Wikipedia:Daftar pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan daftar pilihan di Wikipedia.
Daftar pilihan adalah daftar-daftar terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, daftar-daftar tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Daftar pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria daftar pilihan.

Saat ini terdapat 368 daftar pilihan dari 505.470 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu daftar pilihan untuk setiap 1.374 artikel di Wikipedia.

Daftar yang berhasil mendapatkan status daftar pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu daftar merupakan daftar pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah daftar.

Hapus tembolok

Daftar pilihan:

Institut Nobel Norwegia membantu Komite Nobel Norwegia dalam memilih penerima Penghargaan Nobel Perdamaian dan menyelenggarakan penghargaan tahunan tersebut di Oslo.

Komite Nobel Norwegia setiap tahun memberikan Penghargaan Nobel Perdamaian "untuk orang-orang memberikan upaya terbesar atau terbaik bagi persaudaraan antar bangsa, bagi penghapusan atau pengurangan angkatan bersenjata, dan bagi pelaksanaan atau promosi kongres perdamaian." Penghargaan Nobel Perdamaian pertama dianugerahkan pada 1901 kepada Frédéric Passy dan Henry Dunant; penghargaan tersebut paling terkini diberikan kepada Kuartet Dialog Nasional Tunisia pada 2015. Setiap penerima meraih sebuah medali, sebuah diploma, dan penghargaan berupa uang yang nilainya beragam sepanjang tahun. Pada 1901, Passy dan Dunant berbagi Penghargaan yang seharga 150,782 kronor Swedia, yang setara dengan 7,731,004 kronor pada 2008. Penghargaan Perdamaian tersebut dipersembahkan secara tahunan di Oslo, dengan kehadiran Raja Norwegia, pada 10 Desember, hari peringatan kematian Nobel, dan merupakan satu-satunya Penghargaan Nobel yang tidak dipersembahkan di Stockholm. Tidak seperti penghargaan lainnya, Penghargaan Perdamaian tersebut terkadang diberikan kepada sebuah organisasi (seperti Komite Palang Merah Internasional, penerima penghargaan tersebut sebanyak tiga kali) selain kepada seorang individual. (Selengkapnya...)


Pedro Almodóvar

Pada Academy Awards ke-72, Akademi mengundang 75 negara untuk mengajukan film-filmnya pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Batas waktu penyerahan film ditetapkan pada tanggal 1 November 1999. Empat puluh tujuh negara mengajukan filmnya kepada Akademi, melampaui rekor yang tercipta pada 1994. Negara Asia Bhutan, Nepal dan Tajikistan mengajukan film-filmnya untuk pertama kalinya. Nominasinya diumumkan pada 15 Februari 2000, dan pemenangnya dinyatakan pada saat presentasi penghargaan tersebut yang diadakan pada 26 Maret 2000. Perwakilan Belgia Rosetta tidak masuk nominasi, meskipun film tersebut meraih Palme d'Or yang prestisius di Festival Film Cannes pada tahun sebelumnya. Nepal meraih nominasi pertamanya, dan sampai saat ini satu-satunya, untuk film Caravan, sebuah film yang dibuat dalam bahasa Tibet, yang digunakan di sebagian Nepal, tentang sistem perdagangan garam yang sekarang mulai hilang di negara tersebut. Empat film nominasi lainnya berasal dari Perancis, Spanyol, Swedia dan Britania Raya. Britania Raya meraih nominasinya untuk film Solomon and Gaenor, film pertama yang sepenuhnya dibuat dalam bahasa Wales dan Yiddish. Spanyol kemudian memenangkan Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik untuk All About My Mother karya Pedro Almodóvar (gambar). Film tersebut menjadi film ketiga dari negara tersebut yang memenangkan penghargaan tersebut setelah Volver a Empezar (To Begin Again) pada 1982 dan Belle Époque pada 1993. (Selengkapnya...)

Penerima Penghargaan Nobel Jepang (2010) Akira Suzuki dan Ei-ichi Negishi.

Sejak 1949, terdapat dua puluh enam pemenang Jepang dari Penghargaan Nobel. Penghargaan Nobel adalah sebuah penghargaan moneter internasional yang berbasis di Swedia. Dari para pemenang Jepang, sebelas adalah fisikawan, tujuh kimiawan, tiga untuk kesusastraan, empat untuk fisiologi atau kedokteran dan satu untuk upaya terhadap perdamaian. Pada abad ke-21, dalam bidang ilmu alam, jumlah pemenang Jepang dari Penghargaan Nobel menduduki peringkat kedua setelah AS. (Selengkapnya...)

Pengusulan daftar pilihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]