Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Mar-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Mitologi Norse

Saya melihat di sub kategori Mitologi menurut budaya: Mitologi Norse. tapi arikelnya mengacu pada Mitologi Norwegia. Apakah kata "Norse" tidak terasa mentah? setahu saya kata Norse mengacu pada Norwegia, seperti Irish mengacu pada Irlandia, British pada Inggris, Danish pada Denmark, dsb.

Apakah sebaiknya Mitologi Norwegia dipindahkan ke dalam Mitologi Skandinavia? (kata Skandinavia mengacu pada dua negara: Norwegia dan Swedia. Dua negara inilah yang banyak memberi pengaruh pada Mitologi Skandinavia.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Maaf kalau saya membuat kesalahan.

Made Adiputra 10:39, 27 Februari 2007 (UTC).

terima kasih
Kesalahan penerjemahan. Artikel itu kayanya diterjemahkan dari en:Norse mythology, yang secara ceroboh diterjemahkan menjadi Mitologi Norwegia. According to this, Norse artinya wilayah di Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia. Judul Mitologi Skandinavia mungkin bisa dipakai sbg pengganti, walaupun kurang begitu tepat karena according to this, skandinavia sebenarnya cuma meliputi Denmark, Norwegia and Swedia. Tapi secara kultural Finlandia dan Islandia bisa masuk Skandinavia. Hariadhi - Ngobrol 17:59, 27 Februari 2007 (UTC)
Kalau mau lu bisa ubah langsung aja. Termasuk beberapa istilah Norwegia di dalam artikelnya yang seharusnya Norse. Gw ga berani ubah soalnya bukan bidang gw. Hariadhi - Ngobrol 01:47, 4 Maret 2007 (UTC)

Menurut saya, Norse dalam hal ini lebih baik diterjemahkan sebagai "Skandinavia" secara kebudayaan, sebab (kebudayaan) Norwegia hanya merupakan bagian dari (kebudayaan) Skandinavia, dan dalam artikel ini yang dibicarakan adalah kebudayaan Skandinavia secara umum. sentausa 09:25, 6 Maret 2007 (UTC)

Bagaimana dengan "nordik"? apakah juga sudah diterima dalam bahasa Indonesia? Kembangraps 22:31, 9 Maret 2007 (UTC)
Setuju Nordik. Hariadhi - Ngobrol 17:17, 20 Maret 2007 (UTC)
Setuju juga Nordik. Meursault2004ngobrol 05:47, 21 Maret 2007 (UTC)

Berkas SVG

Kelihatannya masih ada masalah dengan berkas berformat svg, ya? Misalnya saja Berkas:Water_molecule.svg tidak bisa ditampilkan dengan benar, sehingga harus dimuatkan versi png-nya (Berkas:Water_molecule.svg.png). Mohon pencerahan dalam hal ini. Terima kasih sebelumnya (siapa tahu sudah ada penjelasan, tapi saya tidak mengikuti). N/A(bicara) 13:26, 19 Maret 2007 (UTC)

Gw kurang tahu masalahnya, soalnya di sini downloadnya lagi lamaaaa banget. Tapi pengalaman dengan SVG, ya:
  1. Jangan pakai outline. Outline akan tetap dalam tebal sebenarnya walau gambar diperbesar/diperkecil. Misalnya lu bikin ganmbar 300x300 px dengan outline 1 pt. Kalau gambar ini ditampilkan dengan resolusi 10x10px, tetap aja outlinenya 1 pt, yang akhirnya menuh2in gambar. Kalau mau diakalin pake anchor (salah, maksudnya countour tool. Hariadhi - Ngobrol 02:48, 26 Maret 2007 (UTC)) kali ya (untuk corel)
  2. SVG kayanya ga ngenal gradasi warna. Warna yang dipaksain bergradasi biasanya tetap aja keluarnya flat.
  3. Amannya buat dalam resolusi kecil (mis 10px) . Lalu ditampilkan dengan resolusi gede (mis: 100px), jadi kalau ada yang salah bisa cepat ketauan. Hariadhi - Ngobrol 16:32, 20 Maret 2007 (UTC)

Thanks buat sharing pengalamannya. Iya gw juga pernah ngalamin, ketebalan garis g konsisten. Selain itu buat garis dengan mata panah (dalam diagram) sering g muncul, akhirnya g buat panah itu terbuat dari tiga garis, bukan garis lurus dengan mata panah (dalam pilihan ujung2 garis).

Soal gradasi gw pernah bisa cuman berupa lingkaran, g bisa linier. G tahu kenapa. Gw, konvert ke PNG aja deh. Btw, klo masih ada masalah kok mo dijadiin standar ya di Wikipedia? Terima kasih.N/A(bicara) 16:56, 20 Maret 2007 (UTC)

Akses halaman web via HTTP stream

dear forum, nama saya di2t(pengguna umum). setelah baca kebijakan pihak ketiga saya tarik kesimpulan bahwa penggunaan artikel yang ada di wikipedia bersifat free(berdasarkan gfdl). saat ini saya sedang mengembangkan aplikasi ensiklopedia mobile yang salah satu fiturnya didesain mampu mengambil artikel dari ensiklopedia online(termasuk dari wikipedia/sumber dari artikel ditampilkan juga, aplikasi sejenis memang sudah ada). tentu saja saya tidak bisa redirect langsung ke halaman web wiki karena diperlukan penyesuaian dengan keterbatasan layar/resource perangkat mobile. saya sudah berusaha untuk mendapatkan halaman web wiki dengan menggunakan http stream (pemrograman java) ke alamat "http://id.wikipedia.org/wiki/kata_kunci", hanya saja selalu di tolak(http response 403/forbiden).keterangan: jika memasukan alamat tersebut ke web browser memang bisa.

apakah ada di forum ini yang bisa menjelaskan kenapa saya selalu mendapat response 403 dari server wikipedia?

terimakasih atas bantuannya, salam di2t (P.S. maaf kalo ada ketentuan penulisan yang menyalahi aturan(newbie))202.138.246.2 09:23, 7 Maret 2007 (UTC)

Mungkin Pengguna IvanLanin lebih berkapasitas menjawab ini. Atau silakan tanya langsung ke meta.wikimedia.Hariadhi - Ngobrol 18:01, 7 Maret 2007 (UTC)
Atau chat langsung saja dengan developer wiki di irc server "irc.freenode.org" pada channel "#mediawiki". borgx(kirim pesan) 00:49, 8 Maret 2007 (UTC)
terima kasih atas tanggapannya. just in case ada yang memiliki masalah sama, server wikipedia mengharuskan browser yang kita gunakan memiliki user agen yang unik, misal: mozila, atau myOwnVersionOfBrowser, 202.138.246.2 05:40, 8 Maret 2007 (UTC)
Selamat berkreasi! Ditunggu sampel programnya :) Hariadhi - Ngobrol 18:41, 10 Maret 2007 (UTC)

Sudah coba gunakan artikel lain? Soalnya artikel http://id.wikipedia.org/wiki/kata_kunci itu kan belum dibuat. Entah ada hubungannya apa nggak dengan error yang anda peroleh. N/A(bicara) 12:23, 14 Maret 2007 (UTC)

Coba anda akses ini
http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Prefektur_Ishikawa&printable=yes
untuk artikel lain, gantikan kata Prefektur Ishikawa dengan nama artikel. Itu adalah format yg lebih sederhana, mungkin mumpuni buat devais mobil. Juga ada kemungkinan program anda tidak bisa meng-handle URL yg tidak sesungguhnya. Salam. N/A(bicara) 12:29, 14 Maret 2007 (UTC)