Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Okt-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Penyeragaman Nama Paus?

Guys, nama Paus di Wiki-id masih kacau balau... >.< Ada yang punya referensi untuk penyeragaman? Gw ada buku 264 Takhta Suci, ada sumber lain? Andreas Erick 02:48, 24 Oktober 2006 (UTC)

Bertanya : Pemuatan Gambar dan Halaman Pengguna

Dear semuanya, aku mau tanya bagaimana caranya memuat gambar? Apa saya boleh membuat halaman pengguna saya sendiri? Saya tanya tentang pemuatan (up load) gambar ini karena (jika diijinkan) saya mau membuat halaman pengguna saya sendiri. Juga saya mau mengupload gambar guna untuk artikel-artikel yang lain. Maaf kalau kepanjangan. Cepat Tidak Cepat Mohon Dibalas! Salam! Pengguna 05:55, 27 Oktober 2006 (UTC)

Maksudnya gambar untuk Halaman Pengguna sendiri? Tapi jangan lupa untuk memberikan jenis lisensinya juga yah.. jangan seperti :

Tapi itu nantinya masuk ke Orphan Images, apa ada aturan khusus untuk itu? , apa tidak menurunkan kualitas wikipedia?, yang terpenting tujuannya apa?. (untuk pamer aja..?hihihih) --•• Irwangatot 14:50, 3 November 2006 (UTC)

Thx atas bantuannya. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Juga mengucapkan (sorry terlalu awal) selamat Hari Natal 25 Desember 2006 dan Tahun Baru 2007! Pengguna 02:06, 29 Oktober 2006 (UTC)

tanya cara setting artikel sejenis

Mohon pencerahan, bagaimana caran setting agar dua atau lebih artikel otomatis ter-direct ke salah satu artikel yang sudah ada, dimana mempunyai arti yang sama tapi dengan kiword berbeda. Misalnya: Publisher dan Publishing di Wikipedia Inggris langsung terdirect ke Publishing. Terima kasih...Ahmaddani 13:49, 30 Oktober 2006 (UTC)

Coba ketik #REDIRECT[[nama artikel]] pada halaman yang ingin dialihkan. Meursault2004 14:01, 30 Oktober 2006 (UTC)

Terima kasih.... done.Ahmaddani 18:36, 30 Oktober 2006 (UTC)

Foto Creative Commons

Wiki :id menerima foto2 Creative Commons dgn lisensi nonkomersial tidak ya? Setahu saya di :en dan Commons sudah dilarang. Hayabusa future (bicara) 15:00, 29 September 2006 (UTC)

Sepertinya belum ada ketentuannya. Mari tentukan konvensinya. IMO, tidak apa-apa, karena toh Wikipedia bukan untuk komersial. •• ivanlanin •• 15:03, 29 September 2006 (UTC)
Wah kemaren ngaplot banyak neh, semuanya lisensinya non komersial lagi :oops:, aturan masing2 wikipedia untuk gambar ga mesti sama dengan yg lain rupanya yah?Wiendietry Japri 15:34, 29 September 2006 (UTC)
saya setuju dengan ivanlanin, sebaiknya tetap dibolehkan, kan wikipedia memang bukan komersial. kisti 04:39, 30 September 2006 (UTC)

Kalau di en sih tidak tau dilarang tidak, tapi kalaupun dilarang masih bisa dimuat dengan lisensi fair-use. Sepertinya di en-wiki itu tidak ada yang tidak bisa dimuat, wong bisa memakai alasan fair-use. :/ borgx(kirim pesan) 09:47, 30 September 2006 (UTC)

OK thanks sudah dijelaskan situasinya. Hayabusa future (bicara) 13:46, 30 September 2006 (UTC)

Hallo semua, mau numpang tanya dikit (mungkin agak beda dg di atas). Saya sudah pernah aplod sesuatu gambar di id-Wiki, dan sekarang saya mau aplod ulang gambar itu di Commons --supaya bisa diakses interwiki--. Pertanyaannya: apakah nama_berkasnya boleh sama? Atau malahan harus sama ? Lalu apakah berkas di id-Wiki harus dihapus (karena nanti toh sudah ada di Commons) ? Jika ya, gimana caranya ? Makasih banyak. salam, Wie146 01:23, 2 Oktober 2006 (UTC)

Sebaiknya disamain. Kalau sudah ada di commons, di id-wiki harusnya dihapus (kasih saja tag {{hapus}} di gambarnya). Tetapi perlu diingat, commons sepertinya tidak memperbolehkan tag lisensi bersyarat, harus benar-benar free untuk dipakai. Jadi lisensi yang dipakai Wie146 (diizinkan hanya untuk dipakai di id.wiki) sepertinya tidak berlaku. borgx(kirim pesan) 01:29, 2 Oktober 2006 (UTC)
Ok. Thanks a lot, Mr Borgx. Salam, Wie146 02:11, 2 Oktober 2006 (UTC)

Usul tag baru

Usul tag baru untuk artikel-artikel yang tidak jelas, contoh pada artikel "Lisan":

Lisan

Bahasa lisan sastra. Bahasa lisan dalam sastra merupakan sastra yang mengembangkan ritualitas dalam 
komunitas itu tersendiri. Untuk itu dalam filosofinya bahwa karya sastra yang dibangun dalam tradisi
lisan komunitas mengambarkan suatu kekhususan dalam berkarya sastra. Adapun dalam kategorisasi bahasa 
adalah untuk memberikan sistematika bahasa dalam kontekstualnya adalah ( morfologi, fonologi, semantik 
dan sintaksis ) semakin berkembang dan manjunya dunia dalam ilmu dan teknologi maka semakin maju pula 
peradaban yang di bentuk dalam berkarya. baik itu karya sastra lisan dan tulisan maupun dalam 
berbahasa. Kita dapat untuk menyadari bahwa ada kebebasan dalam berkarya baik untuk diri sendiri maupun 
untuk komunitas itu sendiri. Jadi hipotesanya bahwa ada kesinambungan antara bahasa dan sastra dalam 
berkarya.

Mau dikasih tag hapus, nanti bilangnya sembarangan kasih tag hapus untuk artikel rintisan. Tapi sebenarnya isinya gak jelas. Mau dikasih tag rapikan, isinya gak jelas gitu rasanya terlalu gampang diterima. Bagaimana kalo buat tag baru "tak jelas" isinya kira-kira "isi artikel ini tidak jelas, harap dapat diperjelas" dan apabila tidak mendapat respon dari penulisnya dalam 3 hari bisa diusulkan untuk dikasih tag "hapus". borgx(kirim pesan) 06:07, 4 Oktober 2006 (UTC)

Bagaimana kalau menggunakan tag semodel "Expand" seperti di en:Template:Expand, tetapi dengan tambahan catatan bahwa kalau tidak mendapatkan respon dalam 3 hari (seperti pendapat borgx di atas) baru dikasih tag "hapus". Rex 09:43, 4 Oktober 2006 (UTC)
Lho kan udah ada tag {{takakurat}}? Meursault2004 10:30, 4 Oktober 2006 (UTC)

Pengertian saya sih, kalau "takakurat" itu si pemberi tag (dan kemungkinan sebagian besar pembaca lainnya) mengerti isi topik itu mengenai apa, bercerita tentang apa gitu tetapi data yang disampaikan kemungkinan tidak akurat/salah. Berbeda dengan apabila kita menemui artikel yang sama sekali kita tidak tahu isinya mengenai apa. ini apaan sih?, gak jelas gitu, tolong dong diperjelas. borgx(kirim pesan) 04:53, 5 Oktober 2006 (UTC)

Ya, setuju. Artikel semacam ini semakin banyak di Wikipedia, dan pemberian tag "Rapikan" seringkali tidak ditindaklanjuti, shg dapat "menurunkan" kualitas Wikipedia. Waktu 3 hari sepertinya cukup. wic2020bicara 07:35, 5 Oktober 2006 (UTC)
  • mungkin gambarannya seperti ini:
Wiki letter w.svg Mohon dikembangkan artikel ini.
Keterangan lain bisa didapat dalam halaman bicara atau di Artikel yang perlu dikembangkan.

Jika dalam jangka waktu 3 hari tidak ada pengembangan artikel ini akan di hapus

--Irwangatot 20:06, 12 Oktober 2006 (UTC)

IMHO, bukan mohon dikembangkan artikel ini, tapi mohon artikel ini dikembangkan --Ricky Setiawan (kirim pesan) 03:38, 13 Oktober 2006 (UTC)

"Silakan kembangkan artikel ini". Kayanya lebih tepat. Kesannya ga terlalu begging.
  • Ternyata udah dibuat... hehe

--Irwangatot 16:55, 14 Oktober 2006 (UTC)

Jangan pakai "entri" dong, pakai aja artikel lagi... Serenity 05:09, 20 Oktober 2006 (UTC)

Selamat Datang

Rekan-rekan pengurus, apa tidak ada tool atau bot yang bisa dioperasikan untuk menaruh ucapan selamat datang untuk setiap user baru? Saya lihat sekarang pengurus harus menaruh satu2 ke setiap user baru, pakah itu tidak melelahkan? and wasting time for me, I think pengurus lebih bisa melakukan hal-hal lain yang lebih penting daripada memasukkan ucapan selamat datang ke setiap pengguna baru --Andri.h 06:20, 10 Oktober 2006 (UTC)

Sebenarnya sesaat pengguna baru selesai register akan muncul pesan selamat datang (lihat Wikipedia:Pesan selamat datang), bisa dicoba dengan logout dan register lagi dengan akun lain. Bedanya halaman ini tidak ada dari siapa-siapa (tidak ada tanda tangannya). Beberapa orang berpendapat, mengirim pesan lebih privat, friendly dll. Saya sendiri hanya mengirim pesan selamat datang kepada pengguna baru yang menulis artikel saja soalnya bisa jadi cuma numpang lewat di Wikipedia, register and forget (bukan fire and forget lho). borgx(kirim pesan) 06:28, 10 Oktober 2006 (UTC)
Jadi sebenarnya agak "sia-sia" dong ngasi selamat datang. Gue setuju dengan Andri.h, pengurus sebaiknya memperhatikan hal yang lebih penting daripada sekedar "menyambut tamu" dengan teks yang standar, apalagi bot bisa melakukan hal ini (baru tau neh). Pendapat yang mengatakan mengirim pesan yang diketik sendiri lebih dihargai mungkin ada benarnya tapi kalau masih pake template yang sama gue pikir juga sama boongnya :lol:. Solusi Borgx kayaknya pas banget, kalau emang demen nyapa anak2 baru pilih aja yang sempet ngedit, walaupun vandal :D. Sapa tau dapet gebetan baru huhuhu.. :D (kabuur) Wiendietry Japri 07:53, 10 Oktober 2006 (UTC)

Hehe, kayaknya fenomena dapat gebetan dari Wikipedia belum ada deh, kayaknya baru ada di IRC ama Friendster? LOL borgx(kirim pesan) 07:57, 10 Oktober 2006 (UTC)

Fenomena? Ngomong2, beberapa pertanyaan di Wikipediholic Test: Are you in a rerlationship (boyfriend/girlfriend) with another Wikipedian?, Are you engaged with another Wikipedian?, dan Have you married another Wikipedian? memiliki skor yang cukup tinggi lho! wic2020bicara 08:50, 10 Oktober 2006 (UTC)

Ada data nggak berapa user aktif berbanding user yang mendaftar? Salam, Andreas Erick 01:57, 11 Oktober 2006 (UTC)

sekalian juga dong data user ce yg aktif.. huhuhuhu.. jadi OOT deh --Smiley.png Ciko bicara 04:02, 11 Oktober 2006 (UTC)

Ngomong-ngomong, yang menyapa pengguna baru, kalau balik ditanya harus bisa ngejawab yah. borgx(kirim pesan) 02:28, 16 Oktober 2006 (UTC)

Pemuatan gambar

mengapa sudah beberapa hari ini saya tidak bisa memuat gambar ke wikipedia? setiap saya memuat gambar, pasti ada tulisan "." adalah format berkas yang tidak diizinkan. .. apa artinya ini? saya sudah mencoba berbagai format mulai dari GIF sampai JPEG hasilnya tetap sama, apakah wikipedia yang error? koneksi saya cupu (saya rasa tidak)? atau ini adalah semacam blokir dari pengurus? kalo tidak lalu kenapa nih.. cape deh --Clouseth (kirim pesan) 09:27, 10 Oktober 2006 (UTC)

Sepertinya itu problem pada file Anda. Saya baru saja memuat gambar (Berkas:Tapeheadsvhs.jpg). Oh ya, sekedar tambahan, pengurus tidak memiliki fasilitas ataupun wewenang untuk memblokir pemuatan gambar. borgx(kirim pesan) 09:35, 10 Oktober 2006 (UTC)
  • untuk mencoba, pakailah file dengan ukuran yang lebih kecil. dan Format yang paling disarankan jpg atau png --Irwangatot 10:09, 10 Oktober 2006 (UTC)

Trus caranya gimana ngupload gambar? Aku mo bikin halaman pengguna saya Pengguna 05:50, 27 Oktober 2006 (UTC)

edit judul tulisan saya

saya salah ketik judul!! saya menulis List Gundam Mecha (tulisan berdasar hukum Bhs Inggris) yang seharusnya List Mecha gundam. Trus bagaimana cara menghubungkan ke halaman ini http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Mobile_Weapons

bila anda baca isi dari link di atas.. isinya memang sama tetapi agar tidak terlalu sama, maka saya melakukan edit (bukan bahasa di translate aja) yaitu memberi nama pilotnya. walau tak semuanya Landavia

Sepertinya dua-duanya salah, bukankah seharusnya judulnya "Daftar....."? Untuk mengganti judul, baca Wikipedia:Pemindahan. Untuk menghubungkan ke halaman dengan topik yang sama di Wikipedia lain, baca Wikipedia:Interwiki. Satu lagi, baca: Bantuan:Tanda tangan. borgx(kirim pesan) 07:24, 13 Oktober 2006 (UTC)

Penggunaan judul asli (dalam bahasa asing) untuk penulisan referensi, catatan kaki, pranala luar dll.

Saya sedang mencoba menterjemahkan artikel Rabindranath Tagore dari wiki Inggris. Pada bagian akhir, saya agak bingung dengan penyalinan referensi, catatan kaki, bahkan bibliografinya yang menggunakan bahasa bangla dan diterjemahkan ke inggris. apakah saya harus menterjemahkan lagi ke Bahasa...? Ato dibiarkan disalin dalam bahasa inggris...? Mohon pencerahannya...

Saya mo nanya aplikasi yang serupa wiki untuk nulis wiki di rumah, tentunya yg offline, untuk mac os X... kalo ada yg tau...

salam,

winana(ngobrol) 07:38, 18 Oktober 2006 (UTC)

Tentu dibiarkan saja tidak perlu diterjemahkan. Tapi kalau pak Winana memiliki referensi dalam bahasa Indonesia, bisa ditambahkan pula. Meursault2004 07:40, 18 Oktober 2006 (UTC)

Kalau menulis offline cara yg paling gampang adalah menggunakan word processor seperti Word atau Notepad. Jadi ditulis dulu di Word, setelah selesai baru dimasukkan ke Wikipedia. Hayabusa future (bicara) 10:46, 18 Oktober 2006 (UTC)

Kategori:Tiongkok

Untuk penyeragaman saja, sebaiknya kategori mana yang digunakan, apakah "Kategori:...Tiongkok" atau "Kategori:...Republik Rakyat Tiongkok"? borgx(kirim pesan) 02:03, 20 Oktober 2006 (UTC)

Hehe, gue juga kepikiran. Kalau memang metro tv dan kompas pakainya China kenapa kita ngga samain aja jadi China sih? Internationally reknown kan. Lagi pula jadi ngga seragam beberapa bilang orang tiongkok, trus orang tionghoa, trus orang cina. Even if the last one is the last resort, mending resolusi aja deh. Semua Cina jadi China/ Tiongkok dan semua orang jadi Tionghoa dan bukan tiongkok....atau kebalikannya.
Euh, maksud gue bukan semua orang berubah jadi orang tionghoa... tapi ya begitulah
Trus penasaran aja, kalau ada yang cari Cina/ China apakah terus jadi otomatis dialihkan ke semua tiongkok/ tionghoa? - Serenity 05:13, 20 Oktober 2006 (UTC)

Oke jadi vote yah? Pilihannya apa aja sih? borgx(kirim pesan) 05:32, 20 Oktober 2006 (UTC)

Honestly borgx, sometimes you really sound like a voting freak :D *bwahaha*
1. Pilihan apa saja - terus terang gue ngga tau, I'm no expert. But then again this is not a site for expert, aight? it is a site for everyone
2. Musyawarah mufakat deh, voting mulu, pegel nih jari gue :D -

Serenity 05:41, 20 Oktober 2006 (UTC)

Ya sudah mufakat deh sono.. "cuek mode" activated. borgx(kirim pesan) 05:43, 20 Oktober 2006 (UTC)

Yah - ngambek. Gue udah didiemin ama Stephen neh *bwahaha*. Yo Mersault help out. As you say it is love-hate relationship jadi agak subyektif.

Serenity 05:46, 20 Oktober 2006 (UTC)

Terlepas dari masalah istilah (Cina/Tiongkok/China), Kategori:Tiongkok dan Kategori:Republik Rakyat Tiongkok sebenarnya punya tujuan berbeda. Coba lihat di en:Category:China. Jangan pula dibingungkan dengan Kategori:Tionghoa. Hayabusa future (\0-0/) 13:32, 20 Oktober 2006 (UTC)