Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 111 daftar pilihan dari 410.165 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 3.695 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Penggambaran kaligrafi modern Ali

Dua Belas Imam adalah cabang dari ajaran Syiah yang memiliki pengikut terbanyak. Mereka yang mengikuti ajaran yang disebut sebagai Syiah Imamiyah ini mempercayai bahwa mereka mempunyai 12 orang pemimpin, yang pemimpin pertamanya adalah Imam Ali ra. dan pemimpin terakhir mereka adalah Imam Mahdi Al-Muntazhar (Imam Mahdi yang ditunggu), seorang Imam yang muncul pada tahun 868 dan kemudian menghilang. Para pengikut Itsna Asyariyyah yakin bahwa Imam Mahdi akan kembali untuk menghadapi dajjal dan akan membangun pemerintahan Islam. (Selengkapnya...)


Foto Cruise saat menghadiri penayangan perdana film Edge of Tomorrow di Paris pada 2014

Dari 52 taman nasional di Indonesia, 6 di antaranya adalah Situs Warisan Dunia, 9 taman bagian dari World Network of Biosphere Reserves, dan 5 taman merupakan lahan basah yang secara internasional dilindungi oleh Konvensi Ramsar. Sebanyak 9 taman didominasi oleh perairan. Lima taman nasional pertama Indonesia didirikan tahun 1980. Jumlah ini meningkat tetap hingga 41 taman pada tahun 2003. Dalam ekspansi besar-besaran tahun 2004, 9 taman nasional baru ditetapkan sehingga jumlahnya mencapai 50 taman. taman nasional adalah kawasan pelestarian alam (Selengkapnya...)

Para penerima Nobel 2012 Alvin E. Roth, Brian Kobilka, Robert J. Lefkowitz, David J. Wineland, dan Serge Haroche pada acara tersebut

Penghargaan Nobel telah diberikan kepada sejumlah individual dan organisasi yang membuat jasa-jasa menakjubkan dalam bidang kimia, fisika, sastra, perdamaian, dan fisiologi atau kedokteran. Penghargaan-penghargaan tersebut didirikan pada 1895 atas kehendak Alfred Nobel, yang memerintahkan agar penghargaan tersebut diurus oleh Yayasan Nobel. Nobel Ekonomi didirikan pada 1968 oleh Sveriges Riksbank, bank sentral Swedia, terhadap jasa-jasa pada bidang ekonomi. Setiap penerima meraih sebuah medali emas, sebuah diploma, dan sejumlah uang, yang diberikan oleh Yayasan Nobel, secara tahunan. Enam penerima meraih lebih dari satu penghargaan; dari keenamnya, Komite Palang Merah Internasional telah meraih Nobel Perdamaian sebanyak tiga kali, lebih banyak ketimbang yang lainnya. Dua penerima mendapatkan penghargaan sebanyak dua kali namun tidak pada bidang yang sama: Marie Curie (Fisika dan Kimia) dan Linus Pauling (Kimia dan Perdamaian). Diantara 870 penerima Nobel, 48 adalah wanita; wanita pertama yang meraih Penghargaan Nobel adalah Marie Curie, yang meraih Penghargaan Fisika pada 1903. Ia juga menjadi orang pertama (laki-laki atau perempuan) yang meraih dua Penghargaan Nobel, penghargaan yang kedua adalah Nobel Kimia, yang diberikan pada 1911.(Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]