Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Arsip Diskusi
2004 Tahun 2010:
2005 Kebijakan
2006 Usulan
2007 Teknis
2008 Bahasa
2009 Lain-lain
2010 Semua
2011
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
Diskusi Terkini


Daftar isi

Arsip Desember 2010

Aneh

Wikipedia aneh, bikin artikel desa isinya sama semua, tiada perbedaan. Kejar setoran, kah? Mending bikin artikel distrik di luar negeri.

Membuat artikel tentang distrik dan kota di luar negeri juga tidak ada bedanya kok :)  Mimihitam  14:24, 7 Desember 2010 (UTC)
Tapi ada nilai tambahnya, ada penghubung ke wiki-wiki yang lain.

Memang hal ini juga sudah disinggung oleh salah seroang pengguna senior WBI, namun saya sebagai salah seorang yang lagi demen buat rintisan artikel desa di Indonesia hingga saat ini belum mendapatkan data tambahan. Jika memang ada pengguna lain yang punya data tentang penduduk, luas wilayah dan sebagainya, boleh dibagi kepada saya.

Untuk saat ini target saya memang (kalau bisa) bersama beberapa teman lainnya (mungkin) akan kejar tayang menyelesaikan rintisan artikel desa di Indonesia (itupun kalau sanggup), hehehe... Wagino 20100516 (bicara) 14:53, 7 Desember 2010 (UTC)

Menurut saya kalau tidak ada isinya artikel desa tidak usah dibikin. Setuju dengan Mimihitam, dengan catatan tentunya artikel distrik luar negeri itu pun ada isinya :p. Bagaimana kalau membereskan artikel geografi negara-negara ASEAN saja dulu? Contoh: Provinsi Thailand saja belum ada semua. Gombang (bicara) 05:18, 9 Desember 2010 (UTC)

Atau, ada yang mau melengkapi artikel Singapura? Wikipedia Bahasa Melayu sudah membahas Singapura secara lengkap, jadi penerjemahan bisa lebih mudah :) Yang bisa dapat bintang :D  Mimihitam  05:21, 9 Desember 2010 (UTC)

Sedikit diralat: Sepertinya yang menyatakan aneh itu bukan Mimihitam, tetapi hanya seorang pengguna anon. Mimi hanya berkomentar pada baris ke-2 saja. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 05:23, 9 Desember 2010 (UTC)
Up's... Saya baru membaca tantangan dari Mimi. Mmm... sepertinya boleh juga, tuh (asal jangan lupa bintangnya, ya). Cha ileh, belum kerja udah minta imbalan, nih... Wagino 20100516 (bicara) 05:25, 9 Desember 2010 (UTC)

Ayo kerja-kerja! *pecut* Hahahaha, saya hanya bercanda :) kalau mau dikerjakan silakan saja, bintang sih pasti meluncur , yang penting menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta penerjemahannya akurat.  Mimihitam  05:30, 9 Desember 2010 (UTC)

Jeng jeng, Farras baru saja melirik tawaran Mimihitam. FarrasLa Poste 20:23, 9 Desember 2010 (UTC)

Rembungan

Akhir-akhir ini banyak sekali vandalisme yang lolos. Terakhir yang saya lihat adalah dari artikel Jackie Chan, ada vandal yang lolos selama berbulan-bulan. Belum lagi vandal yang lolos di artikel tentang astronomi, stasiun TV, dan buah. Bahkan vandal sepertinya sudah membentuk geng anti wikipedia, karena sudah ada selama setahun lebih, menyerang dengan pola yang sama (membuat siluman banyak, menggunakan mesin penerjemah, memasukkan informasi ngawur, menyalin tempel dari situs lain). Kira-kira apakah ada yang salah dengan sistem kita? Atau kita kekurangan tenaga pengurus? Kalau di zaman Borgx dulu semua bisa tersaring, kenapa sekarang tidak? Apakah ada pendapat? Mari kita bahas....  Mimihitam  14:43, 14 Desember 2010 (UTC)

Saya rasa patroli perlu diperketat. Untuk artikel yang sudah ada, rasanya perlu kita periksa secara keseluruhan, bisa dimulai dari topik yang kita kuasai terlebih dahulu baru secara umum (atau diatur sedemikian rupa). Salam, Albertus Aditya (bicara) 14:47, 14 Desember 2010 (UTC)

Mungkin pengguna aktif bisa memanfaatkan fasilitas "pantau" untuk artikel-artikel berbintang, berstatus bagus, atau artikel panjang yang bagus tapi tidak mendapat status AP maupun GP? Saya sendiri sudah memencet tombol pantau pada artikel-artikel tersebut.  Mimihitam  14:49, 14 Desember 2010 (UTC)

Kalau dibandingkan dengan zaman Borgx, bukannya jumlah pengurus malah lebih sedikit ? Jadi bukan jumlah pengurus yang menentukan, menurut saya. Saya sendiri terkadang masih terbentur dengan revisi terperiksa yang tidak menampilkan revisi tertunda sehingga kalau tidak menggunakan History, tidak terlihat adanya suntingan. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 15:00, 14 Desember 2010 (UTC)

Maka dari itu mas Tjmoel. Zaman dahulu Borgx seorang diri bisa menyaring semua vandal, kok sekarang kita yang lebih banyak malah tidak bisa? Pasti ada sesuatu yang salah....  Mimihitam  15:05, 14 Desember 2010 (UTC)

  • Menurut saya, bukan mengenai benar-salah-nya, tetapi lebih kepada komitmen. Dahulu Borgx memeriksa artikel bukan semata-mata karena dia adalah seorang pengurus, tetapi memang karena dia perduli dengan WBI. Perduli yang saya maksud disini -harap diterjemahkan dalam arti yang luas (agak susah dijelaskan). Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 16:58, 14 Desember 2010 (UTC)
Kalau dahulu mungkin jumlah vandal masih bisa diatasi, maka seharusnya pun bisa. Jika pemantauan telah dilakukan Mimihitam, saya harap bisa Mimihitam pantau terus. Yang perlu kita lakukan adalah pemeriksaan artikel dan peningkatan patroli. Pemeriksaan untuk artikel yang sudah ada, patroli untuk mencegah artikel baru yang vandal itu. Albertus Aditya (bicara) 15:18, 14 Desember 2010 (UTC)

Dahulu sempat ada yang namanya pembagian jam patroli, tapi melihat bahwa kepengurusan itu longgar, sepertinya kurang efektif...  Mimihitam  15:29, 14 Desember 2010 (UTC)

Mungkin dulu setiap daring Borgx periksa semua artikel yang ada di Perubahan Terbaru. Mungkin juga: Borgx bekerja di kantor yang santai dan untuk menyibukkan diri dia memeriksa Wikipedia. (Teori yang aneh) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:54, 14 Desember 2010 (UTC)
Mungkin kita bisa pasang ada sesuatu bot yang jika ada vandal, dia akan langsung merevert (cara kerja detilnya saya kurang ingat) di salah satu Wikipedia (kalau tidak salah Jepang). Albertus Aditya (bicara) 16:07, 14 Desember 2010 (UTC)
Bot yang memperbaiki vandal yang dimaksud adalah membuang kata/kalimat tertentu, sedangkan vandal yang dimaksud oleh bung Mimihitam -lebih kepada isi omong kosong / ngawur ; yang sepertinya belum bisa di tindaklanjuti oleh bot (kecuali kalo bot-nya bisa ikut mikir . Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 16:58, 14 Desember 2010 (UTC)

Kemudian (maaf) dengan jumlah artikel yang hampir 140K, jumlah pengurus di WBI cuma 14 orang saja. Dari jumlah itu ada 3 orang pengurus yang sepertinya sudah sangat lama tidak aktif (lebih dari 30 hari tidak ada kegiatan penyuntingan), kemudian beberapa pengurus juga hilang-hilang timbul dan hanya beberapa orang saja yang benar-benar aktif.

Meskipun mustahil bagi pengurus untuk memantau semua perubahan yang terjadi, namun setidaknya harus ada ketentuan bila yang bersangkutan kurang aktif lagi di WBI. Saya kira masih banyak pengguna aktif lainnya yang mau berkontribusi sebagai pengurus, hanya saat ini belum diberi kesempatan untuk itu. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 16:41, 14 Desember 2010 (UTC)

Kembali, jangan membebani pengurus guna mengatasi vandal. WBI adalah milik komunitas, akses yang dimiliki oleh seorang pengurus cuma sedikit lebih ketimbang pengguna biasa (terdaftar maupun tidak terdaftar). Apabila pengguna (non-pengurus) mendapati:
  • Tindak Vandal ; dapat membatalkan suntingan tersebut - bukan hanya pengurus
  • Anon ; yang melakukan vandal dapat diberikan {{tag}} untuk di blok - pengurus akan menindak-lanjuti (dan tentunya akan memeriksa kontribusi pada saat yang bersamaan berdasarkan IP tersebut
  • Artikel yang layak untuk dihapus ; pengguna (terdaftar atau bukan) dapat memberikan {{tag}} guna memberitahu.
Pengurus juga bukan berarti harus 24/7 online dan memantau WBI, dan bila pengurus sedang tidak online - toh pengguna lain yang membantu juga, bukan ?
Mengenai kesempatan untuk itu, tentunya ada peraturan yang menggaris-bawahi pengangkatan seorang pengguna menjadi pengurus, bukan hanya karena kesempatan
Semoga berkenan. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 16:58, 14 Desember 2010 (UTC)

Menanggapi keluhan Mimihitam di atas, saya juga merasakan keluhan yang sama. Ada vandalisme lolos selama berbulan-bulan, bahkan ada yang hampir satu tahun. -- Adiputra बिचर -- 17:24, 14 Desember 2010 (UTC)

Ikut sumbang suara ya. Dulu, totalitas Borgx untuk menjaga WBI dari vandalisme memang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan para pengguna umumnya (contohnya saya), dan WBI sangat diuntungkan karenanya. Namun menurut saya, perubahan adalah hal yang pasti terjadi. Jadi, sebaiknya kita fokuskan pada para pengguna aktif/pengurus yang ada saat ini saja. Agar fun-nya tetap ada, sebaiknya pemeriksaan vandalisme yang diharapkan dilakukan sukarela saja, namun terkoordinasi agar lebih efektif. Saya kepikiran, adakah bot yang bisa membuat daftar pengguna siluman secara rutin, sehingga lebih memudahkan pengguna aktif/pengurus untuk memeriksa suntingan mereka? Naval Scene (bicara) 04:38, 15 Desember 2010 (UTC)
Setuju, oleh karena itu (seperti yang saya sampaikan di atas), pengguna (terdaftar maupun tidak terdaftar) tidak dapat mengandalkan satu orang saja (pengurus maupun penggunan [terdaftar maupun tidak terdaftar]) guna menghadapi tindakan vandal. Sejauh ini, saya juga melihat ada banyak anon yang membantu memberikan {{hapus}} pada artikel-artikel ngaco maupun {{subst:kembang}} pada artikel yang terlalu pendek. Kerjasama / koordinasi diperlukan untuk mengatasi hal ini. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10:26, 15 Desember 2010 (UTC)
Ada baiknya Wikipedia Bahasa Indonesia melakukan promosi atau melakukan seminar atau apapun yang bisa mengundang orang mau berkontribusi di WBI dan merawat WBI serta memerangi vandalisme di WBI. Aldo samulo (bicara) 10:04, 18 Desember 2010 (UTC)
Saya lebih setuju kalau sebelum menaruh harapan kepada pihak luar, terlebih dahulu kita melihat ke dalam. Bagaimana bisa mengharapkan hasil promosi guna membantu mengatasi vandalisme, sedangkan mereka belum tentu paham dan/atau mengerti mengenai Wikipedia itu sendiri. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 09:59, 19 Desember 2010 (UTC)

Promosi yg aneh

Coba kalian lihat artikel Ilmukom. Ini benar-benar promosi atau buka bisnis di wikipedia? wahawaha (tawa pahit:mohon dihapus) 02Wahyudi_Won (bicara) 11:38, 15 Desember 2010 (UTC)

masukkan ke WP:HUMOR?
βέννγλιν 14:49, 15 Desember 2010 (UTC)
tidak deh, humor nya tidak dapat... mending ini:

http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Olga_Syahputra&oldid=3724113 02Wahyudi_Won (bicara) 04:20, 17 Desember 2010 (UTC)

Protes : Gereja Katolik Timur

Selamat siang.

Saya adalah pemeluk Katolik Timur di Indonesia. Tapi saya menemukan bahwa di Wikipedia, Gereja Katolik Timur disamakan dengan Gereja Ortodoks. Oleh karena itu, kami memprotes hal ini. Kami tegaskan bahwa kami, Gereja Katolik Timur, bukan Gereja Ortodoks.

Harap Anda mengkoreksi hal ini. Dan jangan menulis sesuatu yang Anda sendiri tidak menguasainya.

Kami meminta anda jangan mengalihkan Gereja Katolik Timur ke Gereja Ortodoks; tapi ke Gereja Katolik Ritus Timur.

Terima kasih.

david.senduk@gmail.com


Veritasitor (bicara) 03:41, 21 Desember 2010 (UTC)

Yang membuat pengalihan itu adalah Pengguna Stephensuleeman. Silakan hubungi dia via halaman pembicaraannya. Apakah Gereja Katolik Timur mengacu kepada Ritus Timur? --Ezagren 이야기 03:54, 21 Desember 2010 (UTC)
Individu-individu yang menyunting tidak dapat dipersalahkan atas suntingannya, karena Wikipedia adalah proyek yang bebas disunting oleh siapa saja, dengan alasan yang berbeda-beda. Jika dirasa tidak tepat, langsung saja sunting. Saya lihat hal itu sudah Anda lakukan. Salam.
βέννγλιν 04:30, 21 Desember 2010 (UTC)

Kelihatannya sudah dibenarkan oleh Veritasitor sendiri :) Salam.  Mimihitam  06:01, 21 Desember 2010 (UTC)

Gila!

Wuih... 6000 pengguna baru di bulan Desember! Ada apa gerangan?
βέννγλιν

Seperti-nya pencatatan pengguna baru harus di perbaharui .. karena otomatis tercatat bila diberikan {{subst:sd}}. Apakah ini merupakan kriteria perhitungan ? Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10:06, 21 Desember 2010 (UTC)
Mungkin di bulan sebelumnya jarang ada pengguna yang memberi ucapan selamat datang. -- Adiputra बिचर -- 11:16, 21 Desember 2010 (UTC)
Menjawab Moel, harusnya semuanya di-subst. Coba kita lihat pada pergantian bulan nanti, seharusnya angkanya kecil. Asumsi 6000 pengguna baru disapa Desember.
βέννγλιν 11:23, 21 Desember 2010 (UTC)
Ben, maksud saya ; karena templat selamat datang tersebut di subst (termasuk di dalam-nya pemberian kategori otomatis per bulan -berdasarkan pemberian tag) apakah hal ini menjadi kriteria perhitungan ? karena kalau iya, berarti benar ada-nya (termasuk didalam-nya pengguna SUL yang diberikan tag (selamat datang). Karena barusan dilihat sepintas untuk kontribusi yang telah diberikan oleh para pengguna baru (bulan desember) ; perhitungan kasar masih berkisar 100-an .. ini juga belum termasuk suntingan yang telah dihapus dan/atau dikembalikan (revert). Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 11:35, 21 Desember 2010 (UTC)
Asumsi saya sih para penyapa pengguna baru selama setahun terakhir tidak mengubah modus operandi mereka, alias menyapa siapa saja tanpa pandang bulu. Memang itu bisa berarti 1) jumlah pengguna baru yang mendaftar naik hampir tiga kali lipat, atau 2) sebagian besar dari jumlah itu adalah pengguna SUL yang entah mengapa memutuskan untuk mengunjungi situs ini pada bulan ini, bukan bulan-bulan yang lalu. Apakah ada hubungannya dengan penggalangan dana Wikimedia dan beritanya di media-media nasional? Anyway hanya sedikit terkejut dengan lonjakan tersebut dan bersyukur bug-nya udah ditangani Moel tepat pada waktunya.
βέννγλιν 11:10, 23 Desember 2010 (UTC)

Id animasi

Woi,,,Tjmoel Pengurus wiki,Artikel saye mane,,,,???kok ilang???Udah tak cari di bawah meja gak ada,dikamar gak ada,,,Uhhhhh,,,,Kamu taru di saku ya,,,,Wah Payah...Besok Tak bikin lagi ah,Dan pasti gak bisa Dihapus,karena artikelnya udah fix! Id animasi (bicara) 05:18, 23 Desember 2010 (UTC)

@Id animasi, artikel yang anda buat belum masuk dalam kriteria kelayakan sehingga dihapus. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 05:51, 23 Desember 2010 (UTC)

Oh gitu ya?,Hmmm, belajar lagi ah.Id animasi (bicara) 10:42, 31 Desember 2010 (UTC)

Tolong diblokir!!!

Pengguna:Skitut Master mengunggah gambar yang tidak pantas ke artikel Luna Maya & Mbah Surip, kepada pengurus tolong diblokir Redyka bicara 06:41, 24 Desember 2010 (UTC)

Berhubung ybs sudah pernah diblokir sebelumnya, mungkin kali ini bisa diblokir lebih lama atau bahkan selamanya.
βέννγλιν 07:25, 24 Desember 2010 (UTC)
Selesai Selesai - Terima kasih atas informasi.nya. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 02:53, 25 Desember 2010 (UTC)

Regenerasi

Halo semuanya!

Saya baru tahu bahwa salah seorang pengguna paling aktif di WBI (diluar pengurus) baru saja mengundurkan diri dari sini. Apa yang terjadi??? Mungkinkah hal itu mirip kejadiannya dengan para pengguna teraktif (termasuk pengurus) yang telah mengundurkan diri pada masa yang lalu???

Dari sekian banyak pengguna yang telah terdaftar, siapakah yang akan menggantikannya sebagai pengguna yang sangat aktif??? Ayo, mari secara bersama-sama kita meregenerasi para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut! Patah satu tumbuh seribu - kalo bisa sejuta, kale... (Lho...??? kayak guru aja, hehehe...!!!). Salam. Wagino 20100516 (bicara) 14:53, 26 Desember 2010 (UTC)

itu tumbuh dari kesadaran sendiri. Suka rela. Banyak yg telah mendaftar tapi setelah itu tidak ke WBI lagi. Mungkin lebih sibuk di situs lain, dan mendaftar di sini cuma karena keinginan pada waktu itu saja, bukan karena ingin masuk ke komunitas pengguna aktif WBI. Memang sangat disayangkan bila jumlah pengguna aktif kian menurun. Apalagi, banyak yg menggunakan situs kita sebagai referensi, jadi harus dimutakhirkan dan dikembangkan agar lebih berkualitas. -- Adiputra बिचर -- 15:06, 26 Desember 2010 (UTC)

Tanya dong

saya mau nanya, ganti judul gmn? baru bikin artikel harusnya Apocalypto jadi Apocalyto. (salah ketik) maaf. Redyka bicara 01:46, 27 Desember 2010 (UTC)

Di halaman Apocalyto, klik pada tanda ke bawah (di sebelah kanan tanda bintang) lalu klik pindahkan. Anda akan dibawa ke suatu halaman. Pada bagian "Ke judul baru" silahkan ketikkan nama yang benar (Apocalypto). Pada kotak "alasan", silahkan dituliskan alasan pemindahan dilakukan. Pada kasus ini, silahkan ditulis "salah ketik". Setelah selesai, silahkan klik "Pindahkan halaman", maka proses pemindahan telah berlangsung. Keterangan dapat dilihat di Bantuan:Pemindahan. Salam, Albertus Aditya (bicara) 02:01, 27 Desember 2010 (UTC)

Artikel partai Damai Sejahtera

Surat ini merujuk kepada komunikasi sebelumnya yang ditujukan kepada admin Wikipedia. Kami ingin menegaskan bahwasannya kami Partai Damai Sejahtera merasa dirugikan dengan adanya pemberitan informasi pada http://id.wikipedia.org/wiki/Partai_Damai_Sejahtera yang secara nyata-nyata tidak sesuai dengan fakta mengenai organisasi kami.

Melalui http://id.wikipedia.org/wiki/Partai_Damai_Sejahtera situasi Partai Damai Sejahtera digambarkan amat negatif dimana Organiasi kami digambarkan sebagai organisasi yang terpecah belah, terjadi kekheosan dalam internal serta mencoba menghapuskan sejarah partai.

Dari bahasa kalimat pertama sudah kental tendensinya untuk black campaign terhadap partai kami, “Menilik hasil pemilu 2009 yang tidak mencapai ambang batas parlemen 2,5%, sejumlah kader partai bermanuver dengan pindah ke partai politik yang lain. Sejumlah kader lainnya, bahkan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) partai berdasarkan Anggaran Dasar (AD) menurut keyakinannya”. Dan Ketua Umum dan Sejkennya pun diganti tanpa dasar yang jelas.

Sebagai followup dari masalah tersebut kami DPP PDS menginginkan Wikipedia untuk memberikan info mengenai PDS yang netral dengan mencantumkan profil partai seperti di http://www.partaidamaisejahtera.org/?p=457 . Adapun bila Wikipedia merasa meragukan kebenaran info PDS seperti pada partaidamaisejahtera.org maka silahkan wikipedia mengkonfirmasikan langsung ke dephukham atau ke KPU Pusat, terlebih setelah KPU menegaskan kembali melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-14.AH.11.01. Tahun 2010 Tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar / Angaran Rumah Tangga dan Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Damai Sejahtera Hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa yang ditanda tangani Menhukham Patrialis Akbar. Sehingga tidak ada yang perlu dipertanyakan maupun dipertentangkan.

Berikut kami Lampirkan Info Meneganai Profil Partai Damai Sejahtera yang benar.

Partai Damai Sejahtera didirikan setelah melalui serangkaian perenungan dan penelaahan atas berbagai peristiwa dan tragedi yang mengancam eksistensi manusia seperti peristiwa kerusuhan, pengrusakan, pembakaran gedung dan tempat ibadah, serta berbagai pelanggaran HAM, dimana umat Kristen menjadi sasaran orang yang tidak bertanggungjawab dan tidak bermoral, telah memunculkan keprihatinan semua orang yang cinta damai.

Keprihatinan inilah yang mengawali kegalauan sekaligus kepedulian oleh sekelompok anak muda yang tergabung dalam JALA (Jaringan Pelayanan Alumni) Universitas Sam Ratulangi di Jakarta dan JYF (Jakarta Youth Fellowship) juga di Jakarta yang biasa mengadakan persekutuan dan memiliki jadwal doa dan puasa setiap hari Rabu dan kemudian didukung oleh beberapa Wartawan Tabloid Jemaat Indonesia. Saat berbuka puasa mereka mendiskusikan berbagai hal tentang kondisi bangsa ini, mulai dari ekonomi, hukum, politik, agama, dan berbagai aspek kehidupan lainnya. Mereka mendapati realita bahwa wakil-wakil rakyat di badan legislatif bukan hanya tidak mampu mengekspresikan aspirasi rakyat yang diwakilinya, tetapi justru larut dalam konfigurasi politik yang terkesan tidak membela kepentingan-kepentingan kelompok yang lemah dan tertindas.Ujung dari pembicaraan itu adalah keprihatinan yang harus dicarikan solusinya.

Dengan mempelajari dan mendalami Firman Tuhan yang mereka yakini akan menjadi jawaban, dalam suatu diskusi sekitar Agustus 2001 mereka menyimpulkan, bahwa untuk memulihkan bangsa ini dibutuhkan suatu figur Kristiani yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan, dapat dipercaya, kapabel, berani dan dapat diterima secara umum, serta dapat memimpin suatu organisasi sosial politik yang berdasarkan kepada Kasih Kristus.

Aspirasi tersebut mereka gumulkan dalam doa, dan mereka mendapatkan satu figur yang mereka anggap tepat dengan aspirasi mereka, dialah Dr. Ruyandi Hutasoit. Dari hasil seleksi, Ruyandi diketahui sebagai sosok yang cukup terkenal di kalangan umat Kristiani, walau mereka tidak mengenal secara pribadi dengannya tapi mereka mengedepankan objektivitas. Suatu hari mereka mengundang Ruyandi secara resmi datang ke tempat mereka disuatu “Café Rohani” untuk mendiskusikan aspirasi mereka. Akhirnya melalui suatu proses pergumulan yang cukup panjang selama beberapa minggu dan konfirmasi apakah ini kehendak Tuhan atau bukan, mereka bertekad dan merasa perlu mendirikan suatu partai dengan tekad moto:

“Turut Membangun Bangsa dengan Motto : Damai Negeriku Sejahtera Bangsaku dan disemangati oleh Cinta akan Indonesia yang bersatu”.

Setelah melalui serangkaian diskusi dan tukar pikiran, ditetapkan kemudian nama DAMAI SEJAHTERA sebagai nama partai. Bukan tanpa alasan nama tersebut yang digunakan. Ada makna yang terkandung di dalamnya. Damai berarti partai yang menghimpun orang-orang yang cinta damai, memperjuangkan agar seluruh rakyat merasakan kedamaian, sedangkan Sejahtera karena partai ini akan berupaya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jalan keluar dalam mengatasi berbagai masalah yang timbul, yaitu kemiskinan yang melilit rakyat Indonesia sekaligus melakukan terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh.

Pemilihan nama ini bukan semata menonjolkan unsur Kristianinya, tetapi untuk memberi kelegaan bagi seluruh rakyat Indonesia yang dari dulu merindukan adanya kedamaian, ketenangan, keadilan, kesejahteraan dst. di negara tercinta ini. Disepakati juga bahwa Doktrin PDS atau juga disebut “PILAR DASAR SUKSES PDS” adalah : 4 PILAR DAMAI SEJAHTERA, yaitu :

 1. Damai dengan Tuhan; 
 2. Damai dengan Diri Sendiri; 
 3. Damai dengan Sesama, dan 
 4. Damai dengan Lingkungan/Alam.

Dengan moto Damai Negeriku Sejahtera Bangsaku, Partai Damai Sejahtera (PDS) akan berusaha dengan segala kemampuannya untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama dalam (1) pembangunan nasional, (2) menjadi bangsa yang besar, yang dihormati kedaulatannya dan (3) disegani keberadaannya dalam konstelasi pergaulan dunia di Era Globalisasi.

Dalam Akte Pendirian yang dibuat dihadapan Notaris Elisa Asmawel, SH dengan Nomor 1, tanggal 1 Oktober 2001, PDS didirikan oleh 50 orang lebih (daftar pendiri & pengurus, lihat lampiran 6 halaman 141). PDS kemudian dideklarasikan dihadapan publik di Jakarta pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 2001 yang diliput oleh berbagai media. Hari Minggu 28 Oktober 2001 tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia yaitu berdirinya sebuah partai baru di dalam dinamika kekristenan serta konstelasi politik bangsa Indonesia. Partai ini yang kemudian akan berjuang menjadi Organisasi Peserta Pemilu, dan perjuangan berikutnya menghantar kadernya untuk dicalonkan sebagai Presiden, Wakil Presiden, dan calon-calon legislatif. Sistem Pemilihan Umum yang diadakan secara langsung pada tahun 2004, memberi kelompok anak muda tersebut suatu keyakinan – dengan pertolongan Tuhan – dapat meraih kemenangan!

Sebagai partai yang baru lahir, Partai Damai Sejahtera harus melewati proses panjang dan melelahkan untuk dapat pengesahan sebagai partai yang berbadan hukum. Pengesahan ini bagian dari persyaratan yang ditetapkan oleh Undang Undang Partai Politik ( UU Parpol ) nomor: 31 Tahun 2002.

Untuk mendapatkan pengesahan hukum, partai harus memiliki pengurus serta cabang di minimal 50% Provinsi dan 50 % Kabupaten/Kota pada Provinsi tersebut serta 25% Kecamatan dari Kabupaten yang dimaksud. Pada 17 Juni 2003 pukul 15.00 Waktu Indonesia bagian Barat ( WIB ) PDS memasukkan data ke Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia ( Depkeham) dengan 18 Provinsi (syarat minimal adalah 15 provinsi, daftar propinsi, lihat matrix-1).

Setelah melalui verifikasi di lapangan, pada 28 Agustus 2003, Menkeham mengumumkan melalui seluruh media di Indonesia, bahwa PDS dinyatakan lolos sebagai Partai Politik yang Berbadan Hukum! Tak terbayangkan memang PDS bisa lolos bersama 17 Parpol lainnya padahal saat itu ada 237 Parpol yang terdaftar! Mendapati kenyataan ini pengurus sepakat menyadari semuanya itu terjadi karena ada turut campur tangan Tuhan di dalamnya. Inilah yang kemudian membuat tekad pengurus untuk terus maju berkompetisi.

Berdasarkan UU Pemilu No.12 Tahun 2003 PDS kembali mengikuti verifikasi dengan memasukkan berkas kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki kepengurusan dan cabang (yang disertai dengan dokumen kelengkapannya seperti SK Domisili dan Surat Pernyataan sebagai bukti kantor Sekretariat) pada minimal 2/3 Provinsi dan 2/3 Kabupaten / Kota di Provinsi bersangkutan serta harus memiliki anggota minimal 1000 pada kabupaten/kota yang berpenduduk 1 juta lebih serta 1/1000 dari jumlah penduduk yang kurang dari 1 juta jiwa, yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA). PDS memasukkan berkas ini pada urutuan ke 17.

Dengan bersemangatkan “ORA ET LABORA” (berdoa dan bekerja keras) PDS kembali mencatat sejarah. Pada 7 Oktober 2003 (batas akhir 9 Oktober 2003) PDS menjadi salah satu parpol dari 50 Parpol yang dinyatakan lulus oleh Depkeham. Bukan itu saja pertolongan Tuhan yang dirasakan PDS dalam perjalanannya menuju OPP (Organisasi Peserta Pemilu). Beberapa hari kemudian dinyatakan ada 15 Parpol yang lulus lebih dahulu secara administrasi dan salah satunya adalah PDS. Banyak yang heran bahwa PDS mampu melangkah sampai sejauh itu. Dari data yang diisyaratkan minimal 21 Provinsi, PDS memasukkan 24 Provinsi (daftar propinsi lihat Matrix-2).

Setelah dinyatakan lolos secara administrasi, PDS mulai diverifikasi secara factual untuk diperiksa ke daerah-daerah. PDS pun terus melakukan konsolidasi pada anggotanya di daerah-daerah, memberikan mereka semangat, mengajak mereka berdoa. Jadi, di samping upaya secara manusia, di atas segalanya PDS sepenuhnya mengandalkan Tuhan. Akhirnya pada 6 Desember 2003 PDS dinyatakan lulus sebagai OPP (Organisasi Peserta Pemilu). Tentunya ini karena pertolongan Tuhan, dan kerja keras semua pihak sehingga kemenangan itu menjadi kebahagiaan bersama. Tanggal 7 Desember 2003 PDS sebagai OPP resmi diumumkan. Tanggal 8 Desember 2003 dilakukan penarikan nomor urut di KPU, dan PDS mendapatkan nomor urut 19. Tanggal 9 Desember 2003, PDS sudah mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta.

Rangkaian perjalanan di atas telah membuktikan luar biasanya kekuatan doa yang menunjukkan kedahsyatan Allah. Dalam waktu yang relatif singkat – 2 tahun – PDS telah dapat mengembangkan cabangnya secara keseluruhan di 31 provinsi, 282 kabupaten kota serta 737 kecamatan, belum lagi ribuan cabang di kelurahan serta cabang-cabang di luar negeri. Apa yang dijalani PDS sejauh itu merupakan pengalaman iman yang sangat berharga yang mendorong setiap pengurus untuk terus berkeyakinan mendapatkan kemenangan dalam Pemilu 2004. “Citra Keteladanan” yang merupakan jati diri PDS akan terus ditransformasikan bagi bangsa ini.

Kemenangan/keberhasilan hanyalah merupakan awal bagi suatu pekerjaan serta kewajiban yang lebih besar lagi, oleh karena itu PDS harus terus inovatif dan berkonsolidasi serta mengikuti perkembangan zaman, sehingga PDS benar-benar lahir sebagai Partai yang berbasiskan umat Kristiani dengan wawasan Nasional yang berazaskan Pancasila & UUD ’45 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu). Dan PDS akan menjadi harapan, idaman, dan pilihan segenap Rakyat Indonesia dalam setiap pemilihan umum. Tuhan Yesus Kristus kiranya tetap melimpahkan berkatNya


Sekian surat ini kami buat, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih. dan berharap agar artilek yang kami kirimkan terahkir dapat menjadi permanen dan tidak di edit2 dengan tanpa dasar yang jelas.

Regards

Lukas Wahyu Infokom DPP PDS ellow.cas@gmail.com

Taktis (bicara) 08:54, 28 Desember 2010 (UTC)

Yth. Pak Lukas Wahyu. Terima kasih atas input anda yang sangat penting demi perbaikan isi artikel Partai Damai Sejahtera di Wikipedia. Di Wikipedia, semua pengguna Wikipedia berhak menyunting artikel karena Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia online yang bebas disunting, tetapi dengan syarat harus memiliki referensi yang jelas. Ada beberapa panduan untuk menjaga kenetralan suatu artikel ensiklopedia, antara lain:
Wikipedia:Bukan riset asli
Wikipedia:Pemastian
Wikipedia:Sudut pandang netral
Wikipedia:Kelayakan artikel
Wikipedia:Hindari penyamaran opini
Wikipedia:Jangan gunakan gaya bahasa naratif
Wikipedia:Pedoman gaya
Wikipedia:Templat kutipan
Wikipedia:Wikipedia bukanlah
Silakan anda atau para pengguna lainnya menghapus semua informasi yang tanpa dasar/rujukan yang jelas. Pengurus dapat anda hubungi untuk membantu menangani vandalisme (perusakan yang disengaja terhadap suatu artikel). Setiap tambahan edit/suntingan yang tanpa dasar yang jelas dapat dihapus oleh pengguna lainnya, atau diusulkan untuk dihapus pada halaman pembicaraan artikel tersebut. Demikian pula bagian-bagian artikel dapat ditandai dengan tag {{tak akurat}}, {{fact}}, atau tag lainnya untuk meminta kejelasan rujukan sampai batas waktu tertentu, untuk kemudian dihapus. Apabila ada bagian artikel yang merupakan black campaign dan tanpa rujukan, silakan dihapus atau lebih baik anda ganti saja menjadi informasi yang benar. Nah, untuk sementara sebagai salah satu pengguna Wikipedia saya akan berusaha membantu menyunting artikel tersebut agar lebih netral (tetapi tentunya sesuai kemampuan saya). Nanti anda perbaiki lagi saja bila masih belum memuaskan. Salam dan selamat berkontribusi, Naval Scene (bicara) 04:07, 29 Desember 2010 (UTC)

Artikelnya sudah dirapikan oleh pengguna Serenity dan Naval Scene, lengkap dengan referensinya. Bagaimana menurut saudara Taktis? Salam.  Mimihitam  03:40, 30 Desember 2010 (UTC)

Daftar sumber rujukan ilmiah tentang Indonesia

Cuma ingin berbagi. Nantinya daftar ini bisa ditaruh di tempat yang lebih sesuai. Mungkin di Portal:Indonesia. Semuanya gratis (ada yang mensyaratkan mendaftar dulu sih).

Ada tambahan? Gombang (bicara) 09:56, 30 Desember 2010 (UTC)

Arsip November 2010

Wikimini - Wiki untuk anak-anak

http://fr.wikimini.org/ Skinnya bagus. Sayang Istimewa:Versinya tidak ada...
βέννγλιν 04:02, 6 November 2010 (UTC)

Versi bahasa indonesianya nggak ada ya?? ''α-κ'' (bicara) 04:17, 16 November 2010 (UTC)
Versi Inggrisnya juga ndak ada. Tapi konsep dan antarmukanya menarik, no? Ada yang tertarik melanjutkan menghidupkan kembali proyek Wikipedia untuk Anak (WuA)?
βέννγλιν 10:57, 16 November 2010 (UTC)

Situs pemerintah aja ngawur.

[1]

Kabinet Sjahrir II
Masa Pemerintahan  Presiden Soekarno
Tahun Dibentuk     1946
Tahun Demisioner   1946
Jumlah Pejabat     25
Susunan Pejabat
Perdana Menteri	:	Arudji Kartawinata
Menteri Pengajaran	:	Soeharto
Menteri Kesehatan	:	B.J. Habibie
Menteri Negara	:	Megawati Soekarnoputri

[2]

Kabinet Sjahrir III
Masa Pemerintahan	Presiden Soekarno
Tahun Dibentuk	1946
Tahun Demisioner	1947
Jumlah Pejabat	32
Susunan Pejabat
Perdana Menteri	:	Arudji Kartawinata
Menteri Pengajaran	:	Soeharto
Menteri Agama	:	Megawati Soekarnoputri
Menteri Kesehatan	:	B.J. Habibie

Tahukah Anda, rupanya Abdurrahman Wahid pernah menjabat sebagai menteri sejak kabinet Syarifuddin hingga kabinet Darurat, menjabat sebagai menteri pertahanan pada kabinet RIS, dan Menteri Kesehatan (ad interim) pada kabinet RIS dijabat oleh Andi Mallarangeng?

Ada yang mau memberitahukan kepada pengelola situs mereka bahwa informasi mereka menyesatkan?
βέννγλιν 03:44, 9 November 2010 (UTC)

hahaha... memang ada yg gak ngawur ? 202.138.246.3 06:29, 9 November 2010 (UTC)
Mungkin kita cari informasi yang relevan baru dimasukkan ke sini, jadi enggak ngawur, begitu. Gimana?  tatasport  silahkan berbicara 04:59, 26 Desember 2010 (UTC)

Artikel yang perlu dikembangkan

Saya membaca Pembantaian di Indonesia 1965–1966, isinya hanya sedikit. Namun, di en:Indonesian killings of 1965–1966 isinya banyak. Sayang, kemampuan bahasa saya masih sedikit. Ini artikel yang bagus. Tolong, bagi yang berminat, dikembangkan dan diterjemahkan dari en karena isinya menarik. Bahkan saya tak menemukannya dalam pelajaran Sejarah di sekolah saya dulu (mungkin kebijakan kurikulum terdahulu). --Erik Anggara ███ 16:16, 11 November 2010 (UTC)

OOT. Mungkin selain halaman permintaan artikel kita perlu ada halaman permintaan pengembangan artikel.
βέννγλιν 07:11, 12 November 2010 (UTC)

Saya setuju dengan pembuatan halaman permintaan pengembangan artikel. Aldo samulo (bicara) 07:26, 12 November 2010 (UTC)

Iya, usul yang bagus tuh! Kia 80 07:51, 12 November 2010 (UTC)

Hanya sekedar mengingatkan, setahu saya masalah ini masih berstatus abu-abu, jadi mohon kiranya bagi yang bersedia mengembangkan artikel ini jangan hanya mengambil referensi dari luar saja, karena saya lihat seluruh referensinya berasal dari penulis asing. Lantas referensi dari dalam negeri sendiri mana???

Wagino 20100516 (bicara) 10:11, 12 November 2010 (UTC)

Mungkin bukan abu-abu, tapi nampaknya "diabu-abukan" oleh Orde Baru. Referensi artikel tersebut saya rasa hanya tersedia di luar saja karena yang di dalam (kemungkinan) sudah dilenyapkan oleh rezim orde baru. --Ezagren μιλήσουν 14:28, 12 November 2010 (UTC)

"Pembantaian ini hampir tidak pernah disebut dalam buku sejarah Indonesia." @ artikel tersebut.  Mimihitam  14:31, 12 November 2010 (UTC)

Maybe..., he he he... Wagino 20100516 (bicara) 15:28, 12 November 2010 (UTC)
Ikut berkomentar juga. Menurut saya "Barat" tidak juga selalu NPOV. Pembantaian pra '65-'66 oleh ormas-ormas PKI terhadap golongan agamis & sosialis juga hampir tidak pernah dibahas/diriset secara serius (saksi dan korbannya banyak yang masih hidup). Karena tidak "seksi" secara politis/tidak "bernilai tambah" buat para pemegang kepentingan? Entahlah. Naval Scene (bicara) 02:31, 15 November 2010 (UTC)
Jelas artikel ini perlu dikembangkan,artikel itu adalah artikel peristiwa di Negara Indonesia,yang merupakan tempat banyak orang berbicara dengan Bahasa Indonesia,yang merupakan bahasa Wikipedia ini.Parah kalau lebih lengkap di Wikipedia Bahasa Inggris. Daud Iffa Bicara 11:05, 1 Desember 2010 (UTC)

Artikel yang perlu dikembangkan saat ini

alasan: karena hampir tidak pernah disebut dalam buku sejarah Indonesia, jadi perlu diketahui

alasan: karena di en: lebih lengkap dan memang perlu diperbarui

alasan: pasca-bencana perlu ditambah. --Ezagren μιλήσουν 10:42, 14 November 2010 (UTC)

Dihujani artikel

Akhir-akhir ini kita dihujani artikel buatan pengguna baru, yang setelah ditelusuri ternyata copyvio dari blog. Kemungkinan:

  • Orang iseng (alias siluman, seperti penerjemah mesin pada waktu itu)
  • Ada yang mendapat tugas dari guru/dosen

Jadi, mari kita ucapkan selamat datang pada mereka, dan kita jelaskan pedoman wiki :) Sebelumnya akan saya periksa dulu, kalau terbukti siluman, mereka semua akan kena blokir permanen.  Mimihitam  11:50, 18 November 2010 (UTC)

Setiap melihat perubahan terbaru, dan menemukan ada pengguna yang pranala halaman pembicaraannya masih merah, saya akan mengucapkan {{selamat datang}} padanya.-- Adiputra बिचर -- 12:13, 18 November 2010 (UTC)

Sayang sekali, ternyata semuanya siluman, dan kemungkinan pengendalinya adalah salah satu orang yang kita kenal baik disini :)  Mimihitam  09:01, 19 November 2010 (UTC)

Siapa menurut anda yang menjadi pengendali pengguna siluman tersebut? Aldo samulo (bicara) 09:14, 19 November 2010 (UTC)
Betul, Mas Mimi. Sebaiknya kemukakan saja siapa orangnya, biar lebih jelas (setidaknya dengan kode/inisial). Namun harus tetap dengan azas praduga tak bersalah...Wagino 20100516 (bicara) 09:56, 19 November 2010 (UTC)

Saya rasa tidak etis untuk diucapkan disini, saya sedang menanyakan konfirmasi langsung ke dia, tapi buktinya sendiri sudah terkumpul :)  Mimihitam  09:57, 19 November 2010 (UTC)

Menurut saya kalau sudah benar orang yang anda katakan itu yang melakukannya ada baiknya anda memberitahukannya kepada pengguna yang lain. Aldo samulo (bicara) 10:00, 19 November 2010 (UTC)
Wah, untuk apa dia melakukan itu ya? Kira-kira apa untungnya? -- Adiputra बिचर -- 10:31, 19 November 2010 (UTC)

@Aldo tunggu waktunya saja :)

@Made Entahlah, tapi ini bisa menjadi benang merah, untuk siluman-siluman yang membuat artikel-artikel mengenai mesin dengan menggunakan penerjemah mesin.  Mimihitam  10:32, 19 November 2010 (UTC)

Berita lagi: anon yang dahulu hobinya ngevandal artikel2 tata surya dengan memasukkan informasi palsu, kini beralih profesi ke stasiun TV Indonesia. Mohon bantuannya untuk mengawasi.  Mimihitam  13:53, 19 November 2010 (UTC)

Minta bantuan pemeriksa dulu apakah benar anon yang dulu hobinya di artikel tata surya sama yang ini adalah orang yang sama. ·· Kℇℵ℟ℑℭK

Pasang banner Jimbo

Lucu banget: http://techcrunch.com/2010/11/22/just-add-wales/ Intinya, kita bisa pasang banner Jimbo di situs apa pun dengan menggunakan pengaya Chrome.
βέννγλιν 02:21, 23 November 2010 (UTC)

Hahaha.. lucu juga ya ada dimana2 banner si Jimbo 39∆g∪ℕG | ✉ bicara 09:08, 23 November 2010 (UTC)

Ada banner Kartika lho... http://meta.wikimedia.org/w/index.php?title=Special:NoticeTemplate/view&template=20101123_EA001A_US

http://wikimediafoundation.org/wiki/WMFKA003/en/US?utm_medium=sitenotice&utm_campaign=20101124EA003&utm_source=20101123_EA001A_US&country_code=ID

A message from Wikipedia author Kartika If you have knowledge, you must share it. I think that’s the way a lot of us who use and contribute to Wikipedia feel.

When I first started searching Wikipedia, I realized how much was missing, especially in my language. More important, I understood how much I could add. So, I started editing and adding articles on important topics that weren’t yet covered. Soon, I discovered that a whole community of people, here in Indonesia and around the world, were doing the same thing.

That’s what makes Wikipedia the largest source of information in human history. You and I are part of a global community dedicated to sharing knowledge, just for the joy of it. Right now that community is coming together in our annual demonstration of financial support for Wikipedia.

I’m one of millions of people from every continent who have participated so far. I hope you’ll join us.

For the love of knowledge,

Kartika Jakarta, Indonesia

Kenapa?

Saya perhatikan dalam beberapa hari terakhir jumlah pengguna yang menulis artikel di WBI semakin lama semakin sedikit. Hal ini dapat dilihat dari semakin lamanya pertumbuhan artikel di WBI. Aldo samulo (bicara) 09:51, 23 November 2010 (UTC)

Mungkin ada hubungannya dengan bug pendaftaran pengguna ini?
βέννγλιν 12:02, 23 November 2010 (UTC)
Kalau menurut saya yang menulis artikel baru cukup banyak, begitu juga dengan pengguna baru. Hanya saja artikel yang ditulis sepertinya memang masih kurang bagus, jadi terpaksa dihapus oleh pengurus. Tetapi kalau pengguna aktif memang sepertinya terus menyusut, mungkin para pengguna lainnya sedang sibuk di dunia nyata.Wagino 20100516 (bicara) 14:01, 23 November 2010 (UTC)

Penulisan judul artikel dan sub artikel

Halo, para pengguna aktif WBI!

Menurut konsensus yang berlaku di WBI, mana yang benar tentang penulisan judul artikel/ sub artikel di bawah ini? Sepertinya masih sangat banyak kerancuan yang ditemui dalam hal peletakan tanda baca, pemakaian huruf kapital dan hal-hal lainnya (mengenai tata cara penulisan) jika kita berpedoman kepada Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.

Contohnya penulisan:

  1. Pranala luar atau Pranala Luar
  2. Sejarah pembentukan kabupaten atau Sejarah Pembentukan Kabupaten
  3. Tempat wisata di kabupaten Asahan atau Tempat Wisata di Kabupaten Asahan

Terima kasih atas perhatian rekan-rekan semuanya. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 00:44, 28 November 2010 (UTC)

Yang benar:

  1. Pranala luar
  2. Sejarah pembentukan kabupaten
  3. Tempat wisata di Kabupaten Asahan*

*=jika sub-artikel itu ada di artikel kabupaten bersangkutan, baiknya tak usah panjang-panjang, cukup "Tempat wisata" --Ezagren μιλήσουν 03:58, 28 November 2010 (UTC)

Untuk lebih jelasnya bisa membaca Pedoman gaya, khususnya di Judul bagian dan Huruf kapital. Kia 80 05:26, 28 November 2010 (UTC)

Terima kasih atas masukan yang diberikan. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 17:20, 28 November 2010 (UTC)

!CUKUP SUDAH!

Wikipediawan, siapa yang berani "membirukan yang merah pada yang masih merah" di templat ini:

Yang bisa saya kasih BintangWiki dah. --Erik 10:53, 17 November 2010 (UTC)

Wah, saya ngiler nih. FarrasLa Poste 18:52, 24 November 2010 (UTC)
Ikutan ngiler. Alfarq (bicara) 05:32, 25 November 2010 (UTC)

Jangan lupa kalau sudah dapat Bintang, iler-nya dibersihkan (dipel kali...), hehehe... Wagino 20100516 (bicara) 07:24, 25 November 2010 (UTC)

Erik: Tandatanganmu kurang panjang... :)
βέννγλιν 07:34, 25 November 2010 (UTC)
Haha... Kubantu menyingkatnya deh.. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:24, 25 November 2010 (UTC)
Kalau tidak salah ada yang pernah mengingatkan saya bahwa ada peraturan yang membatasi panjang tandatangan, tapi saya lupa di mana (kemungkinan di en, tapi pembicaraannya di id). NB: ini mungkin cocok dimasukkan ke WikiBounty.
βέννγλιν 16:45, 25 November 2010 (UTC)
Whalah Ken, Ben (atau siapa aja yang baca nih) Ini lho masalahnya. Padahal aku ini masukin ke prefensi saya itu kaya gini:
{{Pengguna:Erik Evrest/ttd}}

Tapi anehnya malah bukan templatnya yang lekiat malah isi suntingannya. --Erik 07:07, 26 November 2010 (UTC)

Itulah kelemahan switch... ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:58, 26 November 2010 (UTC)
Kembali ke laptop, ada yang ralat nih. Sebetulnya yang dapet BintangWiki BUKAN semua yang membuat artikel yang disebutkan dalam templat itu tapi hanya yang paling terbanyak (dan cuma 1 orang) Itu saja --Erik 09:56, 28 November 2010 (UTC)
Ooo....., begitu ya..... Wagino 20100516 (bicara) 17:22, 28 November 2010 (UTC)
Kebanyakan untuk saya,1 artikel saja bagi saya sulit.Lagi pula artikel dari pranala yang biru sedikit isinya. Daud Iffa Bicara 09:40, 29 November 2010 (UTC)

Penghapusan artikel

Selamat pagi!

Mohon kepada pengurus agar dapat menghapus kecamatan Bangkinang Kota, seluruh desa yang ada pada kecamatan ini dan templatnya.

Hal ini disebabkan kecamatan Bangkinang Kota sama dengan kecamatan Bangkinang yang artikelnya sudah ada.

Mohon maaf atas kesalahan ini. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 01:42, 29 November 2010 (UTC)

Lain kali, mungkin dapat pula dibantu dengan memberikan {{hapus}} ditambah dengan keterangan langsung pada templat tersebut. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 10:48, 29 November 2010 (UTC)

Hanya sekadar bertanya

Halo semuanya!

Saya ingin bertanya, mengapa riwayat penyuntingan untuk artikel TuneUp Utilities 2010 yang dialihkan menjadi TuneUp Utilities saja tidak lengkap?

Saya sangat yakin jika isi artikel yang sekarang ini adalah hasil suntingan saya sebagai artikel baru (ini buktinya), tetapi mengapa nama pengguna lain yang muncul? Bahkan nama saya sama sekali tidak muncul pada log riwayat penyuntingan!!!

Salam. Wagino 20100516 (bicara) 04:49, 4 Desember 2010 (UTC)

TuneUp 2010 kan hanya upgrade versi saja jadi lebih baik digabung dengan artikel utama sama saja dengan KIS juga banyak versinya. Perlukah dibuat semua artikelnya?Athrion  16:58, 4 Desember 2010 (UTC)
EDIT:kalau artikel dipindahkan dengan Istimewa:MovePage baru revisi anda akan terimpor ke halaman TuneUp Utilities kan di halaman TuneUp Utilities 2010 hanya dihapus seluruh isinya diganti redirect saja, makanya riwayatnya tidak terimpor.Athrion  17:02, 4 Desember 2010 (UTC)
Masalah ini telah diperbaiki oleh Pak Gombang. Salam untuk semuanya. Wagino 20100516 (bicara) 17:31, 4 Desember 2010 (UTC)

Pindahan dari Wikipedia:Permohonan pendapat

kehadiran saya disini ingin mengajak desa-desa khususnya yang ada di kutai kartanegara agar sukses dalam mengelola ADD dan saya siap untuk berbagi pengalaman serta informasi. pertanyaan saya apakah di wikipedia ini bisa mewujudkan keinginan saya tersebut ? saya sebenarnya tidak banyak tehu tentang wikipedia, mungkin bisa dijelaskan kepada saya bagaimana wikipedia ini. – komentar tanpa tanda tangan oleh Suhaimi sahara (bk) .

Yth Bung Suhaimi sahara, mohon maaf tetapi ajakan anda di sini kurang tepat sasaran. Proyek Wikipedia adalah ensiklopedia online, dan Wikipedia bukanlah tempat obrolan atau forum. Lebih jelasnya anda dapat membaca artikel ini: Wikipedia. Salam, Naval Scene (bicara) 04:02, 17 Desember 2010 (UTC)

Arsip Oktober 2010

Login anonim dan site notice

Login anonim masih mendapat selamat idul fitri pada tiap artikel diatasnya. Bukannya sudah agak basi yah? Lihat: http://id.wikipedia.org/wiki/Gangguan_identitas_disosiatif (anonim)

Apakah semua perubahan tertunda mendapatkan "selamat idul fitri.." diatasnya? Lihat perubahan tertunda halaman utama: http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Halaman_Utama&stable=0&redirect=no (login anonim)
Terima kasih atas info-nya. Nanti disampaikan dan ditindak-lanjuti. Minal Aidin Wal Faizin yah — Tjmoel  bicara 18:04, 2 Oktober 2010 (UTC)

WikiBlame

Mau tahu siapa yang menambahkan <sesuatu> di sebuah artikel, tapi Anda malas mengeklik satu per satu perbedaan revisinya? Gunakan alat http://toolserver.org/~soxred93/blame/ Terutama berguna untuk halaman yang revisinya ratusan.
βέννγλιν 18:54, 10 Oktober 2010 (UTC)

Perancis 1 juta

Baru sadar kemarin bahwa Perancis sudah 1 juta. Selamat kepada WP Perancis dari WP Indonesia!

Ada yang mau nebak-nebak tahun berapa WP Indonesia 1 juta artikel? Identik dengan fr:Wikipédia:Pronostic sur le million d'articles dan en:Wikipedia:Million pool
βέννγλιν 08:36, 11 Oktober 2010 (UTC)

Kalau WP Indonesia sih kayaknya sih masih lama untuk mencapai artikel yang kesejuta. Aldo samulo (bicara) 08:50, 11 Oktober 2010 (UTC)

SATU tahun !!!! keep posting brother !!!! Thedonz (bicara) 11:10, 19 Oktober 2010 (UTC)

Teorinya, penduduk kita 240 juta, anggaplah 1% saja yang aktif internetan = 2,4 juta, diantara yang aktif ini 0,1% saja yang membuat artikel untuk Wikipedia bahasa Indonesia secara rutin = 2.400, berarti membuat 1 juta artikel hanya butuh waktu kurang dari 417 hari. Why not???..........Wagino 20100516 (bicara) 13:00, 19 Oktober 2010 (UTC)
tahun 2012  M4srUd¡n 14:54, Selasa, 21 Desember 2010 (WIT)
Ah teooori... :)
βέννγλιν 07:10, 21 Desember 2010 (UTC)
Aku mau menebak kapan Wikipedia Bahasa Indonesia artikelnya bisa 1 juta. Jika saja banyak pembuat artikel baru (dan berkualitas?), maka tidak ada salahnya kalau 1 juta artikel itu kita raih pada akhir atau pertengahan tahun 2011.  tatasport  silahkan berbicara 04:56, 26 Desember 2010 (UTC)

Calon pahlawan nasional

Bersiap-siaplah wahai pengguna aktif untuk memperbarui isi artikel berpranala di bawah.

Ezagren μιλήσουν 12:21, 19 Oktober 2010 (UTC)

Wah.. ternyata calon pahlawan nasional masih banyak yang "merah" Kia 80 03:33, 23 Oktober 2010 (UTC)

yang jadi pahlawan ternyata hanya dua,Johannes Leimena dan Abraham Dimara ''α-κ'' (bicara) 04:15, 16 November 2010 (UTC)

Bayangin kalau ada artikel yang ada pranala merah di Wikipedia bahasa lain. Daud Iffa Bicara 11:26, 28 November 2010 (UTC)

Turun dua tingkat

Saya baru sadar bahwa wikipedia kita telah disalip oleh Vietnam dalam Serbia dalam hal kuantitas. Lihat: [5] Vietnam: 135.323, Serbia: 134.704, Indonesia: sedang nyangkut di 133.552 :p  Mimihitam  10:44, 19 Oktober 2010 (UTC)

Selamat! (pesan bersambung) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:51, 19 Oktober 2010 (UTC)
(pesan tersambung) Depth kita masih jauh lebih tinggi daripada Wikipedia dengan jumlah artikel terbanyak ke-4 (Wikipedia bahasa Polandia). ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:52, 19 Oktober 2010 (UTC)

Depth itu semu... (apalagi kita bisa setinggi itu karena bot) Melihat kenyataan, walau wiki vietnam depth lebih rendah, tapi jika buka2 halaman disana, kelihatannya sudah bagus-bagus dan bisa digunakan pembaca.  Mimihitam  11:01, 19 Oktober 2010 (UTC)

Harus segera disusul balik nih, budayakan buat stub !!!!!! hehe Thedonz (bicara) 11:08, 19 Oktober 2010 (UTC)

Betul Mas Mimi, kita disalip terlebih dahulu oleh Serbia, kemudian Vietnam. Sepertinya Wikipedia perlu lebih dipromosikan lagi. Penduduk kita jumlahnya 240 juta, pengguna internet aktifnya lebih 10% (bahkan salah satu negara top rank di Asia yang menggunakan Facebook dan Twitter), bagaimana ini? Memang ada anggota Wikipedia yang mengatakan quality over quantity, ya itu semboyan bagus, tetapi yang terbaik (kalau bisa) adalah quality ok & quantity ok, it's the best!!!. Mari kita berkarya untuk Indonesia, apalagi sebentar lagi kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang salah satu isinya adalah menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia... Wagino 20100516 (bicara) 12:47, 19 Oktober 2010 (UTC)

10% apa pengguna komputer semua ? Kalo saya mah masi gunakan hp jadi sampe skarang belum bisa kontribusi dengan maksimal :) maju terus WBI  M4srUd¡n 15:05, Selasa, 21 Desember 2010 (WIT)

Makanya itu sayakan sudah bilang:

"Ayo, saatnya seluruh pembuat artikel distrik yang saat ini masih lebih berkonsentrasi ke kelurahan di Indonesia pindah ke komune di luar negri. Seperti Komune di Oise, Perancis atau yang lain yang Anda temukan. Tinggal Anda copas dan translate dari wiki,en. Biarlah para user profesional saja yang menyelesaikan pembuatan artikel kelurahan di wiki,jv yang lalu kita copas lagi dikemudian hari. Saya tak akan pernah pelit lagi dalam pembagian wilayah pembuatan artikel (melingkupi 1 isi templat) demi kemajuan WBI."

Tapi kok bagai 'laut tak pernah kering' para wikipediawan (terutama Ezagren, Kenrick, Albertus Aditya, serta Aldo samulo) masih aja tak pernah lakon selain saya mengingat pernah memeras sorang wikiwan untuk tidak membuat artikel seper-templat-an. Ya tapikan bagai 'badai pasti berlalu' dan 'tiada pesta yang abadi'. Ayo donk makanya. --Erik 08:00, 20 Oktober 2010 (UTC)

Walau Habis Terang, Masih Ada Waktu Thank You. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:18, 20 Oktober 2010 (UTC)
Semangat-semangat.. 39∆g∪ℕG | ✉ bicara 00:30, 22 Oktober 2010 (UTC)
Saya punya tips untuk mempertahankan Depth ketika membuat artikel baru. Caranya sederhana, yaitu buatlah sebuah artikel baru dengan disertai pula minimal 5 halaman pengalihan pada artikel tersebut. Contoh: ketika saya membuat halaman Agripa I, saya juga membuat halaman pengalihannya: Herodes Agripa I, Herodes Agrippa I, Marcus Julius Agrippa, Marcus Julius Agripa, Agrippa I. Jika ini diterapkan, niscaya Depth akan naik terus dan tidak akan turun Kia 80 04:10, 22 Oktober 2010 (UTC)

2010 Fundraising Is Almost Here

Wikimedia Foundation RGB logo with text.svg

Hello Wikipedians, I am Theo and I am working for the Wikimedia Foundation during the 2010 Fundraiser. My job is to be the liaison between your community and the Foundation. This year's fundraiser is intended to be a collaborative and global effort; we recognize that banner messages which may perform well in the United States don't necessarily translate well, or appeal to international audiences.

I'm contacting you as I am currently looking for translators who are willing to contribute to this project by helping translate and localize messages into different languages and suggesting messages that would appeal to your readers on the Fundraising Meta Page. We've started the setup on meta for both banner submission, statistical analysis, and grouping volunteers together.
Use the talk pages on meta, talk to your local communities, talk to others, talk to us, and add your feedback to the proposed messages as well! I look forward to working with you during this year's fundraiser. If someone could translate this message I would really appreciate it so that everyone is able to understand our goals and contribute to this year's campaign.
Theo (WMF) 20:20, 20 Oktober 2010 (UTC)

Penerus DJ R`GENDZ

Coba selidiki:

--Erik 13:12, 23 Oktober 2010 (UTC)

Kadang ada pengurus yang memindahkan halaman dari ruang nama artikel ke ruang nama pengguna yang bersangkutan tanpa melakukan penyuntingan. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:31, 23 Oktober 2010 (UTC)

Promosi Wikipedia

Saya cukup prihatin Wikipedia Bahasa Indonesia turun dua peringkat dan saya juga mengusulkan bagaimana kalau wikipedia bahasa indonesia lebih sering lagi melakukan promosi di Universitas-Universitas dan juga sekolah-sekolah tidak hanya di Jawa tetapi di luar Jawa karena penduduk Indonesia sangat banyak. Aldo samulo (bicara) 13:04, 27 Oktober 2010 (UTC)

Dari detikInet.com

"Total pengguna internet Indonesia yang mencapai 45 juta. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Tifatul Sembiring, mereka yang mendominasi tersebut sejatinya belum genap 20 tahun, melainkan berada di kisaran 15-19 tahun." Sepakat kalau ke sekolah/universitas, apalagi kalau ada publikasi dr kominfo.. twitter n FB nya pak Tifatul rame terus tuh.. Salam 39∆g∪ℕG | ✉ bicara 15:56, 27 Oktober 2010 (UTC)

Melihat tradisi selama ini, rata-rata setiap 20 hari WBI bertambah sekitar 1000-an artikel, tetapi hari ini (sudah 20 hari sejak pencapaian ke-133.000) masih bertambah 817++. Jadi saya sangat setuju kalau WBI lebih dipromosikan lagi (meskipun untuk saat ini, bisanya saya hanya berkomentar saja...).Wagino 20100516 (bicara) 16:31, 27 Oktober 2010 (UTC)
Oh, iya, beberapa menit lagi tanggal 28 Oktober... peringatan hari Sumpah Pemuda ke-82. Ayo, para Wikipediawan/ wati, khususnya para kawula muda (serta Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang juga pernah muda), kita rayakan peringatan ini dengan membuat 200++ artikel, agar di WBI bisa mencapai 134 ribu artikel pada hari tersebut. Semoga saja... Wagino 20100516 (bicara) 16:40, 27 Oktober 2010 (UTC)
Selain itu saya juga punya ide bagaimana kalau setiap pengurus diminta untuk membuat minimal satu artikel setiap hari agar pertambahan artikel di WBI dapat lebih cepat lagi. Aldo samulo (bicara) 00:14, 28 Oktober 2010 (UTC)
Hehe, nanti bukan proyek sukarela lagi, tapi jadi pekerjaan dunk :)
βέννγλιν 03:05, 28 Oktober 2010 (UTC)
Kalau hanya mengandalkan rasa sukarela dari para pengguna saja mungkin WBI akan mengalami perkembangan yang sangat lambat dan akan jauh tertinggal daripada Wikipedia lainnya. Aldo samulo (bicara) 05:57, 28 Oktober 2010 (UTC)
Sebaiknya pegurus lebih banyak membuat halaman rintisan, sedangkan pengembangannya diserahkan kepada pengguna lain yang mau berpartisipasi, sehingga halaman bisa bertambah tanpa memperberat pekerjaan pengurus dan juga tetap mengandalkan peran dari pengguna lain. Ananta Kharismadi (bicara) 02:21, 29 Oktober 2010 (UTC)
Pengurus jumlahnya sedikit, pengguna non-pengurus lebih banyak.. jadi kalaupun diharuskan (bukan berarti saya setuju) setiap pengurus membuat 1 artikel / hari, tetap tidak berpengaruh besar pada jumlah artikel. Yang perlu digerakkan adalah seluruh pengguna. Kia 80 07:22, 29 Oktober 2010 (UTC)

Kepada Aldo Samulo, apakah ada yang menggaji pengurus? Jika tak ada, apakah layak untuk memaksa mereka membuat artikel setiap hari? Sementara kehadiran mereka tentatif? Omong-omong, bagi saya sekarang yang penting adalah kualitas dan komunitas. Kuantitas mah ngejernya gampang, tinggal pakai bot juga jadi.  Mimihitam  08:42, 29 Oktober 2010 (UTC)

Kuantitas apaan ? itu proyek tunda menunda siapa yang bertanggung jawab ? ada pengurus ada editorOmdo (bicara) 09:39, 16 November 2010 (UTC)

Menurut saya sebagai pengurus sudah sewajibnya pengurus untuk membuat beberapa artikel minimal rintisan dalam sebulan dan pengembangnya dibantu oleh pengguna lainnya. Aldo samulo (bicara) 10:17, 29 Oktober 2010 (UTC)

Selain itu menurut saya perkembangan WBI sangat lambat padahal jumlah pengguna internet di Indonesia sangatlah banyak dan entah kenapa selama ini WBI belum bisa memanfaatkan potensi tersebut. Aldo samulo (bicara) 10:20, 29 Oktober 2010 (UTC)

Eng, kenapa pengurus harus membuat artikel? Saya bukannya malas loh, saya sering sekali membuat rintisan dan mengembangkan kualitas, tapi saya lihat usulan ini konyol. Kembali ke topik, marilah kita lihat definisi pengurus. Menurut Wikipedia:Pengurus, Pengurus Wikipedia atau operator sistem (opsis) adalah Wikipediawan yang diberikan hak atas fitur-fitur teknis tertentu oleh komunitas Wikipedia dalam rangka pemeliharaan Wikipedia. Fitur-fitur tersebut antara lain hak untuk menghapus artikel, melindungi suatu halaman artikel dan melakukan pemblokiran terhadap pengguna, bahkan untuk melakukan pembatalan atas tindakan-tindakan ini. Seorang pengurus harus menghormati dan mengenal kebijakan-kebijakan Wikipedia karena mereka adalah anggota yang dikenal dan telah dipercaya dalam komunitas ini. Pengurus adalah para pengguna yang melaksanakan tanggung jawab tambahan secara sukarela. Pengurus bukanlah karyawan yang dibayar sebagai pekerja di Wikimedia Foundation.

Perlu diingat, tidak ada korelasi antara pengurus dengan membuat artikel. Pertama, pengurus adalah pengguna dengan hak atas fitur khusus, dan menjalankan kewajiban pemeliharaan. Namanya saja sudah operator sistem, apa ada hubungan dengan pembuatan artikel? Kedua, definisi "artikel" disini sangat tidak jelas, apakah artikel satu baris, atau artikel lengkap yang sudah jadi? Kalau pun rintisan, rintisan macam apakah itu? Ketiga, sama sekali tidak ada hubungan antara pembuatan artikel oleh pengurus dengan laju pertumbuhan WBI. Satu hari +14, ngaruh apa? Alasan keempat, pengurus tidak setiap hari bisa hadir di wikipedia. Kalau setiap hari harus membuat satu artikel, ya nggak ada yang sanggup jadi pengurus, memangnya hidup hanya di depan layar saja?

Kalau mau yang benar-benar berpengaruh ya buat macam BP2010, atau perluas komunitas. Seperti yang Anda katakan sendiri, kita manfaatkan potensi itu, bukannya menyuruh pengurus yang sukarela dan tentatif.  Mimihitam  14:14, 29 Oktober 2010 (UTC)

hmmm Omdo (bicara) 09:27, 16 November 2010 (UTC)

Surel Pengguna

Apakah saya bisa mengganti e-mail pada preferensi? Saya agak bermasalah dengan e-mail yang dipakai saat ini karena sudah tidak aktif

alpha-kappa (bicara) 02:13, 29 Oktober 2010 (UTC)

Bisa kok. Masuk aja di Istimewa:Preferensi bagian Profil->Opsi surel
βέννγλιν 09:22, 29 Oktober 2010 (UTC)

Membuat nama artikel dengan awalan huruf kecil

Bagaimana, ya caranya membuat judul artikel dengan awalan huruf kecil? Saya sudah mencoba untuk memindahkan halaman EScan Corporate Security menjadi eScan Corporate Security, tetapi gagal karena memang karakternya sama, hanya beda huruf e besar yang seharusnya huruf e kecil (sesuai dengan ilustrasi yang telah disertakan pada artikel ini).Wagino 20100516 (bicara) 23:14, 31 Oktober 2010 (UTC)

Untuk nama artikel memang tidak bisa diawali huruf kecil. Ini keterbatasan teknis. Namun untuk tampilan judul isa diakali dengan menambahkan templat {{Judul}} di baris pertama. (Coba lihat di iPod).
βέννγλιν 04:07, 1 November 2010 (UTC)
Terima kasih atas informasi yang telah Pak Benny berikan, tetapi sepertinya masalah ini sudah diperbaiki oleh Bapak Albertus Aditya, terima kasih juga buat Pak Albert atas koreksinya.Wagino 20100516 (bicara) 09:57, 1 November 2010 (UTC)

Arsip September 2010

Banyak revisi tertunda

Di artikel ini ada banyak sekali (16) revisi tertunda, bagaimana ini? Junkcops (bicara ke saya|pekerjaan saya) 17:32, 7 September 2010 (UTC)

Aldo?

Eh, halaman penggunanya Pengguna:Aldo_Septiano itu ngelanggar peraturan vanity kaga sih ? --Erik 12:11, 8 September 2010 (UTC)

Aduh mak jang~ terbahak-bahak lihat kandidat cinta nya XD Hand15 (bicara) 16:33, 8 September 2010 (UTC)
Yang penting kontribusinya cukup baik daripada jroning. Ups!! --Ezagren μιλήσουν 16:38, 8 September 2010 (UTC)
ahahahah --BlackKnightmail 15:39, 9 September 2010 (UTC)
Xixixixi, sangat menghibur. St.David K. (bicara) 03:09, 30 September 2010 (UTC)
lebih baik diberi templat humor saja. hahaha Kang awe (bicara) 14:37, 17 Oktober 2010 (UTC)

Selamat Lebaran

Selamat Lebaran kepada semua Wikipediawan, mohon maaf lahir dan batin. Hati-hati di perjalanan pergi dan pulang mudik, jaga keamanan, dan kalau bisa tetap menyunting selama mudik :) [6]
βέννγλιν 05:56, 9 September 2010 (UTC)

|RAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRM|
|RM   .          .                           .      .               .  RM|
|RM        .   *            *                       |    *             RM|
|RM   .  .         .                   *            A       .          RM|
|RM      |                                          T           .      RM|
|RM      A                    *                    (X)          A .    RM|
|RM  *  (T)                                       (XXX)         I      RM|
|RM    (XXX)         .             .  .           (XXX)         I    . RM|
|RM    (XXX)         A             |             II   II        I      RM|
|RM .  |___| .       T             I             II   II  *    (X)     RM|
|RM    IXXXI         I       *     T        .    II   II       I_I     RM|
|RM   .IXXXI        XXX           (O)        . . II___II      .IXI     RM|
|RM    IXXXI        XXX         ((OOO))          IIXXXII   .   IXI *   RM|
|RM  (XXXXXXX)    (XXXXX)        (III)          (XXXXXXX)      IXI     RM|
|RM  (XXXXXXX)    (XXXXX)         IOI         . (XXXXXXX)      IXI     RM|
|RM  |_______|     I___I     *   (XXX)           I_____I *     IXI    .RM|
|RM    IXXXI  *     III        (XXXXXXX)          IXXXI        IXI     RM|
|RM *  IXXXI        III      (XXXXXXXXXXX)     *  IXXXI    . (XXXXX)   RM|
|RM    IXXXI     . IIIII  (XXXXXXXXXXXXXXXXX)     IX XI      (XXXXX)   RM|
|RM    IXXXI       IIIII(XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX)   IX XI  *    I___I    RM|
|RM    IX XI        IIIXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX) IX_XI       IXXXI    RM|
|RM    IX XI        IIIXXXXXXXXXXX( )XXXXXXXXXXXX)IXXXI       IXXXI    RM|
|RM  . IX XI   *    IIIXXXXXXXXXX(   )XXXXXXXXXXXX)XXXI       IX XI    RM|
|RM    IX_XI        IIIXXXXXXXXX(     )XXXXXXXXXXXX)XXI       IX XI    RM|
|RM    IXXXI    IXXXIIIXXXXXX(           )XXXXXXXXXXXXXXI     IX XI    RM|
|RM    IXXXI    IXXXIIIXXXX(               )XXXXXXXXXXXXI     IX_XI    RM|
|RM  XXXXXXXXX  IXXXIIIXX(                   )XXXXXXXXXXI     IXXXI    RM|
|RM  XX_____XX  I0000000(_____________________)000000000I     IXXXI    RM|
|RM   XXXXXXX  IXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXI   XX   XX   RM|
|RM    I___I IIXXXXXXXXXXXXXXXXX(      )XXXXXXXXXXXXXXXXXXII XX___XX   RM|
|RM    IXXXI IXXXX(       )XXXX(        )XXXX(        )XXXXI IXXXXXI   RM|
|RM    IXXXI IXXXXI       IXXXXI        IXXXXI        IXXXXI IXXXXXI   RM|
|RM |IIIIIIIIIXXXXI_______IXXXXI________IXXXXI________IXXXXIIIIIIIIII| RM|
|RM |================================================================| RM|
|RM /\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\/\ RM|
|RM IIIIXXXXXXXXXXXXXXXXX((00000000000000000))XXXXXXXXXXXXXXXXXXXIIIII RM|
|RM IXXXXXXX(      )XXXXXXXX(             )XXXXXXXX(      )XXXXXXXXXXI RM|
|RM IXXXXXXXXI    IXXXXXXXXXXI           IXXXXXXXXXXI    IXXXXXXXXXXXI RM|
|RM IXXXXXXXXI    IXXXXXXXXXXI           IXXXXXXXXXXI    IXXXXXXXXXXXI RM|
|RM IXXXXXXXXI____IXXXXXXXXXXI           IXXXXXXXXXXI____IXXXXXXXXXXXI RM|
|RM IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII___________IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII RM|
|RAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAK(I                                      I)RAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAK(I       | | |   | | |     | |   | |    I)RAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAK(I    /|_|_| |  _|_| |  /|_| |  _|_|    I)RAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAK(I======================================I)RAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAK(I                                      I)RAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAK(I                                      I)RAMADANMUBARAKRM|
|RAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRAMADANMUBARAKRM|


Ignatius Yordan

menyambung isi di Pembicaraan:Ignatius Yordan. Kan di wiki.jv dah ada artikel bernama jv:Ignatius Yordan. Nah, saya pingin buat di WBI ini. Sementara menurut kebijakan di WBI butuk minimal 3 referensi di luar lingkup Wikimedia. Tapi di Wikipedia Jawa cuma 1 referensi di media massa. Saya kebetulan dah dapat 1 lagi. Jadi saya mohon untuk wikiwan dan wikiwati sekalian untuk mencarikan 1 lagi (lebih malah bagus) --Erik 06:56, 12 September 2010 (UTC)

Satu lagi? Dimana? ~_~  Mimihitam  07:10, 12 September 2010 (UTC)
Klo wawancara? --Ezagren μιλήσουν 11:18, 13 September 2010 (UTC)
Eh, tapi kalo referensinya berasal dari Wikia atau Uncyclopedia/Tolololpedia dihitung dari media massa/luar wikipedia atau sebaliknya --Erik 13:29, 13 September 2010 (UTC)

^ Tidak dihitung, apalagi itu bukan situs yang serius.  Mimihitam  13:33, 13 September 2010 (UTC)

Tapi kalo dibagian seriusnya bagaimana (misalnya ini, ini, ini, dan ini) --Erik 23:18, 13 September 2010 (UTC)

^ Tetap tidak dihitung...  Mimihitam  00:48, 14 September 2010 (UTC)

Situs-situs wiki yang bebas disunting siapa saja tidak boleh dijadikan rujukan. Meursault2004ngobrol 09:43, 14 September 2010 (UTC)

Permintaan

Ada yang bisa menerjemahkan bagian en:Stephen_Hawking#Career_in_theoretical_physics? Atau tidak harus menerjemahkan, yang penting melengkapi bagian karier Stephen Hawking. Yang bisa dan hasilnya baik, akan mendapat bintang dari saya :D Trims  Mimihitam  13:42, 12 September 2010 (UTC)

sudah --Erik 06:00, 21 September 2010 (UTC)

Mimi, maksud-nya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau di copas ke wiki.Indonesia ? Kalau cuma di copas, Erik boleh dapet bintang wiki tuh. — Tjmoel  bicara 06:24, 21 September 2010 (UTC)

Maksud saya "tidak usah menerjemahkan" itu ya riset sendiri dari literatur lain, seperti Esca. -_-  Mimihitam  07:36, 21 September 2010 (UTC)

sudah --Erik 07:43, 22 September 2010 (UTC)

Bintang meluncur.  Mimihitam  07:45, 22 September 2010 (UTC)

yah telat, padahal pengen juga bantu nulis soal SH --za (bicara) 08:01, 16 November 2010 (UTC)

Nodelay

Representasi visual langsung penyuntingan di id.wikipedia.

http://nodelay.no.de/?language=id
βέννγλιν 03:46, 14 September 2010 (UTC)

Hmm. Menarik. Meursault2004ngobrol 09:42, 14 September 2010 (UTC)
ooohhg Geyol (bicara) 13:27, 16 September 2010 (UTC)
Hhmm pengelolahnya pasti bukan spion melayu 202.138.246.3 06:32, 9 November 2010 (UTC)
Hmm juga.. katanya.... katanya delay itu untuk mutu ? dan sekarang yang nampak malah tdk ada yang mengerjakan... dasar masih bermental melayu Chipmunkes (bicara) 13:11, 16 November 2010 (UTC)

UNGGAH FOTO

bagaimana ni caranya unggah foto?? kasi tau ya semua... terima kasih banyak... Yerrio darius raolika 13:15, 16 September 2010 (UTC)

Lihat di bagian kiri situs web Wikipedia. Klik "Unggah berkas" pada bagian 'kotak peralatan'. Ingat, tambahkan lisensinya. Ezagren μιλήσουν 13:20, 16 September 2010 (UTC)

Wikipedia bahasa Waray-waray

Apa ini Wikipedia bahasa Waray-waray? Saat ini sudah > 100 ribu artikel, tapi depthnya 0, pengurusnya 2, semua statistiknya lebih rendah dari Volapuk. :) Apa kerjaan bot juga? Ada yang tahu?
βέννγλιν 19:26, 17 September 2010 (UTC)

Pantesan Depthnya 0. Lihat ini: war:Allonne, Oise. Mereka bikin artikel singkat tentang komune di Perancis. Yang rajin buat itu war:User:JinJian. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 02:49, 18 September 2010 (UTC)
Bukannya itu wikipedia bahasa daerah di Filipina? Tapi yg tidak saya duga, jumlah artikel melebihi wikipedia bahasa Tagalog, bahasa yg secara umum digunakan di Filipina. NoiX180 (bicara) 04:12, 18 September 2010 (UTC)

Kasusnya sama seperti Cebuano dulu (yang sekarang sudah tobat), mereka pakai bot. Saya tantang Anda semua untuk klik halaman sembarang (Bisan ano nga pakli) sepuluh kali di wikipedia tsb, pasti keluarnya kalau tidak kota ya tahun. :p  Mimihitam  08:13, 18 September 2010 (UTC)

Saya sudah tes. Hasilnya 7 dari 10 percobaan hasilnya adalah komune di Perancis dan Spanyol (semuanya dibuat oleh war:User:JinJian) sedangkan 3 lainnya merupakan artikel tentang daerah tertentu yang agak panjang (lebih panjang dari artikel komune). ·· Kℇℵ℟ℑℭK 08:18, 18 September 2010 (UTC)
wooww sudah 100 ribu artikel dengan 2 pengurus.. bahasa apa itu waray waray... negara mana yg menggunakan sehari-hari? – komentar tanpa tanda tangan oleh 39Agung (bk) .

@Mas Agung, dari Filipina, tapi penuturnya masih lebih sedikit dari Tagalog dan Cebuano. Lihat: Bahasa Waray-waray. Seperti yang saya sudah katakan, mereka memakai bot :)  Mimihitam  06:39, 19 September 2010 (UTC)

Saya lihat semua komune di Italia dan kota di Filipina juga "dibabat habis" nih. FarrasLa Poste 09:15, 20 September 2010 (UTC)

Maksudnya?  Mimihitam  09:23, 20 September 2010 (UTC)

Halaman sembarang

Wikipedia:Halaman sembarang idenya bersumber dari sini. Silakan dicoba.
βέννγλιν 16:22, 19 September 2010 (UTC)

Terima kasih Josh Lim yang sudah menantang saya klik 10 kali perubahan terbaru bahasa Waray-waray, sekarang kita jadi punya inovasi baru :p  Mimihitam  22:35, 19 September 2010 (UTC)

Hasil pengamatan

  • Wikipedia Bahasa Arab ==> Sehari jumlah artikel bertambah +/- 100.
  • Wikipedia Bahasa Indonesia ==> Sehari jumlah artikel bertambah - 100, itupun hanya jika pembuat artikel kota beraksi.

 Mimihitam  11:01, 12 September 2010 (UTC)

Ayo, saatnya seluruh pembuat artikel distrik yang saat ini masih lebih berkonsentrasi ke kelurahan di Indonesia pindah ke komune di luar negri. Seperti Komune di Oise, Perancis atau yang lain yang Anda temukan. Tinggal Anda copas dan translate dari wiki,en. Biarlah para user profesional saja yang menyelesaikan pembuatan artikel kelurahan di wiki,jv yang lalu kita copas lagi dikemudian hari. Saya tak akan pernah pelit lagi dalam pembagian wilayah pembuatan artikel (melingkupi 1 isi templat) demi kemajuan WBI. --Erik 05:49, 24 September 2010 (UTC)

Jangan lupa "Quality over Quantity". St.David K. (bicara) 03:09, 30 September 2010 (UTC)

3 Top "Artikel Wikipedia NGACO"

Antara lain:

Baru 3 itu yang kutemukan. Mau memperbaiki, bingung mau mulai dari mana. Sudah dirusak oleh anon. Tolong perhatian pengguna/pengurus berkompeten memperbaiki artikel yang sudah "ngaco berbulan-bulan". Erik Anggara (bicara) 15:34, 24 September 2010 (UTC)

Tinggal Starvision Plus, yang lainnya sudah saya perbaiki. --  -iNu-  ►  02:37, 25 September 2010 (UTC)
Memang apanya sih yang ngaco? Saya kurang mengerti nih, maklum, junior.  Kururu  |  くーーっくっく  15:18, 25 September 2010 (UTC)
Jika Anda benar benar menyelidiki artikel itu, banyak yang informasinya salah. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:55, 25 September 2010 (UTC)

Wikipedia bahasa Banjar

Halo,
Habis lihat di Meta Wikipedia bahasa Banjar sudah meluncur per 25 Desember 2010, selamat!
Hanya mengingatkan bahwa perintis musti kuat iman, gue serius, Wikipedia bahasa Sunda sudah tidak ada pengguna sangat aktif sejak Januari 2009, dan Wikipedia bahasa Jawa hanya 2 orang pengguna sangat aktifnya - keduanya masuk dalam tahap kritis, Bahasa Aceh terlunta-lunta sejak sysopnya dicopot karena konflik penyalah gunaan site notice. Sementara beberapa bahasa lainnya sudah mati. Saya harap bahasa Banjar kuat lebih lama. Selamat berjuang. Serenity (bicara) 05:00, 26 September 2010 (UTC)
Ya, saya (sebagai salah satu kontributor) akan berjuang. Ezagren μιλήσουν 09:23, 26 September 2010 (UTC)

Selamat, semoga wikipedia Banjar lebih mengejar kualitas daripada kuantitas :)  Mimihitam  12:26, 26 September 2010 (UTC)

Akhirnya Wikipedia bahasa Banjar lahir juga. Kepada Ezagren: Selamat bekerja! Sementara Wikipedia Banjar diluncurkan dan yang lainnya terlunta-lunta, sekadar mengingatkan, Wikipedia Bahasa Bali dan Wikipedia Bahasa Madura tak jelas nasibnya. -- Adiputra बिचर -- 13:43, 26 September 2010 (UTC)
Sungguh disayangkan. Untuk Madura, penggunanya kemana? Wikipedia Bahasa Minangkabau juga terlunta-lunta, padahal ada beberapa pengguna di sini yang bisa berbahasa Minang (kalau tak salah ada 6) Oya, kok 25 Desember? Di mana? Saya lihat tak ada tanggal tersebut. Ezagren μιλήσουν 14:33, 26 September 2010 (UTC)
Salah ketik harusnya september. – komentar tanpa tanda tangan oleh 110.138.34.215 (bk) .
Ooo... Ezagren μιλήσουν 15:54, 26 September 2010 (UTC)
Silakan lihat di Wikipidia bahasa Banjar-nya. Thanks.--J Subhi pamandiran 21:31, 19 Oktober 2010 (UTC)

Hapus nama lurah/kepala desa

Halo, saya mengusulkan nama kepala desa pada templat {{desa}} dan {{kelurahan}} untuk dihapus dengan alasan:

  • Kebenaran nama kepala desa sangat sulit diverifikasi sehingga kemungkinan dimasukkan informasi yang ngaco tanpa kita ketahui
  • Sebagian besar kepala desa tidak notable untuk dijadikan artikel di Wikipedia, sehingga tidak terlalu berguna bila dituliskan
  • Informasi nama kepala desa tidak terlalu penting

Terima kasih. --BlackKnightmail 08:45, 26 September 2010 (UTC)

Setuju Setuju --Ezagren μιλήσουν 09:26, 26 September 2010 (UTC)
SetujuSetuju Dua-tujuh! ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:37, 26 September 2010 (UTC)
Setuju Setuju Aldo samulo (bicara) 12:42, 26 September 2010 (UTC)
Setuju Jika ada referensi yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya dan kemutakhirannya dapat ditambahkan di tubuh artikel. Albertus Aditya (bicara) 12:46, 26 September 2010 (UTC)
Setuju.
βέννγλιν 04:06, 27 September 2010 (UTC)
Setuju Setuju Kia 80 04:35, 27 September 2010 (UTC)

Ok, karena banyak yang setuju, nama lurah akan saya hapus dari templat itu. --BlackKnightmail 05:50, 28 September 2010 (UTC)

Portal Ufologi

Hallo, para Wikipediawan/ wati.

Meskipun saya bukanlah maniak UFO, tetapi cukup suka dengan cerita dan informasi mengenai hal ini. Oleh sebab itu saya mengusulkan suatu saat nanti kiranya di Wikipedia Bahasa Indonesia ada "Portal Ufologi". Itupun kalau kira-kira layak untuk dijadikan sebagai topik tersendiri.

Bagaimana menurut pendapat anda semua?

Wagino 20100516 (bicara) 01:44, 30 September 2010 (UTC)

Untuk merintisnya, bisa minta tolong Pengguna:Made Adiputra :) Asal portalnya tetap dirawat terus. Salam.  Mimihitam  02:04, 30 September 2010 (UTC)

Mengingat saya di Wikipedia masih "lebih tua sedikit" dari umur jagung, namun saya optimis untuk terus menulis artikel-artikel yang berkaitan dengan Ufologi dan info-info lain. Terima kasih atas perhatian Mas Mimi.

Bagaimana kelanjutannya, Pak Adiputra?

Wagino 20100516 (bicara) 03:04, 30 September 2010 (UTC)

Mas Wagino harus kirim pesan dulu ke Mas Adiputra, dan tunggu balasannya :)  Mimihitam  03:13, 1 Oktober 2010 (UTC)

Tidak setuju. Artikelnya sedikit. Subkategori cuma satu. -- Adiputra बिचर -- 14:52, 1 Oktober 2010 (UTC)

Semoga ini bukan keputusan akhir, artinya suatu saat nanti masih ada harapan kemungkinan terbitnya "Portal Ufologi" yang cukup saya nantikan.
Wagino 20100516 (bicara) 17:17, 1 Oktober 2010 (UTC)

Arsip Agustus 2010

muat gambar

teman-teman bagaimana caranya memasukan gambar sebagai bagian dari artikel makasih (Yerrio darius raolika 03:16, 4 Agustus 2010 (UTC))

Anda bisa melihat Bantuan:Mencari gambar dan Bantuan:Pemuatan. Jangan lupa lisensinya ya. Salam, Naval Scene (bicara) 03:53, 4 Agustus 2010 (UTC)

Sp3 sakti

kenapa halaman sp3 sakti dihapus,,kalau belum memenuhi standar tolong diperbaiki -- Putrase8 (bicara) 05:11, 3 Agustus 2010 (UTC)

Mungkin tidak ada yang dapat memperbaiki, oh ya halaman "sp3 sakti" yang Anda maksud itu artikel yang mana? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 05:24, 3 Agustus 2010 (UTC)
Maksudnya ini ya? Menurut saya, karena judul desa tidak layak/tidak sesuai standar. Harusnya formatnya "Nama desa, nama kecamatan, nama kabupaten/kota".Coba buat artikel itu lagi, misalnya dengan mengikuti contoh seperti ini: Petarukan, Petarukan, Pemalang. Demikian pula kerapian penulisan (huruf kapital, titik, koma) tolong diperhatikan. Salam, Naval Scene (bicara) 08:10, 3 Agustus 2010 (UTC)

Dicari sukarelawan

http://www3.interscience.wiley.com nampak bagus sekali. Banyak topik yang dapat dirangkum dari situs ini dan sangat kontroversial. Ada yang berminat untuk senantiasa melakukan searching dan exploring, kemudian menyunting artikel wikipedia dari artikel riset / buku online di situs ini ?? ESCa :-)/ 10:32, 5 Agustus 2010 (UTC)

Selamat tinggal

Selamat tinggal, Taman Renyah, semoga tetap sekali-sekali berkunjung dan menyunting, walaupun sebagai anonim... Suntinganmu tentang artikel (dan portal) Korea akan selamanya menghiasi Wikipedia. 작별 인사와 감사
βέννγλιν 06:21, 6 Agustus 2010 (UTC)

Kukira Anda (Bennylin) yang akan meninggalkan Wikipedia. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 09:00, 6 Agustus 2010 (UTC)

Saya orang baru disini. Mau nanya, bisa nggak disini ngobrol dgn pengguna lain/pengurus seperti di Facebook gitu? Kalau bisa klik apa?

Sekian, trima kasih. Tuningsih H (bicara) 06:38, 11 Agustus 2010 (UTC)

Artikel

Kalau Numa Numa layak, ada yang berminat menulis Fenomena Keong Racun? :D  Mimihitam  07:10, 11 Agustus 2010 (UTC)

Saya berminat. Tolong kasih komentarnya dan pembaikannya. Ezagren พูดคุย 13:17, 12 Agustus 2010 (UTC)

Mencari gambar

Salam dari WikiProject Indonesia di English Wikipedia. Kami telah menerima sebuah permintaan dari rekan-rekan di English Wikinews untuk mencari gambar yang bisa dimuat di artikel tentang pemblokiran situs porno di Indonesia. Mereka ingin memasukkan sebuah gambaran apa yang warga Indonesia melihat jika mengunjungi situs-situs yang telah diblokir. Karena staf Wikinews bekerja dengan proses yang mempunyai batas waktu, mereka berharap bisa mendapat bantuan secepatnya. Penulis artikel bisa dihubungi di halaman pembicaraannya. Rhandjaja (bicara) 21:22, 11 Agustus 2010 (UTC)

Nah... Pengguna:Alagos mengaku tidak dapat mengakses situs web porno favoritnya.... Tolong dibuatin dong screenshot nya... hahaha (ngomong2 berita Indonesian goverment bans pornographic sites saya yang mulai setelah mendengar siaran radio online BBC Indonesia) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:42, 12 Agustus 2010 (UTC)
Done. ΑΛΑΓΟΣ  16:25, 12 Agustus 2010 (UTC)

Tandai sebagai suntingan kecil untuk perubahan massal

Saya mengimbau kepada para pengguna yang melakukan penyuntinan secara masal (misalnya memperbaiki typo dan menambahkan templat di beberapa artikel sekaligus atau membuat artikel secara masal, biasanya artikel kelurahan/geografi) untuk mengaktifkan fitur "Tandai semua suntingan sebagai suntingan kecil secara baku" pada yang diubah di Preferensi > Penyuntingan > Opsi lanjutan agar suntingan Anda dapat disembunyikan dan tidak mengganggu pengguna lainnya yang sedang berpatroli. Terima kasih. --BlackKnightmail 22:31, 12 Agustus 2010 (UTC)

Gambar Indonesia (Tropen Museum)

Halo,

Ada pesan dari Gerard M setelah saya mengeluh gambar pilihan di Wikipedia bahasa Indonesia bule banget, untuk menaruh gambar dari Tropen Museum tentang Indonesia. Saat saya protes bahwa kualitas gambar sumbangan Tropenmuseum adalah "thumbnail" - dia bilang pilih sepuluh gambar tentang Indonesia yang mau didapatkan dengan kualitas tinggi dan Gerard akan mintakan. (I should've kept my mouth shut - karena sebenarnya saya malas - eh - tuuut - sensor - sedang sibuk). Jadi apabila ada yang tertarik, silahkan pilih sepuluh. Serenity (bicara) 05:48, 14 Agustus 2010 (UTC)

Gambar becak ini bagus juga tuh... ·· Kℇℵ℟ℑℭK 13:00, 14 Agustus 2010 (UTC)
Itu layaknya masuk Portal:Indonesia/Gambar pilihan.
βέννγλιν 04:31, 16 Agustus 2010 (UTC)
Juga layak masuk Gambar Pilihan. Ngomong- ngomong sejak kapan sebuah ensiklopedia menampilkan "Gambar Pilihan" ? Kalau gitu Wikimedia Commons tugasnya apa? masa menampilkan artikel pilihan (hahaha)? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:40, 16 Agustus 2010 (UTC)
Sip. Saya juga mau lihat-lihat ah. Gambarnya bagus-bagus :-) Meursault2004ngobrol 13:19, 15 Agustus 2010 (UTC)
Kapal Dayak Ngaju nih, bagus banget. contoh2 kapal Indonesia bagus sekali. ▒♥░♡▓와휴디❤한국▒♥░♡▓ (bicara) 03:48, 16 Agustus 2010 (UTC)

Bagus2 sih objeknya (sangat bagus malah),, tapi kalo cuma objeknya yang bagus trus gambarnya monoton latar putih begitu jadinya membosankan :p trus karna kebanyakan gambarnya hitam putih + gambarnya banyak sekali ;) cari gambar yg bagus jadi seperti mencari jarum diantara tumpukan jerami :p
Btw, tadi pas sakit mata liat satu2 koleksinya tropen museum muncul ide search kategori Indonesia nya commons, ternyata banyak gambar2 bagusnya ttg Indonesia disitu, contohnya ini.
Ini mah cara gampang kalo lg malas, buat yg rajin silakan dipilih gambar2 di tropen museum nya *wink* Rhekaレーカ 07:46, 16 Agustus 2010 (UTC)

All, pada dasarnya memang koleksi dari Tropen Museum ini banyak banget dan waktu itu memang kesepakatannya yang akan diunggah adalah kualitas thumbnail dulu (itupun udah banyak banget...) Nah dari sana, jikalau berkenan, kita bisa memilih gambar2 yang bagus untuk dijadikan gambar pilihan. Tinggal koordinasi dengan Gerard saja, Insyallah, dia sangat membantu koq...

Selain itu bisa juga dipilih beberapa foto yang diunggah di Commons yang bisa menggambarkan Indonesia. Misalnya, aku pernah liat foto-foto tentang Masjid di Indonesia juga ada beberapa yang bagus. Akan sangat membantu, jika kita juga bisa mengajak rekan-rekan pecinta fotografi untuk menyumbang di Commons. Just info aja, pas Jum'at kemarin di Istiqlal banyak banget yang membawa kamera digital kualitas bagus, sayangnya aku belum sempet diskusi dengan mereka. Aku yakin, dengan mengajak mereka, Insyallah ke depan gambar-gambar pilihan di Wiki Indonesia akan lebih variatif dan bagus lagi.M. Misdianto (bicara) 09:44, 16 Agustus 2010 (UTC)

Oi, deadline
Harus diajukan secara resmi, hasil:
  1. Becak - Kenrick
  2. Kapal dayak nganju - Wahyudi

Berarti cuman dua ya. Serenity (bicara) 13:41, 30 Agustus 2010 (UTC)

Tanya

Ada yang punya usul judul yang tepat untuk insiden penangkapan petugas DKP dan Nelayan2 Malaysia?  Mimihitam  08:21, 17 Agustus 2010 (UTC)

  • Insiden Penangkapan (di) Tanjung Berakit (pakai di atau tanpa di)
  • Insiden Penangkapan Petugas DKP dan Nelayan Malaysia

akan menyusul kemudian. Ezagren พูดคุย

  • Insiden Petugas DKP dengan Polis Marin Malaysia.
  • Insiden Penangkapan Petugas DKP
  • Insiden Penangkapan Petugas DKP oleh Malaysia.

ΑΛΑΓΟΣ  16:31, 18 Agustus 2010 (UTC)

Artikelnya belum jadi ya? Dibuat beberapa opsi,dan kemudian divoting aja. Kia 80 02:16, 19 Agustus 2010 (UTC)
  • Insiden Penangkapan Petugas DKP Indonesia 2010; harus pakai tahun & nama negara. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 04:10, 19 Agustus 2010 (UTC)
Yup! Setuju dengan Kenrick, pakai Tahun saja. Kia 80 02:28, 20 Agustus 2010 (UTC)
Tidak perlu semua kata dikapitalisasi huruf awalnya kan? -> "Insiden penangkapan petugas KKP Indonesia 2010"  -iNu-  ►  12:28, 20 Agustus 2010 (UTC)
Oh iya... kelupaan... tapi kok "KKP" bukan "DKP" ? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:30, 20 Agustus 2010 (UTC)
Yang penting netral kan? hehehe... ㊴∆g∪ℕG | ✉ bicara 07:00, 21 Agustus 2010 (UTC)

The Full Wiki

Sebuah situs wiki yang baru (Juni 2010): http://www.thefullwiki.org/

Situs ini menarik karena kompilasi situs-situs wikimedia + wikitravel -- dalam bahasa Inggris -- tentang suatu topik, dan dapat dikomentari. Kategori redireksi ke artikel. Contoh halaman:


βέννγλιν 09:00, 17 Agustus 2010 (UTC)

Artikel kontroversial di Wikipedia Melayu

Ketika saya coba-coba lihat Wikipedia bahasa Melayu, saya melihat artikel yang saya rasa tidak pantas ditampilkan, karena tidak netral dan hanya akan memperpanjang masalah antara Indonesia dan Malaysia dan bisa saja membuat orang-orang Indonesia terprovokasi. Salah satu isinya, penulis menyebutkan bahwa pengklaiman budaya-budaya Indonesia oleh Malaysia dilakukan semata untuk melestarikan budaya tersebut, sementara orang-orang Indonesia menyebutnya sebagai pelanggaran, dan di bagian-bagian dalam artikel tersebut banyak kata "TUDUHAN" untuk mengawali kalimat. CONTOH: Tuduhan: Pembalakan hutan Indonesia oleh Malaysia dll. Bukankah di dalam wikipedia isinya harus pasti dan tidak menuliskan hal-hal yang belum pasti semacam tuduh-menuduh? (kalo ditulisin di sini mah kurang jelas, lebih baik baca aja langsung artikelnya). Liat di: Hubungan Indonesia-Malaysia di MS WIKI. --Maung Bandung (bicara) 07:58, 18 Agustus 2010 (UTC)

Ini sudah berulang-kali dibicarakan. Berikan saja komentar untuk isi artikel tersebut di halaman pembicaraannya, yang mana yang menurut anda tidak didasarkan bukti-bukti. Tidak perlu emosi, bahkan kalau kita bicara baik-baik dan berdasarkan fakta, saya yakin penyunting-penyunting lain dapat menerima. Salam, Naval Scene (bicara) 08:15, 18 Agustus 2010 (UTC)
Judul di rencana tersebut merupakan lansungan dari judul di akhbar Indonesia. Contohnya berkenaan judul Tuduhan : Mencuri karya klasik Indonesia, itu merupakan ayat dalam akhbar Indonesia di sini. Berkenaan mencuri balak, saya rasa anda semua lebih ahli mengenai judul akhbar di Indonesia. Sungguhpun bukan saya yang meletakkannya, saya menyokong mengekalkan kerana saya tidak mahu di masa akan datang ada yang tidak mengakui pernah melontar tuduhan sebegitu. Seperti perkataan Indon pernah digunakan di Indonesia, tetapi kemudian penggunaan itu dinafikan di akhbar Indonesia yang menuduh Malaysia sengaja mereka-rekanya bagi menghina Indonesia. Lihat Indonesian abstracts Madjelis Ilmu Pengetahuan Indonesia; Council for Sciences of Indonesia, 1963 - Google books., The Indonesian quarterly; Centre for Strategic and International Studies; Yayasan Proklamasi, Centre for Strategic and International Studies, 1981. Yosri (bicara) 10:45, 20 Agustus 2010 (UTC)
Kita harus bersabar.. ㊴∆g∪ℕG | ✉ bicara 07:01, 21 Agustus 2010 (UTC)

Setuju . --Maung Bandung (bicara) 09:22, 22 Agustus 2010 (UTC)

Terima kasih di atas inputnya. Bagaimanapun saya masih merasakan ia tidak patut dikeluarkan kerana alasan berikut:-
  1. Wikipedia bukan tempat mensensor berita.
  2. Tajuk itu menunjukkan apa yang sebenar berlaku, dan tepat seperti dilaporkan dalam akhbar/koran Indonesia, dan bukan ciptaan penyumbang semata-mata. Ia mencerminkan apa yang berlaku di dunia nyata. Jika hanya melaporkan perkara yang baik-baik sahaja, seolah-olah kita semua tidak peka, hidup dalam khayalan, terpisah dari alam nyata.
  3. Ia merupakan satu rekod kejadian yang benar-benar berlaku, penting untuk rujukan masa hadapan (walaupun perit- "Perit mata memandang, hancur lulus lagi hati yang memikul".).
Sekiranya saya mengeluarkannya dan hanya memuatkan berita-berita yang bagus, ia seperti menafikan apa yang berlaku, seolah-olah tiada apa-apa yang berlaku. Sekiranya ia perbuatan segelintir kecil, mungkin boleh diketepikan, tetapi apabila semua akhbar melaporkannya, saya merasakan ia tidak bisa disorokkan lagi. Bagaimanapun, jika ada berita yang diletakkan itu tidak tepat, sila beritahu dan segera saya akan betulkan / berikan rujukan. Semua universiti & akhbar saya "capture screen". Jika rujukan hilang, beritahu, nanti saya upload screennya sebagai gambar. Saya tidak pernah bermusuhan tetapi, forgive but not forgotten. Ia dilapor seperti apa yang berlaku, tidak lebih, tidak kurang. Yosri (bicara) 10:00, 22 Agustus 2010 (UTC)
Selepas membuat pertimbangan kembali, dan sebagai menghormati para Wikian di Indonesia yang telah banyak membantu, saya akan mengalihkan judul-judul tersebut ke rencana lain, yang kurang menonjol. Saya meminta maaf kerana emosi meruap di atas itu. Yosri (bicara) 07:58, 23 Agustus 2010 (UTC)
Memang Wikipedia bukanlah tempat menyensor. Namun tanpa sensor, artikel itu tidak netral. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 08:53, 23 Agustus 2010 (UTC)
NPOV hanya berlaku apabila ia merupakan pendapat penyunting itu sendiri. Dalam kes ini, ia merupakan bukti bertulis (rujukan akhbar Indonesia itu sendiri), jadi ia bukannya isu NPOV. Lihat "...The article should represent the POVs of the main scholars and specialists who have produced reliable sources on the issue....." Dalam kes ini ia merupakan Point of View akhbar Indonesia itu sendiri. Ia dan . Seperti saya katakan, Wikipedia tidak sensor, tetapi atas dasar hormat dialihkan, bukan dipadamkan. Yosri (bicara) 10:23, 23 Agustus 2010 (UTC)
Baiklah, saya mengerti. Terima kasih. Namun menurut saya, memang awal subbagian dengan kata seperti "Tuduhan:" itu tidak netral untuk Wikipedia. Namun karena ada bukti yang tertulis, maka saya setuju dengan Yosri. Terima kasih. (maaf jika saya menggunakan Bahasa Indonesia yang isinya hampir sama dengan Bahasa Melayu yang Anda pakai) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:20, 23 Agustus 2010 (UTC)
Hahaha.. Kalau begitu alasannya, berarti artikel Ganyang Malaysia layak berdiri sendiri (bukan dibuat pengalihannya di artikel Konfrontasi Indonesia-Malaysia) dong ya? kalau ada bukti bertulisnya.. :p Ada yang punya referensi supaya bisa jadi "bukti bertulisnya"? nb: kalau ada juga sekalian referensi tentang "malingsia" biar bisa jadi "bukti tertulis" untuk artikelnya ;) Rhekaレーカ 02:55, 28 Agustus 2010 (UTC)

Hm

Ada yang mau merintis Perampokan Bank CIMB Niaga 2010? Karena:

Jadi sudah bukan kriminalitas biasa.  Mimihitam  15:35, 23 Agustus 2010 (UTC)

Wah. Ternyata kelompok teroris Aceh. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:45, 23 Agustus 2010 (UTC)
Kenapa disebutkan teroris Aceh? bukankah mereka hanya menumpang kejahatan di Aceh. 114.123.24.109 17:06, 24 Agustus 2010 (UTC)
Mungkin lebih tepat jika judulnya Perampokan Bank CIMB Niaga Medan 2010. Ezagren พูดคุย 20:29, 24 Agustus 2010 (UTC)


Nama lengkap

Saya perlu bantuan nama lengkap sekolah di Indonesia seperti di bawah. maaf jika ada silap:-

  • AMS=Algemene Middelbare School
  • KF = Keaksaraan Fungsi
  • MA= Madrasah Aliyah
  • MAK= Madrasah Aliyah Kejuruan
  • MAN= Madrasah Aliyah Negeri
  • MAS= Madrasah Aliyah Swasta
  • MI = Madrasah Ibtidaiyah
  • MIN= Madrasah Ibtidaiyah Megeri
  • MIS= Madrasah Ibtidaiyah Swasta
  • MTs= Madrasah Tsanawiyah
  • MTsN= Madrasah Tsanawiyah Negeri
  • MTsS= Madrasah Tsanawiyah Swasta
  • PAUD=Pendidikan Anak Usia Dini
  • PBA= Pemberantasan Buta Aksara
  • PKBM=Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
  • SAA=Sekolah Asisten Apoteker
  • SD = Sekolah Dasar
  • SDI= Sekolah Dasar Islam
  • SDIT= Sekolah Dasar Islam Terpadu
  • SDK= Sekolah Dasar Kristen, atau Sekolah Dasar Katolik
  • SDLB= Sekolah Dasar Luar Biasa
  • SDN= Sekolah Dasar Negeri
  • SDS=Sekolah Dasar Swasta
  • SDSN= Sekolah Dasar Standar Nasional
  • SLB= Sekolah Luar Biasa
  • SLTA=Sekolah Lanjutan Tingkat Atas
  • SMA=Sekolah Menengah Atas
  • SMAK= Sekolah Menengah Atas Kejuruan
  • SMALB= Sekolah Menengah Atas Luar Biasa
  • SMAN= Sekolah Menengah Atas Negeri
  • SMKA= Sekolah Menengah Kebangsaan Agama
  • SMKB=
  • SMKC= Sekolah Menengah Kebangsaan Conforming
  • SMKF= Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi
  • SMKN= Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
  • SMOA=Sekolah Menengah Oemoem Atas (Oemoem atau Olahraga??)
  • SMP=Sekolah Menengah Pertama
  • SMP=Sekolah Menengah Tinggi
  • SMPI=Sekolah Menengah Pertama Islam
  • SMPIT=Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu
  • SMPLB= Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa
  • SMPN= Sekolah Menengah Pertama Negeri
  • SMPS= Sekolah Menengah Pekerja Sosial
  • SMU=Sekolah Menengah Umum
  • SMU=Sekolah Menengah Umum
  • STAI= Sekolah Tinggi Agama Islam
  • STM=Sekolah Teknik Menengah
  • STT=Sekolah Tinggi Theologia, atau Sekolah Tinggi Teknik, atau Sekolah Tinggi Teknologi
  • TK=Taman Kanak-kanak =<6 tahun
  • TKI=Taman Kanak-kanak Islam =<6 tahun
  • TKIT=Taman Kanak-kanak Islam Terpadu
  • TKK= Taman Kanak-kanak Kristen, atau Taman Kanak-kanak Katolik
  • TKLB= Taman Kanak-kanak Luar Biasa
  • TPA=Taman Pendidikan Al-Quran

Yosri (bicara) 04:19, 24 Agustus 2010 (UTC)

Terima kasih kepada semua yang membantu. Yosri (bicara) 09:34, 24 Agustus 2010 (UTC)

Komentar saja: wah, beberapa singkatan saya sendiri baru melihat sekarang. Gombang (bicara) 18:29, 24 Agustus 2010 (UTC)

SDSN bukannya Sekolah Dasar Swasta Nasional ya? --BlackKnightmail 01:09, 25 Agustus 2010 (UTC)

Mungkin saja, tapi yang umum saya lihat Sekolah Dasar Standar Nasional. Naval Scene (bicara) 04:01, 25 Agustus 2010 (UTC)
Saya sedang mencipta rencana sekolah (Jakarta Timur), dengan pautan ke MS, tetapi rencana MS belum ada. Harap jangan dipadamkan pautan ke ms, untuk masa terdekat, kerna saya dalam proses melakukannya. Yosri (bicara) 04:29, 30 Agustus 2010 (UTC)

Tambahan: SMOA = Sekolah Menengah Olahraga Atas (bukan Oemoem). Selain itu ada beberapa sekolah kejuruan khusus, misalnya SMF (=Sekolah Menengah Farming). STIAB = Sekolah Tinggi Ilmu Agama Budha juga ada di beberapa tempat. Kembangraps (bicara) 10:21, 7 September 2010 (UTC)

Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi dan Label pada Bahan Kimia

Berlaku sejak bulan April 2010 (6 bulan sejak diundang-undangkan), Indonesia telah menerapakan Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi dan Label pada Bahan Kimia (Globally Harmonized System of Classification and Labeling of Chemicals, GHS) dalam pelabelan bahan kimia ([7]). Ini berarti bahwa infobox-infobox pada artikel senyawa kimia musti segera diupdate. Ada yang bisa ngebantu bikin templat baru buat label-label GHS itu? Wikipedia Inggris kayaknya masih belom diupdate, tapi wikipedia bahasa Eropa, terutama Peracis, telah mengupdatenya. (fr:Butane;fr:Dichlorométhane;fr:Éthanal)

GHS01
Bahan mudah meledak
GHS02
Bahan mudah terbakar
GHS03
Oksidator
GHS04
Bahan yang telah
dikompres/dimampatkan
GHS05
Korosif terhadap logam
GHS06
Keracunan akut.
GHS07
Menyebabkan iritasi
GHS08
Karsinogen
Membahayakan kesehatan
GHS09
Berbahaya bagi lingkungan

Hand15 (bicara) 17:54, 28 Agustus 2010 (UTC)

Disalin di Pengguna:ArdWar/GHS dan Pengguna:ArdWar/GHS/base, silakan diterjemahkan.
A r d W a r (BKLS)
05:52, 29 Agustus 2010 (UTC)

Arsip Juli 2010

Pengen Nyunting

Saya ingin menyunting bagian dari artikel Pemekaran daerah di Indonesia dengan menambah kabupaten-kabupaten baru. Namun, jika ku menambah kabupaten-kabupaten baru tersebut, maka tidak sesuai dengan referensi lagi. Bagaimana? Ditambah saja atau dibuat ulang? Erik Anggara (bicara) 12:09, 19 Juni 2010 (UTC)

Saya rasa, penambahan dan/atau pengurangan pasti ada dasar referensi-nya. Mungkin dapat terlebih dahulu diberikan penjabaran-nya di halaman pembicaraan-nya terlebih dahulu. Salam — Tjmoel  bicara 13:56, 19 Juni 2010 (UTC)
Si Erik banyak omong mulu dari tadi. --Maung Bandung (bicara) 05:43, 31 Juli 2010 (UTC)

Ucapan Selamat Datang

Disarankan dalam memberikan ucapan selamat datang bagi para pengguna baru agar dicek dulu apa nama pengguna tersebut melanggar ketentuan nama pengguna. Jika bertentangan dengan ketentuan tersebut seyogyanya jangan dikirimi ucapan selamat datang melainkan langsung dikirim permintaan mengganti nama pengguna dengan memasang tag: {{nama_dilarang}}. Contoh kasus: nama pengguna RADIO ELSHINTA FM JAKARTA, baru diberikan ucapan selamat datang langsung di blokir untuk selamanya. Hal ini terasa agak kontroversial. Terima kasih dan Salam Wikipedia.Pras (bicara) 22:40, 21 Juni 2010 (UTC)

Wow, hebat! Bagus juga metode tersebut diaksikan untuk menyambut tamu yang tidak diundang dan pemilik nama pengguna yang kontroversial. Blatak (bicara) 12:38, 25 Juni 2010 (UTC)

Bagi semua pengguna yang ingin mengucapkan selamat datang bagi pengguna baru, silahkan lihat versi terdahulu di WP:BP mulai tanggal 5 Mei 2010 hingga ke belakangnya. Kasihan berbulan-bulan tak ada ucapan selamat datangnya. Ezagren गपशप 08:49, 5 Juli 2010 (UTC)

Nama Pengguna

Saya banyak sekali melihat pengguna yang mendaftar di Wikipedia Bahasa Indonesia menggunakan nama-nama yang aneh dan juga nama yang terlarang saya jadi berpikir kenapa Wikipedia tidak mewajibkan pengguna yang mendaftar di Wikipedia menggunakan nama yang sebenarnya. Aldo samulo (bicara) 12:37, 8 Juli 2010 (UTC)

Untuk menjaga privasi dan atas alasan keamanan. Albertus Aditya (bicara) 12:52, 8 Juli 2010 (UTC)
Apakah dengan memberikan nama yang sebenarnya dapat mengakibatkan sesuatu yang berbahaya? Selama ini di Wikipedia kita sama sekali tidak mengetahui siapa saja sebenarnya yang menyunting dan bukankah ini lebih berbahaya. Aldo samulo (bicara) 14:13, 8 Juli 2010 (UTC)
Berbahaya jika alamat email Anda juga turut dibeberkan (maksudnya berbahaya jika alamat email dan nama sebenarnya diketahui orang iseng) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 14:30, 8 Juli 2010 (UTC)
Seorang pengguna dapat saja mendapatkan teror dari pihak ketiga atau pihak lainnya. Mungkin belum ada kasusnya, dan jangan pernah ada, tetapi mencegah adanya lebih baik daripada mengobati. Bagaimana dengan keberadaan WMI dan beberapa kopdar yang pernah dilaksanakan, termasuk beberapa wawancara dengan beberapa pihak, acara seminar, lokakarya dsb. Kita tidak perlu tahu siapa orang sebenarnya yang menyunting apa. Yang jelas, kontribusinya yang kita tahu dari user siapa. Albertus Aditya (bicara) 15:06, 8 Juli 2010 (UTC)
Saya kan hanya mengusulkan untuk memberikan nama asli saja bukannya email kepada semua orang. Yang saya maksud hanya namanya saja yang akan dapat dilihat oleh orang lain sedangkan alamat email tetap dirahasiakan. Aldo samulo (bicara) 02:13, 9 Juli 2010 (UTC)
Selain itu kenapa kita juga perlu mengetahui siapa saja yang menulis di Wikipedia karena apabila terjadi permasalahan di kemudian hari kita tahu siapa saja yang harus bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Aldo samulo (bicara) 02:17, 9 Juli 2010 (UTC)
Sayangnya tidak ada cara untuk memastikan kebenaran nama yang diberikan. KTP saja bisa dipalsukan. Wie146 (bicara) 23:44, 10 Juli 2010 (UTC)
Betul sekali, secara prakteknya ini tidak bisa diterapkan karena tidak mungkin kita menyuruh pengguna terdaftar mengupload KTP mereka. Selain itu siapa yang mau memeriksa satu satu ktp pengguna? Hand15 (bicara) 06:47, 11 Juli 2010 (UTC)
Sekedar menambahkan dari pernyataan Hand15, bahwa belum tentu semua pengguna memiliki KTP, seperti saya, Kenrick, Tegar dan mungkin beberapa pengguna lainnya yang tak saya ingat. Albertus Aditya (bicara) 12:02, 12 Juli 2010 (UTC)
Kartu pelajar atau Nomor induk siswa nasional ? (muncul masalah : yang tidak sekolah bagaimana ?) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:20, 29 Juli 2010 (UTC)

Wikipedia bahasa Vietnam

  • (Seingat saya) Artikel pilihan Wikipedia bahasa Vietnam diganti seminggu sekali
    Tapi : Artikel pilihan Wikipedia bahasa Vietnam masih banyak pranala merah. Contoh vi:Vệ tinh tự nhiên của Sao Thiên Vương, vi:Trận Tenaru, dan vi:Bóng đá
  • Jumlah artikel di Wikipedia bahasa Vietnam (WBV) banyak dan mungkin akan mengalahkan jumlah artikel Wikipedia bahasa Indonesia (WBI)
  • Meskipun jumlah artikel kelurahan/desa tergolong banyak di WBI, Depth WBI sudah mencapai 61, sementara WBV hanya 44.
  • Jumlah pengurus WBI : 14; WBV : 20 (beda jauh...)
  • Jumlah pengguna WBI : 188 ribu; WBV: 184 ribu (bersaing ketat nih)

Demikian laporan/ analisis saya. Semoga WBI dapat menang lawan WBV (dalam hal jumlah artikel)... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 15:31, 8 Juli 2010 (UTC)

Dan yang paling penting : Peristiwa terkini-nya WBI lebih sering diperbarui dibandingkan Perisitiwa terkini-nya WBV... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 15:33, 8 Juli 2010 (UTC)

Wikipedia Bahasa Daerah yang masih di Wikimedia Incubator

Bagi rekan-rekan Wikipedia Indonesia yang mempunyai kemampuan dalam bahasa berikut agar bisa melanjutkan proposal bahasa daerah yang sudah ada di Wikimedia Incubator yaitu

Terima Kasih Erik Anggara ███ 03:13, 9 Juli 2010 (UTC)

Sebenarnya saya berharap juga Wikipedia bahasa Batak, Wikipedia bahasa Betawi (supaya Indonesia punya Wikipedia bahasa daerah yg banyak) yang notabene suku bangsa tersebut jumlahnya jutaan. Masa' gak ada yang tahu Wikipedia?


Dimohon pendapat dan jawabannya terkait pembicaraan di sini dan sini.

Jangan lupakan saudara Indonesia kita WikiBerita ! ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 06:45, 9 Juli 2010 (UTC)

Juga masih megap-megap di incubator:

Wiktionary Bahasa Jawa
Wikibook Bahasa Jawa

Pras (bicara) 22:25, 9 Juli 2010 (UTC)

Kalau Wiktionary sudah tidak di incubator lagi. Wikisource yang masih belum mendapat domain baru. Meursault2004ngobrol 06:44, 20 Juli 2010 (UTC)

Wikipedia Bahasa Bugis

Ada kabar memprihatinkan dari saudara WBI, yakni WBBugis. Sekarang WBBugis terlantar karena tak ada satu pun pengurus di sana. Terakhir, pengurus sekaligus pencetus WBBugis, Kurniasan (juga penyelia WBMelayu) menghilang entah kemana dan saya tanya mengapa WBBugis tak terurus, dia bilang tak punya kuasa lagi untuk mengurus WBBugis. Maksudnya apa, ya? Tapi saya turut prihatin atas ketelantaran WBBugis. Seandainya ada 1 orang Bugis (pengguna) di sini, tolong perbaiki WBBugis. Terima kasih Erik Anggara ███ 16:02, 11 Juli 2010 (UTC)

Saya lebih suka WikiBerita ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 14:09, 15 Juli 2010 (UTC)
Pastinya karena Anda bukan orang Bugis, tỗ!
Minta tolong sama Pak Jusuf Kalla, lậ! Ezagren गपशप 14:39, 15 Juli 2010 (UTC)
Memang saya bukan orang Bugis... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 14:46, 15 Juli 2010 (UTC)

Artikel & Referensi tidak sesuai

Halo, saya ingin bertanya mengenai artikel yang saya temukan contohnya Soloaja, isi dari artikel tersebut tidak susuai dengan referensi, dan yang menyunting artikel tersebut sepertinya memanfaatkan situs Wikipedia Bahasa Indonesia untuk mendapatkan keuntungan dengan memasang link referensi yang tidak sesuai pada artikel, link tersebut adalah blog yang sedang mengikuti kontes SEO, sehingga dengan memasang linknya pada wikipedia bahasa Indonesia blog tersebut mendapatkan backlink yang sangat menguntungkan bagi blog tersebut.

Kira-kira Rambu apa yang harus saya berikan? Wah wah.. sepertinya banyak sekali nih orang-orang yang sengaja memanfaatkan situs Wikipedia untuk menaruh link-link pribadi mereka yang bisa dibilang "Promosi / ngiklan / numpang link" !! Btw, banyak juga ya pendaftar Wikipedia setiap harinya? ada yang tau rata2 per harinya berapa orang pendaftar?

Terima kasih ㊴∆g∪ℕG | ✉ bicara 07:07, 11 Juli 2010 (UTC)

Pakai saja tag {{hapus:kelayakan}} Ezagren गपशप 07:23, 11 Juli 2010 (UTC)
Hal yang baru saja anda temui namanya aksi vandal atau pengrusakan, yang perlu anda lakukan pada artikel tersebut adalah mengembalikan artikel tersebut ke versi sebelumnya, namun harus versi sebelumnya yang belum terkena aksi dari vandal, setelah itu cek siapa pelakunya, dan berikan templat {{vandal}} pada halaman pembicaraan si pelaku vandal, untuk lebih lengkap lihat di Wikipedia:Vandalisme#Menangani_vandalisme. agungbijaksana(kirim pesan) 07:33, 11 Juli 2010 (UTC)
Tambah 1 : {{Iklan}} ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 08:01, 11 Juli 2010 (UTC)
thanks jawabannya... ayo kita jaga n tingkatkan kualitas WBI bersama-sama... ㊴∆g∪ℕG | ✉ bicara 13:43, 11 Juli 2010 (UTC)

Profisiat

Saya ingin mengucapkan profisiat bagi semua elemen BP 2010. Baru ini, seorang dari Belanda mengatakan bahwa BP 2010 adalah success story, yang harus diimplementasikan hal serupa di India. Ia mengatakan bagaimana kompetisi telah merubah statistik, sangat hebat. Beliau juga menyatakan bahwa pembagian persentase perempuan dan laki-laki dalam BP 2010 juga mengagumkan, karena tidak banyak perempuan di wiki. Sekali lagi, profisiat  Mimihitam  17:38, 11 Juli 2010 (UTC)

Pasti GerardM?
βέννγλιν 17:50, 11 Juli 2010 (UTC)

Benar sekali :D  Mimihitam  08:17, 14 Juli 2010 (UTC)

Kelihatannya Memang hanya dia yang peduli.
βέννγλιν 12:54, 14 Juli 2010 (UTC)
Hmm... Seingat saya ada beberapa lagi. Eric Zachte, dan beberapa orang di WMF juga sempat berkomentar. Naval Scene (bicara) 13:54, 14 Juli 2010 (UTC)
Erik Moeller juga. Meursault2004ngobrol 11:27, 20 Juli 2010 (UTC)

Josef Frank

Hari ini Google memperingati kelahiran Josef Frank. Siapa ya dia? Adakah di Wikipedia? Minta tolong dibuatin jika belum ada. – komentar tanpa tanda tangan oleh 222.124.154.171 (bk) .

Hal-hal unik di Wikimedia

Topik utama yang dibahasa di sini adalah tentang Wikimedia Incubator.

Kemarin-kemarin lalu, saya mengelilingi (surfing) proyek-proyek dari Wikimedia Foundation. Nah, ada sesuatu yang membuat saya heran (habisnya lucu). Kali ini berhubungan dengan Wikimedia Incubator. Ketika ku ke sana, kulihat artikel-artikel yang ada di sana. Kok semuanya pasti ada artikel tentang Gereja Yesus Sejati? Usut punya usut, saya perhatikan. Bahwa seorang pengurus di situ meminta kepada kontributor-kontributor calon Wikipedia untuk minta diterjemahkan isi artikel Gereja Yesus Sejati itu ke dalam bahasa mereka dan kontributor itu mau saja (mungkin kalau gak mau, pasti gak dibantuin) menerjemahkan tulisan permintaan pengurus itu. Alhasil, saya bisa menyimpulkan bahwa artikel Gereja Yesus Sejati merupakan artikel dengan interwiki terbanyak (atau dengan versi bahasa lain terbanyak) di Wikipedia-menurut versi saya-setelah Kurow. Saya jadi ketawa dalam hati (ternyata ada juga hal-hal begini di Wikimedia). Cobanya saja saya jadi pengurus di situ, saya juga minta diterjemahkan artikel favorit saya dan artikel favoritku juga banyak interwiki-nya. Erik Anggara ███ 13:40, 15 Juli 2010 (UTC)

Emang Kurow yang terbanyak? Tau dari mana?
βέννγλιν 15:20, 15 Juli 2010 (UTC)
Bukan masalah tahu dari mana, ini hanya menurut pengamatan saya. Saya lihat beberapa Wp Inkubator, pasti Ada artikel Gereja Yesus Sejati dan Kurow (saya lihat di Wp Inkubator memakai abjad Latin). Jadi, saya bisa menyimpulkan bahwa kedua artikel tersebut yang paling banyak versi bahasanya karena (mungkin) paling banyak diminta-terjemahkan oleh 2 pengguna (mungkin pengurus Incubator) itu kepada kontributor setiap Wp Inkubator. Incubator Betawi ajē adē kok! Padahal baru dua halaman (yang pertama Main Page, yang kedua Gereja Yesus Bener). Erik Anggara ███ 13:31, 16 Juli 2010 (UTC)
Ya udah, kalo gitu gak usah diperpanjang lagi urusannya. Tapi kayaknya emang bener juga omongan Benny, agak sok tahu juga si Erik tuh. --Maung Bandung (bicara) 06:49, 14 Agustus 2010 (UTC)

Pengguna Anonim

Walaupun pengguna anonim sudah dilarang untuk membuat artikel tetapi mereka juga masih sering melakukan penyuntingan yang bersifat coba-coba saja dan terkadang ada juga pengguna anonim yang dengan sengaja melakukan vandalisme. Jadi saya berpikir kenapa pengguna anonim tidak diijinkan saja untuk melakukan penyuntingan di Wikipedia. Aldo samulo (bicara) 13:20, 16 Juli 2010 (UTC)

Berarti namanya sudah bukan "Ensiklopedia Bebas" lagi, dong! Tunggu titah dari Pusat, kali! WBI 'kan kadang-kadang ngikut tren WBInggris. Mungkin lebih baik jika membuat perubahan terbaru dan yang dipantau khusus anonim supaya dapat terpantau. Erik Anggara ███ 13:33, 16 Juli 2010 (UTC)
Tapi saya pikir semua Wikipedia termasuk Indonesia itukan mengikuti aturan dari pusat, jadi kita tidak bisa membuat aturan sendiri walaupun mungkin aturan itu sangat tepat untuk mengatasi berbagai masalah yang ada, dan sepertinya Wikipedia pusat memang sengaja memperbolehkan anonim untuk ikut menyunting, karena belum tentu semua anonim merusak, malah mungkin bisa memberikan suntingan yang berguna dan belum ada di Wikipedia, jadi saya pikir pusat dari Wikipedia sekarang sudah menemukan solusi untuk menyaring suntingan anonim yang merusak dengan membuat sistem FlaggedRevs. agungbijaksana(kirim pesan) 13:52, 16 Juli 2010 (UTC)

Bikin saja proposalnya . ΑΛΑΓΟΣ  15:49, 29 Juli 2010 (UTC)

Slideshow Tentang Wikipedia

Halo, iseng-iseng saya membuat slideshow tentang Wikipedia Indonesia. Rencananya slideshow ini akan dipisah dalam beberapa bagian, yaitu:

  1. Pengantar: Apa itu Wikipedia?
  2. Wikipediawan
  3. Perubahan terbaru
  4. Wikimedia
  5. ... (ada usul?)

Dua slide pertama sudah bisa didownload di sini dan di sini. Ini baru awal dan masih punya banyak kekurangan, maksud saya, mungkin suatu hari kita bisa menyempurnakannya dan mengubahnya menjadi film tutorial? Saya tidak tahu, tapi kita punya pengguna Hariadhi yang pasti bisa mewujudkannya. Atau bisa juga tetap dibiarkan dalam bentuk slide dan membuatnya untuk semua halaman Wikipedia:bantuan? Karena tentu saja melihat slide jauh lebih menarik daripada harus membaca artikel statis, apalagi bila ditambahkan suara presenter. Sementara ini, silakan didownload dan dibagikan :D (atau ubah bila Anda merasa perlu mengubahnya) --BlackKnightmail 23:23, 17 Juli 2010 (UTC)

Suka βέννγλιν, ·· Kℇℵ℟ℑℭK, dan FarrasLa Poste menyukai ini.
Wah, Warkop Wikipedia bisa dijadikan jejarign sosial antar pengguna ya.. Albertus Aditya (bicara) 07:48, 19 Juli 2010 (UTC)
(sori OOT) Itulah enaknya Templat di Wikipedia, kita bisa membuat sendiri fitur dari situs lain yang kita suka, tidak perlu menunggu developer untuk membuatkannya.
βέννγλιν 08:01, 19 Juli 2010 (UTC)
Sebenarnya memang benar demikian, tetapi perlu beberapa kemampuan khusus untuk bisa membuatnya.. Albertus Aditya (bicara) 08:06, 19 Juli 2010 (UTC)
Sebenarnya di Wikipedia Inggris (kalau tidak salah) ada pasal di WP:NOT yang menyatakan bahwa "Wikipedia bukanlah situs jejaring sosial". ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:36, 19 Juli 2010 (UTC)
Benar, tetapi tempo hari di Wikimania 2010 ada diskusi untuk membuat MediaWiki lebih 'ramah terhadap fungsi jejaring sosial' mirip Facebook. Hal ini dimaksudkan untuk membuat Wikpedia lebih populer lagi. Sebab di proyek besar jumlah penyunting semakin menurun. Meursault2004ngobrol 02:41, 23 Juli 2010 (UTC)

Perang Suntingan

Berita terkini, tampaknya Wikipedia bahasa Aceh sedang mengalami konflik dengan Wikimedia karena "masalah gambar Nabi Muhammad". Untuk lebih jelasnya, silakan baca kronologi perang dan tanggapan dunia di sini. Terima kasih. FarrasLa Poste 11:13, 19 Juli 2010 (UTC)

Sebenarnya ini sudah sejak 2 minggu lalu. Sebenarnya saya juga tak setuju ada pemuatan gambar Nabi Muhammad itu. Mengapa harus pakai gambar? Tak usah dimasukkan juga tak apa-apa toh! Cari masalah saja. Nah, sehubungan WBAceh yang bereaksi karena Ureueng Atjeh memang (setahu saya) agamanya kuat dan teguh. Tapi, jangan sampai hal ini membuat Wikipedia edisi bahasa Aceh dihilangkan. Ezagren गपशप 11:35, 19 Juli 2010 (UTC)
Jika itu di halaman pengguna ybs. adalah tidak masalah, dan merupakan kebebasan dan hak mereka. Jika ditaruh di halaman utama, berarti sudah ada pemungutan suara terbuka yang menyatakan setuju jika ditaruh di halaman utama, sebab menaruh di HU hampir sama saja dengan pernyataan komunitas WB Aceh. Saya dapat memahami orang Aceh yang memang Agama dan Imannya kuat dan teguh, tetapi tidak bisa langsung ditaruh di WB Aceh (dalam hal ini di HU). Albertus Aditya (bicara) 11:44, 19 Juli 2010 (UTC)
Orang Aceh sama saja dengan suku-suku lainnya, yaitu lebih banyak yang tidak taat dibandingkan dengan yang taat. Saya pribadi termasuk dalam orang Aceh kebanyakan. Tetapi dalam masalah ini tidak ada hubungannya dengan taat atau tidak taat. Ini masalah penghinaan agama. -- Si Gam Aceh (bicara) 08:55, 23 Agustus 2010 (UTC)

Saya kira perlu disadari ada perbedaan antara "gambar Muhammad" dan "gambaran atas Muhammad". Dalam Wikipedia, yang ditampilkan adalah gambaran atas Muhammad (fantasi seseorang atas tokoh itu). Saya sendiri sebagai muslim tidak melihat pemuatan itu sebagai penghinaan. Muslim dilarang menggambarkan Muhammad, tapi membuat dan memuat gambar demikian tidak berarti penghinaan bukan? Justru itu menunjukkan kepada muslim alasan mengapa tidak diperkenankan memuat penggambaran Muhammad: orang akan berbeda-beda interpretasinya. Kembangraps (bicara) 11:59, 19 Juli 2010 (UTC)

Tak biasanya daftar perubahan terbaru WBAceh lebih dari 100. Ezagren गपशप 12:14, 19 Juli 2010 (UTC)
Saya heran kenapa umat Muslim marah karena ada gambar ataupun gambaran Nabi Muhammad. Kalau gambar ataupun gambaran itu bersifat menghina, barulah itu merupakan alasan yang tepat untuk marah. Lagipula WBAceh kan bukan hanya untuk orang Aceh (sama seperti WBI bukan hanya untuk Indonesia; dan WBInggris bukan hanya untuk orang Inggris & AS) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:44, 19 Juli 2010 (UTC)
Saya sepertinya mengerti mengapa mereka marah. Tapi kelakuan mereka itu (memblokir para steward di ace.wiki dan memprotes Wikipedia untuk menghapus gambar Nabi Muhammad) menurut saya keterlaluan. Seharusnya mereka tidak usah menganggap bahwa gambar yang menyatakan bahwa itu adalah Nabi Muhammad adalah Nabi Muhammad. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:09, 19 Juli 2010 (UTC)
Anda nonmuslim ga usah ikut campur dengan urusan umat Islam. Urus saja urusan umat agama Anda. -- Si Gam Acèh (bicara) 04:49, 29 Juli 2010 (UTC)

Saya juga muslim, dan saya pribadi berpendapat bahwa pembuatan, penggambaran, dan pemuatan gambar atau gambaran atas Muhammad menurut Islam tidak dibenarkan, meskipun yang tidak bersifat menghina. Ada hadist-hadist yg mendukung keyakinan saya, meskipun tidak akan saya kutip di sini. Penolakan penggambaran tokoh karena alasan agama bukan hal baru. Dalam sejarah Kristen pun pernah ada pendapat serupa (Byzantine Iconoclasm). Menurut saya, NPOV = Pendapat mayoritas + keterangan yg cukup tentang pendapat minoritas. NPOV tidak sama dgn POV sekular. Di lingkungan sekular (maaf) Barat, pengizinan gambar Muhammad adalah mayoritas, tetapi bila konteksnya komunitas wp.ace atau bahkan masyarakat pengguna bahasa Aceh pada umumnya, saya yakin adalah minoritas. Alangkah baiknya bila komunitas yg berpendapat itu mengajukan lewat mekanisme resolusi konflik yg umum di Wikipedia, yaitu mengajukan proposal & diskusi. Sayangnya mereka, mungkin karena "darah muda", bertindak konfrontatif dan malah menimbulkan antipati dari steward. Naval Scene (bicara) 01:42, 20 Juli 2010 (UTC)

Benar bung Naval Scene. Hal serupa tidak hanya terjadi pada zaman Bizantium dalam agama Kristen tetapi juga beberapa abad lalu di Eropa Barat (silakan lihat ini). Untuk hal-hal yang lain saya tidak akan komentari saat ini hanya bahwa juga sependapat bahwa dialoglah yang harus dijalani. Meursault2004ngobrol 08:05, 20 Juli 2010 (UTC)

Hmm, persoalan ini sudah ramai diperbincangkan sejak 2008, sampai dibuat petisi dan akhirnya Wikipedia menolak 180.000 petisi untuk menghapus gambar Nabi (guardian.co.uk). FarrasLa Poste 11:02, 20 Juli 2010 (UTC)

(saya menghapus komentar sendiri untuk menghindari "endusan" pihak-pihak yang suka bombastis dan mencari masalah Hand15 (bicara) 15:00, 21 Juli 2010 (UTC))

Bagaimana dengan gambar ini, ini, ini, ini dan ini, apakah juga memiliki nilai sejarah? Fadli Idris (bicara) 21:26, 20 Juli 2010 (UTC)

Kecuali gambar yang pertama (ada babinya), gambar sisanya saya kira musti ditanggapi dengan hati-hati karena merupakan bagian dari berita (Kontroversi Jylland Posten dan Everybody draws Muhammad day). Khusus gambar terakhir, itu gambar di Basilica San Petronio yang dibangun tahun 1491. Hand15 (bicara) 01:50, 21 Juli 2010 (UTC)
Ngga bosen-bosennya walaupun udah berkali-kali. Pernah nulis ini di warkop dan lumayan panjang pake gambar segala. Untuk muslim, yang percaya bahwa tidak boleh, termasuk gue, historis atau tidak, tetap tidak boleh. It is on a non-negotiable term, did we say it is open for discussion? Kayaknya enggak, apalagi untuk yang bukan muslim. Diantara muslim aja ada perbedaan pendapat dan masih sensitif. Serenity (bicara) 13:49, 21 Juli 2010 (UTC)
Hemat saya~ yang penting WBI dan wikipedia Aceh gak ikut-ikutan kasih gambar aja deh kalau memang banyak yang tak setuju. Urusan wikipedia Inggris dan wikimedia commons, silakan protes di situ, jangan ngebawa-bawa wikipedia aceh dan Indonesia. Hand15 (bicara) 14:24, 21 Juli 2010 (UTC)
Bagaimana kalau untuk WBI dijadikan sebuah kebijakan khusus yang menyatakan bahwa gambar tersebut tidak boleh ditampilkan tetapi secara tersirat WBI meminta gambar itu untuk dihapus dari Wikimedia Commons & en.wiki (seperti yang dilakukan WBAceh itu sudah tersurat)? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:37, 21 Juli 2010 (UTC)

Bisa dengan memasukan gambar-gambar itu ke bad image list, sehingga tidak bisa ditampilkan ke WBI  Mimihitam  15:08, 21 Juli 2010 (UTC)

Tapi kan harus dengan persetujuan komunitas... Bukan diantara para pengurus saja... ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:17, 21 Juli 2010 (UTC)

Wah arogan juga orang di atas ini. Bukankah kebebasan berpendapat adalah hak asasi manusia? Komunitas (bicara) 15:25, 21 Juli 2010 (UTC)

Ada apa ini?! euh, jangan sampe Warkop WBI jadi kayak begini. Hati-hati lho, saya dengar di berita (entah berita dari mana), pemilik Facebook, trancam dihukum mati di Pakistan gara-gara di situs webnya ada grup Draw Mohammed Day kan?
Saya gak pengen ada gini-ginian yang lain lagi selain di situ.  Kururu  |  くーーっくっく  13:29, 28 Juli 2010 (UTC)
Wew lama gak liat warkop ternyata sudah panas begini ya Kontroversinya......(can't say anything). Lebih baik tunggu hasil kebijakan dari pusat saja, apakah dimasukkan di MediaWiki:Bad image listAthrion  17:43, 1 Agustus 2010 (UTC)

Arsip Juni 2010

Rasi bintang

Bagaimana kalau semua halaman mengenai rasi bintang distandardisasi penamaannya menjadi Rasi Bintang Xxx, karena skema penamaan yang sekarang saya anggap kurang efektif. Ada halaman yang hanya berjudul Antlia, banyak juga yang berjudul Andromeda (rasi bintang).

ArdWar(BKLS) 13:14, 4 Juni 2010 (UTC)

Tidak terlalu setuju... Standar Wikipedia kan "xxx" bukan "rasi bintang xxx". Sebagai contoh : "Bumi" bukan "Planet Bumi"... Thx.. ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 13:32, 4 Juni 2010 (UTC)
Rasi bintang Andromeda kan harus dibedakan dari tokoh mitologinya. Αλαγος) 08:00, 10 Juni 2010 (UTC)

Pelecehan bermotif Perendahan

Halo, kembali lagi bersama saya si Erik E karena saya merasa punya masalah baru kepada beberapa teman seper-wikipediawan terdekat saya yakni pelecehan bermotif perendahan harga diri dan status kemanusiaan. Kejadian ini telah terjadi sejak saya pasca akhir pertikaian dengan Séndi (samaran) yakni seorang anonim (110.139.144.87) Gombang pun ikut-ikutan dengan memberi nasehat yang "agak" merendahkan saya di PM-nya si anon itu (Gombang bilang "Biarkan saja dia sejauh belum mengganggu dan melanggar ketentuan Wikipedia" yang dapat diartikan dirinya "tebang pilih" dan menganggap saya "budak WBI"). Lalu setelah itu pun Ezagren melanjutkan "kerja sang anon" di Pembicaraan Pengguna:Albertus Aditya#Ringkasan penyutingan. Mohon para wikipediawan meneliti karena jika tidak maka orang-orang akan menganggap WBI (maaf) "tempatnya orang Indonesia yang merupakan sisa-sisa pemerintahan Orde Baru" (bukan saya lho yang ngomong tapi sorang tolololpediawan yang dengan pelbagai perubahan seperlunya, bukti ==> [8]). Demikian --Erik 14:33, 4 Juni 2010 (UTC)

Itu kan udah lama kali... kejadian ini kira2 waktu Nyepi tahun 2010... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 07:37, 10 Juni 2010 (UTC)

Penamaan klub sepak bola Indonesia

Saya dan Pengguna:Bennylin telah berdiskusi mengenai konsistensi penamaan klub sepak bola di Indonesia. Namun, saat belum mencapai kata sepakat di antara kami berdua, BennyLin langsung mengakhiri diskusi. Menurut Anda, apakah lebih baik menggunakan : (contoh) Persija atau Persija Jakarta atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta. Mohon tangapannya. Terima kasih. (NB : paska diskusi ini, semua artikel klub sepak bola Indonesia akan mengalami standarisasi.) Albertus Aditya (bicara) 14:26, 7 Juni 2010 (UTC)

Saya dukung Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya !!! ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 14:29, 7 Juni 2010 (UTC)
NB: bukan kabur, tapi bobok, kepala udah penuh. Diskusi kita menarik lho, simak dialognya di halaman pembicaraan kami berdua. Salam dari ranjang. Ini lebih cocok masuk WK:Usulan.
βέννγλιν 15:04, 7 Juni 2010 (UTC)
Ya ya. Kita lihat komunitas menanggapi apa ya.. Albertus Aditya (bicara) 15:10, 7 Juni 2010 (UTC)
@Bennylin Saya diam- diam sudah baca halaman pembicaraan kalian berdua... Tapi yang penting : bagian (thread) ini seharusnya dipindahkan ke tempat lain... WP:WKU atau WP:WKB ya?? ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 15:42, 7 Juni 2010 (UTC)

Bagaimana, AA, mau dilanjutkan atau tunggu komentar yang lain dulu? (saya sudah meninggalkan pesan juga di Pembicaraan:Persib).

PS: Sebaiknya dipindah ke Warung Kopi (Usulan)

PPS: Sebaiknya salinan pembicaraannya dikopi ke sini.
βέννγλιν 15:34, 9 Juni 2010 (UTC)

Ininsial saya terkenal juga ya :D Mungkin tunggu komunitas sambil kita melanjutkan, tapi besok. PS & PPS ? Apa ya ? Albertus Aditya (bicara) 16:44, 9 Juni 2010 (UTC)
PS & PPS : baca wikt:en:post scriptum ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 02:45, 10 Juni 2010 (UTC)
Terima kasih sudah dijawabkan.
βέννγλιν 02:49, 10 Juni 2010 (UTC)

Partisipasi

Mohon partisipasinya: Wikipedia:ProyekWiki Wikipedia lisan  Mimihitam  14:39, 11 Juni 2010 (UTC)

Kalah besar

Ok, gue akuin gue punya issue untuk yang besar-besar, menurut perubahan ini, gue sempet mo revert tapi terus ngecheck dulu ke sini -dan aih, aih, ternyata informasinya dese bener ID kalaah telaak, kesusul muluw... Serenity (bicara) 16:25, 12 Juni 2010 (UTC)

Pengguna WBI

Dear para wikipediawan/wati. Saya mau bilang nih kalo saya sebetulnya baru punya hasil penelitian tentang daftar pengguna kita itu terus bertambah ternyata karena (mungkin) orang-orang lebih suka membaca sebagai pengguna terdaftar daripada menyunting atau mungkin hanya menyunting untuk sementara waktu. Dirinya pun mungkin tak tau kalau dirinya pun dapat masuk log kembali tapi malah daftar akun lagi. Mungkin dia tak tau kalau dengan membaca saja dapat dilakukan bahkan hanya berstatus anon atau menyunting pun tidak harus buat akun lagi namun dapat pula masuk lognya yang dahulu ia buat.

Ini pun terbukti dengan setiap harinya selalu bertambah penggunanya, banyaknya akun pengguna yang kontribusinya tak ada atau mungkin cuma dikit, serta jumlah pengguna aktif yang masih sedikit di mayoritas waktu-waktu dekade tertentu.

Jadi gimana nih pendapat serta tindakan oleh para wikipediawan/wati sekalian tentang peristiwa ini ? --Erik 07:37, 14 Juni 2010 (UTC)

Peristiwa yang tidak penting... Jangan lupakan pengguna yang melakukan SUL... thx ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 08:50, 14 Juni 2010 (UTC)

Skandal

Ada yang mau membuat halaman skandal Ariel Peterporn? Sudah sangat layak karena selain ditonton dari istana negara sampai anak SD, masuk koran internasional pula, contoh: [9]  Mimihitam  10:28, 14 Juni 2010 (UTC)

Judulnya Skandal video porno Nazril Irham atau Skandal Nazril Irham saja. Jangan "Ariel Peterporn", tidak netral... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 11:07, 14 Juni 2010 (UTC)
Menurut hemat saya, topik tersebut belum layak. Setelah saya lihat pranalanya, lebih baik dijadikan bahan saja untuk membuat artikel yang lebih umum, misalnya untuk artikel "skandal seks". Salam, Naval Scene (bicara) 11:29, 14 Juni 2010 (UTC)

Wikipedia:Kelayakan artikel:

  • "Pembahasan yang signifikan" berarti sumber membahas subyek secara langsung, mendetil, dan non-trivial.1
  • "Sumber",2 didefinisikan dalam Wikipedia sebagai sumber sekunder, harus dapat memberikan bukti kelayakan yang obyektif. Lebih dari satu sumber lebih baik.
  • "Terpercaya" berarti sumber dapat digunakan untuk pemastian kelayakan, sesuai pedoman sumber tepercaya. Sumber berupa karya yang sudah dipublikasikan dalam bentuk media.
  • "Independen terhadap subyek" berarti sumber yang dirujuk tidak boleh berasal dari pihak-pihak yang berafiliasi langsung dengan subyek, misalnya: promosi diri, iklan, otobiografi, dll.

Jadi menurut saya sudah layak. Fenomena 2012 dan Sentimen anti-Malaysia di Indonesia saja bisa jadi artikel, masak ini yang sampe top 1 twitter dan diulas di new york times, pretoria times, AP, CBS dll enggak?  Mimihitam  11:36, 14 Juni 2010 (UTC)

Hmmmm.... kesimpulan saya di atas ialah karena hal-hal sbb.: (1) Judul artikel dalam bahasa Inggris itu tidak langsung menyebut nama tokoh, melainkan tentang dampak skandal bagi Indonesia. Dalam jurnalisme, judul adalah simbol terhadap fokus isi artikel, lho. (2) Isi artikel banyak sekali yang subyektif dan tidak definit, karena kasusnya masih/sedang terjadi, dengan demikian belum ada koreksi obyektifnya, aspek-aspeknya masih banyak yang belum tergali, misalnya dari sisi hukum atau pendapat umum/ekspert yang sudah tetap. Demikian menurut saya, namun ini tetaplah hanya interpretasi pribadi saya saja, Bung Mimihitam. :) :) Salam, Naval Scene (bicara) 11:47, 14 Juni 2010 (UTC)

Skandal Video Mesum Ariel-Luna-Tari

Boleh usul gak, bagaimana kalau judul di atas dijadikan artikel di Wikipedia? Begitu pula sama halnya dengan Skandal foto Edison Chen. Erik Anggara (bicara) 04:21, 21 Juni 2010 (UTC)

"Ariel" ? namanya kan Nazril Irham... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 06:19, 21 Juni 2010 (UTC)
Itu 'kan nama popularnya (nama bekennya). Erik Anggara (bicara) 08:05, 21 Juni 2010 (UTC)

Kanjeng Raden Tumenggung Rubyanto A. Hamidjojo

Dear All,

ada orang Indonesia yang telah malang melintang di bisnis internasional, nama beliau KRT. Rubyanto A. Hamidjojo, pemilik pabrik semen di brunai (Butra Heidelberg Cement) / Hamidjojo Development, beliaupun pernah membangun pabrik sement; Dinamika Maluku Semen di Seram (Maluku) join dengan Jayanti Groups & Hashim Djojohadikusumo (adik dari Mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto). Nama Pabrik Semen BUTRA konon dari singkatan dari beberapa nama-nama anak beliau yg di Jakarta (Bima, anggUn & satRiA)

http://warita.files.wordpress.com/2007/05/warita-tahun-xvii-no24-10-januari-2007.pdf (Halaman 19) Berita makan siang bersama Presiden SBY di Brunai.

http://ip-174-142-62-49.static.privatedns.com/index.php/200910188709/Fourth-Stories/power-supply-not-enough-for-big-ticket-projects.html

http://bruneitimes.com.bn/local_business/2009/08/15/hamidjojo_ceo_to_sahaal_stop_using_my_data

http://news.brunei.fm/2010/02/19/hamidjojo-developments-ceo-director-enlighten-jis-students/

http://old.brudirect.com/public_html/DailyInfo/News/Archive/Jun04/060604/bb06.htm

http://old.brudirect.com/public_html/DailyInfo/News/Archive/Jun04/060604/6pic26.jpg Butra Heidelberg Cement memberi sumbangan dana kepada putra mahkota Brunai (Photo beliau yg ditengah)

konon KRT. Rubyanto A. Hamidjojo ini adalah anak dari DR. Oeripan Notohamidjojo, tapi saya belum ada datanya, (ibunya orang chinese jawa).

anak beliau Putri Wulandari Hamidjojo adalah atlit berkuda = http://www.detiksport.com/read/2006/07/26/200048/643839/82/indonesia-raya-berkumandang-di-kuala-lumpur

Beliau juga adalah pemilik tempat kursus dan KLUB Berkuda diberbagai negara:

1.Trijaya Equestrian centre Malaysia = http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:v_1am0C2wg8J:www.equestrian.com.my/news/2001/08/03/275,6392,e52413.html+rubyanto+a+hamidjojo+adalah&cd=15&hl=id&ct=clnk&gl=id

2. Trijaya Equestrian Centre Jakarta Horse Riding School, Stables and Club House, Jl. Trijaya No.23 Haji Montong Ciganjur Jakarta Selatan. http://www.facebook.com/profile.php?id=1596301183

bagaimana? sudah layakkah beliau dituliskan di wikipedia??

Unsurya (bicara) 12:08, 15 Juni 2010 (UTC)

Bung Unsurya, mungkin anda dapat melihat panduan Wikipedia:Kelayakan artikel/Tokoh, bagian "Kriteria umum" butir kedua. Informasi pada pranala-pranala di atas adalah mengenai bisnis-bisnis beliau serta ulasan tentang sekolah berkudanya. Adakah artikel yang berfokus tentang profil beliau sendiri yang di tulis di media? Salam, Naval Scene (bicara) 01:11, 22 Juni 2010 (UTC)

boleh tanya...

Pindahan dari Pembicaraan Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Meursault2004 untuk status Kehormatan 5 Juni 2010

kak.. cara mengedit category sama nambahin catatan kaki bagaimana ya? Mohon bantuannya nih, maklum pengguna baru.. N-Fix (bicara) 03:24, 16 Juni 2010 (UTC)

Mungkin anda dapat melihat: Bantuan:Kategori dan Bantuan:Catatan kaki. Semoga membantu. Salam, Naval Scene (bicara) 04:46, 18 Juni 2010 (UTC)

Vandalisme ...

Sepertinya seperti kasus Saturnus (yang divandal dengan hebat sehingga tak ada yang tahu bahwa angka-angka di sana diubah), planet-planet lain divandal oleh anonim dengan mengubah angka dan zat-nya. Tolong kepada pengguna-pengguna Wikipedia yang (bisa dibilang) cukup jeli dengan angka-angka agar mengecek semua angka-angka di semua artikel planet-planet besar di artikel id dengan artikel di en. Ezagren 請談談 03:15, 17 Juni 2010 (UTC)

Saya mengusulkan agar semua artikel planet dilindungi selamanya.  Mimihitam  03:29, 17 Juni 2010 (UTC)
Bukannya itu sama saja dengan melarang anon melakukan penyuntingan ? Kalau memang ini disetujui, saya minta supaya semua artikel yang mengandung angka juga dilindungi, karena perubahan angka susah dipantau. Albertus Aditya (bicara) 03:31, 17 Juni 2010 (UTC)

Kalau menggunakan alasan "melarang anon melakukan penyuntingan", kalau begitu untuk apa artikel Israel, FPI dan lain-lainnya dilindungi? Lagipula, vandal itu bukan beraksi sekali ini saja, sudah beraksi sejak Februari 2010 di artikel Saturnus dan semua artikel tata surya  Mimihitam  03:33, 17 Juni 2010 (UTC)

Nah, Mars divandal dan hampir tak ketahuan. Untung sudah dikembalikan revisinya. Ezagren 請談談 03:36, 17 Juni 2010 (UTC)

Semua artikel tata surya sudah dipatroli (dan dilindungi). Mohon bantuan pengguna lainnya untuk double check, memastikan tidak ada satupun vandal yang lolos.  Mimihitam  03:37, 17 Juni 2010 (UTC)

Sepertinya FlaggedRevs dapat membantu ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 03:39, 17 Juni 2010 (UTC)
Momen yang bagus.
βέννγλιν 05:48, 17 Juni 2010 (UTC)
Saya setuju bila artikel-artikel tsb. dilindungi. Yah, daripada tidak dilindungi, bisa divandal sewaktu-waktu dan kita susah untuk mengetahui kalau artikel itu telah divandal (butuh ketelitian). Kalau harus mengeceknya tiap minggu ke en.wikipedia, rugi juga kalau ternyata artikelnya tidak divandal.  Kururu  |  くーーっくっく  07:16, 17 Juni 2010 (UTC)

Arsip Mei 2010

Pembicaraan: Siska Doviana

Pindahan dari sini

Belum layak kayaknya. Nanti deh gue hasut teman-teman gue buat memprofilkan Chika *LOL* Gombang (bicara) 19:16, 26 April 2010 (UTC)

Wkwkwkwk.... baru jadi artikelnya udah ada yang komen...! Go..go..go mbak chika ! I Lop Yu Pul !  Ę-oиė  >>>  ™ 19:21, 26 April 2010 (UTC)
Belum layak... referensinya masih kurang dari 3... ·· Kenrick ( ) 02:05, 27 April 2010 (UTC)
Yang komen diatas silahkan kasi tag referensi pada kalimat yang anda maksud *sambil berlalu....  Ę-oиė  >>>  ™ 03:41, 27 April 2010 (UTC)
Sudah tuh.... ·· Kenrick ( ) 06:31, 27 April 2010 (UTC)
Hehe..  Ę-oиė  >>>  ™ 10:31, 27 April 2010 (UTC)
Menurutku tak layak. Kalau begini, mending seluruh anggota yayasan Wikimedia Indonesia saja ada artikelnya. Ezagren peduli pesut 05:15, 27 April 2010 (UTC)

Kira-kira bakal dikasih {{fact}} gak ya sama mbak Serenity? :p  Mimihitam  06:24, 27 April 2010 (UTC)

Mbak Serenity langsung kasih tag "{{hapus}}" ·· Kenrick ( ) 02:35, 28 April 2010 (UTC)

Mbak Siska ini orang Bandung bukan ya? Kok sesudah saya googling, dengan tag "Chika" ada foto yang mirip-mirip? Reindra (bicara) 06:47, 27 April 2010 (UTC)

NO COMMENT *kaget setelah googling* Gombang (bicara) 08:40, 27 April 2010 (UTC)
Subjek yang ditulis tidak boleh menyunting artikelnya! Kalau perlu gunakan halaman pembicaraan. Suntingan di artikel akan langsung dikembalikan.
βέννψλιν 14:55, 27 April 2010 (UTC)

Oh new rules? (dasar aneh). Artikel tidak notable, atau belum notable kenapa? Mudah saja: karena belum ada sumber ketiga yang menulis khusus tentang orang tersebut, pengurus (yang mengerti) seharusnya tahu, bukannya sibuk menciptakan peraturan baru yang aneh-aneh.

Tentu saja saya beri rambu hapus, karena saya pengguna wikipedia, siapa saja boleh menyunting artikel apa saja - itu aturannya, lupa?

Profil seseorang baru boleh ditaruh disini apabila orang tersebut sudah cukup penting untuk dibahas mengenai - dirinya - siapa dia etc, bukan karena dikutip 30 kali oleh media karena dia menjadi bagian dari sesuatu. Contoh lain yang mudah adalah wartawan, seorang wartawan bisa jadi menulis 1500 artikel untuk medianya dan masih tidak notable untuk ditaruh di wikipedia, dia hanya menjadi notable saat misalnya, terbunuh menjalankan tugas, atau menerima penghargaan pulitzer, dan profilnya tampil di sumber ketiga yang membicarakan DIA, bukan yang lain, bukan organisasinya, atau proyeknya. Kalau saya lihat disini, yang notable untuk ditulis adalah proyeknya bukan orangnya. Serenity (bicara) 17:47, 28 April 2010 (UTC)

Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kalau ada bahasa asing yang anda tidak tahu artinya, cetak miring saja, misalnya notable, new rules, no comment. 22:47, 28 April 2010 (UTC)

Notable ???

Lho...? Sebuah informasi apakah harus notable dulu baru bisa di ketahui oleh khalayak (dalam hal ini wikipediawan) mengenai informasi tersebut? Subyek artikel ini adalah jelas-jelas direktur proyek kompetisi yang saat ini sedang berlangsung (atau ada yang meragukan tentang hal ini ?). Apakah khalayak (wikipediawan) tidak berhak mengetahui profil yang bersangkutan sehubungan dengan kompetisi yang sedang berlangsung ??? Haruskah menunggu hingga momen kompetisi ini berakhir lama, hingga akhirnya subyek di wawancarai media (seperti halnya IvanLanin) baru wikipediawan dapat tahu siapa itu pimpinan proyek kompetisi tersebut ? Wierd....!!!    Ę-oиė  >>>  ™ 03:48, 29 April 2010 (UTC)

Tidak berhak tahu. Data-data dan informasi tentang mbak Siska, atau siapa pun itu, tidak boleh disebarkan tanpa izin yang bersangkutan. Dan dari suntingannya terlihat jelas bahwa ybs tidak mengizinkannya.
Lain hal dengan Mas Ivan dan Mas Revo, keduanya telah mengizinkan profil dirinya dibuka kepada publik (misalnya melalui Kompas, Antara, atau majalah Chip), karena itu tidak masalah bila profil beliau (yang ada di media) juga ditulis di Wikipedia. --BlackKnight(kirim pesan) 14:32, 29 April 2010 (UTC)
Privasi tetap dihargai. Selagi bukan selebriti atau tokoh publik, lebih baik tanya dulu persetujuan dari orangnya. Hariadhi - Ngobrol 18:47, 8 Mei 2010 (UTC)

Beda

Kok templat jv:Kapuas Tengah, Kapuas dengan Kapuas Tengah, Kapuas beda, ya? Utamanya nama-nama desanya. Saya jadi pusing mana yang benar. Ada yang bisa bantu? Ezagren 請談談 11:16, 1 Mei 2010 (UTC)

Gambar-gambar ini kesepian...

Tolong dibuat artikelnya. :)

tararengkyu Hariadhi - Ngobrol 02:19, 2 Mei 2010 (UTC)

Dibuat saja permintaannya di Wikipedia:Permintaan artikel  Mimihitam  02:22, 2 Mei 2010 (UTC)
Makasih udah diingetin, Mimihitam :) Eh sekalian tolong ramein lagi dong Wikipedia:Pabrik visual nya Hariadhi - Ngobrol 02:37, 2 Mei 2010 (UTC)

Saya kalau ngambil gambar gak gitu bagus, gpp kan? Usul saya, pabrik visual membuka program baru saja, seperti meng-freelicense-kan gambar-gambar artis Indonesia.. jadi gak perlu pakai gambar fairuse dari kapanlagi  Mimihitam  02:39, 2 Mei 2010 (UTC)

Boleh aja. Ga ada batas kualitas kok. Semua orang boleh ikut, kategorinya juga boleh apa aja. :) Hariadhi - Ngobrol 02:43, 2 Mei 2010 (UTC)

Eh Hariadhi masih idup *nyengir*, mo bantuin kompetisi ndak? kesulitan upload gambar atau mencari gambar sumber bebas sesuai artikel mereka. Kalau elo mau keliling di tinggalin pesan satu-satu, isinya: "Ada kesulitan gambar? Mau dibantuin?" wah elo pasti langsung diserbu. Oh ya, sebagai tambahan, ini anak-anak baru, jadi seringkali mereka ngga tau cara mengirim pesan dan masih naruh jawaban mereka di bawah pertanyaan elo di halaman pembicaraan mereka sendiri. Serenity (bicara) 06:02, 3 Mei 2010 (UTC)

Maunya sih gitu. Itu bikin kompetisi brapa lama. Klo waktunya singkat ya ga mungkin juga, gw harus nyambi kerja soalnya. Hariadhi - Ngobrol 07:35, 3 Mei 2010 (UTC)

EEh.... Ada pisang cokelat juga, jadi pengen ih.... Kururu  |  くーーっくっく  05:23, 5 Mei 2010 (UTC)

Dikembangin dong artikelnya. Masa cape-cape moto sampai Pasar Baru, artikelnya ngestub gitu. Hariadhi - Ngobrol 18:48, 8 Mei 2010 (UTC)

Pengumuman Putaran Pertama BP 2010

Hasil putaran pertama:

Lima Peringkat Teratas Penilaian Putaran Pertama:

  1. Unika Atmajaya - 22Kartika - 94,03
  2. Sekolah Tinggi Teologi Jakarta - 55Hans - 90,13
  3. Unika Atmajaya - 19Adelheid - 88,49
  4. Unika Atmajaya - 20Lukianto - 87,68
  5. Institut Pertanian Bogor - 31Dordia - 87,17

Lima Peringkat Teratas Penilaian Kualitas Artikel oleh Juri (30%)

  1. Unika Atmajaya - 22Kartika - 26,04
  2. Institut Pertanian Bogor - 31Dordia - 25,63
  3. Unika Atmajaya - 20Lukianto - 25,53
  4. Universitas Pelita Harapan - 81Christoforus - 25.18
  5. Unika Atmajaya - 19Adelheid - 24,52

Lima Peringkat Teratas Kontribusi oleh Panitia (70%)

  1. Unika Atmajaya - 22Kartika - 67,99
  2. Sekolah Tinggi Teologi Jakarta - 55Hans - 66,58
  3. Unika Atmajaya - 19Adelheid - 63,97
  4. Universitas Mercubuana - 39Agung - 62,83
  5. Unika Atmajaya - 20Lukianto - 62,15


Lima Peringkat Teratas dinilai dari jumlah artikel

  1. Sekolah Tinggi Teologi Jakarta - 55Hans - 36 artikel (bukan rintisan - EMPAT JEMPOL SAMA JEMPOL KAKI)
  2. Unika Atmajaya - 19Adelheid - 23 artikel
  3. Unika Atmajaya - 22Kartika - 21 artikel
  4. Universitas Mercubuana - 39Agung - 19 artikel
  5. Universitas Atmajaya - 20 Lukianto - 13 artikel

Kemampuan peserta membuat artikel rata-rata selama 24 hari pertama

  • 20 peserta membuat 1-2 artikel
  • 11 orang membuat 3-4 artikel
  • 15 orang membuat 5-7 artikel
  • 8 orang membuat 8-12 artikel

Artikel ke-123.456

Menurut perhitungan saya menggunakan "Rumus Borgx" (saya lebih suka menyebutnya dengan "Hukum Borgx"), artikel ke-123.456 adalah ‎Long Hurai, Long Bagun, Kutai Barat oleh ‎Aldo samulo pada pukul 16:33, tanggal 7 Mei 2010. Apakah saya membuat kesalahan ? Kalau udah benar, tolong masukkin ke Wikipedia:Pengumuman ya... Thx.. ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 15:00, 8 Mei 2010 (UTC)

Aduh,.. artikel kentang tecamatan lagi ya... Yah tapi gak apa-apalah yang penting artikel dan gak kesodok sama Wikipedia tiếng Việt!  Kururu  |  くーーっくっく  15:33, 8 Mei 2010 (UTC)
Hidup artikel kelurahaaann...!!! Mantaffff...!!! Tiga bintang {bahasa Inggris: triple star) buat bung Aldo dengan nomer unik-nya. Iwan Novirion™ Kirim Pesan   21:28, 8 Mei 2010 (UTC)
Padahal sebelumnya Farras menginginkan artikel ke-123.456 ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 05:27, 9 Mei 2010 (UTC)
Hahaha, betul sekali FarrasLa Poste 17:19, 9 Mei 2010 (UTC)

Wikipedia Kesandung Gambar Porno

Saya menemukan artikel ini di Kompas.com bagaimana menurut pengguna yang lain? Aldo samulo (bicara) 12:26, 11 Mei 2010 (UTC)

Komentar saya 2 kalimat saja: Its all about how we see, not what we see. Ibarat pisau, bisa dipakai membunuh, bisa dipakai untuk hal positif seperti potong ayam.  Mimihitam  12:33, 11 Mei 2010 (UTC)
Tapi DPR kan pernah meresmikan UU Pornografi... Bisa- bisa nanti Wikipedia diblokir.... ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 12:42, 11 Mei 2010 (UTC)

Really? Karena gambar apa? Ini: Gray1158.png? Atau Closeup of female breast.jpg? Kalau gambar-gambar seperti itu dibilang pornografi, berarti buku biologi itu juga mengandung pornografi yang harus dilarang dong?

Anyway, ada yang tau gambar seperti apa yang dihapus oleh Jimbo? Kalau cuplikan dari video porno masih bisa diamini.  Mimihitam  12:46, 11 Mei 2010 (UTC)

Dalam UU Pornografi itu sendiri, disebutkan bahwa gambar-gambar "porno" diijinkan penggunaannya untuk tujuan edukasional. Wikipedia tentu dibebaskan dalam hal itu. Yang jadi masalah bukan di Indonesia, tapi di Amerika sono yang memang orang sana suka membawa hal-hal yang sepele dan tak masuk akal ke pengadilan. Hand15 (bicara) 12:49, 11 Mei 2010 (UTC)
Sepertinya Kompas ketinggalan zaman. Berita ini udah ada sejak 4 April: http://www.theregister.co.uk/2010/04/09/sanger_reports_wikimedia_to_the_fbi/ . Gambar porno yang dimaksud adalah gambar dalam kategori Pedofilia: [10]. Warning: Anak SMP/SMA dilarang melihat. :p Hand15 (bicara) 13:02, 11 Mei 2010 (UTC)
Hah gak boleh liat? Trus anak yang baru lulus UN SMP tapi ditanyain sama petugas penitipan barang supermarket "Kuliah di mana?", boleh ngeliat gak? Kururu  |  くーーっくっく  04:02, 16 Mei 2010 (UTC)

Wikipedia Bahasa Indonesia versi seluler resmi beroperasi

Bersama ini diberitahukan bahwa terhitung tanggal 12 Mei 2010, Wikipedia Bahasa Indonesia versi seluler resmi beroperasi.

Berikut pernyataan dari pengembang melalui surel per-tanggal 12 Mei 2010 :


  Hampton Catlin
<hcatlin@wikimedia.org> 	12 Mei 2010 16:32

Sorry for the slow reponse! I am launching the site now!

-hampton.

Keterangan :

Anda dapat menyambangi halaman Wikipedia Bahasa Indonesia versi seluler, melalui telepon genggam anda dengan alamat : id.m.wikipedia.org

Selamat menikmati.

Iwan Novirion™ Kirim Pesan   10:26, 12 Mei 2010 (UTC)

Iwan, saya jadi penasaran... permintaan pengaktifan fitur WBI seluler kan harus melalui bugzilla, URL permintaanya apa ? Thx... ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 09:09, 13 Mei 2010 (UTC)

A new look for Wikipedia

A new look for Wikipedia - Wikimedia blog. Hari ini (13 Mei 2010), pukul 8.00 UTC (15.00 WIB; 16.00 WITA, 17.00 WIT) Wikipedia bahasa Inggris telah memakai "beta", yang didalamnya termasuk kulit "vector", toolbar baru, Globe Wikipedia dalam 3D, dan lain- lain... ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 08:11, 13 Mei 2010 (UTC)

Kalau en.wiki sudah memakai "beta", kapan ya WBI pakai "beta" ?? ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 08:22, 13 Mei 2010 (UTC)

Lihat pula

Astaga ! Versi Beta WBI makin mirip en.wiki ! (fungsi pencarian, dll.) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 02:20, 28 Mei 2010 (UTC)

Wikipedia Bahasa Daerah yang masih di Wikimedia Incubator

Bagi rekan-rekan Wikipedia Indonesia yang mempunyai kemampuan dalam bahasa berikut agar bisa melanjutkan proposal bahasa daerah yang sudah ada di Wikimedia Incubator yaitu

Terima Kasih --Andri.h (bicara) 13:39, 13 Mei 2010 (UTC)

POTY 2009

Ronde pertama Pemilihan Gambar Pilihan tahun 2009 di Wikimedia Commons telah dimulai ! Pemilihan berlangsung dari 2010-05-14 00:00(UTC) sampai 2010-05-21 23:59 (UTC). Yang dapat memberikan suara : pengguna yang terdaftar sebelum 1 Januari 2010 dan memiliki minimal 200 suntingan sebelum 16 Januari 2010 (di proyek Wikimedia apapun) ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 15:25, 14 Mei 2010 (UTC)

10 artikel kualitas tertinggi berdasarkan 12 juri BP 2010

  1. 55 Hans : 25.43
  2. 06Ivonne : 24.99
  3. 21Nico :24.78
  4. 31Dordia : 24.75
  5. 22Kartika :24.69
  6. 24Adrianus :24.69
  7. 84Rahardhika : 24.54
  8. 56Covan : 24.02
  9. 33Maulida : 24.01
  10. 81Christoforus:23.98

– komentar tanpa tanda tangan oleh Serenity (bk) .

Selamat! --BlackKnightmail 05:44, 21 Mei 2010 (UTC)

Perang Pertikaian (Ezagren vs Aldo samulo)

Hei para wikipediawan, liat nih pertikaian di PM Ezagren & Aldo samulo. Lagi bertikai sampe Aldo kaga mau ke WBI lagi. Saya sebetulnya sudah nasehatin si Aldo agar tidak frustasi karena hanya kritik Ezagren saja tapi malah ngeyel. Untung pas saya bertikai ama Kenrick si Kenricknya kaga sampe segitunya ya. Jadi gimana sebaiknya nih ? --Erik 09:30, 25 Mei 2010 (UTC)

Saya tidak mau ikut campur tangan dalam masalah ini, saya hanya memberi saran, untuk pembuat artikel-artikel kota kelurahan di Indonesia, tolong informasinya ditambah, seperti luas wilayah dan jumlah penduduk, bukan sekedar salin tempel nama kelurahan saja.  Mimihitam  10:07, 25 Mei 2010 (UTC)
Momentum yang bagus. Mari kita perketat kriteria artikel desa. Jika tidak disertai sumber dan informasi penting lainnya, maka bisa langsung dihapus.
βέννγλιν 10:29, 25 Mei 2010 (UTC)

Apa-apaan ini? Kok judulnya "Perang Pertikaian". Saya tak merasa bertikai. Saya hanya memperingati saja kalau membuat artikel desa jangan asal salin-tempel karena itu bisa memengaruhi kualitas artikel desa. Makanya saya peringati 2 pengguna yang terbilang lebih lama daripada Pengguna:Iwan Novirion agar membenahi artikel rintisan mereka. Tetapi mereka masih saja melakukan kesalahan (lagi dan lagi). Tetapi, pengguna baru Iwan N. saya peringati akhirnya dia bisa membuat artikel rintisan yang cukup baik bahkan hampir menyamai kriteria saya. Mengenai pendapat Pak Benny, saya kurang begitu setuju. Entah apa alasannya. Rasanya kurang sreg di hati. Ezagren 請談談 10:51, 25 Mei 2010 (UTC)

@Erik : Cepat atau lambat saya akan meninggalkan Wikipedia kok... (misalnya waktu sibuk belajar atau waktu sibuk bekerja (di masa depan) ) ·· Kℇℕ℟ℑℂK (Anda mendapat pesan baru !) 13:35, 25 Mei 2010 (UTC)

Judulnya sepertinya malah memanas-manasi daripada memberi solusi. NoiX180 (bicara) 13:31, 25 Mei 2010 (UTC)

Seharusnya kalau salah seorang menyadari akan menimbulkan konflik, maka yang duluan menyadari meminta maaf kepada yang seorang lagi... (biar tidak terjadi konflik (walaupun yang meminta maaf (mungkin) tidak bersalah)).. ·· Kℇℕ℟ℑℂK (Anda mendapat pesan baru !) 13:35, 25 Mei 2010 (UTC)

Sudah, sudah. Pokoknya kalau mau dikembangin artikel rintisan bertopik kelurahan/desa, kembangkanlah. Kalau lihat atau kepencet pautan artikelnya, atu mugkin sengaja nyari. Sudah;ah, yang udah-udah mah ya sudah. Secara pribadi sih, saya juga kurang puas terhadap artikel-artikel tersebut. Yah, tapi apabila tahu informasi yang layak untuk ditmabahkan, tambahkanlah.  Kururu  |  くーーっくっく  17:28, 25 Mei 2010 (UTC)

Menurut pendapat saya, artikel bertopik desa/kelurahan ataupun kecamatan dan yang setingkat memang kurang begitu baik dari segi kualitas artikel. Namun, sepertinya ada kendala untuk mengembangkan artikel - artikel desa itu. Dan, sebenarnya, yang lebih utama memeriksa terlebih dahulu ada atau tidaknya desa itu di dunia nyata, karena ada beberapa kasus di mana ternyata tidak ada desa itu, ataupun ada 2 buah desa yang merujuk hal yang sama di dunia nyata, namun penulisannya berbeda (mis. Wonogiri dan Wono Giri [contoh asal aja]). Jika ada yang bisa mengembangkan, adalah baik adanya, namun jika tidak ada, kita harus dapat memaklumi, karena tidak semua orang mengetahui keadaan berbagai desa di Indonesia. Albertus Aditya (bicara) 02:42, 26 Mei 2010 (UTC)

Saya sudah berusaha sedikit demi sedikit menambahkan sedikit info, yakni dengan menambah batas-batas wilayahnya (Banjarmasin dan Samarinda, karena saya punya sumbernya, yakni peta-nya). Kepada yang punya peta kota anda, silahkan tambahkan sedikit infonya, minimal batas2 wilayahnya. Ezagren 請談談 06:20, 26 Mei 2010 (UTC)

Setelah saya melihat kebenaran artikel desa tersebut belum tentu akurat, mulai sekarang artikel kota-desa yang hanya berisi nama, tanpa informasi tambahan lain dan pranala luar, akan langsung dihapus. Terima kasih.  Mimihitam  14:23, 26 Mei 2010 (UTC)
Ojo kesusu (Jangan keburu-buru). Ada satu situs di IndonesiaMaju.org itu ada daftar desa, kecamatan, dan kota per satu propinsi. Bisa dicek di sana, tapi itu file PDF dan tak ada link unduhnya. Link unduh bisa dicari via google. (Saya tahu caranya) Albertus Aditya (bicara) 14:53, 26 Mei 2010 (UTC)

Ada juga, ya artikel desa/kel. Boleh saya bantu mengembangkannya? Erik Anggara (bicara) 15:27, 26 Mei 2010 (UTC)

Tulisan rintisan atau stub itu memang masih berupa tulisan pendek (satu kalimat hingga dua paragraf) yang diharapkan dapat merintis jalan bagi terbentuknya artikel yang utuh. Suatu tulisan rintisan adalah tulisan yang pendek (sekitar satu kalimat hingga dua paragraf) dan tidak memberikan informasi secara lengkap, tetapi masih memiliki konteks. Berbeda dengan tulisan tanpa konteks atau yang tidak menjelaskan judul artikel, yang dianggap sebagai tulisan rintisan biasanya memberikan penjelasan yang singkat mengenai subyek artikel serta mengapa artikel tersebut layak dimasukkan ke dalam Wikipedia. Artikel desa/kelurahan meskipun kurang lengkap dan kelihatan kurang bagus tetapi masih memenuhi kriteria sebagai tulisan rintisan sehingga masih layak dan tidak boleh dihapus (nanti diakui orang lain baru ribut).Pras (bicara)

Lintas tanya

Kepada seluruh pengguna Wikipedia, halo! Saya sudah beberapa minggu di sini. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :

  • (Katanya) WBI akan diubah dari Monobook menjadi Vektor. Jika diubah menjadi Vektor, apakah pengguna itu (saya) tidak dapat menikmati layout WBI monobook lagi?
  • Sejak kapan pengguna anonim tidak diperbolehkan lagi membuat artikel? Takut tersaingi? Hehehe
  • Apa arti cookies ketika akan masuk log (ada kalimatnya di atas kotak masuk log)?
  • Apa kata lain dari "preferensi", "pranala", "terkait"?
  • Apakah di Wikipedia selalu ada yang "beginian" (di atas), semacam konflik?
  • Kok IP (anonim) saya diblokir selamanya, ya? Padahal saya tak melakukan vandal. Saya lihat orang lain memakai IP anonim saya. Saya juga tak sengaja memakai anonim karena lupa masuk, biasanya kalau buka browser akunku masih in. Erik Anggara (bicara) 15:27, 26 Mei 2010 (UTC)
  1. Bisa... nantinya ada tombol seperti "Take me back"
  2. Sejak WP:NOANON dijadikan kebijakan
  3. Cookies artinya biskuit (bercanda)
  4. Preferensi = preferences/ setting/ pengaturan; pranala = link; terkait = related;
  5. Tidak... ini kasus yang pertama dalam tahun 2010. (tahun 2009 ada 1 kasus sih...)
  6. IP anonim Anda sewaktu digunakan orang lain mungkin melakukan vandalisme.. (shared IP juga mungkin terjadi (misalnya di Warnet, Lab. Komputer, jaringan LAN di rumah, dll.)

·· Kℇℕ℟ℑℂK (Anda mendapat pesan baru !) 15:57, 26 Mei 2010 (UTC)

artikel ke-123.000

Saya agak curiga deh dengan "Nama Artikel" yang ke-123.000 di Wikipedia:Pengumuman. Pasalnya disitu "tanggal"-nya tertulis ==> 3 Mei 2010 sementara tanggal dibuatnya artikel berjudul "Telinga (cerita pendek)" (artikel yang disebutkan merupakan artikel ke-123.000) itu dibuat tanggal 4 Mei 2010 (bukti) Bukan maksud untuk menyombongkan diri tapi pada waktu itu saya bersumpah ketika jumlah artikel di WBI hampir tinggal 10-20'an lagi untuk mencapai artikel ke-123.000 saat itu saya sedang menyunting seluruh artikel desa di kecamatan Lumbis, Nunukan dan saya pun bersumpah pada saat itu pula tercatat di Pengguna:Meursault2004/Peralatan hanyalah artikel-artikel yang saya buat saja (yang paling terbaru saat itu) Lebih parahnya lagi yang nulisin disitu tentang artikel ke-123.000 tersebut adalah sorang anon (bukti) Mohon dicek --Erik 09:04, 29 Mei 2010 (UTC)

Anda tidak kepikiran kalau artikel sebelum artikel ke-123.000 itu dihapus (termasuk semua peribahasa yang Anda usulkan untuk pindah ke Wikiqoute; maka sekarang kalau saya menghitung artikel ke-123.000 melalui Hukum Borgx pasti berbeda dengan yang tercantum di pengumuman)... (karena artikel tentang peribahasa yang telah dihapus itu artikel sebelum artikel ke-100.000; berarti sekarang artikel ke-100.000 pasti bukan Luck by Chance) Thx.. ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 14:00, 29 Mei 2010 (UTC)
Itu tak ada hubungannya sebab saya ngusulin buat dihapusnya itu tanggal 29 April 2010 dan sementara si anon itu bikin pengumuman-nya itu 3 Mei 2010. Lagipula yang tertulis di Wikipedia:Pengumuman sepanjang tahun tak pernah terpengaruh pada segala "peristiwa penghapusan besar-besaran" baik itu penghapusan besar-besaran artikel peribahasa, penghapusan/pengalihan besar-besaran artikel lama hingga awalnya udah mencapai artikelnya 117.000 menjadi turun 116.000 lagi, dan lainnya yang Anda tau. --Erik 23:15, 29 Mei 2010 (UTC)
Lalu, perlukah kita mendata semua artikel : kapan waktu pembuatannya ? Jika iya, akan sangat melelahkan.. Albertus Aditya (bicara) 02:24, 30 Mei 2010 (UTC)

Arsip April 2010

ProyekWiki Disambiguasi

Ayok, ayok, Masrudi, Iwan, dll. gabung dengan Proyek Wiki Disambiguasi.
bennylin
12:48, 11 April 2010 (UTC)

Hadiiir....!  Ę-oиė   >>>  ™ 16:45, 11 April 2010 (UTC)

Info baru !

  • Jumlah artikel WBI (119.359) sudah melewati jumlah artikel Wikipedia Volapuk (118.791)
  • Jumlah artikel Wikipedia Vietnam "masih" 117.212
  • Jumlah artikel Wikipedia Arab : 123.905. (NB : Depth Wikipedia Arab : 183 !!!) Apakah mau dikejar ?
  • Depth Wikipedia Inggris sudah mencapai 499 !

·· Kenrick ( ) 08:31, 25 Maret 2010 (UTC)

Arab...?? Sapa Takut !!! Kejaaaaar..  E-one   >>>  - 08:35, 25 Maret 2010 (UTC)
Mau kejar Depth Arab ? ·· Kenrick ( ) 14:59, 25 Maret 2010 (UTC)

Kejar depth? gampang kok ngakalinnya.. copy seluruh isi artikel AIDS, lalu paste di semua artikel, dan sembunyikan, beres kan :p (just kidding) • Mimihitam  • 15:11, 25 Maret 2010 (UTC)

Depth turun 0,1. NoiX180 (bicara) 15:27, 25 Maret 2010 (UTC)

Sekarang hari Sabtu, 16 November, 00:44 WIB
Mohon maaf sebelumnya, ada yang bisa menerangkan pengertian Depth dalam konteks artikel pada Wikipedia ? Padanan katanya apa ? Mengapa harus menggunakan istilah asing ? Sekali lagi mohon maaf, maklum orang baru  E-one   >>>  -

"Depth" perhitungan kasar yang menunjukkan kualitas dari ensiklopedia di wiki lebih jelasnya lihat di meta:Depth. Athrion  01:09, 26 Maret 2010 (UTC)

Ya sudah lah ya :p depth sebenernya gak usah terlalu dipikirin juga, kalo mau gede-gedean depth tinggal pake cara ngakalin itu :p • Mimihitam  • 01:28, 26 Maret 2010 (UTC)

108,72 Depth kita kok kadang bisa naik sampai 50,5 ; kadang kok turun jadi 50,1 ? ·· Kenrick ( ) 01:39, 26 Maret 2010 (UTC)
Penghitungan depth serta analisisnya, lihat Pembicaraan Templat:DEPTH.
bennylin
01:47, 26 Maret 2010 (UTC)
Suntingan kecil-kecilan mempengaruhi Depth juga rupanya... ^^. Bagi tugas gimana? Ada yang bikin artikel desa/kelurahan, ada yang memberikan templat kelurahannya. Sudah dihitung menyunting kan itu? ^^ NoiX180 (bicara) 14:34, 26 Maret 2010 (UTC)

Jadi setelah merujuk ke templat {{DEPTH}}, saya masih bingung. Apa yang mempengaruhi penambahan jumlah DEPTH (kedalaman) ? Apakah jumlah artikel, jumlah suntingan (kecil/besa).
Tolong penjelasan dari rekan-rekan agar kita bisa mengejar ketinggalan kita baik dalam segi kualitas (DEPTH) maupun kuantitas (jumlah artikel). Terima kasih  E-one   >>>  - 07:14, 29 Maret 2010 (UTC)

Jumlah suntingan dan jumlah halaman non-artikel; (jumlah artikel juga mempengaruhi)... ·· Kenrick ( ) 08:53, 29 Maret 2010 (UTC)

Saya lihat Wikipedia Vietnam juga bermain-main di artikel kota: vi:Altavas, Aklan Mimihitam  • 03:33, 2 April 2010 (UTC)

Artikel ke-119.000?

Saya hanya ingin bertanya kepada siapa saja yang tahu artikel yang ke-119.000 di Wikipedia Bahasa Indonesia dan saya juga tidak tahu kapan artikel ke-119.000 ditulis karena saya melihat artikel ke-120.000 sudah ada sedangkan artikel ke-119.000 kenapa tidak ada? Aldo samulo (bicara) 11:59, 30 Maret 2010 (UTC)

Menurut Hukum Borgx :
Dengan rumus itu, artikel ke 120.000 yang saya dapati malah Roşiorii de Vede, dan yang ke 119.000 malah Dambung Raya, Bintang Ara, Tabalong Mimihitam  • 15:56, 30 Maret 2010 (UTC)
Permasalahannya, artikel mana yang merupakan ke-xx berbeda-beda dari waktu ke waktu, tidak ada satu artikel yang pasti. Dikarenakan beberapa sebab (mis. artikel yang dihapus, sehingga penomoran semua mundur, dst.) maka dari itu perlu waktu untuk posisi itu "stabil" (relatif tidak berubah-ubah lagi) sehingga saya cenderung tidak mencantumkannya segera setelah menembus kelipatan seribu, melainkan menunggu minimal 2 minggu (lihat di pembicaraan Wikipedia:Pengumuman), cuma ya itu, terkadang setelah 2 minggu lupa, seperti yang terjadi pada 119k. Daftar 1-120k itu kalau dicek lagi saat ini, saya percaya sudah berubah semuanya. Itulah natur dari daftar itu. Pemilihan artikel ke-100k saya tahu pribadi juga bukan ke-100k proper, lebih karena alasan publisitas, oleh karena itu dipilih buatan anon dan yang kebetulan judulnya pas, namun saya memahaminya. Intinya, pengguna lama jangan terlalu obsesif untuk masuk ke daftar itu, justru saya melihat lebih baik kehormatan diberikan ke pengguna baru saja, biar mereka merasa telah mencapai sesuatu. Salam.
bennylin
01:48, 31 Maret 2010 (UTC)
Mim, Anda lupa +1; Artikel yang ke-X adalah artikel dengan nomor A+1. ·· Kenrick ( ) 03:37, 31 Maret 2010 (UTC)

Saya gak obsesif kok, cuma iseng aja :p dapet artikel ke 120k juga gak dapet apa-apa tokh? @kenrick kayaknya udah saya jumlah deh... • Mimihitam  • 06:51, 31 Maret 2010 (UTC)

Sebelum saya +1; hasilnya itu yg Anda bilang. ·· Kenrick ( ) 08:40, 31 Maret 2010 (UTC)
Tidak menunjuk siapa-siapa ---->_<-----
bennylin
11:59, 31 Maret 2010 (UTC)
Horee ! artikelku jadi artikel ke 120.000 walaupun cuma artikel remeh temeh (artikel rintisan desa/kelurahan). hehehe.... (KEEP A GOOD WORK, DUDE !).  Ę-oиė   >>>  ™ 07:24, 31 Maret 2010 (UTC)

Yang penting sekarang berlomba mencapai artikel ke-123.456, hehehe. :) FarrasLa Poste 10:34, 31 Maret 2010 (UTC)

Dijamin 100,5%45% yang menang itu pengguna yang suka buat artikel kecamatan atau kelurahan/ desa. ·· Kenrick ( ) 14:51, 31 Maret 2010 (UTC)
Saya suka jawabannya (di atas). Ezagren peduli pesut 15:31, 1 April 2010 (UTC)

Jadi kesimpulannya, siapa yang mau mengupdate Wikipedia:Pengumuman? • Mimihitam  • 05:32, 1 April 2010 (UTC)

Pengurus. ·· Kenrick ( ) 05:46, 1 April 2010 (UTC)
Siapa aja boleh, cuma satu yang perlu diingat, dicantumin juga tidak dapat hadiah, dan siapa saja boleh mengubahnya (eh, dua ya?)
bennylin
12:44, 2 April 2010 (UTC)


Entah kenapa, saya tes berubah lagi.. artikel ke 119k jadi Manduin, Muara Harus, Tabalong, ke 120k Suato Baru, Salam Babaris, Tapin Mimihitam  • 14:52, 1 April 2010 (UTC)

Pasti karena artikel sebelum artikel ke 119k banyak yang dihapus. ·· Kenrick ( ) 15:02, 1 April 2010 (UTC)
Buahahaha... ternyata yg remeh-temeh tetap memimpin.  Ę-oиė   >>>  ™ 15:24, 1 April 2010 (UTC)

Maaf, Numpang lewat..., cuma sekedar/sekadar pemberitahuan. Kota-kota di Rusia banyak yang tidak sesuai dengan standar WBI. Contohnya Ufa, dll. Dimohon sukarelawan untuk sedikit menambah isinya (minimal 7 kalimat dalam 1 paragraf). Ezagren peduli pesut 10:20, 4 April 2010 (UTC)


please help

bagaimana memberi tanda bahwa artikel yang saya ketik belum fix dan mohon untuk tidak diganggu gugat – komentar tanpa tanda tangan oleh 70Diani (bk) .

Tambahkan {{inuse}} pada bagian awal artikel. sentausa (bicara) 03:32, 7 April 2010 (UTC)

Situs kreatif

wakakapedia.com, situs kreatif yang menjiplak, eh meniru, eh mencuri desain Halaman Utama :) Kreatifnya lagi, mesinnya bukan MediaWiki tapi Wordpress :P
bennylin
07:36, 7 April 2010 (UTC)

GPP lah, anggep aja temennya tolololpedia  Mimihitam  • 08:08, 7 April 2010 (UTC)
Ada yang tahu udang di balik otaknya?
bennylin
14:48, 7 April 2010 (UTC)
Hehe... jangan pesimis gitu donk pak Benny dengan Wordpress, secara blog resmi wikipedia, blog.wikipedia.org juga menggunakan engine Wordpress koq.  Ę-oиė   >>>  ™ 03:51, 8 April 2010 (UTC)


Kulit baku Wikipedia akan berubah !

Pada tanggal 5 April, Wikimedia Commons sudah merubah tampilan bakunya dari "monobook" menjadi "beta/vector". Wikimedia Foundation merencanakan akan merubah tampilan kulit baku di seluruh Wikipedia di akhir bulan April, dimulai dengan Wikipedia Bahasa Inggris, kemudian bahasa lainnya. (WMF). Siap siap untuk perubahan ! ·· Kenrick ( ) 15:05, 7 April 2010 (UTC)

Gerakan 1 juta Wikipediawan Indonesia mendukung kulit monobook!!!
bennylin
15:28, 7 April 2010 (UTC)

Bagaimana mau sejuta, lha wong pengguna WBI saja baru 164.300 (hingga 8 April 2010 pukul 12.18 WIB/13.18 WITA). Tapi saya mendukung kulit monobook karena sudah terbiasa dan tak bosan. Ezagren peduli pesut 05:13, 8 April 2010 (UTC)

hahaha. Justru itulah... kita masih kurang 835.700 orang lagi. Ayo rekrut!
bennylin
15:15, 8 April 2010 (UTC)
Sebaiknya tampilan halaman depan wikipedia bahasa Indonesia juga diubah, karena sepertinya tampilan Vector tidak cocok/kurang sreg dengan halaman tampilan sekarang.Hand15 (bicara) 15:36, 7 April 2010 (UTC)
Waktu itu ada diskusi tentang pengubahan halaman utama, tapi banyak pengurus yang menolak. Hasilnya : tidak diubah karena hasil diskusi tidak sesuai dengan kebijakan berdiskusi (disetujui 2/3 pemilih; diskusi ini hanya disetujui kire- kira 50% pemilih). ·· Kenrick ( ) 02:22, 10 April 2010 (UTC)

Buat apa juga galang orang2 sebanyak itu kalau artikel WBI tak bertambah? Masa merekrut 835.700 orang hanya untuk sebuah "kulit"? Lha wong sekarang saja Pengguna WBI saja lebih besar daripada artikelnya. Oya, mas Bennylin, tolong jawab pertanyaan saya di halaman pembicaraan anda.Ezagren peduli pesut 15:58, 8 April 2010 (UTC)

Kan belum pasti 1.107.336 pengguna itu pasti suka monobook. ·· Kenrick ( ) 14:52, 9 April 2010 (UTC)
Setuju dengan pak Bennylin, daftarkan nama saya satu pada yg 1 juta itu !!!! Udah capek menghias halaman pengguna pake monobook, malah mau diganti dengan vektor. (kompor mode)  Ę-oиė   >>>  ™ 18:05, 7 April 2010 (UTC)
Malah saya paling suka pakai kulit vector sebab ada warna kesukaan saya (biru langit/ skyblue) di border kotak penyuntingan. ·· Kenrick ( ) 14:43, 8 April 2010 (UTC)
Ye... sana kamu dirikan saja grup "Sepuluh orang Wikipediawan mendukung kulit Vector"... Topik ini sudah dikuasai grup kami. Silakan buat yang baru yang agak jauh di sana, jangan dekat-dekat kita...
bennylin
15:15, 8 April 2010 (UTC)
Saya juga lebih suka yang vector. lebih mantap. Alagos (bicara) 16:38, 8 April 2010 (UTC)
Ok, sudah ada 2, sekarang klasemennya :
Pendukung Jumlah anggota Anggota
Vector 4 Kenrick95, Alagos, Hand15, Kia 80
Monobook 3 Bennylin, Iwan Novirion, Ezagren

·· Kenrick ( ) 14:52, 9 April 2010 (UTC)

Hidup Vector!!!
Alagos (bicara) 15:26, 9 April 2010 (UTC)
Count me in Hand15 (bicara) 15:48, 9 April 2010 (UTC)

Setuju untuk Vector! kalo sekarang belum terbiasa.. nanti juga akan terbiasa. Kia 80 17:12, 9 April 2010 (UTC)

Kulit Vector lebih eye-catching, loadingnya lumayan cepat dan untuk penyuntingan artikel lebih nyaman dan tidak ngadat keganggu spelling-nya browser. eMpu Pallawa (bicara) 16:34, 24 April 2010 (UTC)

1001 Alasan mendukung kulit Monobook

Contoh? Alfarq (bicara) 22:24, 9 April 2010 (UTC)

Lihat di sini mas >> en:Wikipedia:WikiProject_User_scripts/Scripts
Di sana disebutkan bahwa banyak skrip yang didisain berdasarkan kulit monobook, sementara kulit vector belum disebut-sebut.

. Jadi saya coba Skrip selamat datang di kulit vektor, ternyata gak jalan.  Ę-oиė   >>>  ™ 22:52, 9 April 2010 (UTC)

yah kl cuma skrip selamat datang, nti juga bakalan ada yg bikin di vector :p Rheka (bicara) 00:01, 10 April 2010 (UTC)
Eh non Rheka udah bangun... Itukan cuma contoh kecil, banyak lagi koq skrip2 (yg buat pengurus) blom singkron ama vector. (sok tau mode)  Ę-oиė   >>>  ™ 00:09, 10 April 2010 (UTC)
ha3x.. yah sama juga kali, nantinya skrip2 yg memang perlu pasti dibuat di vector Rheka (bicara) 00:17, 10 April 2010 (UTC)

Lebih tepatnya sih sebenarnya alasan untuk menolak vector (dan saya cuma punya 1 alasan itu), yaitu bahwa toolbarnya menjijaykan... alias terlalu basic. Ane kan sudah advanced gitu lho... :P
bennylin
09:32, 10 April 2010 (UTC)

Bukannya bagus kalo begitu, dapat menarik pengguna baru? Malah yang advanced nakut2in pengguna yang baru bergabung. Alfarq (bicara) 01:34, 12 April 2010 (UTC)
Setuju sama saudara Alfarq !! Toolbar Vector dapat mempermudah penuntingan di Wikipedia sehingga dapat menarik pengguna baru untuk bergabung. ·· Kenrick ( ) 15:42, 12 April 2010 (UTC)

1001 Alasan mendukung kulit Vector

  • Vector lebih cepat loading dibanding Monobook karena tidak ada gambar background ([11]) yang mengganggu proses loading. (saya udah coba pada kecepatan internet yang lambat, ternyata di vector loading halaman lebih cepat daripada di Monobook)
  • Skrip Monobook dapat dengan mudah dimodifikasi supaya kopatibel dengan Vector
  • Vector lebih simpel
  • Vector memiliki kotak penyuntingan yang lebih mudah digunakan
  • Tab tidak diperlukan disembunyikan ke dalam MediaWiki Vector skin action arrow.png
  • Untuk memantau suatu artikel hanya perlu klik sebuah gambar "bintang"

·· Kenrick ( ) 01:00, 10 April 2010 (UTC)

    • Ada warna favorit saya (Skyblue) ·· Kenrick ( ) 01:00, 10 April 2010 (UTC)
Wah..., kalau sudah pakar skrip yang bicara... saya menyerah dech.. Pizz mas Kenrick. Piiiizzzz ...  Ę-oиė   >>>  ™ 01:15, 10 April 2010 (UTC)
Saya bukan pakar skrip kok.... Kan biasanya kalo ada program yang tidak kompatibel (anggap saja program yang berjalan di XP tidak berjalan di Vista), si pembuat program akan berusaha membuat versi yang kompatibel dengan sistem yang baru (apalagi kalo en.wiki nanti dipaksa pakai vector, pasti banyak skrip yang diubah supaya kompatibel dengan vector) ·· Kenrick ( ) 01:23, 10 April 2010 (UTC)

Update nama kecamatan

Bisa bantu saya untuk mengupdate kecamatan2 di kab/kota baru. Dalam hal ini, saya sampaikan adalah Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Mesuji. Ezagren peduli pesut 07:06, 12 April 2010 (UTC)

Sudah boz..! Silahkan di revisi.  Ę-oиė   >>>  ™ Sekarang hari Sabtu, 16 November, 00:44 WIB

Q jg nh mau minta t0l0nk. Kabupaten Buton ama Kabupaten Wakatobi, sangat diharapkan 0k. Salam WBI  MasrudinNgomong  11:50, 12 April 2010 (UTC)


Depth

Saya lihat seblumnya Depth kita bekembang dengan cepat (kalau tidak salah pernah mencapai 53,48). Namun setelah saya lihat pengguna membuat artikel tentang desa/ kelurahan secara massal, ternyata Depth kita malah turun kembali jadi 53,3. Hari ini tadi pagi saya lihat sudah mencapai 53,35 tapi waktu siang turun lagi jadi 53,1 (setelah ada yg buat artikel tentang desa/ kelurahan). ·· Kenrick ( ) 05:58, 16 April 2010 (UTC)

Kalau hari ini, bukan saya, lho! Pantas saja anda tak berminat membuat artikel desa/kelurahan. Sekalipun itu kelurahan di kota Medan (kota tempat anda tinggal) yang jumlahnya ratusan. Ezagren peduli pesut 07:40, 16 April 2010 (UTC)
Merujuk pada templat {{DEPTH}} sepertinya penambahan jumlah Artikel memang akan mempengaruhi penurunan angka Depth.
Sementara meningkatnya jumlah Depth bisa terjadi bila jumlah suntingan bertambah.

Rumus:

Dimana :

  • "D" adalah : Jumlah DEPTH
  • "S" adalah : Jumlah suntingan
  • "A" adalah : Jumlah artikel
  • "H" adalah : Jumlah halaman

Jadi kita coba ambil suatu contoh, misalnya :

  • "S" Jumlah suntingan = 400
  • "A" Jumlah artikel = 100
  • "H" Jumlah halaman = 200

Maka DEPTH adalah >>>   2

Terlihat bahwa apabila jumlah suntingan di jadikan 500 maka Depth akan naik menjadi 2,5

Jadi, banyak-banyaklah menyunting. Saran saya pada artikel kelurahan, agar ada yang meninjau (review) halaman-halaman baru rintisan tersebut, seperti menambahkan km/jiwa misalnya atau penambahan interwiki-nya. Sehingga akan tercatat sebagai suatu suntingan. Mohon koreksinya apabila saya salah. Salam  Ę-oиė   >>>  ™ 07:30, 16 April 2010 (UTC)

Sebaiknya sebuah artikel disunting oleh lebih dari seorang pengguna. Jadi misalkan membuat artikel, biarkan iw-nya dibuat oleh orang lain. Meursault2004ngobrol 09:51, 16 April 2010 (UTC)
Saya enggan lagi menambahkan interwiki. Ezagren peduli pesut 13:05, 16 April 2010 (UTC)

Guys, jangan hanya karena depth kita menjadi membuat artikel asal-asalan interwiki tetap perlu diadd... jika memang mau meningkatkan depth, mungkin solusi tengahnya dengan mengadd interwiki ke EN saja • Mimihitam  • 13:20, 16 April 2010 (UTC)

Tidak usah memikirkan depth, depth dapat ditingkatkan dengan bot kok... (apalagi bot yang jalan di WBI untuk perubahan kecil) ·· Kenrick ( ) 13:33, 16 April 2010 (UTC)
Solusi yang ga banget.. -_- Hariadhi - Ngobrol 02:12, 2 Mei 2010 (UTC)

Wikipedia Bahasa Vietnam

Wikipedia Vietnam sudah melampaui Volapuk. Korban selanjutnya adalah WBI. Alagos (bicara) 14:19, 18 April 2010 (UTC)

Berarti sekarang tidak usah peduli Depth lagi (toh pake bot pun Depth bisa naik dgn sendirinya)... tinggal 4 ribuan artikel untuk melampaui Arab ! ·· Kenrick ( ) 14:44, 18 April 2010 (UTC)
Satu info lagi... di Wikipedia Vietnam, artikel pilihannya itu setiap minggu berubah ! (semoga dengan dibukanya PW AP, dapat mengubah lama ditampilkannya AP WBI menjadi setiap minggu) ·· Kenrick ( ) 14:53, 18 April 2010 (UTC)
Kita butuh 4 ribuan lagi untuk ngejar arab tapi vietnam "hanya" butuh 2 ribuan artikel lagi untuk ngejar kita. Belakangan ini juga artikel-artikel daerah kok jarang ada lagi ya padahal jumlah artikel WBI kan sangat bergantung dari situ. Alagos (bicara) 15:24, 18 April 2010 (UTC)
Ayoo para pengrajin.. eh pembuat artikel kelurahan/desa, kita kejar Wiki Arab. Go..Go.. Go...  Ę-oиė  >>>  ™ 16:54, 19 April 2010 (UTC)
Mohon ajak Ezagren... dia yang paling rajin bikin artikel kelurahan/desa... (lagipula Depth Wikipedia Vietnam masih 40-an) ·· Kenrick ( ) 04:33, 20 April 2010 (UTC)

Uh... capek ke kanan terus. Ke kiri, ya! Hahaha!. Tenang! Siap dilaksanakan. Masih ada beberapa daerah di Kalsel yang belum "dibirukan" (mengapa di Kalsel? Karena di Kalsel-lah yang seluruh kecamatannya yang ada templat desa/kelurahannya). Tapi, nanti ya! Istilahnya, nyambi. Soalnya saya juga punya daftar tunggu artikel saya yang perlu diwikifisasi. Ezagren peduli pesut 15:50, 20 April 2010 (UTC)

Wikipedia bahasa Vietnam tinggal 2 ribuan lagi untuk mengejar Wikipedia Bahasa Indonesia tetapi kok penambahan artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia sangat lambat? Aldo samulo (bicara) 06:38, 23 April 2010 (UTC)
Artikel kelurahan jarang ada yang buat lagi.   Alagos |   17:27, 24 April 2010 (UTC)
Nunggu dapat ilham dolo mas...  Ę-oиė  >>>  ™ 17:32, 24 April 2010 (UTC)
Ilham apa? Sebenarnya masih ada di Tanah Bumbu dan Tanah Laut, desa2nya masih perlu dibirukan. Saat ini saya lagi konsen ke Wikimedia, tepatnya di Inkubator. Ezagren peduli pesut 01:53, 25 April 2010 (UTC)
Waduuuh...! Si boz udah marah... Siaap ! Kerjakan ! Eh... bikin WP Banjar ya boz....? Kabuuuuur...  Ę-oиė  >>>  ™ 07:32, 25 April 2010 (UTC)

Liputan media massa dan internal untuk Bebaskan Pengetahuan 2010

Enjoy! Serenity (bicara) 15:30, 4 April 2010 (UTC)

Logo Bebaskan Pengetahuan 2010

Internal

Blog
Wikipedia signpost

Kritik/Saran Bebaskan Pengetahuan 2010

Ada sedikit masukan pada BP2010 :

  • Saat pelatihan sepertinya tidak dijelaskan perbedaan waktu server Wikipedia UTC dengan waktu pada komputer pengguna.
Ha ha, ini lucu, aku ketawa ketawa juga pas lihat diskusinya.
    • Ada peserta yg protes dan bilang jam Wikipedia ngaco :
Sebenarnya tampilan jam bisa diubah di preferensi. Saya sekarang pakai WIB (UTC+7), tapi tidak mengubah waktu yang dipakai di tanda tangan rupanya *melirik ke samping* Gombang (bicara) 04:19, 10 April 2010 (UTC)
  • Sepertinya penjelasan cara mengunggah berkas gambar baik di WBI maupun di Commons masih kurang.
ini ngga akan pernah cukup waktunya, bukan cara unggahnya yang bermasalah, tapi menerangkan hak cipta dan bebas hak cipta yang untuk hampir semua peserta adalah hal baru.
  • Peserta masih banyak yang bingung soal peletakan referensi (cite note)
Ini betul, padahal udah ada di slidesharenya, caranya bagaimana single dan multiple, tapi ngga semua memperhatikan. That's why there are going to be additional training. 125.161.156.239 12:23, 9 April 2010 (UTC)

Wasalam,
 Ę-oиė   >>>  ™ 04:58, 9 April 2010 (UTC)

Komentar

Profisiat buat Bebaskan Pengetahuan 2010. Halaman recent change di wikipedia ID jadi sangat aktif, lebih aktif dari biasanya. Thumbs up• Mimihitam  • 07:41, 5 April 2010 (UTC)

Setuju...! too.  Ę-oиė   >>>  ™ 12:33, 5 April 2010 (UTC)
Setuju Rheka (bicara) 12:39, 5 April 2010 (UTC)
Upaya yang bagus!. Ayo dukung kegiatan ini. Salam, Naval Scene (bicara) 03:22, 8 April 2010 (UTC)

Vector di Commons

Pengguna kulit Vector : 10.000-an; yang mengembalikan kulitnya ke Monobook hanya 1000-an (kira- kira 9%). (WMF). Vector menang !! ·· Kenrick ( ) 10:18, 25 April 2010 (UTC)

Wikitem

Wikitem

Ah, bodo ah, pakai latar belakang putih bikin mata sakit, lebih baik pakai "kulit" Black background, light text:PitchDark companion-I + minimalistic. Lom pernah denger semua kan :)
bennylin
16:33, 15 April 2010 (UTC)

Buahahahaha.... Mantaaap pak !!!! Selamat tinggal kulit yang menyakitkan mata. Makasih pak pranala-nya. Apik !  Ę-oиė   >>>  ™ 19:31, 15 April 2010 (UTC)
Wikiitem ??? :D ·· Kenrick ( ) 03:35, 16 April 2010 (UTC)
Bagus sih, tapi kok warna pranalanya jadi sama semua.
Alagos (bicara) 13:45, 16 April 2010 (UTC)

Satu doang yang janggal.. gambar di sebelah kiri "tahukah anda, gambar pilihan, artikel pilihan" dll jadi jelek, soalnya kotak gitu  Mimihitam  13:47, 16 April 2010 (UTC)

Iya, link merah dan biru jadi ijo semua :P . Boleh sih yang bisa coding CSS (saya ga gitu bisa) utak-atik itu kode untuk disesuaikan dengan id.wiki, lalu share ke sini :)
bennylin
14:05, 16 April 2010 (UTC)

Berkas-berkas seperti Nuvola apps kpdf-20px.png juga perlu dilatarbelakanghitamkan supaya cocok dengan background hitamnya ;)  Mimihitam  14:08, 16 April 2010 (UTC)

Seharusnya berkas itu diganti jadi versi SVG... Tapi kok tidak diganti ?? ·· Kenrick ( ) 14:12, 16 April 2010 (UTC)
Udah diganti jadi Nuvola apps kpdf.png
Yang sekarang aku tau klo mau ganti warna link yang udah pernah dikunjungi (history di browser masing-masing), tinggal ganti bagian a:visited (color: #338060) ke warna kesukaan kalian.
bennylin
14:35, 16 April 2010 (UTC)
Tambahan lagi, klo mau warna pranala merah tetap merah, tambahkan kode

a.new:link, a.new:visited{color: #af0000 !important;} a.new:hover{color: #ffcc33 !important;}

Selain itu aku juga hapus kode img, #editor_toolbar * ul * {-moz-appearance: none !important; background-color: #999481 !important;}
bennylin
16:08, 16 April 2010 (UTC)

Bagi pengguna yang memakai Firefox, diperlukan pengaya (add-ons) Greasemonkey untuk menampilkan Wikitem ini. Namun apabila tidak ingin meng-install Greasemonkey, dapat langsung mengunduh Wikitem sebagai pengaya dari Firefox berikut perbaikan kecil dari pak Bennylin di : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/146361/
Salam,
 Ę-oиė  >>>  ™ 15:42, 17 April 2010 (UTC)

Bagiku Wikiwhite (Wikiputih) lebih bagus... ·· Kenrick ( ) 15:57, 17 April 2010 (UTC)

Wikiitem cukup berguna klo mata udah mulai sakit. Alagos (bicara) 18:03, 17 April 2010 (UTC)

Setuju !!!  Ę-oиė  >>>  ™ 19:56, 17 April 2010 (UTC)
NB: bacanya Wi-ki-tem :) Gunanya: menghemat energi (mengurangi energi yang dikonsumsi komputer Anda untuk menampilkan sinar putih.
Setahu saya, apapun warna yang muncul tidak memberi pengaruh hemat energi. FarrasLa Poste 17:06, 19 April 2010 (UTC)
Setuju dengan anda ! Tapi anda membicarakan pengunaan monitor LCD yang mengkonsumsi daya secara tetap, dan melupakan penggunaan monitor CRT (tabung) yang masih luas penggunaannya di wilayah Indonesia tercinta ini.  Ę-oиė  >>>  ™ 17:17, 19 April 2010 (UTC)

Usulan penghapusan berkas di Commons

Gambar Boediono telah dihapus dari Commons (karena alasan pelanggaran hak cipta yang tidak jelas) dan sekarang mereka mengusulkan gambar Susilo Bambang Yudhoyono juga ikut dihapus dari Commons (sewaktu saya mengusulkan supaya gambar Boediono dikembalikan). Ada yang bisa membantu membela saya di Commons ? Commons:Commons:Undeletion_requests/Current_requests#File:Boediono_2009.png. ·· Kenrick ( ) 13:38, 11 April 2010 (UTC)

Haha.. itu kesalahan yang meng-unggah. Kenapa juga kasi pranala sumeber ke Announcement (Indonesian) yang jelas-jelas mencantumkan "(Copyright 2009 : Biro Pers dan Media/Rumga-Pres RI)", tentu saja orang asing jadi salah mengerti bahwa gambar tersebut memiliki Copyright dari "Biro Pers dan Media/Rumga-Pres RI", bukan dari Pemerintah Indonesia (IDgov).  Ę-oиė   >>>  ™ 15:10, 11 April 2010 (UTC)
Tapi aneh loh... masa udah gitu lama dihapus, pranala ke berkas boediono dalam artikel Boediono masih belum dibuang oleh CommonsDelinker. ·· Kenrick ( ) 00:59, 12 April 2010 (UTC)
CommonsDelinker..? Jawabannya cuma satu, Bot juga manusia... hehehe... Maksudnya bot juga di operasikan oleh manusia. Kalo gak login ya gak jalan bot-nya. Ya kan koko ? Btw kasian nasib pak Budi, fotonya di hapus di commons, situs resminya ga jalan, eh situs sekretariat wapres juga ga jelas.  Ę-oиė   >>>  ™ Sekarang hari Sabtu, 16 November, 00:44 WIB
Situs web Boediono sekarang http://www.wapresri.go.id/. (baru dibuka)... ·· Kenrick ( ) 15:38, 12 April 2010 (UTC)
Wah banyak pranala merah tuh di situs pak wapres. Ayo kita sunting ! hehehe....  Ę-oиė   >>>  ™ 16:42, 12 April 2010 (UTC)
Itu kan pranala biru yang diberi warna merah saja... ·· Kenrick ( ) 14:16, 16 April 2010 (UTC)

Pemberitahuan PENTING !!!!

Tepat jam 00.40 WIB (bukan UTC krn ikut preferensi saya), Bot CommonsDelinker bekerja menghapus pranala ke berkas SBY karena berkas gambar tersebut telah di hapus di commons oleh Zscout370

Demikian pemberitahuan ini sekaligus sebagai ucapan belasungkawa atas dihapusnya foto Presiden R.I. di commons wiki.
Wasalam,
 Ę-oиė   >>>  ™ 18:33, 12 April 2010 (UTC)

Kan... baru dihapus, CommonsDelinker sudah langsung bekerja. Tapi dalam kasus "Boediono", CommonsDelinker nggak bekerja... ·· Kenrick ( ) 02:15, 13 April 2010 (UTC)
Wah mungkin pak Budi temannya CommonsDelinker kali' ya ? Mari kita tanyakan mumpung websitenya masih gress.. pak..? pak..?  Ę-oиė   >>>  ™ 02:24, 13 April 2010 (UTC)
Berkas SBY sudah saya unggah ke WBI (Berkas:Susilo Bambang Yudhoyono 2009.png); Sewaktu diancam akan dihapus, saya sudah mengunduh berkas tersebut dari Commons. ·· Kenrick ( ) 02:31, 13 April 2010 (UTC)

Commons masih belum mau mengembalikan gambar Boediono (supaya saya bisa mengunggahnya ke WBI). ·· Kenrick ( ) 12:18, 16 April 2010 (UTC)

Pertanyaan untuk topik Melody Kota Rusa

Mohon maaf saya mau bertanya kenapa tulisan saya di : http://id.wikipedia.org/wiki/Melody_Kota_Rusa diberikan peringatan akan dihapus ya ? soalnya saya jadi bingung referensi apa lagi yang harus dilengkapi ? sebab saya sendiri sebagai pemilik film tersebut yang memasangnya didunia maya. begitupula yang memasukannya ke wikipedia ini. jadi sumber lain hanya ada melalui pemberitaan koran saja. ini juga hanya sebagai informasi film.

hanya saja mungkin yang perlu dirubah adalah tanggal rilisnya di gedung bioskop merauke adalah tanggal 20 januari 2010 sedangkan tanggal rilis DVD nya barulah bulan mei 2010

mohon petunjuknya jika asih ada yang salah atau kurang

terima kasih --Irham acho (bicara) 04:20, 14 April 2010 (UTC)

Bung Irhan acho yth, blogspot, kaskus, dan situs-situs pribadi lainnya bukan termasuk sumber tepercaya dan membuat suatu artikel layak menjadi artikel ensiklopedia. Coba anda lihat Wikipedia:Kelayakan artikel dan Wikipedia:Sumber tepercaya sebagai bahan pertimbangan anda. Oh iya, untuk subjudul pertanyaan sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital. Semoga membantu. Salam, Naval Scene (bicara) 04:32, 14 April 2010 (UTC)
Karena sudah ada link ke Papua Post, IMO sih sudah layak.. mungkin bung Irham bisa tambahkan lebih banyak catatan kaki ke media-media massa • Mimihitam  • 04:25, 14 April 2010 (UTC)

Templat baru bagi halaman pengguna

Ada beberapa templat baru buat menambah pernak-pernik halaman pengguna anda :

  • {{Spekom Pengguna}} - untuk menambah kotak spesifikasi komputer pengguna
  • {{Tahukah-acak}} - menambah kotak "Artikel Tahukah Anda" secara acak.
  • {{kppt}} - singkatan dari "kotak pengguna peristiwa terkini" (bisa ditambahkan dibawah userbox)

Silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya.
Salam,
 Ę-oиė  >>>  ™ 17:06, 19 April 2010 (UTC)

MANTAP!!
Alagos (bicara) 01:18, 20 April 2010 (UTC)
Siip...!!!  Ę-oиė  >>>  ™ 05:28, 20 April 2010 (UTC)
BAGUS!!! – komentar tanpa tanda tangan oleh Peri Cilik (bk) .

WBI ada di...

small and growing – komentar tanpa tanda tangan oleh Serenity (bk) .

Wikipedia by contributors size
Bukannya di small and slow ? ·· Kenrick ( ) 14:57, 20 April 2010 (UTC)
maksudnya growing slow' – komentar tanpa tanda tangan oleh Serenity (bk) .

Kita di small and slow, Vietnam di small and growing, Arab di persimpangan dan cenderung ke small and slow.. Rusia sendiri dikatakan sebagai success story, ada yang tahu kenapa?  Mimihitam  14:59, 20 April 2010 (UTC)

Mungkin karena jumlah kontributonya banyak + jumlah artikel berukuran 1,5 kb-nya > 120.000 = pertumbuhan kontribusinya meningkat. btw, akhir² ini Warung Kopi (khusunya bagian "Lain- lain") makin aktif ya... ·· Kenrick ( ) 15:06, 20 April 2010 (UTC)
Rusia karena kurang dari satu tahun melesatnya...euh...ngga manusiawi, hampir ngga mungkin, tahun 2007, delegasi rusia dapat standing applause di Wikimania. Serenity (bicara) 16:40, 21 April 2010 (UTC)

Fakta Terbaru

  • Artikel pertama dari WBI adalah :
Artikel Wikipedia:Memulai halaman baru suntingan pertama 24 Mei 2003 oleh Pengguna:Lookus bukti
Lucunya setelah 5 tahun kemudian, yaitu pada tgl 6 Juni 2008 di kirim pesan {{Selamatdatang}} oleh Pengguna iVP bukti

Sumber

lihat pada bagian akhir halaman situs ini
Salam,
 Ę-oиė  >>>  ™ Sekarang hari Sabtu, 16 November, 00:44 WIB

Bak pasir adalah halaman di WBI yang tidak bisa dihapus karena alasan teknis.
βέννψλιν 09:51, 21 April 2010 (UTC)
(lihat pesan saya dlm mode "sunting") ·· Kenrick ( ) 10:30, 21 April 2010 (UTC)
Aneh-aneh aja Ternyata ada pesan dalam mode sunting. Hehe...  Ę-oиė  >>>  ™ 10:48, 21 April 2010 (UTC)
Kan dia (Bennylin) sering kasih pesan tersembunyi yg hanya bisa dilihat dalam mode siunting . ·· Kenrick ( ) 10:58, 21 April 2010 (UTC)
Hush! Don't delete the main page! – komentar tanpa tanda tangan oleh Bennylin (bk) .
Kalau "Main page" tidak boleh dihapus, kenapa banyak kali yang hapus halaman utamanya en.wiki (lihat versi terdahulunya). ·· Kenrick ( ) 14:53, 21 April 2010 (UTC)

Boleh Usul?

Untuk Tahukah Anda?, Tahukah Anda bahwa karakter Sirilik(<=bagaimana menulisnya semestinya) Rusia "И" dan "Я" yang kerap kali digunakan untuk mengganti huruf latin "N" dan "R", sebenarnya bukanlah berbunyi "N" dan "R" melainkan "I" dan "Ya"? Klo Kurang pantes gak apa-apa. Cuma ngasih info doang. Sersan Mayor Kururu (bicara) 17:16, 20 April 2010 (UTC)

Sistem Aksioma

Met siang....

Mau nanya, kok artikel saya yg berjudul Sistem Aksioma tertukar dengan artikel teman saya yang judulnya Perilaku Organisasional dan Perkembangan Kolonialisme Barat di Indonesia? Bagaimana cara menghapusnya? Trims...

43Rambu (bicara) 07:08, 21 April 2010 (UTC)

Pakai komputernya sama ya? Dan waktu menyuntingnya pakai sistem copy paste ya? Sebaiknya teman Anda yang menaruh artikel yang bersangkutan harap menaruh rambu {{hapus}} di halaman yang bersangkutan dan berikan alasan di halaman pembicaraan. Ingat: yang menaruh harus orang yang memulai halaman. Lihat juga sejarah penyuntingan (lihat tab "versi terdahulu"). Dan lain kali kalau menggunakan komputer yang sama harap log keluar dulu. Meursault2004ngobrol 19:29, 21 April 2010 (UTC)

Ivan Lanin & INAICTA 2010

Di dalam majalah CHIP edisi bulan April tahun 2010 (halaman 42- 43). Saya sangat terkejut karena tokoh Indonesia yang dibahas adalah Pak Ivan Lanin (dengan judul "Ivan Lanin Bangga Berbahasa Indonesia"). Boleh dijadikan artikel di Wikipedia ??? dan 1 hal lagi... Pendaftaran INAICTA 2010 sudah dibuka... (nanti ada acaranya Wikipedia Indonesia nggak ?) ·· Kenrick ( ) 06:12, 23 April 2010 (UTC)

Iya buat saja! Sudah lama saya menginginkan artikel IvanLanin di Wikipedia Indonesia! Meursault2004ngobrol 07:52, 23 April 2010 (UTC)
Sudah saya mulai: Ivan Lanin. Bisa bantu? Meursault2004ngobrol 09:29, 23 April 2010 (UTC)
Oke... Artikel tentang tokoh WBI +1 ·· Kenrick ( ) 11:24, 23 April 2010 (UTC)
Saya bisa separo menebak siapa yang akan jadi ke-3...
βέννψλιν 11:01, 26 April 2010 (UTC)
Apakah itu Anda ? ·· Kenrick ( ) 11:05, 26 April 2010 (UTC)
Kalau saya meramalkan saya sendiri itu namanya tidak tahu malu ;P. Bukan, bukan salah satu dari "kita".
dan saya tidak akan memberikan petunjuk yang lain :)
βέννψλιν 13:38, 26 April 2010 (UTC)
Berarti saya donk...!!! (kabur...! dengan tidak tau malu)  Ę-oиė  >>>  ™ 13:49, 26 April 2010 (UTC)
I have my own guess too.. not yet now, coming soon Rhekaレーカ 13:55, 26 April 2010 (UTC)
Ada 3 dugaan : Borgx, Gombang, Serenity. Apakah dugaan Anda salah satu dari mereka ? ·· Kenrick ( ) 14:28, 26 April 2010 (UTC)
yang paling memungkinkan ditaruh referensi per kalimat lah ;) ha3x.. Rhekaレーカ 14:38, 26 April 2010 (UTC)

Sudah terjawab.... ! Cekidot >> Siska Doviana .....kabur ..bur ..bur ..bur  Ę-oиė  >>>  ™ 19:52, 26 April 2010 (UTC)

OMG~OMG~OMG~OMG~OMG 1000x
βέννψλιν 23:04, 26 April 2010 (UTC)
·· Kenrick ( ) 02:09, 27 April 2010 (UTC)
OMG juga... sudah dibikin artikelnya... ha3x... kalau skrg sih memang masih blm layak lah... just wait for a moment until some magazines or tabloids interview her, so that it will have trustworthy sources contohnya kayak majalah di bawah ini Rhekaレーカ 05:55, 27 April 2010 (UTC)

Sampul majalah Halaman 42 Halaman 43
CHIP April 2010 - Cover.JPG CHIP April 2010 - Ivan Lanin (1).JPG CHIP April 2010 - Ivan Lanin (2).JPG
Klik gambar untuk perbesar. Perhatian : Gambar diatas berlisensi penggunaan wajar dan diunggah atas permintaan Meursault2004.

·· Kenrick ( ) 02:58, 26 April 2010 (UTC)

Oh pak Ivanlanin... my hero ! (lebay mode)  Ę-oиė  >>>  ™ 05:07, 26 April 2010 (UTC)

Saya meminta pengunggahan karena ada yang meragukan artikel Ivan Lanin dan semua kalimat dibubuhi templat rujukan :-) Meursault2004ngobrol 07:39, 26 April 2010 (UTC)

Membantu Peserta BP2010..?

Saya lihat masih banyak peserta Bebaskan Pengetahuan 2010 yang masih belum beraksi, masih banyak yang diam. Apakah user biasa boleh membantu mencarikan judul artikel? Kalau boleh bgamana batas-batasannya?

eMpu Pallawa (bicara) 15:30, 23 April 2010 (UTC)

Mencarikan judul artikel jelas boleh, begitu pula memberikan petunjuk dan berdiskusi Yang perlu dibantu juga (tampaknya) pemformatan artikel dan membantu agar sesuai dengan pedoman gaya. Saya pikir sih perlakukan seperti pengguna (baru) lainnya saja. Gombang (bicara) 14:45, 25 April 2010 (UTC)

Ha, kebetulan, bantuan ngga ada batasnya, silahkan aja, batasnya cuman batas waktu, peserta hanya boleh dibantu hingga tanggal 10 Mei, habis itu, seharusnya bisa sendiri. Serenity (bicara) 06:14, 3 Mei 2010 (UTC)

Bapak, Ibu, teteh... apa ini ya ?

Wapedia, sebuah situs wikipedia bagi penggunaan di telepon genggam. Apa memang ada hubungan dengan wikipedia atau berdiri sendiri ? Mangapa tidak diberikan pranala di Halaman Utama guna diketahu oleh khalayak ?    Ę-oиė  >>>  ™ 08:04, 28 April 2010 (UTC)

Coba baca Wapedia. Meursault2004ngobrol 08:07, 28 April 2010 (UTC)
Oh situs yang berdiri sendiri di luar wikipedia ya pak ? Oke pak Revo, trimakasih infonya.  Ę-oиė  >>>  ™ 08:54, 28 April 2010 (UTC)

Tanggapan

Mohon tanggapan untuk Kandar. Terima kasih, Albertus Aditya (bicara) 15:03, 29 April 2010 (UTC)

Sudah saya tanggapi. Februari, Maret, April dalam hitungan eksak saya sejak 25 Februari-25 Maret-25 April dalam adalah dua bulan, belum tiga bulan. Ezagren peduli pesut 15:55, 29 April 2010 (UTC)
Selanjutnya ada di halaman tersebut, harap tidak dilanjutkan yang di sini. Albertus Aditya (bicara) 16:17, 29 April 2010 (UTC)

Ukuran Halaman Utama

Saya barusan mengetes pakai Firebug, ternyata ukuran Halaman Utama besar juga...

  • 85 requests
  • 404.7 KB (388.9 KB from cache)
  • 1m 29s (onload: 1m 29s)

Ini kebetulan koneksi internet saya lagi lambat, jadinya lama (1 menit lebih, untungnya 3/4 dari isi halaman utama diambil dari cache). Sekedar usul, bolehkah jumlah berkas di halaman utama dipersedikit (seperti berkas di "Proyek Wikimedia lain", atau di "{{Kategori utama}}"). Kan di Indonesia masih banyak yang pakai koneksi internet yang lambat.[butuh rujukan] ·· Kenrick ( ) 15:49, 29 April 2010 (UTC)

¡¡¡Setuju!!! Setuju sekalee secara koneksi saya masih GPRS.    Ę-oиė  >>>  ™ 16:05, 29 April 2010 (UTC)

Arsip Maret 2010

Wikimedia Strategic Planning

http://strategy.wikimedia.org/wiki/Southeast_Asia/id

Wikipedia Vietnam mau menyusul kita lho!
bennylin

Ah ya, Vietnam memang keren. Saya lihat liputan artikel sains mereka juga lebih bagus daripada kita :( Gombang (bicara) 08:23, 26 Januari 2010 (UTC)

Memang menyedihkan, khususnya untuk yang sains. Penulisan di wikipedia tidak mendapat penghargaan profesi, pdhal kalangan akademisi/profesional/peneliti di Indonesia masih menggantungkan nasibnya pada nilai indek kumulatif ("kum") atau penghargaan2 semacamnya. Kalau pernah ada preseden di instansi tertentu mengenai praktik penghargaan thd karya di wikipedia tentu saja sangat diharapkan untuk dibagi. Kembangraps (bicara) 08:19, 28 Januari 2010 (UTC)

Ngga aneh, waktu gue ke Kamboja dan denger separah apa Vietnam setelah perang plus kemajuan mereka sekarang (bahkan dibidang sanitasi!), itu negara bisa tahan terjangan amerika, they can survive ANYTHING! Ngalahin bahasa Indonesia mah keciil...Serenity (bicara) 06:38, 30 Januari 2010 (UTC)
Ini motivasi apa provokasi? ESCa :-)/ 11:20, 31 Januari 2010 (UTC)
Motivasi.
bennylin
11:35, 31 Januari 2010 (UTC)
Southeast Asia useful articles.png

Sebagai perwujudan dari usaha meningkatkan kualitas WBI, maka seperti yang terlihat di Perubahan Terbaru, ada banyak halaman-halaman lama yang dialihkan/dihapus. Walaupun saat ini jumlah artikel WBI turun kembali menjadi 116 ribu, namun semoga artikel-artikel yang ada bisa semakin bagus kualitasnya, kita bukan hanya mengejar kuantitas saja, tapi juga kualitas.
bennylin
11:35, 31 Januari 2010 (UTC)

Nggak usah Vietnam, wikipedia Korea aja pun sudah menyalip wikipedia Indonesia, padahal jumlah pengguna terdaftar wikipedia Indonesia lebih banyak. Sepertinya pertumbuhan jumlah pengguna terdaftar tidak diikuti oleh kontribusi yang semakin meningkat Hand15 (bicara) 14:56, 31 Januari 2010 (UTC)
Ben, sebenarnya lebih penting meningkatkan jumlah artikel berguna (panjang di atas 1,5k) daripada menghapus artikel. Sebagai perbandingan, vn.wp yang jumlah kontributornya sebanding dengan kita bisa menghasilkan 28.000 artikel berguna. Kita baru bisa menciptakan 22.000 artikel berguna. Gombang (bicara) 18:36, 2 Februari 2010 (UTC)
Yang itu lebih membutuhkan banyak waktu :) Artikel yang dialihkan itu dulu dibuat untuk memopulasikan Wikipedia yang masih sepi. Yang buat aja bot. Sekarang, setelah artikel-artikel tersebut dialihkan, semoga DEPTH secara keseluruhan bisa naik sedikit. Ini adalah pemangkasan yang saya rasa diperlukan oleh WBI yang sudah beranjak "dewasa".
bennylin
02:33, 3 Februari 2010 (UTC)

Jawaban yang mantap. Ada hal lain yang perlu diperhatikan, di en:wk sendiri masih terdapat beberapa artikel yang misleading, salah satu contoh misalnya en:Snell's window, lihat diskusi 97 degree. Artikel yang sesuai dengan WP:RS, WP:NOR, WP:NOTHOWTO juga belum tentu benar, yang tidak sesuai juga belum tentu keliru. Harapan saya, mudah-mudahan artikel id:wk dapat lebih diverifikasi, oleh interwiki? ESCa :-)/ 10:43, 1 Februari 2010 (UTC)

All, kita cuman punya 42 ekor active contributors (100+/ per month) cuuuuy, 42 what do you expect? Miracle? I don't think soo Serenity (bicara) 13:50, 2 Februari 2010 (UTC)

Sebenarnya vn.wikipedia dan id.wikipedia tidak terlalu jauh berbeda. Penyunting sangat aktif mereka juga cuma 41 orang. Gombang (bicara) 14:25, 2 Februari 2010 (UTC)

Yes, but they are vietnamese d00ode, we're Indonesian, when all things said and done, we got more things said than done! Serenity (bicara)
Waduh! Yang ini asli. :-) ESCa :-)/ 17:46, 2 Februari 2010 (UTC)

Jumlah penyunting "aktif" yang tepat selalu berfluktuasi karena penyunting datang dan pergi, dan besarnya tergantung dari definisi "aktif" itu sendiri.

  • Untuk jumlah pengguna aktif > 5 suntingan/bulan, kita pernah mencapai 294 penyunting aktif pada bulan Oktober 2009, namun sekarang turun lagi ke kisaran 200, dan masih kalah jauh dibanding angka di kanan kirinya
  • Untuk jumlah pengguna sangat aktif > 100 suntingan/bulan, memang tertinggi 41 orang (Des 2009), yang bulan lalu turun jadi 31 orang.
    bennylin
    07:07, 11 Februari 2010 (UTC)
Yang bulan Oktober itu naik karena ada tugas sekolah :p Gombang (bicara) 11:36, 11 Februari 2010 (UTC)
Hitung yuk. Ada berapa universitas di Indonesia? Ada berapa bulan dalam setahun? Kalau saja satu sekolah bergiliran per bulan menugaskan murid-muridnya bakal ramai WBI (plus bakal tambah menyibukkan kembali pengurusnya yang sedang hibernasi).
bennylin
12:54, 11 Februari 2010 (UTC)
Eh, hitungnya universitas yg ada jurusan ttg internet/ komputer/ Teknologi Informasi.... jangan hitung yang tidak ada jurusan itu.... Kan nggak mungkin seorang mahasiswa yg belajar keuangan, disuruh menulis ttg keuangan di Wikipedia (palingan tugasnya hitung duit) :D (maklum masih SMP, nggak tau universitas itu apa tugasnya) ·· Kenrick ··  Happy Chinese New Year ! 15:22, 12 Februari 2010 (UTC)
Belum tentu jg. Ada tuh yg bkn ahli medis tp nulis artikel antibodi, memang nekat. ESCa :-)/ 15:30, 12 Februari 2010 (UTC)
Itu Mimihitam ya ??? Dia tuh udah spesialis Artikel Pilihan, jadi mungkin ada yang pranala merahnya ke sana... Jadi mau nggak mau yang ditulis, daripada gara- gara artikel itu aja, artikel yg dia usulkan jadi AP nggak diterima... 15:42, 12 Februari 2010 (UTC)
Atau itu Anda ??? ·· Kenrick ··  Happy Chinese New Year ! 15:42, 12 Februari 2010 (UTC)
Semua jg bs jd spt itu klo ada kemauan. ESCa :-)/ 23:01, 12 Februari 2010 (UTC)

Kata kunci untuk menaikkan peringkat id.wikipedia menurut hemat saya adalah "sosialisasi". Dengan sosialisasi, masyarakat luas akan lebih akrab dengan id.wikipedia. Alih-alih minta bantuan uncle google, mereka lebih suka memakai id.wikipedia guna mencari padanan kata atau remeh-temeh lainnya. Apabila telah akrab di tengah masyarakat pengguna internet di Indonesia, tentu saja akan dengan sendirinya menambah jumlah suntingan artikel maupun kontribusi baru.
Sudahkah anda melakukan sosialisasi ?
Emang gampang apa bikin sosialisasi ? Harus bikin workshop-lah, ceramah sana-sini lah. Belum lagi urusan nyari siapa sponsornya. Repot ! Kira2 mungkin begitu pernyataan anda
Lho...? Mengapa harus sejauh itu ? Diri pribadi saja dulu, contohnya saya sendiri suka ngajak temen sekantor nyunting wiki, atau merekomendasikan mencari artikel di wikipedia pada temen yang kebetulan profesinya guru. Simpel khan..?
Ada lagi ke-isengan yg rasanya berguna buat perkembangan wiki. Apabila membuka komputer, baik itu laptop maupun desktop PC, punya kita, punya orang, punya kantor, warnet, atau dimanapun juga, milik siapapun juga Biasakanlah membuat shortcut pada desktop Windows-nya yang mengarah pada url id.wikipedia.
Lain daripada itu bisa juga (bagi mereka yg programer) membuat pengaya (add-ons) bagi browser, baik itu Firefox, Internet Explorer, Opera, Chrome atau lainnya berupa toolbar Wikipedia Indonesia (toolbar wikipedia yang ada saat ini pada Firefox belum spesifik Indonesia [12]). Hingga toolbar tersebut dapat dipakai secara umum oleh masyarakat indonesia seperti layaknya Google's toolbar ataupun Yahoo! Toolbar. Untuk hal yang ini (add-ons Firefox) sepertinya bisa merujuk pada wikipediawan kita yaitu mas Ewesewes bicara. Demikian dari saya.  E-one   >>>  - 06:07, 25 Maret 2010 (UTC)

Ngajak temen menyunting juga susah lho :p pertanyaan pertama yang pasti keluar: "dapet duit gak?" atau yang udah pernah nulis "dulu tulisan gw diapus, males ah". Kalo add-on, mungkin mereka akan pilih membaca saja dibanding menyumbang.
Memang masih susah untuk mencari expert yang bersedia menyumbang ke wikipedia... Bebaskan Pengetahuan 2010 menurut saya adalah salah satu langkah yang bagus (andaikan semua universitas boleh ikut) • Mimihitam  • 14:53, 29 Maret 2010 (UTC)

Cuman orang amatir yang akan bikin acara dan bilang semua boleh ikut ini sedikit petunjuk: ngga kepegang. Dan untuk yang diatas nya lagi, spesialis sosialisasi mana pun tau bahwa everything comes with a price. Mau sosialisasi ring berapa? ring 1 tingkat tentangga dan teman? ring 2 tingkat RT? ring 3 tingkat kelurahan? lokal? nasional? dunia? Satu satu nya cara elo bisa lolos tanpa bayar adalah melakukan yang belum pernah dilakukan sebelumnya 125.165.83.42 15:46, 29 Maret 2010 (UTC)

Bebaskan Pengetahuan 2010 pada berita MSN: http://news.id.msn.com/okezone/sci-tech/article.aspx?cp-documentid=4003500 Mimihitam  • 06:42, 1 April 2010 (UTC)

Sekilas Info

Dari Daftar Wikipedia:

Sekian, terima kasih. FarrasLa Poste 17:02, 11 Maret 2010 (UTC)

Cara curang memenagkan perlombaan WBI - WBVietnam : Tulis artikel baru tentang kelurahan se-Indonesia, maka mereka akan ketinggalan jauh... :D :D :D ·· Kenrick   Mau ?  10:48, 12 Maret 2010 (UTC)
Ini, aku sumbang satu lagi. ;-) ESCa :-)/ 11:13, 12 Maret 2010 (UTC)

Yah, pake bot aja kayak Volapuk dulu... langsung tambah 100 ribu kota di Italia, Rumania, Indonesia, dll... tapi "depth" dijamin akan menurun drastis. • Mimihitam  • 13:52, 14 Maret 2010 (UTC)

yoi, uda g2 nanti dpat tegur lo.... Kalo bisa buat artikel'a minimal jngan ampe rintisan. Lgean kesian nanti dept'a trun uda 50 nh.... Tpi klo mau rintisan desa/kampung di provinsi bgian timur indonesia mse kurank. Ngemeng2 msalh inpo WBArab jg th uda mau ungguli Danisk... Salam WBI  MasrudinNgomong  16:36, 15 Maret 2010 (UTC)
Jumlah artikel Vietnam 116.454; WBI 118.368 ; Volapük : 118.792 ; Kejar- kejaran nih.... ; Info : Depth di Volapük HANYA 9 ;; ·· Kenrick ( ) 05:54, 16 Maret 2010 (UTC)
Info lagi : WBI punya sekitar 1900-an artikel yang diberi tag {{kembangkan}}; itu bukan stub, namun tingatannya masih dibawah stub... Jika sempat, silakan mengembangkan artikel yang ada artikel yang diberi tag "kembang" ·· Kenrick ( ) 06:14, 16 Maret 2010 (UTC)

Vietnam pesat ya, padahal di RL less developed dari kita lho, mungkin karena kesadarannya mengenai free education jauh lebih besar • Mimihitam  • 07:19, 16 Maret 2010 (UTC)

Apa ada yang mau memikirkan strategi ke depan Wikipedia Indonesia untuk membuat artikel-artikel baru yang relatif gampang tetapi masih memiliki "nilai"? Jika mau bisa kita bahas bersama-sama artikel-artikel apa saja yang bisa diterjemahkan dengan (relatif) mudah dan jumlahnya cukup banyak. Saya memikirkan dua macam: halaman disambiguasi dan artikel tentang nama (biasanya disambiguasi nama). Klo banyak yang berminat kita bisa mulai proyek baru.
bennylin
07:33, 17 Maret 2010 (UTC)
Aku mulai merintis pembatasan ruang lingkup pada portal biologi. Mudah-mudahan para kontributor yang baru lebih mudah memahami dan mengikuti alur tiap artikel, sehingga lebih mudah untuk memberikan kontribusi. Mungkin di bidang lain juga dapat dilakukan pendekatan yang sama, melalui portal masing2. ESCa :-)/ 08:03, 17 Maret 2010 (UTC)
buat bunk Bennylin Ok jg th, buat proyek'a yuk... Sekalian halaman sambiguasi tempat. Mis: nama kabupaten & ibukota'a  MasrudinNgomong  08:11, 19 Maret 2010 (UTC)
Ikut juga seperti diatas ^ ..... Ayo Mister bennylin ditunggu undangan proyek Disambiguasinya. Halaman Disambiguasi bisa menjadi demikian banyaknya.  E-one   >>>  - 06:22, 25 Maret 2010 (UTC)

Saya memilih untuk berpartisipasi mengisi merah-merah pada disambiguasi itu • Mimihitam  • 06:29, 25 Maret 2010 (UTC)

Ikutaaaan...! Mulai dari sekarang ya..? Btw ada yang punya saran bagaimana mencari halaman disambiguasi jika halaman tersebut nyatanya belum di beri tag {{tl:disambiginfo}} ???  E-one   >>>  - 06:42, 25 Maret 2010 (UTC)
Kalau ingin membuat artikel desa/kelurahan di Indonesia, saya mau iklan. Lihat: Ini. Cukup untuk untuk mendahulu Volapuk dan cukup juga untuk "membunuh" depth WBI (kalau isinya hanya Infobox, 2/3 Kalimat standar, Templat, dan Kategori). :p Salam NoiX180 (bicara) 07:09, 25 Maret 2010 (UTC)

Saya diperlakukan tidak adil dalam kompetisi Wikipedia

Seharusnya saya memang tidak menulis di sini, karena ini urusan Wikimedia, bukan Wikipedia. Namun saya tidak tahu forum apa lagi yang bisa digunakan untuk menyatakan ini secara terbuka kepada Wikipediawan, selain di Warung Kopi Wikipedia.

Ketika ada pengumuman tentang kompetisi Wikipedia, saya senang sekali. Saya sudah hampir 4 tahun berkontribusi di Wikipedia dan berarti kesempatan besar (bukan kepastian, tentunya) saya bisa memenangkan kompetisi ini.

Saya pun mencari informasi bagaimana saya bisa mengikuti kompetisi ini, pada tanggal 18 Maret 2010 saya mengirimkan email melalui milis Wikimedia di Yahoogroups. Dua hari kemudian saya juga mendatangi Pusat Administrasi Mahasiswa Universitas Indonesia, kampus saya, menanyakan info tentang kompetisi ini. Namun pegawai Pusat Administrasi Mahasiswa menyatakan belum mendapat informasi tentang kompetisi dari Wikipedia. Di websitenya sendiri pun sampai hari ini belum ada infonya [13]. Pertanyaan saya di milis pun belum dijawab sampai sekarang.

Namun pagi ini saya terkejut sekali ketika membaca email dari Ketua Divisi Proyek mbak Serenity—saya terima pukul 22.04, yang menyatakan bahwa pendaftaran ditutup tanggal 24 Maret 2010. Kemudian saya mengecek web Wikimedia dan menemukan bahwa persyaratan peserta untuk UNIVERSITAS INDONESIA telah diganti menjadi FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS INDONESIA.

Saya sebagai calon peserta mempertanyakan profesionalitas ketua divisi proyek Wikimedia Indonesia, Serenity. Pertama, karena saya sebagai calon peserta tidak diberikan informasi yang cukup tentang adanya kompetisi ini, yang menyebabkan hanya segelintir orang saja yang bisa mengikutinya. Ini tentu tidak sesuai dengan tujuannya, yaitu mencari bibit Wikipediawan terbaik.

Kedua, saya ingin menanyakan pembatasan peserta, mengapa hanya dari satu fakultas di UI saja? Padahal universitas lain tidak dibatasi. Lagi pula dalam website Wikimedia tertulis tujuan dari kompetisi ini adalah "mengumpulkan dan menuliskan data secara ilmiah tentang berbagai bidang ilmu dan ketertarikan mereka dalam bahasa Indonesia." Pembatasan berdasarkan fakultas sungguh tidak sesuai dengan tujuan kompetisi ini.

Saya merasa ini ada hubungannya dengan konflik antara saya dan Serenity. Banyak Wikipediawan yang tahu bahwa sejak 2007 kami beberapa kali mengalami konflik. Saya menganggap konflik itu hanya sebatas di topik tertentu di Wikipedia saja, dalam artian di topik lain, dan di dunia nyata, saya tidak pernah menganggap mbak Serenity seperti musuh.

Namun tidak demikian sepertinya dengan Serenity, sudah rahasia umum bahwa beliau terus membenci saya. Kebencian ini pernah ditunjukkan pada tahun 2007 di workshop Wikipedia di INAICTA. Ketika itu dengan ketus Serenity mengatakan kepada saya yang kira2 intinya "oh ini toh BlackKnight, item beneran ternyata" dan berlalu (Anda mungkin lupa, tapi saya tidak akan pernah lupa). Saya nilai ini sebagai pernyataan rasis karena memang sudah dasarnya kulit saya seperti ini. Saksi dari tingkah laku Serenity itu adalah mas Meursault2004 yang ketika itu langsung menghibur saya dengan mengatakan, "biarin saja, memang dia orangnya seperti itu." Dan saya pun diam saja, tidak pernah mengungkapkannya hingga hari ini.

Pada INAICTA 2009, dalam forum yang diadakan seusai acara, secara tersirat saya mendapat informasi bahwa Serenity berulang kali menyerang saya dari belakang, menjelek-jelekkan saya di mata pengguna Wikipedia lainnya.

Kali ini saya benar-benar merasa diperlakukan tidak adil dan tidak profesional. Kesempatan saya untuk mengikuti kompetisi dihalang-halangi. --BlackKnight(kirim pesan) 01:49, 25 Maret 2010 (UTC)

No comment soal konflik pribadi, tapi saya lihat bukan cuma UI yang hanya menyertakan satu fakultas. Di Atma Jaya yang ikut juga cuma Fakultas Teknobiologi. Yang lain memang semua fakultas ikut. Gombang (bicara) 12:46, 25 Maret 2010 (UTC)
Saya rasa ini mungkin karena acara ini tidak didukung oleh UI secara sepenuhnya, karena menurut keterangan mbak Serenity, banyak uni yang sampai hari H belom memberikan konfirmasi ataupun tanggapan.Hand15 (bicara) 12:53, 25 Maret 2010 (UTC)
Berarti sosialisasinya yg kurang tuh... (soktau)  E-one   >>>  - 16:54, 25 Maret 2010 (UTC)

Mohon rekan-rekan yang berkomentar agar selalu memperhatikan kebijakan ini: Wikipedia:Jangan menyerang pribadi. Mengenai adanya keterbatasan informasi (kurangnya sosialisasi) serta indikasi pembatasan peserta, tentu dapat dipertanyakan secara baik dan saya harap akan mendapat tanggapan dari yang bersangkutan. Salam, Naval Scene (bicara) 07:06, 31 Maret 2010 (UTC)

Sebagai pengamat, penilaian saya sbb: Anda sudah terhitung "senior" di sini, justru program ini berusaha mencari bibit-bibit baru, maka dari itu sosialisasinya sendiri di lingkup yang sudah tidak asing bagi Wikipediawan (situs WBI dan milis, misalnya) saya lihat memang tidak terlalu banyak.
bennylin
07:52, 4 April 2010 (UTC)

Wikinews bahasa Indonesia

Silakan berdiskusi di meta:Requests for new languages/Wikinews Indonesian. Thx. ·· Kenrick ( ) 02:58, 27 Maret 2010 (UTC)

Serius? Itu tidak seperti Wikipedia yang bisa menggunakan sumber sekunder. Di Wikinews Anda sendiri yang menulis berita. Gombang (bicara) 14:40, 28 Maret 2010 (UTC)
Nggak terlalu serius... Dicoba saja (biar melengkapi Proyek Wikimedia berbahasa Indonesia). Di Wikinews bahasa Inggris, boleh kok menggunakan sumber tapi kata- katanya dirubah jadi kata- kata sendiri. Lalu biasanya kalau ada permintaan ke meta, sampai disetujui itu membutuhkan waktu yang lama. Jadi tidak ada salahnya jika dicoba. ·· Kenrick ( ) 15:05, 28 Maret 2010 (UTC)

Kepikiran

Baru kepikiran nih.. Kaskus sama Indogamers sama-sama punya anthem ( http://www.youtube.com/watch?v=Rin4u-ycBOk&feature=player_embedded dan http://www.youtube.com/watch?v=ugwWGI6G1Q8 ), WBI kira2 punya gak ya? :p • Mimihitam  • 22:52, 31 Maret 2010 (UTC)

Naaah ini dia..! Usulan buat proyek baru yaitu ProyekWiki Pembuatan Hymne WBI. (bukan begitu Mr.  Mimihitam   ?) Bagi mereka yang templat-nya {{Pengguna Musik}} tunjukkan Eksistensimoe..... (halaaaah... :))  Ę-oиė   >>>  ™ 10:23, 1 April 2010 (UTC)

Menampilkan logo dari kementerian Jepang apakah menyalahi hak cipta ?

Halo salam kenal, nama saya Yogha pengguna baru wikipedia id yang sedang ikut kompetisi menulis wikipedia bebaskan pengetahuan 2010, saya memuat gambar logo resmi pemerintah jepang untuk halaman pangan fungsional yang saya sunting (saya juga sudah mencantumkan sumber pranala kementerian Jepang dari mana logo tersebut diambil), saya terkena rambu oleh pengguna Sentausa mengenai penampilan gambar, Sentausa mengatakan gambar yang saya tampilkan masuk nominasi penghapusan karena gambar tersebut tidak jelas copyrightnya... berdasarkan undang-undang copyright Jepang boleh menampilkan hasil karya dengan tujuan non komersil dan pendidikan (http://www.cric.or.jp/cric_e/csj/csj.html). Perlu diketahui gambar atau logo yang mendapatkan copyright juga harus disertai gambar C dalam lingkaran (sebagian besar adalah produk komersil seperti i-Pod, apple, dan logo-logo industri lainnya). Saya memang kurang mendalami mengenai hukum, tetapi yang menjadi pertanyaan saya, sebagai contoh apakah harus mendapatkan hak menampilkan ketika menggunakan logo Kementrian Perindustrian Indonesia untuk tujuan non-profit ? Apakah ketika menggunakan logo universitas dengan tujuan non-profit harus menggunakan copyright? Saya ingin minta pendapat dari forum wikipediawan Indonesia,

Terimakasih 28Yoghatama (bicara) 13:07, 2 April 2010 (UTC)

Gambar logo ini saya upload dari wikipedia bahasa Jepang [14]:
特保マーク.png
Walaupun saya kurang tahu permasalahan hukumnya, apalagi yang dari negara lain, untuk amannya bisa kita upload foto dari wikipedia bahasa lain (bukan dari commons) dengan deskripsi {{dari|jp}} (artinya dari wikipedia bahasa Jepang). Coba lihat: Wikipedia:Memuat_gambar_dari_Wikipedia_lain. Perhatikan bahwa ada tambahan huruf "見本" berwarna merah di logo tersebut yang berarti "sample".Hand15 (bicara) 14:36, 2 April 2010 (UTC)
Lihat juga pembicaraan lanjutannya di sini. sentausa (bicara) 03:42, 7 April 2010 (UTC)

Penyelesaian perselisihan

Saya jadi heran entah kenapa Pengguna:Erik Evrest dan Pengguna:Kenrick95 tidak pernah berdamai padahal kalau saya lihat dari kontribusi Kenrick95 hampir tidak ada alasan untuk memblokir dia. Aldo samulo (bicara) 02:06, 1 April 2010 (UTC)
Yang lalu biarkanlah berlalu, marilah kita melihat ke depan. Saya sekarang hampir tidak pernah mau menjawab pesan dari Erik karena takut timbul permasalahan yang berlarut- larut. ·· Kenrick ( ) 03:40, 1 April 2010 (UTC)

Mohon agar semua pengguna dapat mengingat kebijakan: Wikipedia:Asumsikan niat baik. Mohon agar Warung Kopi digunakan secara baik dan tidak dimain-mainkan dengan berkas berukuran terlalu besar dan tidak digunakan sesuai dengan kegunaannya, yaitu untuk membicarakan masalah teknis, kebijakan, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia. Salam, Naval Scene (bicara) 04:29, 1 April 2010 (UTC)

Sekali lagi saya bilang kalian masih belum mengerti. Saya letakin berkas sa-buto ijo kaya gitu memang kalian dapat mengerti. Selain itu saya itu buat membicarakan masalah juga. Waduh, ternyata para WBI-nisme ini masih kaga mengerti juga ya.

Anda akan kaget jika saya jelaskan bahwa keduana amatlah tak bertanggung jawab dengan saya. Mereka sering melecehkan saya (ini contohnya) bahkan sering menipu saya (ini contohnya). Meski saya telah melaporkannya kepada pengurus tetapi malah suruh saya atasin sendiri. Padahal kalo saya malah langsungan diblokir. Makanya itu saya bikin tuh berkas buat siapa yang bisa blokir mereka maka saya kasih BintangWiki.

Tolong dah jangan halaman pencatat kontribusi yang Anda buktiin karena halaman tersebut dapat menipu.

Saya juga punya bukti untuk masalah ini. Saya sebagai korban sangatlah dilecehkan. Sekarang saya tanya, kenapa para pengurus yang saya suruh untuk mengatasi masalah ini kudu saya sendiri yang ngatasin ?

Anda juga harus percaya sama saya. Meskipun saya pernah melakukan hal vandal di WBI tapi saya dah bertobat. Saya ini masih SD tau kaga & Kenrick udah mau SMA. Biasanya orang dah SMU-an itu dah pinter nipu.

Kalo kaya gitu lihat saja nanti kalo WBI nanti akan hancur.  INRI  10:04, 1 April 2010 (UTC)

Selagi kalian berantem sendiri, Wikipedia Vietnam terus mengejar kita dalam hal kuantitas, dan sedang meninggalkan kita dalam kualitas. Tolong deh, damai aja. Ini proyek ensiklopedia bebas, bukan fight club ato arena tinju. Pesan buat Erik dan Kenrick: Kuasailah dirimu dan jadilah tenang. • Mimihitam  • 03:28, 2 April 2010 (UTC)

Kaga, Anda kaga ngarti gimana rasanya dikecewakan, dipermalukan, diperselisihkan, diabaikan, dan disingkirkan di Dunia Maya ini. Apalagi di Wikipedia. Tak hanya Kenrick; IvanLanin, Anda (Mimihitam), Gombang, serta lainnya sering meremehkan saya & menentang pendapat saya terutama pada waktu pemvotingan saya jadi pengurus maupun usul saya untuk meringankan syarat jadi pengurus. Pokoknya Kenrick harus ngertiin saya, maafin saya, dan bebasin saya dalam melakukan hal apapun di Kenrickpedia kalo tidak Warung Kopi ini saya larang ada yang gunain selain yang berhubungan dengan ini, TI-TIK!

 INRI  23:05, 2 April 2010 (UTC)

Apakah berbeda pendapat dengan Anda berarti melecehkan Anda? Gombang (bicara) 13:40, 3 April 2010 (UTC)

Dan lagi, tolong deh blokir permanen si anon 110.139.144.87 karena ia juga ikut campur, jelek-jelekin saya, mengganggu saya.  INRI  08:26, 3 April 2010 (UTC)

Aduh, ada apa dengan para wikipediawan/ti sekarang? Setelah beberapa lama gak berkontribusi, sepertinya saat ini banyak sekali yang berselisih. Padahal dulu tuh aman-aman saja. Come on all, kita harus sama-sama bekerja. Saya akan aktif kembali. ARdhan (bicara) 09:20, 3 April 2010 (UTC)

Itulah ARdhan, sekarang WBI dah kaya masa Soeharto (makmur tapi kaga adil) Dan sekarang lagi Trisakti nih  INRI  12:01, 3 April 2010 (UTC)

Kapan Proklamasinya ?? ·· Kenrick ( ) 15:05, 9 April 2010 (UTC)

Reformasi kallleee. Mau tau ? Maaf ya saya juga kaga tau. Mending tunggu aja kejadian berikutnya.  INRI  05:56, 12 April 2010 (UTC)

Ada yang narsis nih

Pengguna:DJ R`GENDZ ==> Silakan diliat, kalo saya sih ngakak.. niat bener • Mimihitam  • 16:01, 3 April 2010 (UTC)

Ngakak yang ini termasuk penyerangan pribadi, gak ya? ESCa :-)/ 16:12, 3 April 2010 (UTC)
Hehehe... Namanya juga usaha... Dari pada hosting website, muahaal.... mending bikin halaman pribadi di WBI khan ? (just opinion)  Ę-oиė   >>>  ™ 19:46, 3 April 2010 (UTC)

Penyayang dan pelastarian burung berkicau

Bukan hanya iptek atau tehnik yg harus di perhatikan penerus2 kita,klu hasil alam nan indah ini akan hacur akibat iptek dan tehnik itu sendiri. Taruh di mana sang suara merdu itu akan hinggap dan berteduh? Sedangkan penghijauan dah tak ada?

Ardhiyanto Ardhiyanto (bicara) 17:41, 3 April 2010 (UTC)

Taruh di sini Mas, di WBI (Wikipedia Bahasa Indonesia).... Foto nya... Rekaman kicauannya... Jadi walaupun punah... anak cucu kita tetap tahu keberadaanya dan sekaligus bisa mendengar rekaman suara kicauannya. Dengan catatatn... tidak kena Vandalisasi. hehe.. (kidding)  Ę-oиė   >>>  ™ 19:50, 3 April 2010 (UTC)

!KENRICK MUST BE BLOCKED!

Berkas:Napi Erikland.jpg Berkas:Napi Erikland Chapter 2.jpg Berkas:Napi vs Erikland.jpg

DUKUNG ERIK EVREST DALAM MENDUKUNG PEMBLOKIRAN UNTUK KENRICK95

 INRI  08:17, 6 April 2010 (UTC)

=.= Yah elah.... gak habis habisnya... Hand15 (bicara) 09:21, 6 April 2010 (UTC)
Hal-hal seperti inilah yang membuat komunitas Wikipedia semakin berwarna dan beragam, sekaligus menggambarkan keragaman bangsa Indonesia sendiri. *sigh FarrasLa Poste 17:46, 6 April 2010 (UTC)
Setujuuu...!!!! Hayo, lanjutkan perangnya ! Lho....???!!  Ę-oиė   >>>  ™ 10:27, 7 April 2010 (UTC)
Saya tidak pernah mendeklarasikan perang terhadap Erik, begitu juga sebaliknya. ·· Kenrick ( ) 14:34, 7 April 2010 (UTC)

Hahaha, mas Kenrick jangan masukkan di hati kata-kata saya. Cuma becanda koq. Damai itu indah koq mas. Peace....  Ę-oиė   >>>  ™ 18:01, 7 April 2010 (UTC)

artinya "telah masuk ke hati dan sampai ke tulang tuh" (Bahasa Hokkien Medan) ·· Kenrick ( ) 15:00, 9 April 2010 (UTC)

Vandal anti-PB; tolong blokir

Pengguna:118.136.194.4 melakukan vandalisme di Wikipedia:Pancapilar dan Buku Putih Pertahanan (dua-duanya sudah di revert). Dia menulis pesan yang menyuruh orang main poker di FB daripada main PointBlank. Bisa blokir ga? Junkcops (bicara ke saya|pekerjaan saya) 16:08, 9 Maret 2010 (UTC)

ConceptWiki

Apaan nih? Mirip banget ama wk. ESCa :-)/ 10:19, 10 Maret 2010 (UTC)

Apa itu "wk" ??? Wikipedia ? ·· Kenrick   Mau ?  10:43, 10 Maret 2010 (UTC)
Iya dong. ESCa :-)/ 11:00, 10 Maret 2010 (UTC)
Dari segi isi tidak ada yang sama dengan Wikipedia -- hanya sama-sama menggunakan MediaWiki itu saja. Masih ribuan situs lainnya yang menggunakan enjin yang sama. Coba cek di http://wikiindex.org.
bennylin
11:46, 10 Maret 2010 (UTC)
Thx.ESCa :-)/ 14:29, 10 Maret 2010 (UTC)

Arsip Februari 2010

Pembicaraan Yatim

Boleh bantu memberikan tag {{hapus|OrphanTalk}} di halaman yang ada di daftar ini ? ini ·· Kenrick xoquı 14:47, 1 Februari 2010 (UTC)

Sip. Sudah dihapus.
bennylin
02:57, 3 Februari 2010 (UTC)

Ide yang bertentangan

Pada artikel Aberasi optik, ide dari suntingan terdahulu berlawanan dengan ide suntingan saya. Jika tidak ada keberatan mengenai ide suntingan saya, ide suntingan terdahulu akan saya hapus segera setelah saya menyelesaikan suntingan saya. ESCa :-)/ 13:47, 6 Februari 2010 (UTC)

Nanti saya lihat kalau ada waktu. Sayangnya optika itu titik lemah saya :(. Untuk sementara, lanjutkan saja. Gombang (bicara) 11:52, 8 Februari 2010 (UTC)
Terima kasih atas dukungannya. :-)) ESCa :-)/ 12:00, 8 Februari 2010 (UTC)

[Santai sejenak]Harga id.wikipedia.org (2)

Membaca-baca arsip Warkop Wikipedia:Warung_Kopi_(Lain-lain)/Arsip_(Sep-06)#Harga_id.wikipedia.org, saya cek lagi "harga" situs tersayang kita ini US$25.872.978 atau sekitar 250 milyar rupiah! wew... kita penyunting-penyunting yang miskin ini dapet gaji berapa ya?

NB: detik.com US$6.893.968, jv.wiki US$6.751.737, ms.wiki US$13.227.548, de.wiki US$158.144.108, sedangkan en.wiki sudah tidak terhitung lagi (0). Wikipedia.org (klo tidak salah baca) 1 milyar dollar, google 3 milyar, microsoft dan yahoo (0)


bennylin
11:33, 9 Februari 2010 (UTC)

Menurut situs lain [15] , website ini Online sejak: January 13th, 2001 dan Populer di negara Amerika Serikat. Dan situs ini bernilai seharga $3.53 Billion (dan 3.530.000.000,00 USD = 33.146.700.000.000,00 IDR / 33146,7 Triliun [16]) ·· Kenrick ··  Happy Chinese New Year ! 12:29, 9 Februari 2010 (UTC)
itu pasti situs wikipedia.org, bukan id.wiki.
bennylin
12:33, 9 Februari 2010 (UTC)
Begitu ya.... pasti ada kesalahan di situs itu ·· Kenrick ··  Happy Chinese New Year ! 12:45, 9 Februari 2010 (UTC)
Coba cek di Alexa deh mas. DIVINUS SCIENTIA / PROPONO VERITAS 13:36, 10 Februari 2010 (UTC)
Apa mbak Alexa juga memberikan taksiran harga situs?
bennylin
15:11, 10 Februari 2010 (UTC)
Hmm, saya agak lupa sih, tapi kayaknya ada deh mas. DIVINUS SCIENTIA / PROPONO VERITAS 09:41, 11 Februari 2010 (UTC)

Hayo, hayo, cepat, siapa yang mau beli? Mumpung harga pada belum naik. ESCa :-)/ 22:37, 10 Februari 2010 (UTC)

ijin

Johanescahyono (bicara) 13:44, 9 Februari 2010 (UTC)09/02/2010

mas/mbak/bu
saya mo minta ijin umtuk mengcopy salah satu artikel di sini,,,, gmn crya saya mnt ijin,,,,,,
bila ada salah kata mohon maaf

sekian&trima kasih Johanescahyono (bicara) 13:44, 9 Februari 2010 (UTC)

Syarat- syaratnya :
  • Menyatakan sumber dimana teks tersebut diambil
  • Jika kamu merubah isi teks yg dicopy maka teks yang kamu copy harus sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-Share-Alike 3.0
  • Jika kamu merubah isi teks yg dicopy maka kamu harus menyatakan mengapa kamu merubah isinya
  • Keterangan lebih lanjut lihat Term of use (dlm bhs. Inggris) ·· Kenrick ··  Happy Chinese New Year ! 13:57, 9 Februari 2010 (UTC)

Selamat Tahun Baru

Bagi anda yang merayakan saya ucapkan:Happy Chinese New Year! ~_~--124.81.145.86 08:39, 16 Februari 2010 (UTC)Templat:Tania Ruli Natalnael

Membuat artikel tentang didi AGP

Salam,

Saya mau bertanya, saya ingin membuat sebuah artikel atas nama seorang komposer bernama didi AGP.
Saya dari manajemen rumahmusikagephe yang mewakili mas diddi sendiri. Apa yang harus saya perhatikan atau bagaimana saya harus mengkonfirmasi diri saya agar artikel saya dapat diterbitkan.

Sebelumnya saya berterima kasih atas perhatian para penjaga hutan disini. Mohon dibantu.

Terima Kasih,
Angga
Manajemen Rumah Musik Agephe
www.rumahmusikagephe.com
www.prabu999shatmata.com

email : powerofsound@didiagp.com

Silakan lihat apakah artikel yang akan Anda tulis memenuhi Kelayakan sebuah artikel Wikipedia.. ·· Kenrick — 恭喜发财 03:39, 17 Februari 2010 (UTC)

Google menyumbang US$2M ke WMF !

  • The Wikimedia Foundation, the non-profit that operates Wikipedia, today announced that it has received a $2 million (USD) grant from the Google Inc. Charitable Giving Fund of Tides Foundation. This is the Wikimedia Foundation's first grant from Google.
  • Dari tweet yang dikirimkan oleh Jimmy Wales, pendiri Wikipedia, Google baru saja mendonasikan dana sebesar 2 juta dolar AS ke Wikimedia Foundation.

·· Kenrick — 恭喜发财 13:02, 18 Februari 2010 (UTC)

Bagaimana Masuk Log jika lupa ID dan pasword

125.166.164.50 22:21, 18 Februari 2010 (UTC) Saya mau tanya, jika ada alternatif masuk log tapi lupa ID dan pasword. Cuma ada e-mailnya. Apakah admin bisa membantu? Terimakasih

//BR Danar

Mobile Wikipedia

Ada teman dari Belanda yang bilang bahwa sekarang wikipedia ada aplikasi bergeraknya (mobile), tapi kok perasaan dari dulu udah pernah ada deh versi mobilenya (walaupun mungkin engga resmi). Sekarang yang resmi adalah ini katanya: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Djakarta.

Lucunya adalah dulu gue pernah nemuin yang mobile URL ini karena sedang riset AA Gym, nah pas gue google AA Gym dengan key word AA Gym Wikipedia, it redirects me everywhere BUT Wikipedia. Hahaha, pinter juga, kok bisa gitu yah? Hasil pencarian: http://www.google.co.id/#hl=en&q=aa+gym+wikipedia&meta=cr%3DcountryID&aq=&oq=&fp=42269b1e98859054 Serenity (bicara) 15:26, 20 Februari 2010 (UTC)

Update: ohohoho ternyata karena pencarian web dari Indo ke klik, lupa kalau wikipedia di host sama asing :p Serenity (bicara) 15:33, 20 Februari 2010 (UTC)

Wah thank's a lot buat sharing nya. Berguna sekali buat yang hobby browsing pake Hape.  E-one   >>>  - 06:34, 25 Maret 2010 (UTC)

Sekarang hari Sabtu, 16 November, 00:44 WIB

Nama dilarang

Dipindahkan ke WP:WKK

Pulau terpadat

Trivia saja. Sering kita dengar bahwa Pulau Jawa adalah pulau "terpadat" di dunia. Ternyata hal tersebut tidak 100% benar. Jika yang dimaksud adalah "terbanyak penduduknya", maka hal tersebut memang benar, tetapi jika yang dimaksud adalah "pulau dengan kepadatan penduduk tertinggi", maka pernyataan tersebut salah karena kepadatan Jawa "hanya" 936,6/km2, atau kedua di dunia. Yang pertama adalah Pulau Salsette (en) dengan kepadatan 30 ribu jiwa/km2 atau 30 kali lebih padat dari Jawa!!! Demikian Dunia Dalam Berita kali ini. (sumber: en:List of islands by population)
bennylin
10:35, 25 Februari 2010 (UTC)

Wow !!! ·· Kenrick — 恭喜发财 14:51, 25 Februari 2010 (UTC)

Usul pemblokiran karena beriklan

Pengurus, saya mengusulkan pemblokiran kepada Pengguna:B26tan karena beberapa kali memasukkan pranala iklan walaupun sudah diperingatkan. Terima kasih. sentausa (bicara) 10:20, 26 Februari 2010 (UTC)

Terbukti beriklan, telah diblokir selama seminggu. Rinto Jiang (bicara) 10:31, 26 Februari 2010 (UTC)

Templat navigasi

Pada laman pengguna saya, ada beberapa templat navigasi yang belum jadi sepenuhnya. Apa bisa dipindahkan ke WP:Templat? ESCa :-)/ 01:36, 5 Maret 2010 (UTC)

Bisa saja.
bennylin
10:12, 5 Maret 2010 (UTC)
Hore! ESCa :-)/ 10:53, 5 Maret 2010 (UTC)

Arsip Januari 2010

Kirim pesan ke temen

mas ak mau nanya,bisa gak sih kt mengirim pesan kepengguna yg lain dan kalau bisa bagaimana? @ ghilang – komentar tanpa tanda tangan oleh Ghilang (bk) .

Bisa. Sunting saja halaman pembicaraan pengguna yang bersangkutan. Biasanya bisa diakses dari tanda tangannya (klik "bicara"). Gombang (bicara) 06:34, 18 Januari 2010 (UTC)

pertanyaan tentang sumber sejarah komik

saya mahasiswa desain komunikasi visual..ingin menanyakan tntang sumber literatur sejarah komik?
jika ada sumber berasal dari apa,,buku,surat kabar atau lain2?
boleh kah sy meng copy sumber tersebut, untuk melakukan penelitian yg akan diterapkan dalam bentuk
komik,,,guna melestarikan kebudayaan indonesia melalui komik..

thx...

– komentar tanpa tanda tangan oleh 202.70.54.107 (bk) .

Wikizine

Aku dapat email (surel) yang isinya sbb:


Pemberitahuan penutupan layanan

Para pembaca Wikizine Indonesia,

Beberapa waktu yang lalu Anda menerima permintaan bantuan untuk membantu Wikizine dalam bahasa Indonesia. Sayangnya kami tak dapat menemukan relawan untuk dapat melanjutkan layanan ini. Karenanya, dengan menyesal kami harus memberitahukan bahwa Wikizine Indonesia ditutup.

Terima kasih atas kebersamaan Anda sebagai pembaca Wikizine Indonesia selama ini.

Untuk melihat edisi Wikizine bahasa lain, kunjungi http://www.wikizine.org

Salam,

Staf Wikizine


Sebenarnya Staf Wikizine itu siapa sih ?? Rasanya sejak aku daftar, tak pernah ada kiriman Wikizine... ·· Kenrick xoquı 14:56, 23 Januari 2010 (UTC)

Tolong blok pengguna ini.

Tolong lakukan sesuatu pada Pengguna:Makassarpanassekali, saya sudah buat artikel ini dengan nama Sereal sarapan (karena sudah pasti di en.wiki namanya Breakfast cereal), tapi Pengguna:Makassarpanassekali memindahkannya ke Makanan Sereal, saya pindahkan lagi ke Sereal sarapan, tapi Pengguna:Makassarpanassekali memindahkannya lagi.. Terima Kasih --MaxiManuel111 (bicara) 17:04, 28 Januari 2010 (UTC)