Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 374 daftar pilihan dari 517.938 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.385 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Amitabh Bachchan meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk Piku

Piku meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori, dengan pujian untuk penulisan, musik dan pementasan Padukone dan Bachchan. Pada Juni 2016, film tersebut telah memenangkan minimum 35 penghargaan. Di Penghargaan Film Nasional ke-63, Piku memenangkan penghargaan untuk Aktor Terbaik (Bachchan), Skenario Asli Terbaik dan Dialog Terbaik. Di acara Penghargaan Filmfare ke-61, Piku memenangkan lima penghargaan, termasuk Film Terbaik – Kritikus, Aktris Terbaik (Padukone), dan Aktor Terbaik – Kritikus (Bachchan). Film tersebut juga meraih nominasi untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di acara tersebut. Selain itu, Piku memenangkan empat penghargaan, termasuk Aktor Terbaik dan Aktris Terbaik masing-masing untuk Bachchan dan Padukone di acara Screen Awards ke-22. Pada kemenangan lainnya, film tersebut meraih tiga Penghargaan Festival Film India Melbourne, tiga Penghargaan Akademi Film India Internasional, dua Penghargaan Stardust, dan setiap lima penghargaan dari acara-acara penghargaan BIG Star Entertainment dan Zee Cine. (Selengkapnya...)


Kaisar Guangwu dari Han

Para kaisar dinasti Han adalah kepala pemerintahan tertinggi pada dinasti kekaisaran Tiongkok kedua; dinasti Han (202 SM – 220 M) menyusul dinasti Qin (221–206 SM) dan mendahului Tiga Kerajaan (220–265 Masehi). Era tersebut secara konvensional terbagi antara periode Han Barat (202 SM – 9 M) dan Han Timur (25–220 M). Kaisar adalah kepala pemerintahan tertinggi. Ia melantik semua pejabat berpangkat tertinggi di pemerintahan pusat, provinsial, pengkomandanan, dan kabupaten. Ia juga berfungsi sebagai pemberi hukum, hakim pengadilan tinggi, kepala komandan angkatan bersenjata, dan pendeta tinggi dari penyembahan-penyembahan keagamaan yang didukung negara. (Selengkapnya...)

Propithecus candidus, yang hanya ditemukan di Madagaskar, masuk dalam daftar 25 Primata Paling Terancam Punah di Dunia sejak pembentukannya di 2000. Antara 100 dan 1.000 ekor meninggalkan alam liar.

25 Primata Paling Terancam Punah di Dunia adalah daftar spesies primata paling terancam punah yang dipilih dan diterbitkan oleh International Union for Conservation of Nature Species Survival Commission Primate Specialist Group (IUCN/SSC PSG), International Primatological Society (IPS), dan Conservation International (CI). Daftar 2012–2014 ditambahkan Bristol Conservation and Science Foundation (BCSF) kepada daftar penerbit. IUCN/SSC PSG bekerja sama dengan CI untuk memulai daftar tersebut pada 2000, namun pada 2002, saat Kongres International Primatological Society ke-19, para primatologis meninjau dan memperdebatkan daftar tersebut, menghasilkan revisi 2002–2004 dan dorongan dari IPS. Publikasi tersebut sejak itu telah menjadi proyek bersama antara tiga organisasi konservasi dan telah direvisi setiap dua tahun setelah Kongres dwitahunan IPS. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]