Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/Juni 2011

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

POTY 2010[sunting sumber]

Gambar tahunan Wikimedia Commons ke-5 telah [lama] dibuka dan babak kedua akan berakhir pada 7 Juni 2011. Di babak kedua Anda hanya diperbolehkan memberi 1 suara pada finalis. (Daftar finalis) Maaf karena saya lupa berbagi tentang babak pertama. ·· KℇℵℑℭK 15:57, 1 Juni 2011 (UTC)

Saya sudah tahu agak lama karena muncul "iklan"nya di bagian atas ketika menjelajah, namun belum memenuhi syarat untuk ikut memilih karena jumlah suntingan tahun 2010 masih sedikit. Saat inipun "iklan"nya sering muncul di bagian atas halaman.  Sanko  bicara  00:00, 2 Juni 2011 (UTC)

Baik periode I dan II saya sudah memberikan suara. Ayo! Siapa lagi yang mau ikutan? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 02:17, 2 Juni 2011 (UTC)

Pranala tiada menuju ke mana pun. Ezagren ngorbol 02:32, 2 Juni 2011 (UTC)

Bagi yang berminat, silakan berselancar menuju kemari. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 02:44, 2 Juni 2011 (UTC)

Pranala di atas sudah diperbaiki. Ngomong-ngomong saya hanya lihat ada "iklan" yang dimaksud Sanko di Wikimedia Commons. ·· KℇℵℑℭK 14:33, 2 Juni 2011 (UTC)
Eh iya ya, saya lihatnya di Wikipedia English krn sering bolak-balik antara di WBI dan disitu utk menterjemahkan artikel.  Sanko  bicara  14:51, 2 Juni 2011 (UTC)

Update[sunting sumber]

Apakah pengurus bisa memperbaharui ini terutama pada perkembangan jumlah artikelnya. Aldo samulo (bicara) 01:59, 2 Juni 2011 (UTC)

Masalah ini sudah pernah saya laporkan kepada pengurus, tetapi saat itu (mungkin hingga saat ini) masih banyak kutu, jadi belum bisa diperbarui. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 02:20, 2 Juni 2011 (UTC)
kutu? kutu? kutu? Ezagren ngorbol 02:31, 2 Juni 2011 (UTC)
Bug mungkin yang dimaksud, yang jika diterjemahkan secara "kasar" menjadi kutu. Albertus Aditya (bicara) 02:33, 2 Juni 2011 (UTC)
Yup!, benarlah begitu... Makanya kata tersebut saya miringkan... Salam. -- Wagino 20100516 (bicara) 02:42, 2 Juni 2011 (UTC)
Dasar kutu. Ezagren ngorbol 04:41, 2 Juni 2011 (UTC)
Tengok2 prestasi lain di Commons, sejuta gambar tiap 2 bulan dlm 4 bulan terakhir. Wow!  Sanko  bicara  03:38, 2 Juni 2011 (UTC)

-- Impresif... -- Wagino 20100516 (bicara) 04:05, 2 Juni 2011 (UTC)

Eh kutunya apa ya? Apa karena susah hitung atau karena ada ganjalan artikel dihapus yg masih didiskusikan untuk dipulihkan? Karena kalau ya memang bisa geser semua tuh. Cara mencari artikel ke sekian menurut "hukum Borg" juga masih bisa kok.  Sanko  bicara  14:58, 2 Juni 2011 (UTC)

Usul: bagaimana kalau diperbarui tiap 5000 artikel saja? Gombang (bicara) 04:09, 2 Juni 2011 (UTC)

Nanti, akalau artikel di wikipedia indonesia tambah kurang lebih 500-600 artikel per hari, saya baru setuju untuk diupdate tiap 5000 artikel. Sekarang pertumbuhan jumlah artikel kan masih sedikit, sekitar 6-7 hari untuk 1000 artikel. RaymondSutanto (bicara) 04:21, 2 Juni 2011 (UTC)
Saya kurang setuju, sebab untuk saat ini pertumbuhan artikel di WBI masih relatif lambat dan mengingat historis pencantuman perkembangan jumlah artikel itu sendiri. Harapan saya, anak cucu kita bisa kembali ke masa lalu mengenai WBI dengan membaca hal-hal seperti ini.
Mungkin tabelnya saja yang dipecah, misalnya untuk daftar artikel ke-1 hingga ke-100.000 dibuat satu tabel, kemudian untuk artikel ke-101.000 hingga 200.000 dibuat lagi secara terpisah, demikian seterusnya. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 04:22, 2 Juni 2011 (UTC)
Untuk saat ini apakah ada yang bisa memperbaharuinya terlebih dahulu daripada kita berdebat saja halaman ini tetap tidak akan berubah. Aldo samulo (bicara) 04:44, 2 Juni 2011 (UTC)

Menurut saya hal ini bukanlah suatu perdebatan, tetapi tukar pendapat. Dalam sebuah forum atau komunitas hal ini adalah sesuatu yang cukup penting menurut saya (lagi). Salam. Wagino 20100516 (bicara) 04:57, 2 Juni 2011 (UTC)

Kelas menulis[sunting sumber]

Sepertinya para peserta kelas menulis Wikipedia banyak yang membuat artikel yang sudah ada. Apakah mereka tidak diberitahu untuk mencari artikel tersebut agar tidak membuat artikel yang sudah ada? Redyka ngobrol 07:31, 3 Juni 2011 (UTC)

Saya menemukan ini Joseph Broz Tito sudah saya beri {{gabung}}, mestinya para senior mencari dulu sebelum melakukan pengalihan.  Sanko  bicara  09:47, 3 Juni 2011 (UTC)
Menurut saya kelas menulis ini ditiadakan saja karena saya melihat banjir artikel baru yang terkadang sudah ada dan juga artikel yang judulnya menurut saya agak "aneh". Aldo samulo (bicara) 09:51, 3 Juni 2011 (UTC)
Menurut saya sih jangan ditiadakan juga. Lebih baik pengarahannya lebih lengkap. Redyka ngobrol 10:07, 3 Juni 2011 (UTC)

Mungkin perlu diingatkan agar saat akan membuat artikel baru, dicari terlebih dahulu artikel sejenis. Siapa tahu sebenarnya artikel yang membahas topik tersebut sudah ada, hanya judulnya saja yang berbeda dari sudut pandang pengguna yang akan memuat artikel tersebut. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 10:30, 3 Juni 2011 (UTC)

Iya, saya sudah memberitahu pengguna yang membuat artikel yang sudah ada. Redyka ngobrol 11:06, 3 Juni 2011 (UTC)
Jangan ditiadakan tapi bila perlu diperluas sampai di daerah-daerah di masa mendatang, hanya saja memang instrukturnya harus menjelaskan segala kemungkinan, termasuk kejadian yang dibahas ini agar tidak berulang dan "nambahi" kerjaan Pengguna lain (termasuk Editor dan Pengurus). Siapa tahu nanti ada kelas menulis versi WBI & Basa Banjar, versi WBI & Basa Banyumasan misalnya.  Sanko  bicara  12:11, 3 Juni 2011 (UTC)

harusnya di kasih pesan: "sebelum Anda membuat artikel harap periksa dulu apakah artikel yg sudah Anda buat itu sudah ada di WBI atau belum", hehe F1Fans | Alonsista(kirim pesan) 12:26, 3 Juni 2011 (UTC)

Sependapat dengan Sanko. Jika dikatakan banyak membuat artikel yang sudah ada, itu persisnya berapa banyak? Apakah benar semua itu dilakukan oleh peserta kelas menulis? Janganlah mudah menjustifikasi. Sekalipun benar bahwa artikel itu dibuat oleh peserta kelas menulis, ya dimaklumi saja karena mereka baru mulai. Jangan membandingkan dengan pengguna/pengurus/editor yang sudah berkontribusi bertahun-tahun dan editcount-nya ribuan/puluhan ribu. Saya juga menemukan artikel ganda yaitu Ritel dan Eceran yang dibuat tahun 2009 & 2010, berarti tidak ada hubungannya dengan kelas menulis khan? Apakah meniadakan kelas menulis dapat menyelesaikan masalah? Bukankah pendatang baru yang diluar kelas menulis justru peluangnya melakukan kesalahan lebih besar lagi? Jika memang materi kelas menulis kurang lengkap, mampukah kita melengkapinya? Mampukah kita ikut menjadi mentor/pengajar agar para peserta tidak melakukan kesalahan seperti di atas? Jika kita tidak mampu, ya sudahlah. Daripada berkeluh kesah, lakukan saja apa yang kita mampu. Jika ada artikel ganda ya kita gabung, yang belum rapi ya dirapikan, atau setidak-tidaknya beri tag agar pengguna/editor/pengurus lain dapat menindaklanjuti. Usaha rekan-rekan di Wikimedia Indonesia yang mengadakan kelas menulis perlu dilestarikan dan didukung sebagai salah satu langkah positif untuk membesarkan WBI. Tidak mudah lho mengorganisir kelas menulis seperti itu... sayapun setelah mencoba beberapa minggu baru sekarang mendapat respon dan akan direalisasikan. Pada kesempatan ini saya juga mohon dukungan rekan-rekan semua untuk acara Lokakarya menulis Wikipedia yang rencananya akan saya adakan di Purwokerto tanggal 29 Juni 2011. Mohon kesabaran dan dukungan untuk membimbing dari Purwokerto, terutama karena acara lokakarya ini swadaya dan tanpa dukungan dari Wikimedia Indonesia. Mudah-mudahan langkah kecil yang saya lakukan dapat bermanfaat bagi komunitas Wikipedia. Salam -  StefanusRA  |  ✉  13:34, 3 Juni 2011 (UTC)
Workshop di Purwokerto jangan lupa nanti diumumkan di milis :) Gombang (bicara) 05:17, 4 Juni 2011 (UTC)
Dan di Solo :)
βέννγλιν 06:57, 4 Juni 2011 (UTC)
Siaappp... . Mohon dukungan rekan-rekan semua. Saat ini dalam tahap produksi brosur & poster. Rencananya Senin sudah mulai sebar undangan & brosur. Jika kelas menulis di Jakarta peserta wajib membawa laptop, di Purwokerto tidak dapat diterapkan karena tidak semua siswa/mahasiswa memiliki laptop. Workshop dapat terlaksana karena ada Politeknik Pratama yang menyediakan tempat, komputer & koneksi internet untuk acara workshopnya.  StefanusRA  |  ✉  07:07, 4 Juni 2011 (UTC)

Untuk Mas Stefanus, saya tidak mengeluh, hanya menyarankan agar diberi pengarahan yang lebih lengkap lagi. Menurut saya adanya kelas menulis sangat membantu perkembangan WBI selain kompetisi-kompetisi lain. Saya juga sudah menulis pesan di halaman pembicaraan pengguna mereka untuk lebih berhati-hati dalam membuat artikel. Redyka ngobrol 08:23, 4 Juni 2011 (UTC)

"lelang"[sunting sumber]

Ada yang berniat mengembangkan artikel berjudul "D. B. Cooper" melalui artikel sama yang ada di WBE (wiki.en) yang sudah jadi AP disana. Nanti saya kasih hadiah berupa BintangWiki jika terjemahannya sempurna dan saya usulkan jadi AP atas nama Anda. Mau ? --Erik 05:17, 2 Juni 2011 (UTC)

Hanya di 3 Baca: Hanya di Tri. -- Wagino 20100516 (bicara) 05:28, 2 Juni 2011 (UTC)

Saya juga mau minta bantuan siapapun yang rela nih. Untuk itu saya minta tolong bantuan Anda untuk koreksi artikel "Televisi" yang 17/20-nya saya terjemah dari Wikipedia bahasa Melayu. Jika ada kesalahan juga mohon untuk diperbaiki ya. Hadiah, sama dengan yang ada diatas. --Erik 13:42, 4 Juni 2011 (UTC)

Saya mah tertarik-tertarik saja, tetapi "ada yang numpuk" (artikel "yang sesuai dengan kegemaranku" pada belum selesai semua tahun ini. Numpuk lagi).  tatasport  bicara  13:47, 4 Juni 2011 (UTC)

Menjadi pelajar[sunting sumber]

Pelajar wikipedia.jpeg

Pengguna ini sedang mengharapkan bantuan pengurus atau pengguna lain yang bersedia untuk memberikan bantuan mengenai hal yang berkaitan dengan Wikipedia.
Bagi pengurus atau pengguna yang bersedia mohon memberi tahu pada halaman pembicaraan pemohon.

Terima kasih

Rumit siregar (Pesan disini) 05:01, 10 Juni 2011 (UTC)

A'a "c*****ers"

Bagian ini lebih cocok dipindahkan di: Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)#A'a "c*****ers"

urus-lah[sunting sumber]

Ada yang bisa mengurus kedua halaman ini:

Keduanya tak terurus nih --Erik 11:21, 12 Juni 2011 (UTC)

Coba dicek dulu siapa yg dulu membuatnya, kalau masih aktif tanyakan padanya untuk bisa mengurusnya kembali.  Sanko  bicara  11:30, 12 Juni 2011 (UTC)
Gabungkan aja dengan aslinya. вёӣйүӀіп 12:26, 13 Juni 2011 (UTC)
Mungkin saya bisa. Tapi, tinggal tunggu tanggal periode keduanya (sekalian prediksi ).  tatasport  bicara  05:02, 22 Juni 2011 (UTC)
Biar kutebak tanggal dimulai periode keduanya, pasti tanggal 21 Juli 2011. Iya kan --Erik 09:36, 24 Juni 2011 (UTC)

?[sunting sumber]

Bukankah seharusnya pengusulan ini sudah ditutup? Aldo samulo (bicara) 08:24, 15 Juni 2011 (UTC)

Maaf, kemarin kelupaan. ·· KℇℵℑℭK 12:32, 15 Juni 2011 (UTC)

Proyek[sunting sumber]

Artikel tentang sains di wikipedia Indonesia cenderung miskin konten, maka kita adakan proyek penerjemahan. Ini daftar dari artikel2 bagus wikipedia yg bisa diterjemahkan: en:Wikipedia:Vital_articles#Science_.28191_articles.29 Siapa yg berminat dan sediakan waktu untuk membantu dalam terjemahan? Bintang-bintang siap disebar juga :)  Mimihitam  05:11, 16 Juni 2011 (UTC)

Hmm, boleh juga nih. Saya siap bantu menerjemahkan beberapa artikel fisika, kimia, dan teknologi. RaymondSutanto (bicara) 05:20, 16 Juni 2011 (UTC)

Karena ada orang lain yang juga sedang mengerjakan penerjemahan, mungkin bisa diberitahu mas berminat menerjemahkan yang mana? Supaya tidak bertabrakan :) Salam  Mimihitam  06:33, 16 Juni 2011 (UTC)

Wah, kalau untuk menerjemahkan yang mana, saya juga masih bingung ya.. Soalnya saya kalau menerjemahkan sesuka hati... Tapi, yang pasti di bagian fisika, kimia, dan teknologi saja, karena bagian itu yang saya lumayan tertarik... Orang lain itu siapa ya, bisa diberitahu mungkin? RaymondSutanto (bicara) 07:43, 16 Juni 2011 (UTC)

Salah satunya Pengguna:Hand15, tiga lainnya orang luar wiki :) Bung Hand15 sedang menerjemahkan big bang, tiga lainnya genetika, kehidupan, dan hukum gerak Newton.  Mimihitam  07:47, 16 Juni 2011 (UTC)

Saya juga bingung. Terinspirasi yang itu, tapi belum ada ide. Jadinya, punya ide menerjemahkan "gerhana-gerhanaan" deh ... hehehe. (yang sejarah kebumian itu lho, yang saya tertarik -> punya rencana nerjemahin, ngerintis, tapi ... kebentur (sama Wimbledon), jadi kalau ada waktu saya terjemahkan deh)  tatasport  bicara  05:05, 22 Juni 2011 (UTC)

Usul: artikel penting dalam Matematika diurus juga. Walaupun bukan sains, matematika selalu terkait erat dengannya. Gombang (bicara) 07:59, 16 Juni 2011 (UTC)

Oh iya ya. Kebetulan saya juga minat sama matematika. Kalau ada waktu ya saya sempatkanlah ... hehe  tatasport  bicara  05:05, 22 Juni 2011 (UTC)
Dua artikel sudah diselesaikan (oleh orang luar wiki): influensa oleh Albert Liang dan kehidupan oleh Haryo. Ayo kita yang aktif di wiki jangan mau kalah  Mimihitam  08:32, 23 Juni 2011 (UTC)
Lapor: Artikel daya nuklir juga sudah dikembangkan sampai 30 kali lipat dari semula (Bukti) RaymondSutanto (bicara) 05:19, 5 Juli 2011 (UTC)

Like this (Y)  Mimihitam  07:20, 8 Juli 2011 (UTC)

Agak dilema[sunting sumber]

Akhir-akhir ini saya lumayan sering nengok perubahan terbaru dan nemu artikel-artikel tipikal kayak ini → Filsafat komunikasi dan Sastra Inggris UISU. Saya bingung mau kasi templat apaan buat artikel kayak gitu. Enaknya dikasi {{rapikan}} atau {{hapus}} ?? atau ada ide lain mungkin? —  Shadow  Hawk  ngomong dong 15:33, 22 Juni 2011 (UTC)

Setelah saya lihat artikel-artikel tersebut sepertinya cukup baik, setidaknya sebagai permulaan. Jadi menurut saya cukup kita beri tag {{rapikan}} dan satu lagi, yaitu {{tanpa_kategori}}. Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 15:37, 22 Juni 2011 (UTC)

Okelah, makasih banyak pendapatnya bung Wagino. Saya emang sering bingung kalo di situasi kayak gitu.. Ngomong2, (just FYI) udah ada pengguna anon yg duluan ngasi {{hapus}} ke artikel Sastra Inggris UISU hhe. Makasih skali lagi. Salam. —  Shadow  Hawk  ngomong dong 15:56, 22 Juni 2011 (UTC)

Iya, belakangan ini saya juga seringkali menemukan artikel baru mengandung kata-kata "komunikasi", "online", "pengaruh blablabla"... Saya juga bingung dengan artikel-artikel dengan judul seperti ini. Saya seringkali memberi tag {{hapus}} karena memang isinya tidak layak untuk wikipedia (lebih ke tugas sekolah kalau dilihat dari kata-katanya). Tapi keesokan harinya muncul lagi artikel baru dengan judul serupa. Belakangan ini saya mulai capek dan tidak begitu saya perhatikan, apalagi kalau tag yang saya berikan dihapus. Jadinya males kasih tag lagi. RaymondSutanto (bicara) 16:00, 22 Juni 2011 (UTC)

Setuju banget bung Raymond. Apa gak ada ya satu cara yg jelas untuk menghadapi kasus kayak gini? —  Shadow  Hawk  ngomong dong 02:40, 23 Juni 2011 (UTC)

Topik tersebut sedang dibahas di Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)#Artikel tugas sekolah dan universitas. Silakan berkomentar di sana. Salam -  StefanusRA  |  ✉  12:54, 23 Juni 2011 (UTC)

Wikistream[sunting sumber]

http://wikistream.inkdroid.org/ perubahan terakhir di semua Wikipedia atau hanya salah satunya saja (WBI). Ada filter untuk besarnya perubahan yang dilakukan juga. вёӣйүӀіп 12:34, 23 Juni 2011 (UTC)