi ketua ekskutif Persemakmuran. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]