Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Jun-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


IP Address-nama pengguna

pengguna baru, minta tolong mengganti IP Address dengan nama pengguna

Halo, saya pengguna baru yang sebelumnya nggak sadar kalo harus buka account di sini... sebelumnya saya sudah menulis sebuah artikel, panjang-panjang, 2 kali perbaikan karena nggak bisa langsung saya selesaikan dalam sekali tulis. artikel yang saya maksud adalah artikel John Lennon, yang saya sunting tanggal 1 Juni 2007 dan 30 Mei 2007. karena waktu saya menulis belom mendaftar, jadi yang tertulis adalah IP Address. apakah mungkin supaya nama kontributor di halaman itu diganti dengan nama pengguna saya?

terima kasih atas bantuannya – komentar tanpa tanda tangan oleh Angelina veni (bk) pada 16:05, 1 Juni 2007.

Tidak bisa. Suntingan pengguna anon tidak bisa diganti menjadi pengguna terdaftar. borgx(kirim pesan) 10:41, 1 Juni 2007 (UTC)
buat keterangan di halaman pengguna lu aja kalau no ip itu sama. Sebenarnya itu hal yang bisa dibuktikan pengurus kan? Hariadhi - Ngobrol 05:57, 5 Juni 2007 (UTC)

Gambar hilang

Proses upgrade basisdata MediaWiki terakhir mengakibatkan beberapa gambar di commons terhapus sehingga halaman yang menggunakan gambar dari commons, gambarnya tidak muncul. Hal ini sedang diperbaiki. Mohon untuk tidak mengganti dahulu gambar yang tidak muncul tersebut dengan gambar lain. (referensi: bugzilla:10128) borgx(kirim pesan) 00:41, 5 Juni 2007 (UTC)

Gambar presiden-presiden US ada beberapa yang hilang, ini termasuk ngga? Serenity 10:34, 13 Juni 2007 (UTC)

Peta artikel

Satu peralatan tambahan baru telah ditambahkan, yaitu "Peta artikel". Pada halaman-halaman ruang nama utama, misalnya "Indonesia", di kotak peralatan sebelah kiri layar pada kulit Monobook telah tersedia menu "Peta artikel" yang akan menampilkan skema grafis subbagian suatu halaman dan pranalanya. Silakan dicoba dan semoga berguna. •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 12:57, 11 Juni 2007 (UTC)

Wah bagus, sangat membantu, tapi bagaimana cara kerja link-nya ya? --Andri.h 13:23, 11 Juni 2007 (UTC)
Cara kerja apa nih? Diklik aja :) •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 14:20, 12 Juni 2007 (UTC)
Tidak apa-apa mas Ivan, sudah terjawab, saya cuma bingung itu link-nya melambangkan apa, ternyata wikifisasi, sedangkan yang bertanda + adalah sub judul --Andri.h 14:30, 12 Juni 2007 (UTC)

Mantap! Tapi selalu muncul di halaman sendiri ya? Harus buka dua jendela dong? Thanks --N/A(bicara) 08:46, 12 Juni 2007 (UTC)

Iya. Emang mendingan gimana? •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 14:20, 12 Juni 2007 (UTC)

Udah gpp kok, tadinya kepikir lebih keren klo pop-up window kali ya? Tapi g usah, tinggal tekan mouse tengah kok langsung pop up sendir :D. Great feature! --N/A(bicara) 11:08, 13 Juni 2007 (UTC)

How to wikipedia

All, Ogut nekat merubah bagian wikifisasi dan kembangkan (kalau tidak berkenan silahkan direvert balik). Logikanya kan kalau sebuah artikel itu diberi tag, maka pranala dalam tag tersebut akan mendirect pengguna ke halaman bagaimana artikel tersebut i.e. dirapikan, di kembangkan.

That is what I did pada tag rapikan, cara wikifisasi gue pindahkan dari FAQ dan masukkan ke halaman dimana kalau elo klik rapikan --> disana akan ada caranya bagaimana mewikifisasi.
Sampai terus gue sadar ada halaman wikifisasi sendiri yang baru direvert sama dragunova (kok ya jadi dobel-dobel)
Kedua tag kembangkan mendirect ke daftar artikel yang musti dikembangkan. Gue jadi bingung, itu tag sebenernya ditujukan kepada pengurus? pengguna? atau dua duanya? (pengurus dan pengguna), karena kalau itu pengguna pemula dan dia taruh artikel yang harus dikembangkan -- bukannya ada baiknya kita kasih tau caranya bagaimana mengembangkan?

That's all.. Serenity 09:47, 13 Juni 2007 (UTC)

Saya sudah mengubah beberapa bagian sehubungan dengan ini:
~Rex••pesan•• 10:56, 13 Juni 2007 (UTC)

Toolbar harus dengan JS?

Halo, pengen tanya dong, apakah untuk memunculkan toolbar standar (semacam bold, subbagian 1, tanda tangan dll) sebuah komputer harus dapat membaca Javascript? Soalnya dikomputer (warnet) yg saya gunakan ini (dan semua komputer lain di warnet yg sama) toolbar2 standar itu tidak muncul. Tanda-panah-biru yang ada pada 'perubahan terbaru versi-alternatif' juga gak bisa diklik.--(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 06:02, 19 Juni 2007 (UTC)

Sepertinya begitu, javascript harus diaktifkan (ada optionnya untuk masing-masing penjelajah web). borgx(kirim pesan) 00:42, 20 Juni 2007 (UTC)

Interwiki ke dua artikel?

Bagaimana bila satu artikel di Wiki Bhs Indo harus berinterwiki ke dua artikel di wiki bhs lain? Contoh Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh di Wiki Bhs Indo harus ke Karajaan Sunda dan Karajaan Galuh di Wiki Bhs Sunda.

Contoh lainnya adalah artikel udang yang sebelumnya juga sudah ditanyakan, yaitu ke Wiki Bhs Inggris Prawn dan Shrimp.

Thanks in advance. Salam, Naval Scene 04:01, 20 Juni 2007 (UTC)

Aku dah nyoba tuh bisa dua pranala interwiki [[en:Prawn]] dan [[en:Shrimp]] diletakkan aja di halaman udang. Tapi jadinya jelek nanti muncul dua kali kata English di bagian kiri. :) --N/A(bicara) 15:57, 20 Juni 2007 (UTC)
Kalau saya sih, cari yang paling mendekati saja. borgx(kirim pesan) 02:08, 21 Juni 2007 (UTC)
Fairy dan Elf malah kebalikannya, interwiki Inggrisnya sama-sama ke peri. Serenity 06:05, 21 Juni 2007 (UTC)
Oh ok, gue ada solusi, Naval Scene, ini berarti nasibnya sama dengan peri (kebetulan nambah yang fairy belum sempet terus). Interwikinya tidak usah jadi dua, namun ke dua artikel itu diterjemahkan ke dalam satu artikel udang dengan dua bagian (mungkin), dan dua-duanya interwiki ke udang. Selesai deh. Interwikinnya cuman satu Serenity 06:09, 21 Juni 2007 (UTC)
Maksudnya gimana sih Seren, koq jadi tamabh bingung saya? --Andri.h 12:56, 21 Juni 2007 (UTC)


berdasarkan pengalaman dari interwiki.py (menggunakan bot), diusahakan tidak menghubungkan (interwiki) dari 1 artikel ke 2 artikel. karena akan menyebabkan kebingunan bot dan biasanya bot yang menjumpai artikel seperti ini akan melewatkanya (biasanya tidak akan diproses, ini juga tergantung dari operatornya) --•• Jagawana 18:59, 21 Juni 2007 (UTC)

Ndri coba ke fairy (en) dan elf (en) deh, bahasa indonesianya sama = peri. Lagi pula setelah tak liat-liat lagi, mereka pake ilustrasi yang sama fairy dancing on medow pada keterangannya. Jadi batasnya antara fairy dan elf juga tidak bgtu jelas.

Wan, kalau soal bot, ini kan masalah tidak umum -- (tdk semua artikel pranalanya dua) jadi kalau solusinya juga tidak umum dan kelewat bot, ya apa boleh buat. Pembuat artikel musti tanggung jawab apdet. Serenity 00:23, 22 Juni 2007 (UTC)

OH i c, I understand now, iya sih bener yang kamu bilang Seren. Cuma kayak begini apa perlu dibuat kebijakannya juga ya? --Andri.h 01:12, 22 Juni 2007 (UTC)

Meskipun saya tetap kurang 'sreg' dengan solusi 2 interwiki tsb, tapi ya apa boleh buat. Jadi solusi saya: a) pertama2 pilih yang paling mendekati isinya. b) kalau tetap tidak sesuai juga ya baru deh pakai solusi 2 interwiki. Terima kasih banyak atas saran-sarannya, Naval Scene 04:22, 23 Juni 2007 (UTC)