Lompat ke isi

Wikipedia:Warung Kopi (Bahasa)/Arsip/2024/2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


"penyebaran Islam" dan islamisasi"[sunting sumber]

Salam, saya ingin meminta pendapat mengenai "pembedaan" kedua istilah ini: penyebaran Islam dan islamisasi. Alasan saya untuk meminta pendapat ialah pengalihan halaman-halaman artikel islamisasi ke halaman-halaman artikel penyebaran Islam oleh saudara @Glorious Engine tanpa diskusi terlebih dahulu. Misalnya Islamisasi di Kalimantan Timur dialihkan ke Penyebaran Islam di Kalimantan Timur, dan Islamisasi di Kalimantan Selatan dialihkan ke Penyebaran Islam di Kalimantan Selatan.

Saya memandang kedua istilah ini berbeda meskipun saling berkaitan dengan dakwah di suatu wilayah, daerah atau kawasan. Islamisasi sudah pasti merupakan akibat dari penyebaran Islam yang berterima, tetapi penyebaran Islam belum tentu menghasilkan islamisasi karena adanya kemungkinan penolakan atas keyakinan. Saya mengaitkan penyebaran Islam sebagai bagian dari proses dakwah, sementara islamisasi merupakan hasil dari dakwah yang bersifat berterima oleh penduduk, masyarakat atau penguasa suatu wilayah, daerah atau kawasan.

Penyebaran Islam dapat tidak menghasilkan islamisasi ketika ada penolakan keyakinan atau alasan lainnya. Sementara islamasi dapat terjadi karena penerimaan atas penyebaran Islam. Kondisi yang mirip mengenai perbedaan istilah ini dapat dilihat pada penginjilan dan kristenisasi. Contoh kasusnya sebagai berikut:

  • Penyebaran Islam di wilayah Kalimantan Timur mencapai keberhasilan dengan didirikannya Kesultanan Kutai Kartanegara yang menganeksasi Kerajaan Hindu yakni Kerajaan Kutai Martapura.
  • Penyebaran Islam di wilayah Sulawesi Selatan oleh Kesultanan Gowa pada awalnya mengalami penolakan oleh beberapa kerajaan dari suku Bugis yang kuat, yakni Kerajaan Bone, Kerajaan Wajo dan Kedatuan Soppeng. Sehingga islamisasi hanya berlangsung di kerajaan-kerajaan kecil di sekitar Kesultanan Gowa.

JumadilM Diskusi 1 Desember 2023 03.00 (UTC)[balas]

Artinya saja sudah beda bang. Terdapat perbedaan dalam penekanan makna. Islamisasi berarti tindakan untuk mengubah sesuatu menjadi Islam atau bernuansa Islam, sedangkan penyebaran Islam berarti tindakan menyebarkan Islam. Berarti benar bung @Glorious Engine. Mungkin bung Glorius langsung melakukan perubahan tanpa diskusi karena kalau diskusi, pengguna lain cenderung lama merespons. Natsuikomin (bicara) 10 Januari 2024 00.38 (UTC)[balas]
Belum lagi kalau ada yang tidak suka dengan frasa tersebut tanpa mempertimbangkan makna asli, dan lebih mempertimbangkan sentimen. Natsuikomin (bicara) 10 Januari 2024 00.39 (UTC)[balas]
@Glorious Engine saya persilakan memberikan tanggapan Badak Jawa (bicara) 10 Januari 2024 02.23 (UTC)[balas]

Begini, sebetulnya pengistilahan ini berkaitan dengan pemakaian istilah "penyebaran Kristen" dengan "Kristenisasi". Saya ingat ada yang kurang suka dengan penyebutan Kristenisasi Goa dan lebih memilih Penyebaran Kristen di Goa. Sepengetahuan saya penyebutan "Kristenisasi" itu paling sering dipakai untuk penyebutan berita negatif seperti "Waspada! Kristenisasi di wilayah XXX" dan segala macam seperti halnya penyebutan Bibel alih-alih Alkitab, sehingga perlu diperhalus dengan penyebutan "penyebaran Kristen".

Kalo mengenai entah diterima atau tidak, saya kira itu samar seperti halnya kasus misionaris Odorico da Pordenone yang sempat mendatangi Majapahit atau kedatangan Nestorian di Sumatra entah ia juga mengalami penerimaan atau tidak. --Glorious Engine (bicara) 10 Januari 2024 02.41 (UTC)[balas]

Terima kasih atas tanggapan rekan-rekan sekalian @Natsuikomin, @Badak Jawa dan @Glorious Engine. Saya cukup mengerti dengan penjelasan yang disampaikan oleh @Glorious Engine. Namun ada baiknya suatu halaman tidak langsung dipindahkan dengan alasan untuk memperhalus penggunaan bahasa. Terlebih, penggunaan istilah "Islamisasi" dan "Penyebaran Islam" masing-masing memiliki artikel tersendiri di Wikipedia bahasa Indonesia.
Istilah serupa yang Anda berikan yakni "Penyebaran Kristen", artikelnya malah dialihkan oleh pengguna lain ke Kristenisasi. Dalam hal ini, sepertinya ada yang mengartikan istilah "kristenisasi" dan "penyebaran Kristen" secara biasa saja (termasuk saya) sehingga tidak perlu diperhalus dan memang kedua istilahnya beda makna. Begitu pula dengan sitilah "Islamisasi" dan :Penyebaran Islam". Sehingga pandangan pemberitaan negatif tertentu seharusnya tidak mempengaruhi penamaan suatu artikel, karena makna negatif maupun positif dapat muncul pada suatu istilah yang sama.
Tambahan lain, penamaan sebaiknya dipilih dengan memperhatikan konteks yang sudah ada di dalam artikel. Karena kontekslah yang menentukan judul meskipun judullah yang dibuat terlebih dahulu. Pada artikel yang dialihkan dari Islamisasi (misal: Penyebaran Islam di Kalimantan Timur, Penyebaran Islam di Kalimantan Selatan, dan Penyebaran Islam di Aceh), hanya sekadar nama artikelnya saja yang diganti. Konteks dan kontennya tidak diubah sedikitpun. Kondisi ini malah akan menimbulkan kebingungan tersendiri bagi pembaca artikel. Pada kondisi inilah diskusi sesama pengguna dibutuhkan pada halaman pembicaraan artikel untuk menentukan apakah judul suatu artikel perlu diganti, isinya perlu dipindahkan, isinya perlu digabungkan ke artikel lain atau keputusan lain sesuai dengan konsensus yang telah disepakati.
Salam, JumadilM Diskusi 4 Februari 2024 05.26 (UTC)[balas]