Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip/April 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


bagaimana kalau artikel saya mau dihapus karena referensi yang tidak kuat[sunting sumber]

Saya menulis artikel darahkubiru namun dikatakan bahwa refernsi atau pranala luar tidak mendukung untuk kelayakan artikel saya, saya harus gimana krn artikel tersebut mau dihapus. kebetulan saya juga melakukan wawancara kepada foundernya, jadi saya merasa artikel saya layak untuk tidak di hapus. tolong bantuannya terimakasih. rays 31 Maret 2013 05.22 (UTC)

Maka berikanlah atau tambahkan lebih banyak referensi agar dapat disebut layak.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  13.53, 31 Maret 2013 (WIB)
Baca terlebih dahulu apa saja sumber tepercaya. Kalau Anda melakukan wawancara, maka wawancara Anda harus dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya, jika Anda wartawan di suatu media tertentu, maka cantumkanlah kutipannya agar dapat dipastikan. Cara mengutipnya dijelaskan di sini. Hindari pula riset asli. -- Adiputra बिचर -- 1 April 2013 00.31 (UTC)[balas]

bagaimana cara mengubungi admin[sunting sumber]

Saya mendapatkan warning banyak di artikel saya, saya ingin berbicra dengan admin untuk mendiskusikannya namun saya tidak tau caranya gimana, apakah ada yang bisa membantu memberikan informasi? terimakasih. rays 1 April 2013 08.46 (UTC)

Lihat daftar pengurus. SpartacksCompatriot lapak stensil 3 April 2013 14.19 (UTC)[balas]

Hendak membuat bot kosmetik[sunting sumber]

Ada yang berminat sukarela untuk mengajari saya membuat bot kosmetik (implementasi ke id dan bjn)? Saya lihat banyak sekali typo. ㅔ작렌 (메시지를 보내) 3 April 2013 15.27 (UTC)[balas]

Gampang kok.
1. Tunjukkan botmu
2. Masukkan perintah

cosmetic_changes.py <parameter>
atau

replace.py "karier" "karier"
3. Win!
Tapi kelihatannya yang Anda maksud yang kedua deh, yaitu simpel "search and replace", bukan perubahan kosmetik (penambahan spasi, huruf besar huruf kecil, dsb). ‑Bennylin runding 00.31, 4 April 2013 (WIB)

hai semua.. bagi anda yang berminat untuk menjadi seorang programer silahkan ikuti saya... disini saya akan mengembangkan ilmu saya,, dan bagi anda yang ingin bertanya dan memounyai saran, langsung saja kirim pesan ke saya.. terima kasih,, semoga anda puas dengan hassil kerja saya.. chamoxz 4 April 2013 16.27 (UTC)

Wah mantap itu mba Elsa... gmn caranya? Program apa aja kalau boleh tau?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  23.40, 4 April 2013 (WIB)
Wah, tdk bisa. Di sini, Wikipedia, bukanlah tempat berdiskusi layaknya diskusi politik. Ada tempat khusus di mana kita bisa berbicara politik, semisal Kaskus, itukan bisa. Kemudian, sekalipun anda memiliki ilmu, klo anda hendak menulis artikel, harus memasukkan referensi di dalamnya. Klo tdk, itu naamanya riset asli. Dan, bung Iwan, bukankah riset asli itu dilarang dlm Wikipedia? --Akbar ini dari Kalbar 6 April 2013 02.56 (UTC)[balas]

Tolong bantu penulisan saya[sunting sumber]

Saya sempat mengalami berbagai permasalahan dengan penulisan saya di Darahkubiru.com Beberapa waktu lalu, artikel ini sudah sempat lepas dari peringatan dan dinyatakan layak, namun saya melakukan revisi sedikit muncul lagi peringatan tersebut dan saya dinyatakan sebagai menulis iklan, padahal tidak sama sekali. tolong bantu saya dalam penulisan ini, terimakasih. - rays 5 April 2013 18.18 (UTC)

Sudah saya perbaiki. Salam. -- Adiputra बिचर -- 5 April 2013 19.04 (UTC)[balas]

Artikel kedua[sunting sumber]

Sy mau bertanya perihal artikel tertua di Wikipedia. Yg sy tahu, elektron merupakan artikel yg paling awal di Wikipedia. Nah, yg hendak sy tanyakan itu adalah, artikel kedua setelah elektron itu apa? Ada gx halaman istimewa utk mengetahui artikel2 tertua di Wikipedia. --Akbar ini dari Kalbar 6 April 2013 04.18 (UTC)[balas]

Setahu saya di Wikipedia:Pengumuman ada sih. — FarrasLa Poste 6 April 2013 15.42 (UTC)[balas]
Harus ubek-ubek database... ‑Bennylin celoteh 17.35, 30 April 2013 (WIB)

Oke, pertanyaannya sederhana, tapi jawabannya tidak sederhana, dan tidak ada cara mudah mengetahuinya. Ini hasil penelitian saya:

Penelitian 140 oldid pertama

Suntingan 15 Oktober 2013 http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Elektron&oldid=105

Batch impor pertama (A-Z) beserta tanggal pembuatan artikel

Batch impor kedua (A-Z)

Mulai 141 tidak jelas polanya

Daftar kontribusi sebelum 2 Januari 2004 tidak tersedia (paling awal: Istimewa:Kontribusi_pengguna/Revoarkagiri, bd. Istimewa:Kontribusi_pengguna/Patrick, Istimewa:Kontribusi_pengguna/Paramita, Istimewa:Kontribusi_pengguna/Vyasa, Istimewa:Kontribusi_pengguna/Yosri)

Jadi kalau diurutkan berdasarkan tanggal, setelah elektron, ada gap lima bulan tanpa artikel baru sama sekali, baru tanggal 7 November ada beberapa artikel baru:

Januari 2003
Mei 2003
November 2003
Desember 2003
Januari 2004

Demikianlah analisis saya. Kesimpulannya: artikel kedua adalah Indonesia (oleh Vyasa), ketiga, keempat dan kelima adalah Biologi, Asam deoksiribonukleat (oleh "proxy8.ntu.edu.sg") dan Fisika (oleh Vyasa)

  • Catatan: beberapa revisi lama tidak dapat dilihat lagi, kemungkinan tidak terimpor, sehingga data di atas mungkin tidak 100% akurat. ‑Bennylin komunikasi 22.03, 30 April 2013 (WIB)
Ada yang menarik... sang pembuat artikel pertama, baru mendaftar di WBI 3 tahun kemudian. Jadi ia membuat artikel Elektron sebagai anon? hmm...  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.24, 30 April 2013 (WIB)
Jawaban: Seperti di Wikipedia Minang, kemungkinan besar WBI juga dimulai di Incubator, walaupun lini waktunya saya tidak yakin apakah waktu itu sudah ada Incubator. Nah, jadi dia menyunting ketika bergabung di Incubator. Baru ketika pindah ke server sendiri (id.wikipedia.org, awal 2004?), dia daftar lagi. Oleh karenanya suntingannya (dan suntingan siapa pun) sebelum 2004 tidak tercatat. ‑Bennylin mufakat 22.49, 1 Mei 2013 (WIB)
Ngomong2, "batch impor" itu bisa didapatkan di mana sih? APakh tunggu kita baru menjadi pengurus dulu, baru bisa dapatkan itu program? --Akbar ini dari Kalbar 1 Mei 2013 14.14 (UTC)[balas]
Maksudnya seperti Wikipedia Minang dikeluarkan dari Incubator, maka artikel-artikel beserta revisinya diimpor. Nah itulah yang dinamakan batch import. Prosesnya begini: Dari Incubator diekspor menjadi XML atau sejenisnya, secara alfabetis, bukan secara tanggal penyuntingan, oleh sebab itu ketika kemudian diimpor ke wiki yang baru dibuka tersebut, data "oldid"-nya menjadi urut waktu impor, yaitu secara alfabetis artikel-artikel yang ada beserta semua versi terdahulunya. Dan iya, harus menjadi pengurus untuk bisa mengimpor halaman. ‑Bennylin mufakat 22.49, 1 Mei 2013 (WIB)S
Penasaran dengan kontribusi Pengguna:Paramita, gimana kalo pak Ben sebagai pengurus membuat halaman Pengguna:Paramita/EditCounterOptIn.js biar bisa dipake di toolserver  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  01.08, 2 Mei 2013 (WIB)
Tapi dianya sudah tidak pernah edit lagi tuh... gimana dong? (PS: semua pengguna bisa membuatkan halaman itu untuknya, CMIIW) ‑Bennylin diskusi 17.43, 2 Mei 2013 (WIB)
Oh, kini pengetahuan sy bertambah perihal sejarah artikel di Wikipedia. Nah, nampaknya pembicaraan kita semakin mendalam. Berbicara perihal sejarah artikel, tak terlepas pula peran daripada Versi terdahulu. Nah, pertanyaan sy:
  • siapa yg membuat Versi terdahulu?
  • pertama2 di Wikipedia bhs apa?
  • Artikel apa?
  • Di Wikipedia bahasa Indonesia, pertama2 sekali diaplikasikan di artikel apa?
Mungkin sekian dulu pertanyaan dari sy. Wassalam Selamat sore. --Akbar ini dari Kalbar 2 Mei 2013 09.52 (UTC)[balas]
Fitur itu sudah ada sejak "zaman bahaeula"... bisa dilihat di Nostalgia Wikipedia. Pertama-tama tentu saja di WBInggris, karena itu Wikipedia yang pertama. Untuk selengkapnya, silakan baca meta:Help:Page history. ‑Bennylin musyawarah 17.35, 2 Mei 2013 (WIB)
Pertanyaan lagi -maaf byk tanya- Kenapa pengedit2 awal Wikipedia itu berupa situs2 Web, toh situs web itukan dilarang dijadikan nama pengguna, khawatir promosi?

Seperti misalnya eatkyo042205.adsl.ppp.infoweb.ne.jp di http://id.wikipedia.org/w/index.php?oldid=9 dan proxy8.ntu.edu.sg di http://id.wikipedia.org/w/index.php?oldid=1. Lalu, apakah pada masa2 awal Wikipedia, orang luar negeri sekitar (seperti Singapura, lihat pada domain akhir .sg di atas tadi) lebih mengenal Wikipedia Bahasa Indonesia ketimbang orang dlm negeri kita sendiri?

Klo memang betul yg sy pikirkan kita ini, memang orang Indonesia di masa reformasi (terutama pada 98-2003) itu gaptek dan nasionalisme-nya kurang terhadap ensiklopedi anak negeri. --Akbar ini dari Kalbar 2 Mei 2013 12.44 (UTC)[balas]

Tidak bisa menggeneralisir gaptek dan nasionalisme-nya kurang juga sih. Akses Internet pada 1998-2003 di Indonesia masih belum meluas seperti sekarang ini. Hanya kantor-kantor pemerintahan, universitas, beberapa sekolah elit serta kantor pos yang punya. Komputer pribadi/laptop apalagi. Perlu diingat pula Wikipedia bahasa Inggris sendiri baru diluncurkan pada Januari 2001. SpartacksCompatriot lapak stensil 4 Mei 2013 07.26 (UTC)[balas]
Oh, gitu 'tho. --Akbar ini dari Kalbar 4 Mei 2013 07.29 (UTC)[balas]

saya sudah mencantumkan referensi yang jelas dan tepercaya tapi mengapa masih dibilang tidak tepercaya?[sunting sumber]

saya menulis artikel English Tips For You namun dikatakan bahwa artikel ini tidak memenuhi kriteria kelayakan umum mengenai tokoh, web, dan organisasi serta referensi yang kurang tepercaya sedangkan saya sudah menambahkan catatan kaki dan referensi untuk keterangan dan bukti bahwa tokoh dan web tersebut merupakan referensi yang tepercaya dan saya tidak mengada-ada. tolong dilihat artikel saya dan mohon bantuannya untuk kelayakan. terimakasih. 7 April 2013 21:18 (UTC).Clarissa Winona (bicara) 7 April 2013 21.20 (UTC)[balas]

Halo, saya sarankan baca dulu Wikipedia:Kelayakan artikel/Web sampai habis. Di situ tercantum kriteria agar artikel web layak diterbitkan di Wikipedia. "Referensi tepercaya" yang dimaksudkan di sini bukan akun media sosial, karena keakuratannya jauh berbeda. Coba pelajari tata penulisan artikel Facebook (jenis referensi yang dipakai, kelengkapan sumbernya, dll.) Terima kasih. FarrasLa Poste 7 April 2013 14.59 (UTC)[balas]

Mohon Bantuan Admin[sunting sumber]

Sudah cukup lama saya tidak aktif di wikipedia indonesia.Dulu, saya banyak mengupload gambar hasil surfing internet dan hasil scan saya sendiri kedalam artikel yang sedang saya sunting.Saat ini saya tidak yakin dengan hak cipta gambar-gambar tersebut.Karena itu, saya ingin mengubah semua template penggunaan hak cipta pada seluruh foto atau gambar yang pernah saya masukkan kedalam artikel yang saya sunting menjadi template "sumber gambar tidak jelas, tidak diketahui hak ciptanya".Adapun gambar-gambar tersebut adalah sebagai berikut:

I.Arsip Foto/Gambar yang saya kontribusikan untuk Wikipedia Indonesia Foto-foto berikut digunakan sebagai ilustrasi dan galeri pada halaman Rendang dan Restoran Padang yaitu:

   Gambar:Randang.jpg dengan hak cipta "fairuse"
   Gambar:Padang waiters.jpg "fairuse"
   Gambar:Sotopadang.jpg "fairuse"
   Gambar:Pyramidedish.jpg "DU"
   Gambar:Bukittinggi.jpg "fairuse"

Foto-foto berikut digunakan sebagai ilustrasi pada halaman Busana tradisional Sumatera Barat, yaitu:

   Gambar:Meniupbansi.jpg "HakciptaPenggunaanBebasTetapi"
   Gambar:Datuakdatuak.jpg "HakciptaPenggunaanBebasTetapi"
   Gambar:Bajuadatwanita.jpg "HakciptaPenggunaanBebasTetapi"
   Gambar:Pengantinpadang.jpg "HakciptaPenggunaanBebasTetapi"
   Gambar:Bukittinggi.jpg "fairuse"

Foto/gambar lain-lain.

   Gambar:Fotogs.jpg "HakciptaPenggunaanBebasTetapi"
   Gambar:Hendry Allen.jpg "HakciptaPenggunaanBebasTetapi"
   Gambar:Acupoftea.jpg GFDL

Saya mohon bantuan admin untuk mengubah template hak cipta gambar-gambar tersebut diatas menjadi "Sumber gambar tidak jelas, tidak diketahui hak ciptanya". Jika mungkin gambar-gambar tersebut dihapus saja, karena saya tidak mau melanggar hak cipta milik orang lain sama sekali.Demikian admin, atas bantuan yang admin berikan saya mengucapkan terimakasih.

Hendry allen (bicara) 9 April 2013 20.17 (UTC)[balas]

Saya rasa Bung Hendry allen benar juga. Bagaimana pengurus? Saya rasa perlu segera dilaksanakan permintaan tsb. Salam, Naval Scene (bicara) 10 April 2013 11.00 (UTC)[balas]
Silakan diteruskan ke permohonan perhatian pengurus agar lebih banyak pengurus yang mengetahuinya. Salam. SpartacksCompatriot lapak stensil 10 April 2013 11.05 (UTC)[balas]

referensi saya dari situs asli tapi dibilang belum bisa dipastikan[sunting sumber]

Saya menulis untuk [Nulisbuku.com] dan referensi yang saya pakai semuanya bersumber dari situs resmi nulisbuku.com sendiri. tapi muncul peringatan bahwa referensi yang saya pakai belum bisa dipastikan. saya pernah baca di [sumber terpecaya] bahwa sumber referensi yang baik itu non internet tapi kalau dari situs resminya sendiri memang tidak boleh? mohon bantuannya min supaya artikel saya layak untuk ditayangkan, terima kasih. ides 10 April 2013 19:55 WIB. Rizki Idesti (bicara) 10 April 2013 12.55 (UTC)[balas]

Hai Rizki Idesti, untuk referensi, waktu itu yang dimaksud adalah cara penulisannya yang masih berupa link saja. Kemudian dahulukan menggunakan referensi sumber berita/profil di luar situs nulisbuku.com supaya tidak dianggap riset asli atau justru malah dikategorikan vanity. Setahu saya liputan kompas dan tempo mengenai nulisbuku kan banyak sekali. Kalau sudah diperbaiki dengan menggunakan tag <ref> dan referensi dari situs berita/situs lain sudah dilengkapi, silakan dihilangkan saja peringatannya. Lihat di bagian paling atas artikel sewaktu menyunting. Hariadhi - Ngobrol 10 April 2013 19.37 (UTC)[balas]

Template:Coord dkk dan usaha untuk menjadikannya modul Lua[sunting sumber]

Halo, beberapa hari ini saya memperhatikan ada banyak pesan galat pada pemakaian Templat:Coord dkk, ada beberapa parameter yang sempat saya perbaiki. Saya perhatikan Pengguna:Farras dan Pengguna:Iwan Novirion berusaha menggunakan Modul:Coordinates sebagai ganti Templat-Templat tersebut.

Menurut pendapat saya, pemakaian modul mungkin bisa banyak membantu karena:

  • Penggunaan sintaks templat koordinat bisa lebih konsisten tanpa bertele-tele menggunakan templat (yang berkalang cukup banyak dan njlimet)
  • (Mungkin) bisa dimodifikasi dengan menggunakan format desimal dan singkatan Bujur/Lintang (BB/BT/LU/LS) dalam Bahasa Indonesia

Sebelum melangkah lebih jauh, saya ingin bertanya pada suhu Templat Wikipediawan:

  • Seberapa jauh keuntungan penggunaan Modul Lua sebagai pengganti templat?
  • Jika ada kerugian, apa saja?

Mungkin pertanyaan ini pantas masuk WP:PP. Jika salah tempat, mohon sekiranya dipindah saja. Salam --Ewesewes (bicara) 11 April 2013 20.17 (UTC)[balas]

Wah sang dewa Peta telah kembali... Welcome back, Sir.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  14.25, 12 April 2013 (WIB)
Halo Om! Lama tak bersua. Saya baru saja nemu blognya. Jadi memang mediawiki memang menyarankan pake Scribunto (Lua) ya? Apakah sudah ada kebijakan/diskusi tentang penggunaan Scribunto di id.wiki? Penamaan modul misalnya (Modul:Koordinat butuh dependensi ke en:Module:Math). BTW, memang dinamai Module ya? Bukan modul. Maaf kalau pertanyaannya borongan :) Salam --Ewesewes (bicara) 12 April 2013 08.30 (UTC)[balas]
Halo juga om Romi. Udara Bremen begitu dinginkah hingga lupa berkunjung ke wiki-id? (apa hubungannya?) Betul permasalahan skrip Lua sudah pernah kami bahas sebelumnya. Namun ya itu tadi, baru sebatas mengimport module yang ada di wiki-en. Jika anda punya pemahaman lebih mengenai Lua, monggo diaplikasikan, Mas. Mengenai kata "Module" dan Modul mungkin berkaitan dengan halaman di translatewiki.net yang mengatakan "Dunot translet modul-e" (saya berpikir ini mustinya dlm bhs Jawa)  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  15.44, 12 April 2013 (WIB)
Ah Om Iwan, maaf kalau jarang berkunjung dan mengedit, apalagi bikin peta :(, seperti biasa, sok sibuk adalah alasannya :). Jerman memang mengalami musim dingin agak kepanjangan tahun ini.
Jadi masalah Lua dan Modul itu kira-kira begini ya:
  • Penggunaan Scribunto memang disarankan untuk mengganti templat (termasuk di id.wiki)
  • Nama ruang sudah diterjemahkan, cuman (mungkin?) belum di-deploy id id.wiki
  • Isi modul yang sudah ada di id.wiki merujuk ke en:Module
Saya juga udah tanya ke Pengguna:Farras, kata beliau ada masalah dengan format desimal pada Module:Coordinate saat dicoba. Terima kasih om sudah dijelaskan. Saya sih maunya pelan-pelan aja. Orang baru belajar Lua juga baru tadi malam hehehe. Salam --Ewesewes (bicara) 12 April 2013 09.12 (UTC)[balas]


Ini jawabannya:
Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Agen Lua White Koffie
 ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  08.57, 13 April 2013 (WIB)

Terima kasih bung Iwan & Farras atas bantuannya. Jika ada yang bisa membantu, mungkin bisa mengecek kesalahan implementasi templat:coord menggunakan Module:Koordinat. Terjemahan dokumentasi {{Coord}} juga sudah saya selesaikan. Saya sediakan tautan catatan di halaman pembicaraan {{Coord}}. --Ewesewes (bicara) 13 April 2013 10.25 (UTC)[balas]

Tanpa baris data[sunting sumber]

Apa penyebab munculnya Kategori:Artikel yang menggunakan templat kotak info tanpa baris data? Saat pertanyaan ini ditulis, sudah lebih dari 200 artikel yang masuk kategori ini. -- Adiputra बिचर -- 13 April 2013 01.41 (UTC)[balas]

Sepertinya berasal dari templat {{infobox}}, tapi kalau dilihat ke wp.en, disana malah ada 8000 halaman lebih dalam kategori itu  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  09.06, 13 April 2013 (WIB)

::Bagaimana caranya supaya jadi kategori tersembunyi? Karena masalah teknis seperti itu sebaiknya masuk kategori tersembunyi. -- Adiputra बिचर -- 13 April 2013 02.50 (UTC)[balas]

 Selesai. Ternyata gampang. -- Adiputra बिचर -- 13 April 2013 02.52 (UTC)[balas]

Templat {{convert}}[sunting sumber]

Ada yang bisa memperbaiki templat convert? Masalahnya sebagai berikut:

ketik hasil problem
{{convert|30|m|ft}}
30 meter (98 ft) satuan disingkat & seharusnya default lk=off
{{convert|30|m|ft|lk=on}}
30 meter (98 ft) masalah kodewiki
{{convert|30|m|ft|abbr=on}}
30 m (98 ft) parameter abbr=on jadi mubazir
{{convert|30|m|ft|abbr=on|lk=on}}
30 m (98 ft) sama kasusnya seperti di atas
-- Adiputra बिचर -- 13 April 2013 06.59 (UTC)[balas]

Siapa yg merusak Templat:Cite book[sunting sumber]

Sy pernah memasang Cite book yg satu ini:

  • Sastrapradja, Setijati; Lubis, Siti Harti Aminah; Djajasukma, Eddy; Soetarno, Hadi; Lubis, Ischak (1981). Proyek Penelitian Potensi Sumber Daya Ekonomi:Kayu Indonesia. 14. Jakarta: LIPI bekerja sama dengan Balai Pustaka. hlm. 13. OCLC 11804239.  ini.

Tapi, masalahnya pada bagian |page=13 itu 'kan harusnya terbaca hlm. 13. Kenapa pula berubah menjadi p.13. Siapa yg merusak Cite book? --Akbar ini dari Kalbar 14 April 2013 03.44 (UTC)[balas]

Tidak ada yang dirusak, saya rasa. Mungkin masalah konversi ke Lua. SpartacksCompatriot lapak stensil 14 April 2013 05.12 (UTC)[balas]
Hmm, sudah saya perbaiki di Module-nya. — FarrasLa Poste 14 April 2013 12.25 (UTC)[balas]

Penerjemahan Modul untuk pengganti Templat[sunting sumber]

Cuman usul: Mungkin sebaiknya nggak langsung salin dan tempel dari bahasa Inggris.

Yang perlu diperhatikan:

  • String keluaran: pastikan dalam bahasa/format Indonesia
  • Pesan kesalahan: terjemahkan ke dalam bahasa IndonesiaMaka
  • Category -> Kategori, pastikan juga tertulis Kategori bukan Category, dan nama kategorinya dalam Bahasa Indonesia
  • ada baiknya komentar modul (yang paling atas juga diterjemahkan)

Ewesewes (bicara) 15 April 2013 17.38 (UTC)[balas]

Sy baru saja kopas {{Infobox burung}} dari en:Template:Infobox bird. Jadi, di situ katanya masih ada yg berbahasa Inggris. Makanya, sy minta tlg bagi yg mau memperbaiki artikel saya. Bagi yg t'lah memperbaiki artikel sy, sy ucapkan terima kasih s'banyak2nya. --Akbar ini dari Kalbar 16 April 2013 07.31 (UTC)[balas]

Terjemahkan dulu artikel w:Bird measurement untuk data pendukungnya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  20.02, 16 April 2013 (WIB)

Minta tolong menghapus artikel[sunting sumber]

Saya minta tolong untuk menghapus artikel GPRS/Paraku. Saya salah memberi nama, seharusnya PGRS/Paraku. Terima kasih :) Okkisafire (bicara) 18 April 2013 06.21 (UTC)[balas]

 Selesai. Permintaan dapat dilakukan dengan memberikan {{Hapus}} pada halaman yang diminta untuk dihapus. Albertus Aditya (bicara) 18 April 2013 06.24 (UTC)[balas]
terima kasih :) Okkisafire (bicara) 18 April 2013 07.02 (UTC)[balas]

Beberapa masalah[sunting sumber]

  • Masalah pertama:

Kenapa sewaktu sy menulis di artikel turi seperti ini: {{sfn|Dalimartha|2009|pp=163-166}} selama dua kali, hasilnya jadi begini:[1][1]?

Referensi[sunting sumber]

  1. ^ a b Dalimartha 2009, hlm. 163-166.
Bacaan
  • Masalah kedua:

Ada masalah di:

  • Dharma, A.P. (1987). Indonesian Medicinal Plants (dalam bahasa Inggris). Jakarta: Balai Pustaka. ISBN 979-407-032-7. 

kenapa |language=Inggris jadi in Inggris. Harusnya kan, dalam Bahasa Inggris. Sudahlah, klo WPID tdk becus mengurusi Module-nya, lebih dipakai selama beberapa waktu saja. --Akbar ini dari Kalbar 20 April 2013 03.32 (UTC)[balas]

Tidakkah Anda berpikir bahwa Anda bisa memperbaikinya sendiri ketimbang merepet sana-sini tentang modul Lua? SpartacksCompatriot lapak stensil 20 April 2013 03.38 (UTC)[balas]
Sy tdk bisa sebab tiada artikel panduannya. Bahkan, tempohari ada sy tanyakan kepada tuan2 pengurus apa guna, definisi, dan cara menggunakan Lua. Tapi, tuan sekalian tiada mau beri jawaban kpd sy yg bodoh ini. Bukankah itu artinya pelit ilmu? --Akbar ini dari Kalbar 20 April 2013 03.49 (UTC)[balas]
Ada di sini dan jelajahilah modul di sini. Pun pedomannya ada di sini. SpartacksCompatriot lapak stensil 20 April 2013 04.04 (UTC)[balas]
Terima kasih. Kenapa tdk dari sejak dahulu saja diberitahukan? Membuat bingung saja. Sy hendak membacanya dahulu. --Akbar ini dari Kalbar 20 April 2013 04.15 (UTC)[balas]
Lalu apa maksud dari "Allow saving code with errors" (Memperbolehkan menyimpan kode dengan kerusakan). --Akbar ini dari Kalbar 20 April 2013 04.35 (UTC)[balas]

Sementara baru "dalam bahasa..." yang ketemu, namun untuk ref dobel belum. Tapi rasanya yg "ref dobel" itu bukan masalah. Karena memang mengacu hanya pada 1 referensi, jadi angkanya ya tetap angka [1]. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.31, 21 April 2013 (WIB)