Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip/2021/8

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cara Menambah Table klasemen Group[sunting sumber]

Hallo kakak2 senior, maaf mau bertanya.

untuk bikin template untuk table-table di kompeitisi sepak bola, seperti table Group A di piala dunia futsal fifa. apakah itu buatnya pakai Javascript atau bisa manual kak?

terima kasih sebelumnya, saya ingin fokus jadi penulis di wikipedia, sehari sudah menyediakan waktu 3-4 jam.LusiListiani (bicara) 1 Agustus 2021 04.10 (UTC)[balas]

@LusiListiani: Silakan baca halaman ini. Semoga cepat mengerti. -- Adiputra बिचर -- 1 Agustus 2021 14.24 (UTC)[balas]

2 Agustus 2021 20.46 (UTC)

Tidak dapat menggunakan Twinkle[sunting sumber]

Halo, semenjak proses migrasi hak editor menjadi peninjau tiba-tiba saya tidak dapat menggunakan Wikipedia:Twinkle. Apakah ini ada kaitannya dengan migrasi tersebut?


— WillsonEP (bicara) 4 Agustus 2021 13.38 (UTC)[balas]

Apakah Anda saat ini menggunakan kulit vektor baru? Jika iya, sebaiknya matikan preferensi untuk kulit vektor baru menjadi vektor warisan, karena vektor baru dengan Twinkle tidak berfungsi sama sekali. Silencemen21 ✉️ 4 Agustus 2021 14.47 (UTC)[balas]
Tidak, prefensi kulit yang saya gunakan

✅Gunakan Vektor Warisan — WillsonEP (bicara) 4 Agustus 2021 15.14 (UTC)[balas]

Logo gembok[sunting sumber]

Mohon supaya logo gembok (perlindungan halaman) tidak ditampilkan di versi mobile/seluler karena menutupi teks (versi PC tetap harus ditampilkan). Contoh https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hadi_Tjahjanto. @Bennylin, Hidayatsrf, Kenrick95, Rachmat04, dan Veracious: Mungkin pengurus antarmuka bisa memperbaiki ini? Hddty (bicara) 5 Agustus 2021 16.26 (UTC)[balas]

@Hddty:  Selesai sudah diperbaiki supaya tidak menutupi teks. --Hidayatsrf (bicara) 6 Agustus 2021 03.08 (UTC)[balas]

dianggap vandalisme[sunting sumber]

Wikipedia atas nama Abdul Rivai Ras kami sempurnakan Pangkat dan Jabatannya tapi dianggap vandalisme. Nindya Ayu (bicara) 7 Agustus 2021 09.19 (UTC)[balas]

Taxobox automatik (dan non-automatik?)[sunting sumber]

Mohon bantuannya untuk memperbaiki tampilan taxobox. Semenjak info taxobox dikaitkan dengan wikidata banyak sekali tampilan serta kategorisasi yang "berantakan". Ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Karena keterbatasan kemampuan teknis, saya tidak sanggup untuk membenahinya.

Ada dua isu utama. Pertama adalah penampilan. Wikipedia2 bahasa eropa non-Inggris punya penampilan yang khas dan tidak selalu persis dengan yang di bahasa Inggris. Kedua, mengenai informasi. Pengaitan dengan wikidata memaksa kita memilih satu versi klasifikasi taksonomi. Versi klasifikasi yang dipakai di Wikipedia English kadang2 tidak selaras dengan yang kita pilih.

Sebagai contoh:

Bandingkan Tumbuhan paku dengan en:Fern atau no:Bregner

Untuk itu, saya ingin ada sukarelawan (atau bikin proyek?) untuk kustomisasi Taxobox versi bahasa Indonesia. Bahkan dapat dibuat pula Taxobox yang lepas dari automatisasi. Bisa kan, kawan2?

Kembangraps (bicara) 8 Agustus 2021 22.49 (UTC)[balas]

Biasanya yang menangani templat spesies adalah Bung Hidayatsrf. — RianHS (bicara) 19 Agustus 2021 04.53 (UTC)[balas]
@Kembangraps: menurut saya sistem automated taxobox di enwiki, sebenarnya lebih bagus daripada taxobox dari Wikidata, meskipun agak rumit dan kelemahannya perlu banyak sub templat untuk tiap takson. Kalau dari Wikidata memang sangat susah menerapkan sistem klasifikasi khusus seperti APG, tetapi lebih memudahkan pengguna baru yang kurang mengerti teknis atau taksonomi. Soal takson di artikel Tumbuhan paku, sepertinya takson yang ditampilkan sama dengan ca:Falgueres, di Wikipedia bahasa Katalan, mungkin masalahnya dari data di Wikidata. CC: Bennylin, yang pertama mengadopsi templat-templat taxobox Wikidata dari cawiki. --Hidayatsrf (bicara) 19 Agustus 2021 05.51 (UTC)[balas]
Mas @Kembangraps:, jadi teringat pembicaraan beberapa tahun yang lalu. Masalah taksobox memang kompleks karena ternyata klasifikasi makhluk hidup tidak se-universal yang orang awam (termasuk saya) pahami. Alasan memilih mengaitkan ke Wikidata semata untuk mempermudah pemeliharaan, menyederhanakan kode halaman, dan mengadopsi lebih awal teknologi templat yang saya percaya akan lebih jamak ditemui di masa depan. Selain daripada itu, segala informasi tambahan di idwiki yang mungkin belum ada di Wikipedia lain (dianjurkan) bisa langsung ditambahkan ke Wikidata (ada tombol sunting di kotak infonya), supaya bisa digunakan di proyek-proyek lainnya. Fitur lainnya yang keren adalah kotak infonya bisa dipanggil dari halaman mana pun, misalnya:
Untuk menjawab permasalahan kotak info takson, yang mungkin ada banyak, tapi secara persentase keseluruhan saya harap kecil, silakan dimulai dengan mendaftarkan taxobox-taxobox bermasalah yang ditemui; mungkin lewat Warkop ini, japri/Telegram, atau ProyekWiki Biologi, supaya bisa ditelaah dan disempurnakan. Seharusnya setiap templat taxobox otomatis memiliki parameter untuk override informasi dari Wikidata (setidaknya itu yang saya ingat ketika saya dulu mengawali di {{kotak info spesies}}, tapi saya sudah absen cukup lama di sini untuk mengurus proyekwiki lain, jadi perlu waktu untuk saya meneliti lagi perubahan templatnya). Saya tidak suka versi en karena harus membuat (baca: memelihara) 85.932 sub-templat (lihat pula [4]), sangat menguras tenaga dan tidak efisien, terutama apabila versi lain yang lebih baik dan efisien tersedia yang membantu di mayoritas (mungkin > 90%) artikel spesies-spesies minor. Saya kurang suka tampilan no.wiki. Coba bandingkan Kucing dan no:Tamkatt, Anjing dan no:Tamhund, dll.
Untuk itu saya akan coba mulai dari Tumbuhan paku, sambil menunggu contoh-contoh kesalahan yang lain yang bisa dilaporkan selanjutnya. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin musyawarah 19 Agustus 2021 15.29 (WIB) (PS: Untuk masalah penampilan, css, warna, ukuran, dsb. saya hanya bisa mengganti per masukan, karena tidak terlalu concern dengan sisi kosmetiknya)
OK, untuk tumbuhan paku, saat ini saya kembalikan ke versi sebelumnya yang memakai Taxobox (kotak info "manual" ini dipertahankan untuk kepentingan ini), sebab tumbuhan paku bukan 1 spesies, jadi jangan pakai {{Infobox spesies}}. Bagaimana mas, apakah versi saat ini sudah bisa diterima? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin negosiasi 19 Agustus 2021 15.40 (WIB)

Ketidakselarasan Wikipedia dan Wikidata

Ada beberapa contoh kasus, di Wikidata ada 2 butir (konsep) berbeda, sementara di Wikipedia (b. Indonesia) terkadang digabung, karena dianggap sama. Contohnya di Wikidata, "sekolompok organisme yang dikenal dengan nama Ular" ("Q2102") dibedakan dari upaordo "Serpentes" ("Q25537662"); oleh karena di idwiki keduanya disamakan, maka Ular memiliki pranala interwiki Q2102, namun mengambil data taksonomi dari Q25537662. Contoh lainnya adalah Monyet (Q1367 - "sekolompok organisme yang dikenal dengan nama monyet") menggunakan taksonomi dari infraordo Simiiformes (Q5452918), Sapi (Q830) sekolompok organisme yang dikenal dengan nama sapi) menggunakan taksonomi dari Bos taurus (Q20747334), dan Kuda (Q726) menggunakan taksonomi dari Equus ferus caballus (Q26644764) subspesies dari kuda liar ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komunikasi 19 Agustus 2021 16.43 (WIB)

Contoh lainnya: Armadillo / en:Dasypodidae (Q47867 - 77 wiki), sementara en:Armadillo (Q104840543 hanya di 2 wiki). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 20 Agustus 2021 13.02 (WIB)


Masalah templat dan perbaikan

Dalam beberapa hal saya sependapat dengan apa yang disampaikan Bung Bennylin di atas. Namun, saya punya beberapa catatan yang mungkin bisa untuk perbaikan:

  • Desain templat {{infobox spesies}} terlalu kompleks, dan beberapa sintaksnya agak kacau (dari segi kode, bukan desain visual). Bisa dibandingkan dengan templat wikidata lain, misalnya {{Infobox person/Wikidata}} yang menurut saya lebih sederhana. Templat ini juga menyisipkan tabel html ke dalam {{Infobox}}, alih-alih memakai markah wiki. Ini sepertinya menyebabkan beberapa html menjadi tidak valid. Templat ini juga sepertinya tidak menambahkan microformat dengan baik.
  • Parameter untuk overide memang ada, tapi templat dari cawiki ini tidak dibuat kompatibel sepenuhnya dengan parameter {{Taxobox}}.
  • Masalah yang paling krusial, data takson Wikidata biasanya tidak sesuai dengan klasifikasi filogenetik terbaru seperti sistem APG. Klasifikasi virus seperti ICTV juga tidak bisa ditangani dengan infobox spesies karena data di Wikidata tidak menggunakan klasifikasi tersebut. Mungkin ini seperti yang dikatakan Bung Kembangraps soal dipaksa untuk memakai versi klasifikasi dari Wikidata (terlepas dari adanya sistem overide, toh parameter untuk menimpa data ini juga belum ada). Jadi untuk artikel-artikel seperti ini juga sebaiknya pakai taxobox manual saja.
  • Menurut saya perlu dibuat proyek untuk merombak templat ini menggunakan {{taxobox/core}} alih-alih {{infobox}}, dan dibuat 100℅ kompatibel dengan parameter {{taxobox}} sekaligus kompatibel dengan automatic taxobox enwiki (mengingat sebagian besar artikel WBI diterjemahkan dari enwiki). --Hidayatsrf (bicara) 19 Agustus 2021 11.40 (UTC)[balas]
Proyek untuk kopdar ke depan bagaimana (daring maupun luring)? Karena saya bisa teknisnya, tapi terhalang pengetahuan tentang topiknya (taksonomi). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 19 Agustus 2021 19.48 (WIB)
@Kembangraps:, @RianHS: mungkin bisa membantu? Dalam bayangan saya ini bisa dibuat proyek kurang lebih seperti en:Wikipedia:WikiProject_Tree_of_Life#Taxoboxes dengan mengumpulkan pengguna-pengguna yang mengerti tentang taksonomi, dan kalau perlu koordinasi diluar wiki bisa dibuat grup di telegram misalnya. --Hidayatsrf (bicara) 21 Agustus 2021 03.48 (UTC)[balas]
Sebenarnya saya juga kurang paham ilmunya karena bukan biologis murni. Untuk sementara, daftar takson “problematik” yang tidak boleh pakai infobox spesies sepertinya sudah cukup. Kan sudah ada di dokumentasi templatnya, atau perlu dibuat halaman tersendiri? Isu ini juga bagus dibahas pada Wikinusantara daring (kalau ada), hehe. — RianHS (bicara) 21 Agustus 2021 08.15 (UTC)[balas]

9 Agustus 2021 16.19 (UTC)

Pertanyaan terkait Hak Peninjau setelah FlaggedRevs dinonaktifkan[sunting sumber]

Halo, saya mau menanyakan apakah kotak tinjauan untuk Peninjau ini masih berlaku? https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Validasi_artikel/Status_pengguna#/media/Berkas:Fr1.png — WillsonEP (bicara) 15 Agustus 2021 09.34 (UTC)[balas]

Spam Oreos dalam suntingan artikel Kanye West[sunting sumber]

Halo, nama saya Brayent. Saya sedang menyunting artikel wikipedia tentang Kanye West yang menurut saya masih sangat kurang dan tidak meerepresentasikan Kanye secara penuh. Saya sudah menambahkan beberapa informasi dan menambhakn kolom awal karir. Tetap ketika ingin di publish, saya malah masuk kategori SPAM OREOS atau Spam Basic. Mohon bantuannya

Link foto bukti: https://drive.google.com/drive/folders/1yvsCa3kM2vsc8RRLGrby8FlL2oqY0-qN?usp=sharing

Brayent Vivaldi (bicara) 16 Agustus 2021 16.51 (UTC)[balas]

@Brayent Vivaldi: Untuk saat ini filter "Spam basic" sudah diperbaiki, sementara filter "Spam OREOS" masih dalam pemantauan dan belum diperbaiki. Terima kasih atas laporannya --Hidayatsrf (bicara) 26 Agustus 2021 04.08 (UTC)[balas]
Sebagai catatan, Anda mungkin tidak akan terkena filter spam lagi jika sudah menjadi pengguna terkonfirmasi otomatis. --Hidayatsrf (bicara) 26 Agustus 2021 04.12 (UTC)[balas]

16 Agustus 2021 19.26 (UTC)

23 Agustus 2021 21.57 (UTC)

Read-only reminder[sunting sumber]

A maintenance operation will be performed on Wednesday August 25 06:00 UTC. It should only last for a few minutes.

This will affect your wiki as well as 11 other wikis. During this time, publishing edits will not be possible.

Also during this time, operations on the CentralAuth will not be possible (GlobalRenames, changing/confirming e-mail addresses, logging into new wikis, password changes).

For more details about the operation and on all impacted services, please check on Phabricator.

A banner will be displayed 30 minutes before the operation.

Please help your community to be aware of this maintenance operation. Terima kasih!

24 Agustus 2021 20.34 (UTC)

Suku Punjabi[sunting sumber]

Halo, mengapa artikel suku Punjabi tidak bisa disunting? Saya mencoba menyunting untuk memperbaiki, Merapihkan, dan melengkapi artikel tsb. Tetapi mengapa tidak bisa? Bahkan merubah 1 kata pun disana tetap tidak bisa. Ini tandanya ada yang tidak beres, sekian, salam


Fbryn140802 (bicara) 27 Agustus 2021 10.14 (UTC)[balas]

Artikel yang mana? Suku Punjabi? Saya lihat pranala tersebut masih merah. @Fbryn140802: – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 27 Agustus 2021 10.16 (UTC)[balas]

30 Agustus 2021 16.00 (UTC)

Templat:Infobox university[sunting sumber]

Mohon bantuannya kepada Pengurus atau siapa yah yang berkompeten untuk Infobox university:

Saat ini hanya ada sarjana di Infobox, padahal aslinya undergraduate (bisa Sarjana atau D2 & D3) untuk universitas terutama yang di AS. Apa bisa ditambah undergraduate?

Umumnya memang untuk tim olahraga tapi di Indonesia biasanya warna jaketnya.

Tolong diatur bagaimana baiknya, saya mau ganti/ubah sendiri tapi khawatir salah nantinya. Untuk Provos dan Dana Abadi sudah saya birukan.

Terima kasih Mulyo777 (bicara) 31 Agustus 2021 10.10 (UTC)[balas]

@Mulyo777: tapi di infobox tersebut sudah ada Diploma dan Sarjana terpisah. Hysocc, Let's talk 1 September 2021 06.15 (UTC)[balas]
Iya memang sudah dipisah dan itu untuk Uni di Indonesia sepertinya, kalau Uni terutama di AS, undergraduate masuk ke Sarjana semua di infoboxnya. Contohnya: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Washington_di_St._Louis dan Uni AS lainnya. Mungkin perlu ditambah undergraduate, Mulyo777 (bicara) 2 September 2021 09.51 (UTC)[balas]