Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip (Nov-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Wikipedia untuk angka kredit pegawai

Topik ini mungkin aneh buat yang non-PNS. Mungkinkah sumbangan di wikipedia digunakan sebagai poin untuk angka kredit pegawai, mempertimbangkan sistem pencatatan di wiki. Sarangnya ilmu di Indonesia kan "dikuasai" orang2 PNS (Litbang, uni, Lemlit, Puslit, Balai Besar, dll.). Yang ngewiki paling yang kurang kerjaan aja.

Pikiran ini menggelitik karena keluhan sedikitnya kontributor di wiki (khususnya bahasa daerah). Jangan2 penyebabnya karena jarang yang mau kontribusi krn "ngga dapat apa2" . Aneh aja gitu, kalau lihat wiki yg maju (en:, de:) kayaknya kontributornya profesional banget di bidangnya. Di kita, kalau sudah tentang ilmu (ngga semua, tapi sebagian besar), terasa "jeblok", biasanya hanya terjemahan, jadi info keindonesiaannya kurang (khususnya data2 terkini).

Lontaran ini cuma perangsang "badai-otak" semata. (O, iya, tolong diarsip nih Warkopnya) Kembangraps 08:26, 17 November 2006 (UTC)

Oom Kembang, mistinya sih itu bisa-bisa aja dan boleh-boleh aja; toh kalo mau dilacak lewat laman versi terdahulu suatu artikel, bisa kliatan signifikansi kontribusi dari ybs. Jadi ngga bisa ngebo'ong. Cuma, apa pihak administrasi PNS ybs mau nerima hal itu sebagai angka kum? Lagian, bagian administrasi kantor mana sih yang mau rajin ngecek validitas klaim kredit poin yang diusulkan? (Sori, saya bukan PNS. Jadi, itu cuma semacam 'tuduhan' aja. He..he..hee ). salam, Wie146 08:45, 17 November 2006 (UTC)

Ngecek versi terdahulu sih engga, tapi admin butuh TEKEN (signature) sebagai bukti. Sistem wiki bisa menyediakan signature yg diakui sistem kepegawaian kita? (Yang aneh bin unik plus kaku: tanda tangan ya pake tangan -- akhirnya palsu pun diterima juga!). Minta mas borgx utk tanda tangan 'kali ya, kan dia birokrat :-)) Kembangraps 09:32, 17 November 2006 (UTC)

Kenapa harus memakai signature? Dari suntingan kan ada nama pengguna, itu sudah bisa dipakai untuk suatu "credit system". (Ikut2an serius untuk sesuatu yang masih tidak jelas hehe) borgx(kirim pesan) 09:39, 17 November 2006 (UTC)

angka kredit pegawai apaan sih? :D serenity

Jawab borgx: Gw juga engga tahu pasti, makanya dilontarkan di sini. Syukur2 kalo si penilai "open-minded", punya pendapat kaya borgx. Biasanya sih engga, tanda tangan ya pake tangan dan bolpen, di atas kertas (plus format yang sudah disediakan). Hard proof. Di antara pengguna di sini, ada yg sudah pernah mengajukan angka kredit atas artikel yg dimuat di "online-journal" (cuma versi online, ngga ada cetaknya, spt PLoS)? Ada kesulitan?
Jawab Serene: Angka kredit pegawai itu satuan buat penilaian kompetensi seorang PNS (fungsional). Fungsinya yg paling praktis buat kenaikan pangkat (dan gaji!, meskipun kecil kenaikannya **SIGH** ). Misalnya untuk jadi profesor musti ngumpulin 650 angka kredit kumulatif, dan mencakup tiga bidang tugas dosen/peneliti. Ada aturan2nya (yg gw sendiri mumet). (Wah musti bikin artikel di wiki id tentang ini nih!) Kembangraps 09:58, 17 November 2006 (UTC)

Tapi hati-hati, nanti klo memang bisa dan mereka cuman ngejer kum, wah mutunya nanti gimana? Tahu kan orang-2 yg ngejer sesuatu. Yg penting suntingan mencapai x, mutu, no 2. Yg pernah denger2 soal PNS N/A(bicara) 10:17, 17 November 2006 (UTC)


Yang ngewiki paling yang kurang kerjaan aja

maksudnya semacam "tanda jasa" untuk yang nyumbang di wiki ya? menurut gw kalo mau nyumbang, ya nyumbang aja dengan ikhlas. Orang yg nyumbang di wiki itu bukan orang kurang kerjaan, tapi orang-orang yang ikhlas (amin..)--Ricky Setiawan (kirim pesan) 10:25, 17 November 2006 (UTC)


"Aneh aja gitu, kalau lihat wiki yg maju (en:, de:) kayaknya kontributornya profesional banget di bidangnya. Di kita, kalau sudah tentang ilmu (ngga semua, tapi sebagian besar), terasa "jeblok", biasanya hanya terjemahan, jadi info keindonesiaannya kurang (khususnya data2 terkini)."-----. Hmmm. setelah membaca ini jadi nggak enak juga. Pertama terjemahin artikel itu nggak mudah, kedua apa salahnya menterjemahkan artikel dari bahasa lain, toh setelah itu untuk merintis dan memperbaiki artikel tersebut jadi lebih mudah. Ketiga, kalau bangsa kita untuk nerjemahin artikel aja sudah gengsi, kapan bisa majunya ? Memang sih yang paling baik buat artikel sendiri, tapi di mana-mana tuh orang kan mulainya dari yang kecil dulu. (Pheew, keluar deh unek-uneknya-muss ja irgendwohin damit!!) Acaramoy 21:55, 18 November 2006 (UTC)

Als wenn wir keine Experten hätten! Schau doch mal wie deutsche Wiki geschrieben wird. Gue bukannya merendahkan penerjemah, gw sendiri sering nerjemahin. Pernyataan itu kayak kontemplasi. Tapi, apa ngga ada perasaan 'kelokalan' waktu nerjemahin, ini udah pas belum ya, ini relevan ngga ya, dsb. Kalau memang kita tahu cukup dalam di bidang kita, masukin atuh aspek2 keindonesiaannya (masih lemah, udah maju, dsb.). Gw salut sama artikel2 tentang sejarah Nusantara dan komik lokal yang betul2 terasa murni 'asli' Indonesia (sampe gaya2 nulisnya!). Maju terus wikipedia id:. Btw, ini agak OOT yaks? Gw masih menanti komentar2 para PNS di kalangan pengguna nih. Kembangraps 22:10, 18 November 2006 (UTC)

Tentu saja bangsa kita juga punya pakar-pakar, tapi namanya juga negara berkembang, tentu saja jumlahnya juga belum bisa dibandingin sama Jerman. Ya susah juga kalau mau membandingkan dua hal yang berbeda, tapi intinya kan justru Wikipedia itu bisa disunting siapa saja, dan saya rasa justru itu kekuatan Wikipedia. Kalau Bung Kembang merasa ada sesuatu yang kurang di artikel Indo, ya disunting, kan lama-lama Wiki Indo bisa bagus juga. Tapi kalau sekarang sudah merendahkan Wiki Indo, ya majunya jadi tambah sulit. Acaramoy 22:26, 18 November 2006 (UTC)

He he, maunya nyunting semua, sayang gw ngga pinter2 banget + ada kerjaan lainnya! Kembangraps 22:42, 18 November 2006 (UTC)

sama. ^_^ Salam kenal. Acaramoy 22:58, 18 November 2006 (UTC)

Baru saja baca tentang Citizendium, sempalannya Wikipedia. Kayaknya yang ini bakal lebih menarik kalangan ilmuwan/peneliti. (Kata kunci:reliable) Kembangraps 13:13, 19 November 2006 (UTC)

Ikut komentar yah. Menurut saya apa yang sudah berjalan secara alami sekarang ini sudah bagus. Bahwa kita telah mencapai jumlah artikel 40.000 adalah sebuah pencapaian luar biasa (saya bangga jadi anggota komunitas ini!). Jangan lupa kita juga mempunyai hampir 30.000 sumber daya manusia. Alasan bahwa sedikitnya kontributor karena "ga dapet apa2" rasanya kurang kuat. Alasan macam gini seharusnya sudah beranak-pinak di negara asal wikipedia itu sendiri. Saya masih percaya bahwa bangsa ini masih punya semangat hidup untuk saling memberi. Sedikitnya kontributor saya kira bukan karena "ga dapet apa2" tetapi, pernahkah menghitung berapa biaya akses internet per jam di Indonesia? Orang-orang di daerah saya kira akan sangat bangga memperkenalkan daerahnya, dengan syarat, mereka punya kemudahan akses ke internet. Berapa banyak sih universitas2 di Indonesia yang punya akses internet bagus? Saya lihat juga kita punya anggota2 yang pernah aktif terus menghilang. Apakah sebab? Na..rasa-rasanya sedikitnya kontributor adalah konsekuensi logis (haha..ikut2 Bung Ivan Lanin) dari teknologi internet di sini. Da..Bung Meursault aja sempet kasian ama ms.wikipedia yang walaupun akses internet maju tapi wikipedianya melempem. Membandingkan kita dengan en: dan de: juga rasa-rasanya kurang fair, sebab mereka sudah start jauuuh lebih dulu. So..bagi saya lebih baik kita menjaga kinerja yang sudah bagus ini. Salam geboy 15:34, 19 November 2006 (UTC)

Akuurr, Bung Geboy. Salam, Naval Scene 15:45, 21 November 2006 (UTC)

Soal Citizendium, gw tertarik tuh. Kita jadiin proyek masa depan id yu? Hariadhi 16:59, 21 November 2006 (UTC)

Gw masih tunggu komen2 yg lain. :-> Kembangraps 08:36, 25 November 2006 (UTC)

Teknik Grafika

Apakah ada yang dapat menjelaskan bidang grafika secara lengkap, mulai apasaja yang dipelajari, bagaimana bidang ini bekembang hingga sejarah Teknik Grafika di Indonesia. salam Sugeng endarsiwi 22:44, 18 November 2006 (UTC)Sugeng Endarsiwi

Gw cuma ada bahasan Manajemen Produksi Grafika dari catatan kuliah. Isinya tentang teknik2 cetak, sejarah, dan perhitungan keuangannya. Kalau mau tinggalin pesan di halaman diskusi gw. Hariadhi 16:08, 21 November 2006 (UTC)

Ucapan selamat

Mungkin agak telat karena sedang wikibreak alias cuti tapi ternyata ada ucapan selamat yang harus saya sampaikan kepada komunitas wiki Indonesia dari seorang pengguna Wikipedia Belanda:

Salinan dari halaman pembicaraan saya:

Van harte gefeliciteerd met deze id:wiki mijlpaal. Wil jij dat overbrengen naar de andere gebruikers? Mvg. --Algont 22:27, 16 November 2006 (UTC)

Terjemahan: Selamat dengan dicapainya milestone id:wiki ini. Apakah kamu mau sampaikan kepada pengguna-pengguna lainnya? Salam sejahtera. (terjemahan Meursault2004 06:48, 19 November 2006 (UTC))

kok logonya kembali seperti semula?--Ricky Setiawan (kirim pesan) 10:40, 21 November 2006 (UTC)
Lihat #Logo Wikipedia. Hayabusa future (\0-0/) 11:01, 22 November 2006 (UTC)

Tahukah Anda bahwa Pengguna:Alitsutawan adalah pengguna yang ke-30.000 dan berhak mendapat sebuah payung cantik? Hahaha.. Selamat..selamat.. atas "milestone" yang ini juga! :D Salam geboy 00:13, 22 November 2006 (UTC)

Cepet banget ya kelihatannya... Aku barusan buka Wiki hari ini trus kok liat penggunanya sudah 30.000 lebih... kaget gue. Memang, Pengguna:Alitsutawan memang pengguna ke 30.000. Selamat! User Of Wikipedia 11:04, 22 November 2006 (UTC)

Free CD Wikipedia Indonesia

Apakah Wikipedia mengeluarkan CD wikipedia sehingga kontennya dapat diakses secara Offline? Sekiranya belum, kiranya ini dapat dilakukan. Saya cukup yakin banyak yang akan merasa terbantu dengan rilis CD Wikipedia Indonesia. Formatnya dapat dibuat setiap bulan, misalnya edisi terkini bulan November dan seterusnya. Untuk harga dibuat seekonomis mungkin. CD Ilmu Komputer dot Com misalnya, tidak boleh dijual lebih dari Rp 5.000,00 Sebagian hasil penjualan dapat disumbangkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Demikian sekedar usul. Terimakasih atas segala tanggapan. 222.124.11.127 09:05, 25 November 2006 (UTC)

Iya, sarannya diperhatikan, tunggu aja ya.

Omong2 soal ini, karena desainnya udah ada gw punya ide supaya kita cetak pamflet wikipedia untuk dibagi-bagiin.

Masalahnya walaupun per lembar nyetak itu murah, tapi tatp butuh dana gede karena harus nyetak ribuan lembar sekaligus.

Nah gw punya usul supaya kita patungan buat cetak pamflet ini. Masalah ke percetakannya biar gw urusin. Nanti yang ikut urunan gw kirimin pamfletnya via paket atau anter ke alamat (untuk Jakarta).

Tapi syaratnya harus berani malu aja kaya abang2 nyebarin pamflet rumah makan. Hehehehhe Hariadhi 05:09, 26 November 2006 (UTC)

Support proposal Wikipedia Bali & wikibooks jawa

Baru saja "berkelana" di meta. Ada proposal untuk wikipedia bahasa Bali:

http://meta.wikimedia.org/wiki/Requests_for_new_languages#Balinese_Wikipedia

dan wikibuku Jawa! (telat lihat, ada di bawah). Mungkin kita bisa bantu mendukung? Bagaimana caranya, jika jawabnya 'ya'? Musti punya akun di en: dulukah? :( Kembangraps 16:50, 29 Oktober 2006 (UTC)

Bukan di en tapi di meta. Kemudian di halaman pengguna dicantumkan "saya aktif di id.wikipedia" (dlm bahasa Inggris tentunya). Kalau bisa berikan juga pranala ke halaman pengguna di id.wikipedia borgx(kirim pesan) 00:05, 30 Oktober 2006 (UTC)

Sudah tak taruh namaku buat support --Andri.h 00:58, 30 Oktober 2006 (UTC)

Thanks Dab! Btw, pengusulnya tidak aktif di Wiki id: ya kayaknya? Kembangraps 07:17, 30 Oktober 2006 (UTC)

Lho ini kan dulu sudah pernah diusulkan ??? Meursault2004 18:41, 30 Oktober 2006 (UTC)

Wah, mulai hangat nih. Bisa ditunjukin ke kita Mas Meursault, dokumen persetujuannya (utk pengajuan yg lama). Kalo ada, saya tarik dukungannya, biar ngga terjadi dualisme. Kalau dua versi dengan aksara berbeda masih bisa diterima. (Cuma yg dulu kok ya ngga mulai2, kalau sudah disetujui?). Kembangraps 06:48, 31 Oktober 2006 (UTC)
Ternyata ada yang menghapus yang jelas saya lihat saya pernah vote OK pada tanggal 11 Februari 2006. Coba lihat di sini. Meursault2004 10:39, 31 Oktober 2006 (UTC)

Yang bisa disimpulkan dari link yang disampaikan: (1) Tidak terlihat ada keputusan, diterima atau tidak proposalnya; (2) Pengusulnya "ngumpet", pantas nggak muncul2 wikinya; (3) Kalau yg ditampilkan itu situasi terakhir, sedikit amat peminatnya (cuma 6! 4 setuju 2 keberatan). Jadi saya belum akan menarik dukungan. Meskipun demikian, aneh, pengusul yg sekarang tidak "pasang badan" (malu mungkin?). Juga dia tidak aktif di wiki id: (gimana mau komunikasi dg calon2 pendukung?); jadi agak ragu2 thd niatnya (serius ngga sih dia, jangan2 mentah lagi). **MODE BINGUNG: ON** Kembangraps 11:06, 31 Oktober 2006 (UTC)

Bukan dihapus, tapi diarsipkan ke bagian (subpage) "need support from native speakers". Lihat halaman ini. Asal jangan seperti Wikipedia Bugis, sudah dibuat tapi tidak ada aktivitas. borgx(kirim pesan) 00:44, 1 November 2006 (UTC)

Kalau ada pengajuan dobel begini, terus yang lama bisa 'dibangkitkan' lagi dan digabung dg proposal baru? Kalau bisa dibangkitkan lagi, itu kan lebih bagus, sekarang paling tidak ada tiga penutur asli (sayang hanya satu yang tampaknya jelas siap). Btw, thanks borgx for showing us the link. Looks like Madurese needs repromotion. (But MAD.wikipedia? and GAY.wikipedia for Gayo? why indonesian languages have such funny abbrev. :-D ) Kembangraps 08:33, 1 November 2006 (UTC)

Kayaknya suara di halaman proposal yang lama gak bisa ditambahin gitu deh. BTW kalau mau cepat disetujui, langsung saja dibuat di incubator.wikimedia.org, jadi langsung saja buat halaman-halaman berbahasa Bali (dll) di situ, jika sudah berpuluh-puluh halamannya, biasanya cepat dibuat Wikinya. Jv.wikibooks juga sudah ada di situ. Lebih cepat lagi jika ada native speakernya yang agak "wikimaniak" yang koordinasi semuanya. Lebih-lebih cepat lagi jika si "wikimaniak" tsb bisa online di irc untuk satroni si developer wiki (yang ngebuat wiki-wiki itu). Gak susah kalo tau triknya, id.wikisource berdiri hanya dalam 2 minggu walaupun cuma disupport 4 orang :) Bukan menyombongkan diri lho. :) borgx(kirim pesan) 09:44, 1 November 2006 (UTC)

Kalo diliat dari progres sampe hari ini, kayanya bakalan susah. Lagian yang ngusulin kayanya iseng (menurut saya pribadi). Saya pribadi selaku yang native Balinese juga agak bingung dengan pemakaian bahasanya nanti, apakah akan pake Bahasa Bali Alus Sor, Bahasa Bali Alus Singgih, Bahasa Bali Alus Madya, atau Bahasa Bali Kasar? Beda fungsi/kepentingan beda bahasa. Sebagai contoh: Bila berkomunikasi dengan para sulinggih (kaum brahmana/ulama, penuntun agama) orang bali menggunakan basa bali alus sor, jika dalam berkomunikasi dengan orang yang keturunan ksatriya/ningrat keluarga puri/keraton, memakai basa alus singgih, kalo dengan orang tua/yang lebih tua menggunakan alus madya. Nah dalam pergaulan sehari-hari dikalangan bawah, baru berlaku basa kasar. Pengalaman saya di karang taruna (sekehe taruna) dalam pertemuan formal kita menggunakan basa alus madya. Apa ini akan dipake sebagai standar..? mengingat basa alus yang lebih tinggi, agak jarang yang menguasai. Mohon juga sharing dari teman-teman wiki:jv yang telah sukses membangun wikinya.. winana(ngobrol) 16:30, 3 November 2006 (UTC)

Kalau di jv: bisa/boleh menggunakan dua-duanya untuk menulis artikel. Kata sambutan pada halaman utama ditulis dalam dua varian. Bahkan subjudul Wikipedia pada setiap halaman berada dalam bahasa ngoko dan krama. Menurut saya tingkatan bahasa pada artikel terserah saja, kecuali nanti kalau konversasi atau diskusi menggunakan bahasa halus. Meursault2004 16:34, 3 November 2006 (UTC)

sekedar info, saya menemukan di incubator sudah ada tes wiki bali, tidak tahu siapa yang membuatnya. angbicara 11:22, 9 November 2006 (UTC)

Bagus tuh. Terus terang saya merasa agak sungkan karena support yang bisa diberikan cuma dukungan moril. Bahasa Bali saya nol. Jadi silakan diteruskan oleh yang mampu. Maaf nih. Kembangraps 12:14, 9 November 2006 (UTC)

Halo semua. Terima kasih kepada saudara Anggoro yang telah menginformasikan link ini kepada saya. Saya sangat senang sekali banyak sekali teman-teman yang telah memberi dukungan untuk usulan saya (walaupun bukan orang pertama yang mengusulkan). Jujur saya bukanlah seorang 'wikimania', tapi saya memang ada niat untuk membangun Wikipedia menggunakan Bahasa Bali. Mungkin ini yang disebut iseng. Seperti saudara Winana, memang penggolongan dalam penggunaan bahasa bali bisa jadi merupakan suatu tantangan tapi bukan rintangan. Mulai dari TV dan koran lokal di Bali sekarang sudah mempunyai segmen untuk berita dalam Bahasa Bali. Saya sadar kalo tanpa komunitas, hal ini akan sulit terwujud. Apalagi kedepannya, agar tidak hanya menjadi suatu link tanpa aktivitas. Jadi untuk memulainya mungkin ada yang mau memberi masukan, kira-kira artikele apa yang bisa dibuat versi Bali nya yah untuk pertama kali. Kalo Wikipedia jawa, artikel pertamanya apa yah?

Halo, selamat gabung Bli Alit. Sori saya ban:0 jadi cuma dukung moril aja. Untuk artikel awal yang paling "gampang" ya yang berkait dg kewikipediaan (halaman utama, cara menyunting, bikin templat2 dasar, dkk.) dan ke-Balian (makanan, adat, sejarah, wilayah, dll. sumbernya banyak di sana, bayangkan seperti menyalin lontar saja). Promosi (kayak wiki Sunda) juga perlu 'kali ya ke lembaga2 budaya dan keilmuan supaya sukarelawannya banyak. Tentang bahasa, biasanya mengikuti gaya/level bahasa untuk jurnalistik yang disepakati. Kembangraps 09:11, 16 November 2006 (UTC)
Mengenai dukungan, kami benar-benar butuh segala bentuk dukungan temans disini. Masalah menguasai Ban(N), Ban(1) ato Ban(0) sekalipun saya pikir bukan permasalahn, saya sangat mengharapkan support temans semua. Seandainya ini bisa terealisasi, akan dibutuhkan teman-teman yang mengerti templat, aturan-aturan, bahkan kami sangat membutuhkan teman-teman yang bisa programming/web programming untuk membangun ban.wiki. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah dukungan moril dan do'a, agar ini cepat terrealisasi. Salam, winana(ngobrol) 16:29, 16 November 2006 (UTC)
Pendukung Ban(0). Jika butuh suara, siap membantu. N/A(bicara) 17:10, 16 November 2006 (UTC)

Logo baru

Saya memuat logo baru dengan menambahkan "40.000", tapi agak kasar, maklum bukan graphic designer. Mungkin ada yang bisa membantu dengan disain yang lebih "wah". Jika logonya sekarang masih yang lama, mungkin perlu tekan F5 :) borgx(kirim pesan) 05:42, 31 Oktober 2006 (UTC)

Bung borgx, sekedar input, di link-link bahasa seperti Bahasa Perancis, logonya terpaut ke logo yang baru (dipakainya di bawah, yang bagian Wikipedia juga mempunyai edisi Bahasa xxx). Nah dengan logo baru yang ada angka 40000nya, bahasa-bahasa tersebut kesannya juga 40000 padahal kan banyak yang tidak sampai segitu, dan banyak yang lebih banyak juga. Saran saya untuk logo kita, dibikin khusus, dan yang netral tetap ada untuk link-link bahasa & yg lain2. Taman kodok 06:02, 31 Oktober 2006 (UTC)

Wah iya, saya tidak aware bahwa gambar tsb dipakai dibanyak templat. Ok nanti disesuaikan. borgx(kirim pesan) 06:06, 31 Oktober 2006 (UTC)

mau tanya, jenis font yang dipakai pada tulisan "Ensiklopedia Bebas" itu apa namanya? --Ricky Setiawan (kirim pesan) 10:30, 31 Oktober 2006 (UTC)
Wow bagus lho! Trims! Meursault2004 10:32, 31 Oktober 2006 (UTC)

Beberapa contoh:

Hayabusa future (\0-0/) 10:49, 31 Oktober 2006 (UTC)

Saya kira kelak kita bisa menggunakan Berkas:Wiki40k50k.jpg. Meursault2004 10:51, 31 Oktober 2006 (UTC)
Setuju dengan punya Hayabusa, ah!! hehehe... 58.178.221.70 12:28, 31 Oktober 2006 (UTC)

IMHO, jangan warna merah, soalnya terlalu kontras dengan warna logo wiki yang hitam-putih --Ricky Setiawan (kirim pesan) 13:40, 31 Oktober 2006 (UTC)

Setuju dengan Meursault2004 untuk pengunaan Berkas:Wiki40k50k.jpg, dan dengan Ricky, jangan yang warna merah Rex••bicara•• 17:12, 31 Oktober 2006 (UTC)

Wah bagus. Saya setuju dengan font yang warna hitam. Ayo Hayabusa, dimuat saja. Eh, tapi bagaimana kalau "40.000+" (ada plus-nya), kalau misalnya sudah 48.000/49.000 kan aneh logonya "40.000" :) borgx(kirim pesan) 00:35, 1 November 2006 (UTC)

Mestinya sekarang logonya pakai tag "menuju 50.000" Rex••bicara•• 04:29, 1 November 2006 (UTC)

Kalau itu sih kepanjangan ntar bola Wikinya ketutup tulisan :) borgx(kirim pesan) 06:02, 1 November 2006 (UTC)

OK skrg sdh diupdate logonya. Maju terus Wiki :id!! Hayabusa future (\0-0/) 10:01, 1 November 2006 (UTC)

mantap :D --Ricky Setiawan (kirim pesan) 10:04, 1 November 2006 (UTC)

Di halaman mana logo baru-nya ditaruh?? --Andri.h 13:01, 1 November 2006 (UTC)

Coba lihat di Berkas:Wiki.png. Meursault2004 13:03, 1 November 2006 (UTC)

Tapi kok latar belakangnya jadi berwarna biru kehijau-hijauan, tidak transparan lagi. --Ricky Setiawan (kirim pesan) 14:06, 1 November 2006 (UTC)

coba lihat di sini --Irwangatot 14:16, 1 November 2006 (UTC)

Lho, kan gak perlu link-link khusus, logo Wikipedia dihalaman mana? di setiap halaman! Itu lho yang dikiri atas. Kalau masih yang lama, refresh dulu browsernya. borgx(kirim pesan) 23:42, 1 November 2006 (UTC)

Pengguna 213.214.155.64

Saya mendapatkan pesan berikut:

  • Hi, could you please block this IP per my comment here? --Dost 10:07, 2 November 2006 (UTC)

Apakah pengguna ini harus diblokir secara permanen? Meursault2004 10:51, 2 November 2006 (UTC)

iya lah, sebaiknya diblok permanen saja, atau minimal 6 bulan/1 tahun. kisti 21:20, 2 November 2006 (UTC)

Hahaha..ternyata aku pernah dikerjain sama ni orang (atau setan?). Sejak 20 Januari 2006 kerjaannya cuma nge-vandal doang. Kalo ga ngosongin halaman, dia ngasih gambar vi***tor. Aku mendukung pemblokiran! Salam geboy 22:33, 2 November 2006 (UTC)

Terima kasih, kalau begitu sudah saya turuti saran mas Kisti dan saya blokir 6 bulan. Meursault2004 11:51, 3 November 2006 (UTC)

Wikipedia sumber yang tepercaya

(Tulisan ini dipindahkan dari Bak Pasir oleh ~Rex••bicara•• 05:31, 8 November 2006 (UTC))

Mencari informasi di internet membutuhkan sumber yang harus tepercaya, Wikipedia adalah salah satu sumber yang tepercaya itu serta . Terima menyajikan berita - berita yang hangat. kasih. terima kasih wikipedia Susila permana 02:59, 8 November 2006 (UTC)