Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/Agustus 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


A worrying observation[sunting sumber]

I'm not sure if this is the right place to voice this concern, as I'm not familiar with here.

When I was doing vandalism patrolling this afternoon, I was shocked to see that although there are quite a few vandalism edits, but there was no one to revert them. So, is it possible for some users to help with patolling the Recent Changes?

Thanks. Arctic Kangaroo () 7 Agustus 2013 13.02 (UTC)

Very active user in id.wp is only about 30-40, not all user monitored changes. Eventhough id.wp readership is huge, the contributor based is only a little bit bigger from Estonian Wikipedia... I don't think one can expect much...Serenity (bicara) 24 Agustus 2013 04.09 (UTC)

Vandalisme di Wikipedia jadi bahan cari sensasi di Kaskus[sunting sumber]

Seperti yang saya dapatkan disini:

Dan masih banyak lagi jika ingin dikorek lebih dalam lagi. --Erik Fastman (bicara) 9 Agustus 2013 16.47 (UTC)

Membaca komentar-komentarnya, terutama yang menyangka menyunting Wikipedia = meretas Wikipedia, saya hanya bisa merasa sedih dan berlalu... Tidak perlu dihiraukan. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin runding 11.17, 10 Agustus 2013 (WIB)

Acara Hitam Putih[sunting sumber]

Artikel ini dan ini kok bisa membahas topik yang sama? Kalau dialihkan yang mana yang harus dialihkan? DimasIgnatius (bicara) 11 Agustus 2013 18.33 (UTC)

Selesai '
Sudah digabungkan dan dialihkan. Saya memilih yang konten artikelnya lebih sedikit yang dikorbankan untuk jadi pengalihan. Hysocc....Let's talk 11 Agustus 2013 19.59 (UTC)

Artikel Situs Religi[sunting sumber]

Saya mau nanya, tanpa bermaksud apapun, saya lihat Pengguna:ButtuHutagalung membuat artikel mengenai situs web Kristen disini: Templat:Situs Web Kristen

Kalo gitu, boleh tidak saya bikin juga artikel mengenai situs web agama lainnya seperti myQuran, Bhagavant.com, DhammaCitta, dlsb ? Saya punya koneksi terhadap data mengenai hal-hal seperti itu soalnya.

Soalnya saya malah sempat mengecek kalo artikel DhammaCitta pernah dibuat & dihapus oleh Pengguna:Tjmoel pada tahun 2010. Jadi, sebelum saya bikin artikelnya, apakah saya boleh membuatnya lagi ? --Erik Fastman (bicara) 19 Agustus 2013 13.45 (UTC)

Menurut saya itu tersangkut ke masalah kelayakan situs web. Pengguna Buttu Hutagalung sepertinya terlalu asyik menulis artikel, sehingga mungkin sempat lupa akan aturan di Wikipedia. Saya belum menemukan sesuatu yang notable atau layak dibahas dari situs semacam itu. -- Adiputra बिचर -- 19 Agustus 2013 16.44 (UTC)
Sepertinya tidak apa-apa deh. Setelah saya cek di Wikipedia bahasa Inggris ternyata ada pula artikel-artikel semacam itu dan dibikin kategorinya pula: en:Category:Religious websites
Jadi, kiranya saya diperbolehkan untuk membuat artikel semacam itu disini. Terima kasih --Erik Fastman (bicara) 24 Agustus 2013 03.39 (UTC)

Pak Erik, apabila untuk soal boleh-tidak, tentu boleh. Namun ada syarat tertentu agar "boleh" nya valid dan tidak dihapus. Syaratnya adalah rujukan dari media utama yang menunjukkan kepentingan situs agama tersebut. Contoh Dhamma Citta, sebagai situs, seberapa banyak dikutip dan diberitakan oleh media lain? Kalau tidak ini bisa jadi dianggap "promosi diri" karena itu dihapus. Bukan berarti komunitas tidak boleh masuk wikipedia, boleh sekali, komunitas yang sudah sering dikutip media contohnya adalah komunitas BETA (UFO) Indonesia. Jadi jangan kaget kalau tidak ada rujukan ke situs tersebut dari sumber lain (bukan hanya situsnya), kemudian artikelnya dihapus. Serenity (bicara) 24 Agustus 2013 04.16 (UTC)

Pembagian administratif "negeri"[sunting sumber]

Saya lihat ada jenis pembagian administratif baru yang belum pernah dibuatkan artikelnya sebelumnya Negeri. Ada dua artikel "negeri" saat ini: Ullath, Saparua, Maluku Tengah dan Tuhaha, Saparua, Maluku Tengah. Dari artikel Saparua, Maluku Tengah disebutkan bahwa ini adalah "negeri adat". Apakah ini hanya khusus untuk Saparua saja? Perlukan membuat jenis pembagian administratif khusus, atau dikategorikan menjadi "desa" saja, seperti yang lain? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cerita 17.52, 22 Agustus 2013 (WIB)

Kuliner Indonesia[sunting sumber]

Apakah beberapa jenis kuliner khas Indonesia juga menjadi kuliner khas Malaysia, atau kuliner asli Indonesia akan dicaplok Malaysia lagi? Pakar kuliner mohon diperiksa Istimewa:Kontribusi pengguna/118.100.171.115. Dan sepertinya mereka sudah membuat terjemahannya di bahasa lain sebagai kuliner Malaysia. Mungkin perlu ada pelaksana untuk membuat kuliner Indonesia diterjemahkan ke Wikipedia bahasa lain dengan menyertakan referensi fakta sejarah bahwa itu adalah kuliner Indonesia atau merupakan kuliner khas kedua negara. Lihat juga ms:Kuih ketayap. Hysocc, Let's talk 22 Agustus 2013 18.14 (UTC)

Masalahnya menurut saya, karena kurang banyak dialog antara dua negara, sering orang Malaysia (dan bahkan orang Indonesia juga yang kurang sadar budaya) menyangka bahwa suatu unsur kebudayaan hanya ditemukan di Malaysia. Ini penyebab kenapa misalnya Mak Yong didaftarkan sebagai (hanya) warisan budaya Malaysia di UNESCO (dan orang Indonesia tidak ada yang protes... hahaha). Seharusnya kita aktif memantau dan mencatat semua unsur kebudayaan. Terkait dengan Wikipedia, saya sarankan kontributor di sini juga aktif di ms.wp dan en.wp untuk ikut menyumbang dan melengkapi di sana secukupnya. Gombang (bicara) 29 Agustus 2013 09.58 (UTC)

Menyedihkan[sunting sumber]

Di Wiktionary, sy merasa sedih, heran, dan bingung. Seseorang, mengaku2 telah tambah bahasa baru dari Indonesia. Ada yg bisa pecahkan permasalahan ini dan hapus itu entri? --A.A.T. 'Neijerhuys' Het Pontianaksch Volk 27 Agustus 2013 09.38 (UTC)

Maaf, saya belum bisa menangkap masalahnya karena tidak disertai pranala yang mengacu pada kasus ini. Selain itu, saya kurang aktif di Wiktionary. Mohon sertakan pranala untuk contoh kasusnya (kalau bisa, pelakunya juga). Salam. -- Adiputra बिचर -- 27 Agustus 2013 12.36 (UTC)
Ini dia, wikt:Bahasa Islania. --A.A.T. 'Neijerhuys' Het Pontianaksch Volk 28 Agustus 2013 07.23 (UTC)

Duplikat[sunting sumber]

Halo pak bu, ada artikel yang duplikat loh. Budiman (militer) sama Budiman (TNI-AD). Sekian terima kasih. -Denny eR Ge (bicara) 31 Agustus 2013 15.44 (UTC)

Mohon Bantuannya[sunting sumber]

Mohon bantuannya saudara/iku untuk mengembangkan artikel DuckDuckGo. Karena terjemahan yang saya buat belum sempurna. Terima kasih dan Salam.