Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip (Mei-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Acara hari buku internasional

Rekan, minggu ini sejak hari kamis sampai hari minggu ada banyak sekali acara terkait dengan hari buku internasional, di perpus depdiknas (bekasnya British council) di Plaza Senayan. Yg pertama, pasti menarik buat teman di sini, tapi yg kedua, itu adalah kesempatan yg baik utk mengiklankan wikipedia... Aku gak tau kalo di sini udah ada rencana, tapi akan ada pameran dengan buku murah dan banyak sekali lsm lokal di bidang literasi... harusnya kita juga ada booth-nya, dengan informasi, mungkin satu laptop dengan Wikipedia etc... Mungkin sekarang telat?

Kemarin ada konferanse pers dengan satu anggota DPR, pejabat tinggi depdiknas, UNDP, duta baca dll... aku sempat menyebut Wikipedia dan Creative Commons sedikit.

Houshuang 04:57, 24 April 2007 (UTC)

Setelah disebutkan, reaksi mereka apa? (senang, indifferent, etc?)
Kalau buka booth bukannya pasti kena biaya? Serenity 05:21, 24 April 2007 (UTC)
Ikut yuk! Sekalian kopi darat, mumpung lagi liburan nih :D --(-_-") RickySetiawan (kirim pesan) 12:12, 24 April 2007 (UTC)
Mereka sih gak ada reaksi terhadap wikipedia, aku juga menyebutnya dalam rangka sumber informasi bebas dan terbuka, termasuk Creative Commons (yg mungkin lebih relevan dalam bidang buku novel), Wikipedia, open access k informasi dan majalah ilmu, dan open source... pejabat tinggi di depdiknas janji software yg dikembangkan utk mengelola perpus di seluruh indonesia akan diopensourcekan... tapi kemudian aku kurang jelas kalo dia benar2 mengerti istilah opensource, karena dia ulang2 menyebut "gratis", tapi itu bukan yg paling penting. (menurut aku kalo softwarenya bagus, bisa dipake oleh yayasan swasta, negara lain etc... lebih baik kalo kita kerjasama dengan negara 2 lain sedang berkembang bikin sistem yg paling bagus, daripada nasionalis "kita harus mencipatakan semua lagi dari awal")...
aku pasti akan ke acara2 di sana, aku senang sekali kalo ada wikipediawan/wait lain yg mau ada pertemuan... aku bule muda dengan t-shirt dan celana abu2, kalo lihat aku say hi aja (aku stian).. Houshuang 10:16, 25 April 2007 (UTC)
wah kalo saya melihat dari kata Houshuang,.. saya rasa itu pejabat kurang mengerti arti Open Source yang sebenarnya, mungkin saya rasa dia hanya ngerti bahwa Open Source itu gratis,.. selain itu untuk promosi wiki sih saya rasa sudah cukup untuk saat ini dikarenakan wikipedia sangat cepat menyebar lewat mulut ke mulut dan lebih efektif serta tanpa biaya, hanya saja kelemahan orang indonesia pada umumnya adalah apabila mereka tidak menemukan yg mereka inginkan pada contohnya disini adalah dia tidak menemukan sesuatu tsb pada wikipedia, secara umum orang indonesia langsung ninggalin,. saya rasa untuk saat ini kita hanya perlu ningkatin kualitas dan kuantitas artikel aja (pendapat pribadi)... boleh tahu buku internationalnya itu mencakup apa aja ? karena kalau menarik saya mau pulang kejakarta untuk lihat2, sapa tahu nemu buku kuliah..

ObxistBurhan 13:25, 25 April 2007 (UTC)

bukan buku internasional, hari buku dunia - jadi hari ini diadakan di setiap tempat di dunia. di sini banyak buku indonesia, tapi yg lebih penting pembicara, diskusi dan pelatihan di antara komunitas literasi, taman bacaan, pencinta buku, pengarang dll... aku haru ini sempat tanya sama panitia tentang stand komunitas, katanya semua gratis. aku memang merasa bahwa stand utk wikipedia di sini akan sangat berguna - karena nanti banyak yg lewat, yg tidak tahu - semua yg pencinta ilmu dan pengetahuan, dan suka giat! nanti kan ada pameran buku murah sampai jam 7 malam setiap hari sampai hari minggu... saya sangat setuju bahwa kwalitas dan jumlah artikel di wikipedia indonesia harus naik, tapi itu membutuh banyak pengguna aktif baru yang bisa terus membantu kita menambah dan memperbaiki artikel2!
kata panitia, standsnya terbatas tapi mungkin bisa cari tempat utk kita. yg penting adalah beberapa orang segera menghubungi Dessy Sekar Astina (dessysa@yahoo.com, 0856 805 6192) dengan permintaan yg juga termasuk perfil kecil komunitas Wikipedia. Menurut saya akan sangat berguna kalau dilakukan, dan mungkin aku bisa membantu, tapi aku sangat sedikit tau tentang wikipedia indonesia - sebenarnya harus dipimpin oleh kalian.

Houshuang 06:51, 26 April 2007 (UTC)

Aduh sayang sekali saya tak bisa datang. Ya semoga sukses ya! Meursault2004ngobrol 07:06, 26 April 2007 (UTC)
mungkin paling bagus kalau yang datang itu adalah birokrat atau duta besar Wikipedia indonesia ataupun orang-orang yang telah mendapat BintangWiki.

Obxist 13:49, 26 April 2007 (UTC)

Houshuang, kalau sekarang mungkin udah telat. Tapi mungkin kita bisa siap2 kalau nanti ada pameran sejenis lagi. Hariadhi - Ngobrol 01:52, 3 Mei 2007 (UTC)

Proyek baru: Stand Wikipedia

Sayang banget kita ngelewatin acara hari buku. Gw udah bikinin halaman Wikipedia:Stand Wikipedia supaya bisa siap2 sebelum ada acara pameran sejenis, dan bisa respon cepat. Ayo ikutan! Hariadhi - Ngobrol 12:15, 18 Mei 2007 (UTC)

Untuk yang pesan gambar

.

Pusat Bahasa dan ENI

Mau numpang usul dua hal:

  1. Bgmn kalau kita meminta supaya ada staff Pusat Bahasa yg berpartisipasi di Wikipedia Indonesia (secara full time mungkin?)
  2. Bgmn kalau Ensiklopedia Nasional Indonesia didigitalisasi dan diupload ke Wikisource indonesia, dan juga ke wikipedia indonesia. Yang di wikisource tidak bisa dimodifikasi, sementara yang di wikipedia bisa dikembangkan menjadi artikel yang lebih sempurna. Tentunya kita harus memohon ijin kepada publisher ensiklopedia indonesia untuk melepas teks mereka sbg lisensi GDFL atau CC. Tetapi, jujur aja, siapa sih yang mau beli ensiklopedia yg teballlll begitu dan juga cepat ketinggalan jaman (karena edisi cetak)? Kecuali institusi pendidikan atau pemerintah. Orang awam sulit sekali membeli ensiklopedia ini.

Demikian, mudah2an usul ini bisa dibahas. rani 06:44, 1 Mei 2007 (UTC)

Maaf sebelumnya, komentar agak skeptis: Staf Pusat Bahasa di wikipedia id full time? Nanti yang nggaji siapa? Mungkin bisa diperjelas maksud pernyataannya? Kembangraps 15:01, 2 Mei 2007 (UTC)
yang gaji ya pusat bahasa hehehehe.. gimana meyakinkan pusat bahasa kalau wikipedia adalah proyek yang vital untuk "outreach" dan "inreach" mengenai bahasa Indonesia, sehingga mereka mau menempatkan staf di sini. Kalau ada yayasan wikimedia indonesia bisa aja jadi bayar gaji bareng dengan pusat bahasa sendiri (cost sharing gitu). Yah cuman usul aja. sih.. rani 00:06, 3 Mei 2007 (UTC)

Gw sbg PNS soalnya, jadi agak2 pesimis ide bagus bisa ditanggapi cepat. Begitu bos setuju suatu ide jalan, butuh pengajuan anggaran. Kalau pas Oktober/November mungkin bisa dimasukkan di daftar anggaran, kalao sebelumnya, ya tunggu tahun depan. Selama anggaran pendidikan (Pusat Bahasa dapat dari APBN mestinya) masih seret, gw akan terus pesimis. Kecuali ada orang dari Pusat Bahasa (atau Balai Bahasa, di daerah2) yang agak "gila".

Utnk meyakinkan, coba tulis surat ke kepala Pusat Bahasa. Lbh bagus kalo di antara kita ada "kroni"nya. Revo? Bapaknya kan mantan diplomat. Kembangraps 06:48, 3 Mei 2007 (UTC)

kalo di indonesia selama ada "kroni" pasti mulus jalannya hehehe.. Bagaimana dengan usul saya yg kedua, apakah kira2 mungkin utk digitalisasi ensiklopedia nasional indonesia lantas dimasukkan ke wikisource dan wikipedia indonesia? rani 07:59, 3 Mei 2007 (UTC)
Maaf sebelumnya, komentar agak skeptis: Staf Pusat Bahasa di wikipedia id full time? Nanti yang nggaji siapa? Mungkin bisa diperjelas maksud pernyataannya? Kembangraps 15:01, 2 Mei 2007 (UTC)
Gw pikir mereka ga akan keberatan naro satu staffnya untuk terlibat di wikipedia. Kalau memang kita bisa kasih argumentasi yang baik tentang seberapa pentingnya wikipedia dan sifatnya yang ga komersial, mungkin mereka tertarik.Hariadhi - Ngobrol 02:55, 4 Mei 2007 (UTC)

OK topik ini saya bagi dua: mengenai pusat bahasa dan mengenai digitalisasi ENI. rani 06:38, 4 Mei 2007 (UTC)

Gini deh Ran,
Menurut gue it is a good idea, but a tough one, why?
Bahkan tanpa kita "mendikte" pusat bahasa pun, sebenarnya pusat bahasanya sendiri sudah berusaha "reach out" ke masyarakat.
Reach out bagaimana?
Yah mereka sadar bahwa KBBI (sekarang) sendiri masih penuh dengan kekurangan, dan dalam rangka menyusun KBBI baru, mereka set-up account yahoo groups ngajakin orang-orang gabung untuk memberi masukan apa yang kurang.
Relawan wikipedia sendiri termasuk gue, seneng banget nih mendengar ini, tapi lagi-lagi keterbatasan waktu dan kemampuan (tenaga) kita untuk kontribusi ke mereka.
Pertanyaan lainnya apakah perlu naruh orang pusat bahasa diwikipedia 24x7 ?
Gue rasa engga, (refer to kembang: siapa yang mau bayar bo?), karena menurut gue it is a case by case basis and not a daily basis. Jadi lebih efektif kalau kita yang merespon mereka dengan email mengutarakan a) pertanyaan b) saran c) membawa ke permukaan masalah yang timbul dan pilihan kita berdasarkan hasil diskusi.
Kedua, bagaimana kalau gue bilang sudah ada orang pusat bahasa disini? Betul kok, tanya aja Oom Meur tuh. Tapi lagi-lagi ketertarikan dia terhadap wikipedia hanya sebatas reawan. Mungkin mereka ngga familier sama format wiki, dan lebih comfort untuk email yang kata-katanya sudah tersusun rapi, dan lebih jelas maunya apa dari pada diskusi. Who knows?
Well, just a thought.
By the way, seinget gue waktu ketemu Jimmy Wales/ Angela tahun lalu elo juga ngusulin Wiki Asuh, udah di approve kan? Apa kabarnya? Sudah reach berapa artikel? (serenity GPRS mode on)

Keterlibatan Pusat Bahasa di Wikipedia

Latar belakang

Bahasa indonesia saat ini mengalami kurangnya sosialisasi di masyarakat, terbukti dengan banyaknya istilah serapan dipakai oleh media massa (opsi, edukasi, advertising, dan sebagainya) padahal kata-kata tersebut sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Secara ideal, media massa menjadi contoh pengguna bahasa indonesia. Demikian juga bahasa sehari-hari semakin terkontaminasi dengan Engdonesia, di dalam satu kalimat bisa terdiri dari Bahasa Inggris dan Indonesia. Lebih buruk lagi, keadaan seperti ini malah sering terjadi dalam pembahasan ilmu pengetahuan, selain juga dalam pergaulan sehari-hari.
Wikipedia Bahasa Indonesia sebagai pusat pengetahuan bebas berbahasa Indonesia di Internet selalu berusaha untuk menyarankan kosakata dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada penggunanya. Namun karena sifatnya yang bebas dan latar belakang pengguna yang bermacam-macam, seringkali kebijakan mengenai bahasa hanya ditetapkan atas kesepakatan bersama tanpa adanya pendapat terpercaya dari kalangan ahli bahasa. Sejauh ini rujukan terbaik hanya Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimiliki beberapa pengguna secara pribadi. Kebanyakan bahkan sudah tidak cocok lagi dengan kondisi bahasa zaman ini.

Mengapa wikipedia indonesia bernilai strategis untuk Pusat Bahasa?

Meskipun awalnya hanya berupa pengembangan dari Wikipedia Bahasa Inggris, namun pengguna dan penyunting di Wikipedia Bahasa Indonesia telah melonjak. Dalam kurun waktu setahun, jumlah pengguna terdaftar telah naik dari hanya 4.000 pada 16 Februari 2006, menjadi 34.601 pada 17 Februari 2007. Jumlah artikel pun telah melonjak dari 16.000 menjadi 51.000 pada kurun waktu yang sama. Tidak akan terlalu lama untuk menunggu Wikipedia Bahasa Indonesia benar-benar menjadi bahan rujukan tidak resmi bagi masyarakat Indonesia yang semakin terbuka aksesnya kepada Internet.
Informasi di wikipedia bersifat bebas, yang berarti artikel di dalamnya bisa disunting hanya dalam hitungan detik. Bahkan dibanding media informasi elektronik lainnya seperti koran elektronik, mailing list, portal Internet, atau situs web, isi Wikipedia lebih cepat diperbaharui.
Secara ideal, wikipedia juga mampu menjangkau kebutuhan informasi hingga ke pedalaman. Syaratnya tentu saja hubungan ke internet yang telah menyebar hingga ke pelosok.

Keuntungan bagi Pusat Bahasa

  • Hemat biaya karena tinggal menggunakan infrastruktur wikipedia, tidak perlu mengeluarkan biaya mendirikan server baru. Kamus bisa diletakkan di wiktionary (jika ingin bisa disunting orang) atau wikisource (jika tidak ingin disunting orang).
  • Mendapat masukan secara cepat dari para aktivis dan penyunting wikipedia, mengenai masalah dalam kosakata dan tata bahasa Indonesia
  • Secara tidak langsung Wikipedia bisa menjadi media yang cepat, mudah, dan gratis, untuk penyebarluasan kosakata baru ataupun mengoreksi kosakata yang terlanjur salah kaprah.
  • Wikipedia bisa menjadi objek penelitian bagaimana bahasa bisa berkembang di komunitas yang sangat bebas

Bagaimana Pusat Bahasa akan Terlibat

Wikipedia tetap tidak bisa kehilangan sifat bebasnya. Karena itu keterlibatan ahli bahasa bisa dijelaskan dalam urutan berikut:
  • Memberi pendapat dari segi ahli bahasa untuk perdebatan tata bahasa dan kosakata
  • Memberi pengawasan secara online beberapa jam dalam sehari untuk memantau penggunaan bahasa di artikel Wikipedia
  • Wikimedia sebagai penyedia layanan wikipedia, juga menyediakan layanan wictionary. Pusat Bahasa Indonesia bisa menggunakan fasilitas ini dengan lebih leluasa untuk menyebarkan informasi kosakata dan ketatabahasaan

Silakan ditambahkan jika ada ide, bgmn untuk meyakinkan PBI untuk terlibatrani 06:38, 4 Mei 2007 (UTC)

Edited Hariadhi - Ngobrol 18:50, 6 Mei 2007 (UTC)

Digitalisasi Ensiklopedia Nasional Indonesia

Bgmn kalau Ensiklopedia Nasional Indonesia didigitalisasi dan diupload ke Wikisource indonesia, dan juga ke wikipedia indonesia. Yang di wikisource tidak bisa dimodifikasi, sementara yang di wikipedia bisa dikembangkan menjadi artikel yang lebih sempurna. Tentunya kita harus memohon ijin kepada publisher ensiklopedia indonesia untuk melepas teks mereka sbg lisensi GDFL atau CC. Tetapi, jujur aja, siapa sih yang mau beli ensiklopedia yg teballlll begitu dan juga cepat ketinggalan jaman (karena edisi cetak)? Kecuali institusi pendidikan atau pemerintah. Orang awam sulit sekali membeli ensiklopedia ini. rani 06:38, 4 Mei 2007 (UTC)

Masalah dengan hak cipta bagaimana? kalau di en: ada Encyclopaedia Britannica tahun 1911 yang sudah domain umum. Tapi dalam bahasa Indonesia/Melayu kelihatannya belum ada yang sudah du ya? BTW Ensiklopedi Nasional Indonesia itu terbitan pemerintah bukan? Meursault2004ngobrol 11:13, 4 Mei 2007 (UTC)

ENI terbitan Cipta Adi Pustaka.. hmm bukan pemerintah ya kayaknya. Kira2 gimana kemungkinannya bahwa penerbit tsb mau melepas hak cipta mereka menjadi CC atau GDFL (secara gratis, tentunya)? Dia terbitan 1988 (cetakan 1), apakah sudah habis berlaku hak ciptanya atau belum? Berikut daftar ensiklopedia terbitan indonesia:

  • Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jakarta : Cipta Adi Pustaka, 1988-1991. ( Ref +AE33 .E61) (18 v.). Supplement. Jakarta : Cipta Adi Pustaka, 1994. (Ref AE33. E61 1994 suppl) (Cipta Adi Pustaka PT Kompl Pert Pulo Mas Bl II/12 A Jakarta Tel : 021--475)
  • Ensiklopedi Indonesia. Jakarta : Ichtiar Baru-Van Hoeve, 1980-1984. (+ AE33 .E59 1980) (7 v.). Supplement. Jakarta : Ichtiar Baru-Van Hoeve, 1986-1990 (+AE33 .E59 1980 suppl) (2 v.)
  • Ensiklopedia Indonesia. Bandung : W. van Hoeve, 1954-1956. (+ AE33 .E59) (3 v.)
  • Ensiklopedi al-Qur'an : Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. M. Dawam Rahardjo ; kata sambutan, Nurcholish. Cet. 1. Jakarta : Diterbitkan oleh Penerbit Paramadina bekerjasama Jurnal Ulumul Qur'an, 1996.
  • Ensiklopedi Budaya Nasional : Keris dan Senjata Tradisional Indonesia Lainnya. Disusun oleh Bambang Harsrinuksmo ; dibantu oleh S. Lumintu. Cet. 1. Jakarta : Cipta Adi Pustaka, 1988.
  • Ensiklopedi Gereja. [Disusun] oleh Adolf Heuken. Cet. 3 yang diperluas dan direvisi secara. Jakarta : Yayasan Cipta Loka Caraka, 1991-1992.
  • Ensiklopedi Hukum Islam. [Edited by Abdul Azis Dahlan ... [et al] Jakarta : Ichtiar Baru van Hoeve, [1996]
  • Ensiklopedi Islam Indonesia. Disusun oleh tim penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Jakarta : Djambatan, 1992.
  • Ensiklopedi Nasional Indonesia. Cet. 1. Jakarta : Cipta Adi Pustaka, 1988.
  • Ensiklopedi Pahlawan Nasional. Oleh Julinar Said, Triana Wulandari ; penyunting, Sri Sutjiatiningsih. [Jakarta] : Sub Direktorat Sejarah, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jendral Kebudayaan, 1995.
  • Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. [Penyusun] M. Junus Melalatoa. Ed. 1995. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1995.

Salam, rani 11:57, 4 Mei 2007 (UTC)

Mungkin yang *Ensiklopedia Indonesia. Bandung : W. van Hoeve, 1954-1956. ini sudah masuk ke domain umum. Sebab sudah lebih dari lima puluh tahun yang lalu terbit. Meursault2004ngobrol 02:31, 15 Mei 2007 (UTC)

Perkenalan

Selamat pagi para senior yang berada di Wikipedia umumnya dan Warung Kopi khususnya. saya anggota baru di situs ini, ingin mohon bantuan dari para senior yang terhormat tentang segala hal yang menyangkut situs ini. Thank's atas perhatian para senior sekalian... – komentar tanpa tanda tangan oleh Ymjl (bk) pada 00:45, 4 Mei 2007 (UTC).

Udah nyampe artikel ke 60.000 nih

Selamat buat wikipedia Bahasa Indonesia, udah nyampe artikel yang ke 60.000 lebih nih, patut dirayakan :)ARdhan 15:17, 7 Mei 2007 (UTC)

Dua bulan lagi yakin sudah 70,000. Ia selamat deh buat semuanya --Andri.h 00:13, 20 Mei 2007 (UTC)

Ensiklopedia Klasik

JFYI buat yg belum tahu, ada Ensiklopedia Klasik, mungkin bisa menjadi rujukan buat nulis di sini.

Salam, --N/A(bicara) 09:29, 10 Mei 2007 (UTC)

Itu kan Encyclopaedia Britannica ya? Belum lihat situs :-) Meursault2004ngobrol 09:41, 10 Mei 2007 (UTC)

Trims. Cuma perlu warning buat penyunting bidang sains: Itu udah hampir 100 th yg lalu, hati-hati ngerujuknya, entar dibilang jadul. Kembangraps 11:16, 10 Mei 2007 (UTC)

Ups, jadi malu euy! Batal deh! :"> --N/A(bicara) 15:24, 10 Mei 2007 (UTC)

Lho, ngga apa-apa! Bisa jadi perbandingan 'kan? Aku juga suka baca2 jurnal (terutama Genetics) tahun-tahun segitu. Artikel jaman dulu panjang-panjang dan njelimet. Yang penting hati-hati. Kembangraps 16:51, 10 Mei 2007 (UTC)

Isinya lumayan bagus, lagipula kalau ensklipodeia sejarah, harus jadul kali hehehe , kalau gak jadul namanya ramalan bintang --Andri.h 00:13, 20 Mei 2007 (UTC)

Suku Nge Reo dan Nusa Tenggara Timur

Suku yang ada bukan suku Nge Reo, tapi yang benar adalah Suku Nagekeo sebagai sub etnis Flores. Dalam suku ini terdapat beberapa dialek yang merepresentasi wilayah adat mereka, yaitu; Keo yang terdiri dari Nangaroro, Maunori, Mauponggo, Lejo, Kotakeo; Nage yang terdiri dari Boawae, Raja, Solo, Rowa; dan Toto yang meliputi wilayah Watuapi, Kaburea, Ute totomala, Munde, dan Mbay. – komentar tanpa tanda tangan oleh 139.168.192.192 (bk) pada pada 16:21, 11 Mei 2007 di artikel Suku Nge Reo yang telah dihapus.

Aktifkan cookie

Halo semuanya, saya bingung gimana sich cara ngaktifin cookie'. Ada yang bisa bantu? Thx. --69.88.7.34 06:53, 12 Mei 2007 (UTC)

Untuk browser apa? borgx(kirim pesan) 02:34, 13 Mei 2007 (UTC)
Enablingcookie IE.JPG Nih untuk Internet Explorer. Hariadhi - Ngobrol 11:52, 13 Mei 2007 (UTC)

Daftar kabupaten/kota 2007

Halo, BPS udah merilis daftar kabupaten/kota terbaru, termasuk hasil pemekaran Januari 2007. Sayangnya, data kecamatan masih blom ada, padahal ratusan artikel kecamatan/desa harus ganti judul. wic2020bicara 03:12, 14 Mei 2007 (UTC)

Presentasi ttg free/open culture di Al Azhar kemarin

sekadar kasih tau aja, aku diundang linux community center kasih presentasi tentang free and open culture di Universitas Al Azhar sebagai bagian FOSS week minggu kemarin. Aku bicara sekitar 1,5 jam di depan sekitar 40 mahasiswa dan ketua fakultas informatika, tentang open source, creative commons, wikipedia dan berbagai macam hal. Presentasinya ada di sini: http://www.slideshare.net/houshuang/presentasi-free-and-open-culture-al-azhar tapi kebanyak hanya simple slide dan aku yg banyak bicara, jadi mungkin tidak sangat berguna.

Aku pikir kita harus mengeratkan kaitan antara open source dan open culture - sangat saling bisa membantu, dan kalau kita lebih banyak kita akan jadi lebih kuat.

(BTW Aku akan pulang ke negara sendiri satu minggu depan. Aku sedih belum sempat ikut kopi darat (darurat ?:)) tapi senang ada org yg rajin membikin Wikipedia indonesia lebih baik. Aku akan coba ikut membantu dari manapun aku, kalau mendorong teman2 kontribusi, menulis sendiri, atau translate dari Indonesia ke Inggeris (dan Norwegia, Cina dll).

Terima kasih! Houshuang 06:09, 15 Mei 2007 (UTC)

Selamat jalan! jangan lupa oleh-oleh kalo kembali ke sini. Serenity 06:11, 15 Mei 2007 (UTC)

Portal:Politik

Portal Politik telah dirintis, silahkan berpartisipasi untuk mengembangkannya. Terima kasih --HarisX «ngobrol» 18:41, 16 Mei 2007 (UTC)

Pengunduran diri dari kepengurusan ms.wikipedia

FYI, Meursault2004 telah mengundurkan diri ms dari kepengurusan di ms.wikipedia per tanggal 17 Mei 2007.

Saya ingin memberikan apresiasi saya kepada Meursault2004 yang "berani" mengundurkan diri dari kepengurusannya di ms.wikipedia ketika dia merasa tidak sanggup mengemban tugas-tugasnya terkait kesibukannya di wikipedia lainnya. *evil mode: gakpapa bung Revo, di sini saja, ngapain di sana -- borgx(kirim pesan) 09:24, 19 Mei 2007 (UTC)

Terima kasih atas "apresiasinya". Meursault2004ngobrol 09:59, 19 Mei 2007 (UTC)

Wah, kalau semua pemimpin kita di Indo legowo kayak Bung Revo ini saya yakin Visi Indonesia 2030 bakal tecapai lebih cepat --Andri.h 14:27, 19 Mei 2007 (UTC)

Selamat atas diluluskannya permohonan Anda di Wikipedia bahasa Melayu! (Ehm--berarti di sana tinggal ada Duta Besar Wikipedia Melayu, bung Hayabusa) ~Rex••pesan•• 07:57, 22 Mei 2007 (UTC)

Selamat buat Kembangraps dan Dragunova

Ijinkan saya mengucapkan selamat atas diangkatnya Kembangraps dan Dragunova sebagai pengurus baru. Semoga dengan diangkatnya mereka berdua wikipedia Indonesia semakin bertambah kualitasnya!

Na... yang ini nih.. ternyata wikipedia tidak melulu berbau ensiklopedis dan baku. Tiap pengangkatan pengurus baru pasti deh.. ada suasana emosional (walaupun aku baru ngalamin pengangkatan 4 pengurus baru :-p ). Dan dari semuanya saya cuma ingin menyanjung seseorang yang kalimatnya saya kutip dari halaman pembicaraan Mas Meursault (copy paste tanpa edit sama sekali :-p ):

Buat Bung Andri.h, selamat telah menjadi pengguna non pengurus dengan jumlah suntingan tertinggi per hari :-) (loh kenapa ada Si Budse di atas nama Anda ya?).

Salam geboy 18:25, 19 Mei 2007 (UTC)

Selamat buat yang udah kepilih. Salut juga buat Andri.h yang udah berbesar hati. Semoga sumbangan superbnya ga kepengaruh gara2 ini. Tetap nulis yah. Hariadhi - Ngobrol 19:57, 19 Mei 2007 (UTC)
Hahaha, mas geboy, thanks buat selamat menjadi non pengurus dengan suntingan tertinggi per hari , memang setiap pemilihan pengurus suasanya emosional yee hehehe, mungkin kebawa suasana politik di Indo kali. Buat bung Hariadhi, thanks juga buat sarannya di halaman pemilihan kepengurusan, kalau sumbangan artikel sih jalan tersu, kan saya pencandu wikipedia (bisa lihat di kotak pengguna saya) --Andri.h 00:08, 20 Mei 2007 (UTC)

Profisiat bagi pengurus baru!  Andreas (張俊豪)  |  Kotak pesan  05:46, 20 Mei 2007 (UTC)

Terima kasih buat ucapan selamat dari semua anggota komunitas, baik yg lewat sini maupun lwt halaman pembicaraan pengguna. Boleh ya ucapan terima kasih saya tulis di sini, biar bisa dibaca semua. Tentu saja saya senang dipercaya sebagai pengurus. Sekaligus was-was, however, krn terjadi di saat saya sedang fokus menulis tugas akhir. Semoga performa saya tidak mengecewakan. Kalaupun begitu, tolong dikasih peringatan untuk koreksi. Saya usahakan per hari saya ambil min 1,5 jam utk memantau perubahan terbaru dan tambah artikel. However, this is wikipedia. Selalu akan ada 'orang gila' baru yg akan ikut serta "memakmurkan" komunitas ini.
Buat Andri.h, santai aja. Your time will SOON come. Objectionnya kan cuma "kurang jam terbang" bukan performa lu yg jelek. Kembangraps 06:02, 20 Mei 2007 (UTC)

Wah kayak iklan obat stamina saja, performa hehehe --Andri.h 07:02, 20 Mei 2007 (UTC)

Sedikit aspirasi: Gimana kalau pengurus baru dan calon pengurus perbanyak tampil di mirc server irc.wikimedia.org? Di sana bisa ngawasin perubahan terbaru secara real time. Lagipula banyak masalah di wikipedia yang lebih efektif kalau dibicarain lewat chatroom. (sejauh ini yang sering gw temui cuma ivanlanin, jagawana, sama borgx). Hariadhi - Ngobrol 16:41, 21 Mei 2007 (UTC)

Gw jarang chatting, juga ngga suka chatting. Suka ngganggu kerjaan. Plus ngga enak kalo diliat 'boss'. (Ngantor kok ceting melulu). Sorry ya Har. Mail group aja. Kembangraps 16:59, 21 Mei 2007 (UTC)

Telat dikit gpplah,.. Dragunova, Kembangraps, Slamat ya !!!! bang Andri.h , semangat terus ya !!! (singkat, padat, dan nggak jelas) Obxist (kirim pesan) 13:27, 23 Mei 2007 (UTC)

Saya di Jawa 26 Mei s/d 23 Juni

Saya datang di Jakarta pada Hari Sabtu yg akan datang, terus beberapa hari lagi keliling Jawa. 23 Juni berangkat ke Kuala Lumpur.

Saya ingin ketemu dgn Wikipediwan yg lain kalau bisa. Tolong balas di Pembicaraan Wikipedia:Kopi darat Wikipediwan dan Wikipediwati#Indonesia Mei-Juni 2007. Sampai ketemu! --Chriswaterguy 06:37, 23 Mei 2007 (UTC)

Wikinews Indonesia sudah diapprove tuh

Rekan-rekan pengurus, hanya ingin memberitah bahwa Wikinews Indonesia sudah diapprove, tinggal ditunggu pembuatan halaman-halaman utama-nya. Thanks --Andri.h 00:50, 29 April 2007 (UTC)

Wah, tambah kerjaan baru nih :) Ayo bikin konsepnya, bisa lihat meta:New language pre-launch#Bahasa Indonesia. •• ivanlanin 04:52, 29 April 2007 (UTC)

HarisX sudah saya beritahu. Meursault2004ngobrol 08:30, 29 April 2007 (UTC)

Hallo...wah kejutan besar nih, saya gak bisa janjiin apa-apa, tapi saya pasti akan sangat senang bisa berpertisipasi di wikinews.id, apa yang bisa saya bantu? --HarisX «ngobrol» 06:14, 4 Mei 2007 (UTC)
Saya sedang coba bantu terjemahkan beberapa artikel yang dibutuhkan sebelum bisa membuat Wikinews Indonesia go live. Mohon bantuannya juga. Thanks, untuk lebih detail lihat di sini meta:New language pre-launch#Bahasa Indonesia. --Andri.h 05:15, 27 Mei 2007 (UTC)

Mungkin sebelum diajukan untuk dibuat, perlu digodok terlebih dahulu bagaimana cara untuk memeriksa suatu berita benar atau tidak? dan akurat atau tidak? borgx(kirim pesan) 07:28, 29 Mei 2007 (UTC)

Boleh juga, tapi apakah tidak sebaiknya awalnya kita ikuti cara dari http://en.wikinews.org terlebih dahulu mengenai memeriksa suatu berita? baru dikembangkan --Andri.h 13:28, 29 Mei 2007 (UTC)

Tampilan portal di Wikipedia

Kenapa ya, ketika saya menggunakan monitor LCD berukuran 17 inch atau lebih, tampilan beberapa portal menjadi acak-acakan? Misalnya adalah Portal:Al Qur'an, terkadang space nya menjadi kedodoran. Berbeda halnya bila menggunakan monitor biasa, tetapi dengan ukuran yang sama.Terimakasih. ARdhan 05:57, 21 Mei 2007 (UTC)

Di monitor saya juga terlihat acak2an, mulai dari bagian "Ayat pilihan", "Rujukan di Internet, dst kotaknya melenceng ke kanan. --(^_^) RickySetiawan (kirim pesan) 06:06, 21 Mei 2007 (UTC)

Iya, kemarin juga saya seperti itu di monitor LCD. Tapi sekarang menggunakan monitor biasa, portalnya baik-baik aja :) ARdhan 06:12, 21 Mei 2007 (UTC)

Sudah diperbaiki. Buset, strukturnya ribet banget :) Hati-hati kalau pakai "float". •• ivanlanin 09:12, 21 Mei 2007 (UTC)

Tolong dong Portal2x yang lain juga diperbaiki kalau berkesempatan hehe.. Terima kasih banyak lho.. 202.138.62.183 10:48, 25 Mei 2007 (UTC)

Wikipedia (lagi-lagi) jadi acuan situs pemerintah

Kebetulan saya lagi browsing buat mengembangkan artikel di Situs web Dephukham, eh profil ini justru sumbernya dari Wikipedia Indonesia :) wic2020bicara 07:22, 22 Mei 2007 (UTC)

Aneh yah, masak pemerintah tidak mempunyai data? :) borgx(kirim pesan) 07:35, 22 Mei 2007 (UTC)

Lho malah bagus kan? Berarti kita semakin diakui --Andri.h 10:45, 22 Mei 2007 (UTC)

Gak aneh sama sekali. Bukan ngga punya data: ngga tau gimana ngolah data sama ngga mau nggarap data. Kembangraps 11:41, 25 Mei 2007 (UTC)
Huuu, ini mah sama sekali tidak bagus. Malah jadi paradoks, wikipedia kan mustinya bukan jadi sumber utama, kok sumber utama malah merefer ke sumber kedua. Dasar pemalas. Serenity 01:05, 31 Mei 2007 (UTC)

Wikimania 2007

Euh, seperti yang sudah pernah saya tulis di warung kopi beberapa waktu yang lalu. Setelah di dorong oleh Nic Hill untuk mengajukan "beasiswa" (istilahnya) permintaan pada yayasan wikimedia untuk mbayarin pergi ke konferensi wikimania 2007 di Taipei - beasiswa saya dikabulkan.

Total diberi USD 1,000,- untuk airfare, visa, dan fiscal. Sisanya tanggung dewe' (setelah kalkulasi sekitar USD 500-700).

Karena saya pergi kesana mewakili Indonesia, tolong saya di info-info kalo ada titipan apa yang mau diomongin sama dewan kepercayaannya wikipedia?

Wakil WBI yang (rencana) hadir

  • Mersault2004
  • Serenity
  • Rintojiang (katanya malah jadi panitia, entah bener atau engga)

Sekilas info

Sekilas ini yang saya isi waktu saya mengajukan diri untuk beasiswa:

Why do you want to attend Wikimania 2007?

1. I would like to meet the other wikipedians from around the world.
2. I would like to know how wikipedia book (frankfurt) is made, cost to do it, and the aspects involved.
3. I would like to know the possibility of duplicating Wikipedia Bahasa Indonesia DVD and distributing them to schools; and opinion from Wikimedia Board of Trustees.

What Wikimedia projects are you involved in (Wikipedia, Wiktionary, meta, commons, WMF, MediaWiki, etc)? Include language codes if appropriate.

Wikipedia Bahasa Indonesia, WikiSource Bahasa Indonesia (SumberWiki), and Wikimedia commons.

How long have you been involved with Wikimedia, approximately?

11 month and 14 days.

What is your involvement on Wikimedia projects?

I have been editing Wikipedia Bahasa Indonesia since May 2006. I am only a member.

What is your involvement in other areas related to Wikimedia Foundation goals?

Right now we are looking for the possibility of duplication Wikipedia Bahasa Indonesia Data DVD. Although we are not sure the legal aspect involved if we want to do that (since we don't have an official chapter in Indonesia).

Tell us a little bit about yourself.

I am a professional and a student.
My interests are broad, but up to this point my mission is to write up articles about inspiring person in the world into Bahasa Indonesia, so it could be read (gratis) by Indonesian youngster without any language barrier. By personal experience, inspiring bio gave you hope, ideas, and strength to move on and contribute to society.

Ser, ngurus visanya jgn mepet2, inget birokrasi kita yg rese N/A(bicara) 12:22, 22 Mei 2007 (UTC)

Titipan

  1. Nitip nanya bagaimana contoh2 kerjasama antar pengguna wiki berbagai bahasa terutama dalam hal sharing sumber2 referensi. Ehm, mungkin ini bukan pertanyaan ke Board of Trustee, tapi lebih ke wikipedians lainnya. Thanks & salam, Naval Scene 12:41, 22 Mei 2007 (UTC) ==> Ok.
  2. nitip oleh2 boleh gak ser? :p --Ciko bicara 12:54, 22 Mei 2007 (UTC)-- Serenity 01:10, 23 Mei 2007 (UTC)

Tanya

I would like to know how wikipedia book (frankfurt) is made, cost to do it, and the aspects involved.

Ini beneran dijadiin buku (sorry jadul banget). Boleh juga tuh buat Indo untuk tempat2 yg g terjangkau, jadi kita bisa print mirip stensilan dan diposkan. Gw tunggu banget info yg ini. --N/A(bicara) 12:24, 22 Mei 2007 (UTC)

wiki reader
Bener lihat gambarnya. Gue pikir buku/dvd bisa co-exist bareng kalau memang WBI sudah "layak" published. Gue biasa nerbitin buku, tiap buku tuh ada dua costnya = ongkos cetak dan ongkos hak cipta penulis, kita ngga punya masalah yang kedua. Tetapi yang pertama itu jadi njelimet justru kalau mau published dibawah nama wikipedia/ wikimedia :D (udah omong-omong waktu itu sama revo)
1. Mereka ngga bakalan mau terima sponsor (nama sponsor musti di cetak dibuku man...)
2. Legalnya gimana? Kita ngga punya yayasan di Indo..
FYI, WBI sudah pernah diterbitin loh *LOL* - thanks to Amir Syarifuddin, judulnya gue lupa. He claim that as his though. Rev - pasang foto buku WBI palsunya dong disini. Oom Meur bete beratz, tapi ngga bisa apa-apa karena ternyata open source itu diperbolehkan untuk komersil juga.
Eniwei, gue ngga setuju kalo bentuknya jadi stensilan (dasar tukang baca stensil!). Ini ilmu pengetahuan, keren dikit napah... Kalo perlu nodong biar keren, nodong lah. (ahli nodong) Serenity 01:24, 23 Mei 2007 (UTC)
kayaknya kalau mau jualan lebih visible dalam bentuk cd/dvd ya.. gak perlu sponsor, kita bisa lah patungan untuk perbanyak.. atau perbanyak nya sesuai pesanan, jadi gak langsung massal. kalo begini legalnya gimana ya? btw, gue kok gak boleh nitip oleh2, ser? :p --Ciko bicara 05:35, 23 Mei 2007 (UTC)
Pertama, kalaupun akan ada CD/ DVD itu ngga akan dijual (walopun oom meur pernah bilang ditokonya mah dijual). Kalo ikut-ikutan sama project guttenberg sih mereka duplikasi personal, ada alamat email untuk minta DVD dikirim ke seluruh dunia gratis. Mereka duplikasi sendiri di rumah dan dikirim lewat pos. Gue Alhamdulillah adalah salah satu korbannya yang dikirimin DVD project guttenberg lewat pos -- untung nyampe (elo tau aja deh pos kita, kalo ada kiriman deg-degan). Gile lengkap banget man DVDnya.
Kedua, elo ngga boleh nitip oleh-oleh soale terakhir elo nitip oleh-oleh sebelum gue pergi ke Bali, gue ngga jadi pergi ke Bali krn ketinggalan pesawat *grin* - sekarang untuk mencegah kejadian berulang, Ciko ngga boleh titip oleh-oleh and that's final :D Serenity 09:32, 23 Mei 2007 (UTC)
OOT, Ciko, gw turut berduka cita. Kok bisa2nya ya anda jadi penyebab g berangkat, jika nitip oleh2-- kabur!!!-.
Kembali ke topik, Ser stensilan gpp, kan g semua punya duit untuk beli. Klo kita mo bagi2 jgn yg mahal2. Menurutku sih -- sorry komentar nyisip di tengah. Abis di bawah udah makin jauh. --N/A(bicara) 12:06, 23 Mei 2007 (UTC)

Bukunya ada di rumahku di Jakarta ... Kalau nggak liat aja di Gramedia ada. Meursault2004ngobrol 08:51, 23 Mei 2007 (UTC)

Bukunya tentang apa sih? Kalau di Gramedia ada, harganya kira2 berapa? --(^_^) RickySetiawan (kirim pesan) 09:09, 23 Mei 2007 (UTC)

Amir Hidayat pernah menulis/menerbitkan buku tentang "Ensiklopedia Negara-Negara di Dunia" dan "Ensiklopedia Bahasa". Harganya mahal lho yang pertama sekitar Rp. 65.000,- dan yang kedua sekitar Rp. 35.000,-. Meursault2004ngobrol 09:54, 23 Mei 2007 (UTC)

Kalau yang Om Revo pegang di gambar belinya dimana? --Andri.h 14:01, 23 Mei 2007 (UTC)
Gw siap bantu supaya hasilnya ga stensilan. Kalau cetak banyak harganya bisa nyaingi harga stensilan lho. :)) Hariadhi - Ngobrol 15:48, 27 Mei 2007 (UTC)

Wikizine bahasa Indonesia

Wikizine bahasa Indonesia telah resmi diluncurkan. Buletin berita internal independen untuk anggota komunitas Wikimedia ini akan mengirimkan surat-e dalam bahasa Indonesia secara berkala (kurang lebih seminggu sekali) kepada penerima terdaftarnya mengenai perkembangan terbaru di berbagai proyek Wikimedia. Versi bahasa Indonesia akan berisi terjemahan dari Wikizine global ditambah berita-berita lokal proyek-proyek Wikimedia bahasa Indonesia.

Untuk mendaftar, kirimkan surat-e ke idwikizine-request@wikizine.org dengan subyek "subscribe" atau gunakan formulir yang tersedia di http://www.wikizine.org/

Sumbang saran para Wikipedian mengenai hal-hal yang dapat kita kembangkan dengan media ini sangat diharapkan. Silakan gunakan halaman pembicaraannya. •• ivanlanin 12:33, 28 Mei 2007 (UTC)

Happy Birthday!

Nuvola apps cookie.png Happy Birthday to WBI! Happy Birthday to WBI! Happy Birthday.. Happy Birthdayy.. Happy Birthday to WBI! --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 00:09, 30 Mei 2007 (UTC)

Zum Geburtstag viel Glueck!  Andreas (張俊豪)  |  Kotak pesan  13:30, 30 Mei 2007 (UTC)

Dirgahayu Wikipedia Indonesia! Meursault2004ngobrol 13:49, 30 Mei 2007 (UTC)

Happy Milad ya Wikipedia yang ke 4, jadi pada nongkrong di IRC? --Andri.h 14:43, 30 Mei 2007 (UTC)