Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/Mei 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Otomatisasi interwiki

Saya ragu sebenarnya apakah saya yang keliru memahami perilaku wikipedia atau bagaimana, tapi sejauh yang saya tau kalau kita membuat artikel baru yang merupakan terjemahan dari wikipedia bahasa inggris, setelah kita menambahkan interwiki di artikel yang kita sunting, pada saat artikel tersebut saya posting maka wikipedia akan menambahkan secara otomatis kebalikannya di masing-masing bahasa yang sesuai. Cuma koq sekarang sepertinya harus dilakukan manual yah? pemahaman saya yang salah atau emang wikipedianya yang lagi bermasalah?  J.a.i.m (bicara) 09:38, 5 Mei 2009 (UTC)

Halo. Interwiki otomatis itu dilakukan oleh bot. Tapi terkadang, bot ini bekerjanya lama sekali, bisa 1 bulan baru diberi interwiki. Saya juga tidak tahu kenapa, tapi yang pasti memang lebih baik kita sendiri yang menambahkannya, toh hanya tinggal copy paste saja. Bot fungsinya hanya untuk berjaga2 kalau2 kita lupa memberi interwiki, atau pranala interwikinya (judul artikel di wikipedia lain) diubah/diupdate. salam.--BlackKnight(kirim pesan) 10:11, 5 Mei 2009 (UTC)

Artikel "Budaya Internet" layak tidak untuk sekarang?

Apakah artikel-artikel seperti ini untuk sekarang layak?? Soalnya kadang artikel-artikel yang terlalu asing sehingga sering tidak ketemu atau dihapus (maaf kalo ada salah-salah kata atau saya membuat komentar yang kurang penting). MaxiManuel111 (bicara) 16:16, 12 Mei 2009 (UTC)

Wikipedia kan ensiklopedia bebas, silakan saja rintis artikel apapun. Bila dihapus pun mungkin artikelnya terlalu pendek. FarrasLa Poste 15:58, 20 Mei 2009 (UTC)

Wikipedia

Kemarin (tgl 12 Mei 2009) saya menemukan ada artikel berjudul "Wikipedia Mengibuli Media", saya pikir itu Wikipedia Indonesia, ternyata Wikipedia Prancis (kata teman saya). Sebenarnya ini pertanyaan saya dari dulu (sekitar 5 bulan lalu) sejak saya mengetahui Wiki. Apakah semua artikel yang dipasang di Wiki sudah dibuktikan kebenarannya? Tatik (bicara) 07:36, 13 Mei 2009 (UTC)

Namanya aja Wikipedia Umum, yah kita maklumilah artikel yang dimuat kadang bukan berdasarkan fakta tapi banyak yang berdasarkan opini penulis itu sendiri.Eka susesko (bicara) 06:14, 14 Mei 2009 (UTC)

Kalau bicara semua, ya tentu tidak. Makanya perlu kontribusi untuk menyunting, agar semua artikel dapat bersudut pandang netral (tidak bias opini) dan memiliki referensi (catatan kaki) yang baik. Sebagai ensiklopedia, Wikipedia tidak memperdebatkan "kebenaran", namun berfokus pada referensi pendukung yang valid & netralitas artikel. Umumnya artikel-artikel yang memenuhi kriteria Artikel Pilihan, sudah memenuhi hal-hal tersebut. Salam, Naval Scene (bicara) 07:11, 14 Mei 2009 (UTC)

Sebagai ensiklopedia, Wikipedia tidak memperdebatkan "kebenaran", namun berfokus pada referensi pendukung yang valid & netralitas artikel. O....saya baru tahu... :) Misalnya ada beberapa kalimat (misal 9 kalimat) yang membahas tentang satu topik, belum memiliki referensi, namun bersifat netral. Apakah bisa diterima? Apakah harus ada (banyak) referensi dahulu baru boleh diterima? terimakasih. Tatik (bicara) 08:13, 15 Mei 2009 (UTC)

Tulis saja dulu. Kalau Anda sendiri masih ragu dg validitas pernyataan itu (perhatikan, tidak boleh merupakan hasil penelitian sendiri/nonpublikasi), tambahi tanda {{fact}} di belakang pernyataan ini, supaya kontributor lain bisa membantu mengedit lebih baik. Kembangraps (bicara) 08:53, 15 Mei 2009 (UTC)

Ya.. saya setuju dengan kembangraps itu akn jadi lebih baik ketimbang kita perdebatkan masalh iniEka susesko (bicara) 01:52, 24 Mei 2009 (UTC)

Surat Referensi

Euh, sebenarnya sudah lama nih, tetapi belum sempat-sempat tulis (antara malas dan lupa)

Wikimedia Foundation (Pusat) menawarkan diri apabila ada pengguna wikipedia ataupun wikimedia (mitra lokal) yang menginginkan mendapatkan surat referensi atas kontribusi mereka di Wikipedia (sebenarnya proyek-proyek wikimedia pada umumnya). Jadi kalau tertarik boleh tanya-tanya sama info@wikimedia.or.id atau japri ke gue. Tentu saja harus punya reputasi yah kontribusinya, jangan harap bikin satu artikel kepotong (atau cuman mindahin tag disambiguasi dan memberi salam) minta referensi :D Serenity (bicara) 10:04, 14 Mei 2009 (UTC)

Oh ya, contohnya komik Hariadhi, mungkin setelah setahun ya dhi :-p Serenity (bicara) 10:05, 14 Mei 2009 (UTC)
Iye buuu.... Tenang aje nanti gw tagih kalau udah lulus. 61.247.3.227 17:18, 14 Mei 2009 (UTC) (males login)
Informasi yang berguna. Terima kasih --za (bicara) 12:38, 24 Mei 2009 (UTC)