Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Sep-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Country subdivision

Bagaimana kita menerjemahkan en:country subdivision? Subdivisi negara atau pembagian negara? •• ivanlanin •• 05:47, 25 Agustus 2006 (UTC)

Bagaimana kalau Pembagian administratif negara, atau Pembagian wilayah administrasi negara, atau Pembagian wilayah negara. wic2020bicara 06:26, 25 Agustus 2006 (UTC)

Merujuk pada artikel en:country subdivision, pembagian administratif (administrative division) adalah salah satu cara pembagian negara. •• ivanlanin •• 07:06, 25 Agustus 2006 (UTC)

Kalau begitu Pembagian wilayah negara yang paling tepat. Meursault2004 13:27, 25 Agustus 2006 (UTC)
Lihat di komentar saya di bawah.Aditthegrat 10:42, 12 September 2006 (UTC)

Bagaimana cara membuat Subkategori

Tolong diberi tahu bagaimana cara membuat subkategori, dong. Bingung nih.

sama aja spt bikin kategori. mis nya kategori X mau dijadiin sub kategori di dalam kategori A, tinggal sunting halaman Kategori:X, trus tambahin [[Kategori:A]] di halaman Kategori:X. semoga jelas. -- Ciko bicara 04:14, 5 September 2006 (UTC)

Sekedar ide

Untuk daftar pengguna seperti yang di Wikipedia:Daftar pengguna menurut lokasi dll, bagaimana jika ditambahkan LevelWiki seperti ini. borgx(kirim pesan) 08:16, 7 September 2006 (UTC)

setuju, biar lebih seru.. hehehe.. btw templat bintangnya blom dibikin ya..? -- Ciko bicara 08:38, 7 September 2006 (UTC)
belon, hehe.. takutnya pada gak mau. Kalau pada setuju, baru dibuatin. :) borgx(kirim pesan) 08:40, 7 September 2006 (UTC)
Setuju sih! Tapi nanti pada jor-joran gimana? Meursault2004 10:32, 7 September 2006 (UTC)
Untuk seru2an sih kayaknya bagus, cuma kayaknya penerjemahan total edit count menjadi pengalaman si pengguna kurang bijak, ada orang yang ngga naruh artikelnya di sampai bener2 bagus, jadi editnya keliatan dikit padahal dah berpengalaman seperti mr Hariadhi, dan sebaliknya ada yg suka bolak-balik ngedit artikel yang sama karena salah mulu kayak gue :D (yg notabene akibat pengalaman gue yg dikit), trus keliatan editnya agak banyak, jadinya starranknya salah alamat. Usul gue ranknya juga dibikin lucu2an, misal dari prajurit ampe patih dsb Wiendietry Japri 11:11, 7 September 2006 (UTC)
Walah.. nda usah bawa2 nama gw. Wong editan gw aja banyak dari terjemahan doang =P~ Hariadhi 13:04, 18 September 2006 (UTC)
iya, mendingan gak usah serius2 amat, misalnya rank nya jadi: pengguna ringan, pecandu, pecandu berat, maniak, psikopat dll :) kisti 12:08, 7 September 2006 (UTC)
Setuju buat lucu-lucuan. Abis klo serius, jadi minder sih :D, masih dikit dan suka salah-salah suntingannya. Btw, gambarnya jgn bintang, obyek lain aja. Pisang misalnya? N/A 17:33, 7 September 2006 (UTC)

Untuk Wiendietry, saya setuju ini tidak mencerminkan pengalaman seseorang. Supaya lebih jelas, saya juga menambahkan di Wikipedia:Jumlah suntingan: ...Tapi hal ini tidaklah mutlak demikian. Beberapa pengguna yang sudah memiliki jumlah suntingan besar belum tentu menguasai cara-cara menyunting dengan tag wiki yang benar. Ada pula pengguna dengan jumlah suntingan sedikit tapi mengetahui penggunaan tag wiki dengan benar. Pengguna yang baik akan memanfaatkan fasilitas "lihat pratayang" untuk melihat hasilnya sebelum menyimpan, dengan demikian jumlah suntingannya relatif akan lebih sedikit dibandingkan pengguna yang menyunting 1 huruf kemudian langsung disimpan.... Kalau menurut saya sih ini "semi-serius", tidak terlalu serius karena hanya menunjukkan berapa jumlah suntingan seseorang. Itu saja, tidak berarti apa-apa. Tidak juga "tidak serius", wong berdasarkan statistik real kok. :) Jadi oke yah? kita coba dulu? borgx(kirim pesan) 00:12, 8 September 2006 (UTC)

Untuk Nein, sekarang memakai gambar bintang karena sudah tersedia gambar bintang penuh, setengah dan kosong. Jika ada yang bersedia membuatkan misalnya pisang penuh, pisang setengah, pisang kosong (dalam svg akan lebih bagus), silahkan saja, tapi jika tidak ada, yah tidak ada alternatif lain selain bintang :) borgx(kirim pesan) 00:29, 8 September 2006 (UTC)

Wah-wah kalo liat trend-nya gimana kalo membikin en:Wikipedia:Esperanza ! wic2020bicara 02:42, 8 September 2006 (UTC)

Buat Borgx, saya cuman mau lucu-lucuan aja. Klo bintang pake tingkatan kosong, setengah penuh dan penuh. Mungkin pisang bisa pake pisang mengkel, pisang udah matang dan udah dikupas (tinggal dikunyah). Pisang kematengan (busuk) mungkin bisa juga ditambahin hehehehe. Perlu saya pikirin dulu artinya. Mending saat ini yang umum udah diterima dulu, yaitu bintang.
Untuk Wic2020, saya masih g terlalu ngerti en:Wikipedia:Esperanza, apa itu perpanjangan tangan dari pengurus, atau semacam konseling dari/buat user? Apa nggak bikin tambah mumet aja? Tolong sedikit dijelaskan, atau gimana model ide Experanza versi Indo menurut Wic2020? Thanks. N/A 13:46, 8 September 2006 (UTC)
Simpel aja. Tujuan Esperanza adalah sebagai wadah sense of community bagi para wikiwan/wikiwati (bukan cuman pengurus). Ya... isinya bisa sedikit "nggak serius" or "lucu-lucuan" seperti memberi ucapan selamat, barnstar, menginvestigasi wikistress, dsb. Tapi kayaknya kalo di id:wiki kayaknya masih kekurangan volunteer :). Lihat FAQ-nya. wic2020bicara 05:53, 9 September 2006 (UTC)

Saya sih setuju aja, tapi hendaknya diberi pengantar berupa penjelasan bahwa peringkat ini bukan untuk jago2an (dan jangan disikapi terlalu serius), tapi semata untuk memberikan semangat positif kepada para wikipediawan agar lebih giat di Wikipedia (serious mode "ON"). Heuheu... --kandar 11:39, 14 September 2006 (UTC)

mau tanya

permisi mau tanya tentang cara penulisan judul, singkat aja, yang bener itu

  • == Sistem pencaharian == (huruf kecil pada kata kedua, ketiga dst) atau
  • == Sistem Pencaharian == (setiap kata diawali huruf besar)

terimakasih..

eh iya nanya lagi, yang benar itu terima kasih atau terimakasih ya??

--Ricky setiawan 11:46, 13 September 2006 (UTC)

Yang pertama, jadi == Sistem pencaharian ==. Lalu yang benar adalah terima kasih. Meursault2004 12:14, 13 September 2006 (UTC)

Penulisan judul: Prinsip yang harus dipegang, irit huruf besar (huruf kapital bikin 'berat' dalam membaca). Jadi yang pertama lebih tepat. Penggunaan huruf besar pada awal kata untuk judul biasanya dipakai untuk judul naskah, bukan judul bagian naskah, kecuali itu sebuah nama (mis. ==Provinsi Sumatera Utara==, ya terpaksa pakai huruf besar semua). Sorry, sumber ngga bisa nyebut, ini pengetahuan hasil pengalaman dan membaca sumber2 saja.

Terima kasih kembali (perhatikan penulisannya).

--Kembangraps 12:18, 13 September 2006 (UTC)

Budaya dan kebudayaan

saya melihat beberapa artikel berjudul "budaya _ _ _ _ _" (contoh : budaya Indonesia, budaya Irlandia). Apakah penulisan judul artikel itu benar? maksud saya, apakah tidak lebih baik jika kata budaya diganti dengan kata kebudayaan (jadinya kebudayaan Indonesia, Kebudayaan Irlandia)?? --Ricky setiawan 11:58, 13 September 2006 (UTC)

Wah saya kurang tahu ya. Tapi hal ini mirip dengan kasus "Sastra" vs "Susastra" vs "Kesusastraan". Jadi mungkin dua-duanya benar. Sebab baik "budaya" maupun "kebudayaan" kedua-duanya merupakan kata benda. Meursault2004 12:17, 13 September 2006 (UTC)

Coba saja dianalogikan dengan 'raja' dan 'kerajaan', atau 'seni' dan 'kesenian', yang sama-sama kata benda juga. 'Kebudayaan' memang lebih baik dipakai (dalam konteks yang ditanyakan) karena mencakup semua aspek yang dikembangkan dalam masyarakat. Budaya lebih sebagai unsurnya. Btw, saya juga bukan pakar bahasa sih, jadi mungkin juga pendapat ini salah. Kembangraps 16:36, 14 September 2006 (UTC)

"Raja" berbeda dengan "kerajaan". "Raja" adalah seorang kepala pemerintahan tertentu di suatu daerah. Nah daerahnya disebut "kerajaan". Sedangkan "seni" menurut saya sebuah kata sifat bukan kata benda. Sebab ada pula frasa "benda seni". Tapi kelihatannya memang "kebudayaan" yang lebih tepat. "Budaya" lebih mirip kata sifat, misalkan di frasa "benda budaya". Meursault2004 16:50, 14 September 2006 (UTC)

Kombinasi awalan dan akhiran "ke-an" memang dapat digunakan untuk membentuk kata benda dari kata sifat, misalnya "kepatuhan", "kekejaman", "keberanian", "kesepian". Akan tetapi juga bisa membentuk kata benda dari kata benda, semisal contoh di atas "kerajaan", ditambah dengan "keputrian"/"kaputren", "kelurahan", "kedemangan"/"kademangan", "kecamatan". Sedangkan "budaya" saya pikir lebih merupakan sub-kultur dari "kebudayaan", misalnya bahwa Kebudayaan Indonesia yang beraneka-ragam ini merupakan sumbangan dari berbagai ragam budaya daerah, seperti budaya X, Y, Z, A, ...dsb. Sejauh yang saya tahu. :) N/A 17:04, 14 September 2006 (UTC)

Setahu saya, kebudayaan itu untuk menerangkan sesuatu yang bersifat umum sedangkan Budaya untuk menerangkan kekhususan. Artinya kurang lebih sama. Cuma dalam kontek pemakaiannya berbeda. Misalnya "Kebudayaan Indonesia terdiri dari beragam budaya". Berbeda artinya dengan "Budaya Indonesia terdiri dari beragam kebudayaan."


Untuk jelasnya saya ambil definisi KBBI dan prof. Koentjaraningrat:

Definisi menurut KBBI (edisi tahun 1997)

bu.da.ya n 1 pikiran; akal budi --; 2 adat istiadat 3 sesuatu mengenai kebudayaan yg sudah berkembang (beradab, maju) 4 cak sesuatu yg sudah menjadi kebiasaan yg sukar diubah;

ke.bu.da.ya.an n 1 hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia spt kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat; 2 Antr keseluruhan pengetahuan manusia sbg makhluk sosial yg digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yg menjadi pedoman tingkah lakunya;

Definisi menurut Professor Koentjaraningrat, 1986, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Aksara Baru, halaman 181.

Kata “kebudayaan” berasal dari kata Sanskerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti “budi” atau “akal”. Dengan demikian ke-budaya-an dapat diartikan: “hal-hal yang bersangkutan dengan akal”. Aad sarjana lain yang mengupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari majemuk budi-daya yang berarti “daya dari budi” (lihat buku P.J. Zoetmulder, Cultuur, Oost en West. Amsterdam, C.P.J. van der Peet (1951)). Karena itu mereka membedakan “budaya” dari “kebudayaan”. Demikianlah “budaya” adalah “daya dari budi” yang berupa cipta, karsa dan rasa itu (lihat karangan M.M. Djojodigoeno, Azas-Azas Sosiologi (1958): hlm. 24-27). Dalam istilah “antropologi-budaya” perbedaan itu ditiadakan. Kata budaya di sini hanya dipakai sebagai suatu singkatan saja dari “kebudayaan” dengan arti yang sama.

Silakan menimbang sendiri :-) Meursault2004 09:30, 17 September 2006 (UTC)

Nested Numbering

Hallo rekan2, bagaimana ya caranya untuk bikin numbering yang nested terus pakai huruf? apa ada caranya? Saya ingin bikin seperti ini:

  1. pembukaan
  2. daging
    1. sapi
    2. ayam
    3. ikan
  3. penutup

Tapi, yang saya ingin adalah sapi, ayam dan ikan di-list dengan huruf, jadi a) sapi, b) ayam, c) ikan, dan bukan angka seperti yang otomatis terbuat. Taman kodok 09:44, 26 September 2006 (UTC)


Tidak ada cara yang gampang untuk itu. Saya memakai tabel untuk penomoran custom seperti itu.

(1) Kota Lubuk Linggau mempunyai batas-batas wilayah:
 
a. sebelah utara dengan Kecamatan Batu Kuning Lakitan Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas;
b. sebelah timur dengan Kecamatan Tugumulyo dan Kecamatan Muara Beliti Musi Rawas;
c. sebelah selatan dengan Kecamatan Muara Beliti dan Provinsi Bengkulu; dan
d. sebelah barat dengan Provinsi Bengkulu.
(2) Batas wilayah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dituangkan dalam peta yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari undang-undang ini.
(3) Penentuan batas wilayah Kota Lubuk Linggau dan Kabupaten Musi Rawas secara pasti di lapangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah.

borgx(kirim pesan) 09:53, 26 September 2006 (UTC)


waduh, ribet juga ya hehehe.... thanks Taman kodok 10:17, 26 September 2006 (UTC)

Cara Membuat Infobox/Kotak Info

Maaf kalau ini agak ketinggalan zaman. Tetapi bagaimana cara membuat kotak info? Kotak info yang saya miliki di halaman pengguna saya itu pun masih harus mencontoh dan sampai sekarang saya masih bingung. Mohon bantuannya. Tommy Yalidae 07:45, 27 September 2006 (UTC)

Baca2 disini dulu bos, ada kok semua :) Wikipedia:Bantuan Wiendietry Japri 10:14, 27 September 2006 (UTC)

Huruf besar, huruf kecil

Aku baru saja menemukan, kalau cari artikel di wikipedia justru dibedakan huruf besar dan kecilnya. Ini justru membingungkan. Contohnya ada dua artikel: cucak rawa dan Cucak Rawa padahal topiknya hampir sama. Aku rasa karena Wikipedia membedakan huruf besar dan kecil, justru menimbulkan banyak artikel yang kembar. Aku usul dibuat templat untuk artikel yang dapat digabungkan, kayak di Wikipedia Inggris (Articles to be merged).

Cucak Rawa sudah dialihkan ke cucak rawa. borgx(kirim pesan) 23:50, 27 September 2006 (UTC)