Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 367 daftar pilihan dari 441.928 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.204 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Logo Heroes

Episode-episode Heroes mengisahkan kehidupan orang di seluruh dunia yang memiliki berbagai kekuatan manusia super saat mereka berjuang untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka dan menghindari bencana yang terjadi. Serial tersebut tayang perdana di televisi Amerika dan Kanada pada 25 September 2006. Musim pertamanya, yang meraih peringkat ke-21 dari 142 program televisi waktu perdana Amerika di rating Nielsen, dirilis dalam bentuk DVD dan HD DVD pada 28 Agustus 2007. Musim kedua meraih peringkat ke-21 dari 220 dalam rating tersebut, dan dirilis dalam bentuk DVD dan Cakram Blu-ray pada 26 Agustus 2008, dengan perilisan Blu-ray dari musim pertama. Musim ketiga disiarkan dalam dua blok umumnya tanpa penayangan ulang; acara tersebut tayang perdana pada 22 September 2008, dalam saluran NBC di Amerika Serikat dan dalam saluran Global di Kanada, dengan sebuah clip-show sejam dan dua episode reguler. Musim keempat disiarkan dari 21 September 2009, sampai 8 Februari 2010. Meskipun para anggota pemerannya menyatakan dan berspekulasi bahwa akan ada musim kelima, NBC mengumumkan pada 14 Mei 2010, bahwa acara tersebut resmi dihentikan, namun jaringan tersebut merencanakan pengakhiran serial tersebut dalam bentuk miniseri atau film TV. (Selengkapnya...)


Jean Dujardin meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilannya dalam film tersebut

The Artist meraih beberapa penghargaan dan nominasi dengan pujian untuk penyutradaraannya, para pemerannya, skenarionya, musiknya, sinematografinya, penyuntingannya dan kostum-kostumnya. Film tersebut meraih sepuluh nominasi di Academy Awards ke-84, dan memenangkan lima penghargaan, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Hazanavicius), dan Aktor Terbaik (Dujardin). Film tersebut adalah film bisu pertama yang memenangkan penghargaan Film Terbaik sejak film Wings di acara pertama pada tahun 1929 dan film hitam-putih pertama yang memenangkan penghargaan tersebut sejak film tahun 1993 Schindler's List. Dujardin menjadi pemeran Perancis pertama yang memenangkan sebuah Oscar. Film tersebut meraih penghargaan Film Terbaik di Independent Spirit Awards ke-27. Film tersebut meraih dua belas nominasi di British Academy Film Awards ke-65, memenangkan tujuh penghargaan, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik. Di acara Penghargaan César ke-37, film tersebut meraih enam penghargaan, yang meliputi Film Terbaik dan Aktris Terbaik (Bejo). (Selengkapnya...)

Ang Lee

Taiwan telah mewakilkan film-film pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik sejak 1957, dan secara reguler sejak 1980. Untuk keperluan perwakilan Oscar, AMPAS memandang China daratan, Taiwan dan Hong Kong sebagai entitas terpisah, dan setiap entitas mewakilkan sebuah film pada kompetisi tersebut. Taiwan menjadi entitas etnis Tiongkok pertama dari tiga entitas tersebut yang masuk kompetisi tersebut pada 1957. Sepanjang tahun, Taiwan telah mewakilkan empat puluh film untuk acara Oscar. Tiga film Taiwan dinominasikan pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, dan ketiga film yang dinominasikan tersebut disutradarai oleh Ang Lee (gambar): The Wedding Banquet, Eat Drink Man Woman, dan Crouching Tiger, Hidden Dragon, yang merupakan satu-satunya film Taiwan yang memenangkan Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Taiwan awalnya memilih Lust, Caution karya Ang Lee pada 2007, namun AMPAS menolak film tersebut dengan alasan sebagian besar tidak diproduksi di Taiwan. Sutradara Chen Kunhou juga memiliki tiga film yang terpilih untuk mewakili Taiwan, namun tidak ada yang meraih penghargaan Oscar. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]