Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 369 daftar pilihan dari 482.859 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.309 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Masjid Al-Hamra, Mekkah

Mekkah secara administratif terbagi kedalam beberapa lingkungan atau permukiman. Permukiman-permukiman tersebut beberapa diantaranya memiliki suatu keistimewaan atau ciri khas tertentu yang menyebabkan wilayah permukiman tersebut mampu menarik perhatian para peziarah Muslim yang mendatangi Mekkah. Contohnya lingkungan Al-Haram yang seluruh wilayahnya dicakup oleh Masjidil Haram, termasuk didalamnya terdapat beberapa bangunan atau situs bersejarah, seperti Kakbah, Hajar Aswad, Hijr Ismail, sumur Zamzam, serta Bukit Shofa dan Marwah. Wilayah permukiman sekitar Gunung Abu Qubais yang menjadi saksi terjadinya peristiwa pembelahan bulan yang sebagai tanda mukjizat Nabi Muhammad berada dalam kawasan lingkungan Jabal Abu Qubais. Tidak jauh dari Gunung Abu Qubais terdapat Jabal an-Nur di permukiman sekitar Jabal An-Nur. Wilayah-wilayah permukiman di Mekkah dapat diketahui batas-batasnya dengan jalan-jalan raya atau tanda geografis lainnya. Secara umum, masyarakat luas tidak mengetahui suatu situs Muslim memiliki nama permukiman yang sebenarnya. Mereka hanya mengetahui nama tempat tersebut dengan kota Mekkah atau tempat itu sendiri, misalnya Arafah yang termasuk kedalam permukiman Arafah atau Mina yang termasuk kedalam permukiman Mina. (Selengkapnya...)


Helen Mirren, dinominasikan untuk dua belas penghargaan atas perannya sebagai Mrs. Wilson

Gosford Park meraih berbagai penghargaan dan nominasi setelah dirilis, dengan nominasi terbentang dari pengakuan skenario, penyutradaraannya dan penampilan akting para pemerannya, terutama Helen Mirren dan Maggie Smith. Film tersebut meraih tujuh nominasi Academy Awards; acara tersebut memberikan penghargaan Skenario Asli Terbaik kepada Fellowes. Di British Academy Film Awards ke-55, Gosford Park meraih dua penghargaan dari sembilan nominasi. Tiga pemeran film tersebut meraih nominasi untuk Aktris Eropa Terbaik di Penghargaan Film Eropa. Film tersebut meraih lima nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-59 dan Altman memenangkan penghargaan untuk Sutradara Terbaik. Gosford Park memenangkan seluruh enam penghargaan dimana film tersebut dinominasikan di National Society of Film Critics dan New York Film Critics Circle. (Selengkapnya...)

Saoirse Ronan meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilannya dalam film tersebut

Brooklyn meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian utama untuk penampilan Ronan, penyutradaraan Crowley dan skenario Hornby. Film tersebut meraih 3 nominasi di Academy Awards ke-88 dan 6 nominasi di British Academy Film Awards ke-69. Di British Independent Film Awards, film tersebut meraih 5 nominasi, dengan Ronan memenangkan Aktris Terbaik. Film tersebut juga meraih lima nominasi di Critics' Choice Awards ke-21. Brooklyn diangkat menjadi Film Irlandia Terbaik oleh Dublin Film Critics' Circle dan dinominasikan untuk empat penghargaan oleh London Film Critics' Circle. Perancang produksi film tersebut François Séguin memenangkan penghargaan Rancangan Produksi Terbaik dari San Diego Film Critics Society, dimana Brooklyn dinominasikan untuk enam penghargaan lainnya. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]