Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/2022/9

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masa pemungutan suara komunitas untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022 akan segera ditutup[sunting sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo,

Periode pemungutan suara komunitas untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022 telah dimulai pada tanggal 23 Agustus 2022, dan akan ditutup pada tanggal 6 September 2022 pada pukul 23:59 UTC. Masih ada kesempatan untuk memberikan suara dalam pemilihan ini. Jika Anda belum memilih, silakan kunjungi halaman pemungutan suara di SecurePoll untuk memilih sekarang. Untuk mengetahui apakah Anda layak untuk memilih, silakan kunjungi halaman kelayakan pemilih. Jika Anda memerlukan bantuan dalam membuat keputusan, berikut ini beberapa pranala yang bermanfaat:

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 2 September 2022 13.17 (UTC)[balas]


LTA PKKP PNJ 2022[sunting sumber]

Akhir-akhir ini Wikipedia disusupi anak kuliahan PNJ, yang biasanya membuat artikel bertulisan ngawur (terkait PKKP PNJ 2022) dan sering mengganggu Wikipedia dengan menyunting seolah-olah sedang 'mengerjakan tugas kuliah'.

Berikut adalah akun-akun siluman LTA PKKP PNJ 2022:

  1. Farahdinns
  2. Tesalonikap
  3. Rahmat Ardiansyah
  4. Habil Fajriman
  5. Muhammad faisal muharim
  6. Ipanyopani
  7. Rafa Banafsaj Maulana
  8. Muhammad Daim
  9. Mohammad haikal rizky
  10. Musthofiyatun nissa
  11. Rintami Eka Nurmala
  12. Algi Dwiyan Alrasyid
  13. Vasyain
  14. Nabiilah Nur Shabrina
  15. Jessica Angeline
  16. Diva Anindya Cahyani Kurniawan
  17. Ariq runa
  18. Vianokt1099
  19. Salman Alfarisy PNJ 21
  20. Hilery Claudia
  21. Amellia Tri Wulandari
  22. Nabiilah Nur Shabrina
  23. Ifnu Muhammad Reza


dan mungkin saja masih banyak akun-akun lainnya.

Mohon blokir semua akunnya selamanya dari Wikipedia dan bila perlu, lacak range alamat IP tersebut untuk mencegah pembuatan akun siluman LTA PKKP PNJ 2022. Terima kasih. Rʏɴ (bicaratalk) 7 September 2022 10.31 (UTC)[balas]

kalau karena tugas² spt ini, penyebutan l.t.a. mencederai WP:ANB
ustad abu gosok (kotak wicara) 10 Oktober 2022 06.34 (UTC)[balas]

@Raja Nine to Five:saya juga heran dengan kelakuan mereka namun jika seandainya pengurus memblokir akun mereka maka bisa jadi muncul akun siluman baru UrangDepok Monggo mampir 7 September 2022 10.38 (UTC) [balas]

@Urang Depok: betul juga, sekarang sudah banyak sekali SPAM LTA PKKP PNJ 2022, Wikipedia disalahgunakan sebagai tempat mengerjakan tugas kuliah. Sangat meresahkan ya bung. Rʏɴ (bicaratalk) 7 September 2022 10.42 (UTC)[balas]
Saya sarankan untuk meminta pengurus yang paham kode untuk menambahkan kata kunci "PPKP" "PNJ" "Pesan kesan" "Kesan pesan" (sebaiknya jangan "kesan" saja, karena kata ini digunakan dalam beberapa kasus) dan frasa terkait pada Filter penyalahgunaan ataupun pada Mediawiki:Spam-blacklist. NyıLVoskT • Bicar 7 September 2022 10.44 (UTC)[balas]

@Raja Nine to Five: saya sampai pusing harus memberikan tag KPC dan memberikan teguran kepada beberapa peserta UrangDepok Monggo mampir 7 September 2022 10.47 (UTC) [balas]

Supriyadi[sunting sumber]

Buat para pengurus, saya minta Berkas:Supriyadi.jpg di WBI dihapus saja karena tak berlisensi bebas dan tumpang tindih dengan berkas bernama sama yang ada di WikiCommons yang telah menjadi domain publik

Glorious Engine (bicara) 7 September 2022 15.00 (UTC)[balas]

@Glorious Engine:  Selesai. ··· 🌸 Rachmat04 · 7 September 2022 20.40 (UTC)[balas]

Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (versi revisi)[sunting sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Komite Revisi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal memohon komentar mengenai Rancangan Pedoman Penegakan yang telah direvisi untuk Kode Etik Universal (UCoC). Periode peninjauan ini akan dibuka dari tanggal 8 September 2022 hingga 8 Oktober 2022.

Komite bekerja merevisi rancangan pedoman ini berdasarkan masukan yang dikumpulkan dari periode diskusi komunitas dari bulan Mei hingga Juli, serta pemungutan suara komunitas yang berakhir pada bulan Maret 2022. Revisi berfokus pada empat bidang berikut:

  1. Mengidentifikasi jenis, tujuan, dan penerapan pelatihan UCoC;
  2. Menyederhanakan bahasa untuk terjemahan dan pemahaman yang lebih mudah diakses oleh mereka yang tidak memiliki keahlian;
  3. Menggali pemikiran mengenai konsep afirmasi, termasuk pro dan kontranya; dan
  4. Meninjau keseimbangan antara privasi pelapor dan terlapor

Komite memohon komentar dan saran atas revisi ini hingga tanggal 8 Oktober 2022. Berdasarkan saran dan komentar dari komunitas tersebut, Komite akan melakukan revisi lebih lanjut terhadap Rancangan Pedoman Penegakan.

Temukan Rancangan Pedoman Penegakan yang telah direvisi di Meta, dan perbandingan perubahannya dalam beberapa bahasa.

Anda dapat memberikan saran dan komentar melalui berbagai cara. Para fasilitator menerima saran dan komentar dalam bahasa apapun pada Halaman Diskusi Pedoman Penegakan versi Revisi atau melalui surel. Saran dan komentar dapat dibagikan pada halaman diskusi terjemahan, diskusi lokal, atau saat forum diskusi; lihat jadwal untuk forum diskusi di sini.

Tim fasilitator yang mendukung periode peninjauan ini berharap dapat menjangkau banyak komunitas. Jika Anda tidak melihat percakapan yang terjadi di komunitas Anda, Anda dianjurkan untuk memulainya. Para fasilitator dapat membantu Anda untuk berdiskusi. Ringkasan akan dipublikasikan di sini.

Atas nama tim proyek UCoC,

RamzyM (WMF) 9 September 2022 16.26 (UTC)[balas]

Pembaruan terkini yang akan diterapkan di halaman Istimewa:Pencarian[sunting sumber]

Halo, rekan-rekan kontributor Wikipedia!

Setelah melakukan diskusi dengan kontributor proyek Wikimedia yang berlangsung pada 27 Juni hingga 10 Juli 2022, maka kami dari tim Data Terstruktur Lintas Wikimedia kembali mengajak Anda dalam melihat kembali rencana kami untuk memperbarui halaman pencarian yang telah disesuaikan dengan diskusi di atas melalui pranala ini.

Kami senantiasa membuka diri untuk umpan balik (masukan) demi keberlangsungan proyek ini, serta meminta kesediaan Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai cara kerja yang kami sebutkan di atas?
  2. Apakah perubahan tersebut akan memengaruhi Anda dalam berkontribusi? Jika iya, apa alasannya?
  3. Apakah semua elemen yang ada di panel pratinjau pencarian dapat membantu Anda? Apabila demikian, bagaimana Anda menggunakannya?
  4. Apakah ada hal lain yang ingin ditambahkan atau dikurangi dari panel pratinjau pencarian?
  5. Bagaimana pendapat Anda mengenai tampilan panel pratinjau pencarian yang ada di seluler?

Silakan kirimkan jawaban dari pertanyaan tersebut, serta kritik dan saran melalui halaman ini. Kami tunggu masukan dari Anda dan terima kasih atas kesediaannya membaca pengumuman ini.

Salam,

BAPerdana-WMF (bicara) 21 September 2022 12.08 (UTC)[balas]

Diskusi bersama perihal usulan penerapan Wikistories secara penuh[sunting sumber]

Halo, rekan-rekan kontributor Wikipedia!

Seperti yang saya sampaikan di Warung Kopi mengenai usulan penerapan Wikistories secara penuh, kami dari Tim Inuka akan mengikuti prosedur yang berlaku di Wikipedia bahasa Indonesia. Sebelum mengajukan permohonan pendapat, kami berinisiatif untuk melakukan diskusi bersama antara Tim Inuka dari Wikimedia Foundation, Wikimedia Indonesia, dan komunitas Wikipedia bahasa Indonesia dalam membahas hal tersebut.

Kami membutuhkan bantuan rekan-rekan untuk memilih tanggal dan waktu yang tepat bagi kita dalam melakukan diskusi ini. Silakan mengunjungi halaman ini untuk memilih. Pemilihan akan berlangsung hingga hari Sabtu, 24 September 2022 pukul 23:59 WIB.

Terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.

Salam,

BAPerdana-WMF (bicara) 22 September 2022 05.40 (UTC)[balas]

@BAPerdana-WMF: apa tujuan diskusi bersama ini? Kalau memang sudah akan memulai permohonan pendapat sesuai prosedur lokal, apa yang masih perlu dibahas di luar wiki? Salam, dwadieff 22 September 2022 13.54 (UTC)[balas]
@David Wadie Fisher-Freberg: tujuan dari diskusi bersama ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai penerapan Wikistories secara penuh, serta membahas sisi positif dan negatif dari penerapan tersebut. Jadi, Tim Inuka ingin mendengarkan dan mengetahui secara langsung dari komunitas akan penerapan ini.
Saya mengerti apabila ini terlihat seperti membuang-buang waktu, tetapi ini merupakan bentuk inisiatif dari Tim Inuka untuk terjun langsung ke lapangan (dalam hal ini adalah ke komunitas). Terlepas dari semua itu, diskusi bersama ini tidak akan menggantikan prosedur permohonan pendapat yang sudah ada dan berlaku. Setelah diskusi bersama berlangsung, kami akan mengirimkan proposal secara resmi sesuai prosedur yang ada. Apapun keputusan dari komunitas yang ada di sana, akan kami hargai sepenuhnya dan berlaku secara sah.
Terima kasih atas pertanyaannya, semoga bisa membantu. Salam. BAPerdana-WMF (bicara) 22 September 2022 16.21 (UTC)[balas]

Jadwal kegiatan[sunting sumber]

Berdasarkan hasil dari pemilihan yang telah berlangsung, maka kami mengajak Anda untuk berdiskusi bersama dengan Tim Inuka dari Wikimedia Foundation mengenai penerapan Wikistories secara penuh pada hari Kamis, 29 September 2022 pukul 18:00 WIB. Diskusi bersama kali ini menggunakan Zoom dengan mengunjungi pranala berikut (Meeting ID: 817 0877 3909, Passcode: 355958).

Kami tunggu kehadiran rekan-rekan sekalian. Salam. BAPerdana-WMF (bicara) 29 September 2022 05.09 (UTC)[balas]

Pengumuman hasil sementara dari pemungutan suara komunitas pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[sunting sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022. Partisipasi Anda telah membantu memilih mereka yang akan mewakili komunitas pada Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Bersama pesan ini terlampir hasil sementara dari pemilihan Dewan Pengawas 2022:

Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang hasil dan statistik dari pemilihan Dewan kali ini.

Dewan Pengawas akan menyelesaikan proses peninjauan terhadap calon yang mendapatkan suara terbanyak, termasuk melakukan pemeriksaan latar belakang. Dewan berencana untuk mengangkat anggota baru dalam pertemuan mereka pada bulan Desember.

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Kelompok Kerja Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 22 September 2022 15.41 (UTC)[balas]

Logo Suara[sunting sumber]

Halo semua,

Saat ini, kompetisi Logo Suara sudah dimulai dari 13 September sampai 10 Oktober 2022. Sila baca informasi kompetisi dalam laman Logo Suara di Meta dan kunjungi portal kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia.

Silakan ikut acara klinik daring, jika Anda ingin belajar tentang logo suara secara lebih mendalam, membutuhkan bantuan terkait karya yang Anda akan ajukan, atau jika Anda mempunyai ide yang menarik, tetapi kebingungan bagaimana cara membuatnya. Acara akan diadakan bersama dengan mitra teknis kami, MassiveMusic pada pukul 15:00-16:00 UTC atau 22.00-23.00 WIB, tanggal 29 September 2022. Silakan langsung daftarkan diri Anda melalui pranala Zoom

Tim Logo Suara, Arupako-WMF (bicara) 26 September 2022 08.47 (UTC)[balas]

Allowing Wikitext editors to preview changes in realtime[sunting sumber]

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Halo!

Community Tech has introduced a new beta feature. It allows editors to preview their changes side by side when writing in wikitext. The goal is to make it easier to review changes while editing. This was the wish number four of the Community Wishlist Survey 2021.

What does this feature change?

In the 2010 wikitext editor toolbar, a new button appears with the label “Preview”. The button enables a side by side comparison showing what the published content would look like. You can see an illustrative example on the screenshot.

We would like to check if the editing experience improves. If it does, we will make this change available for everyone by default.

What do I need to do?

If you want to try out our feature, make sure the New Wikitext mode beta feature is DISABLED. Feel free to provide feedback about the impact this new feature has on your editing experience.

See also: the original wishthe project page.

Terima kasih! ––– STei (WMF) (bicara) 29 September 2022 17.02 (UTC)[balas]