Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip/Oktober 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Wikipedia penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dunia, terutama pengetahuan umum

Memang perlu sekali kamus digital wikipedia ini, karena data dan isiannya sangat membantu perkembangan ilmu pengetahuan umum sedunia. Dengan mwlihat dan membaca wikipedia ini, kita serasa terbang keberbagai sudut ilmu pengetahuan.

Kesalahan Basis Data

Ada yg error neeh di Daftar karakter dalam seri Detektif Conan.... mohon bantuannya

Ada kesalahan sintaks pada permintaan basis data. Kesalahan ini mungkin menandakan adanya bug dalam perangkat lunak. Permintaan basis data :yang terakhir adalah:
   (Permintaan SQL disembunyikan)
dari dalam fungsi "Title::invalidateCache". Kesalahan MySQL "1223: Can't execute the query because you have a conflicting read lock (10.0.6.23)". -->> Kenrick95 (bicara) 14:39, 16 September 2009 (UTC) <<--
Sorry mengganggu.... barusan ud bisa neeh.... sekali lagi (dgn bahasa yg formal) Mohon Maaf Lahir dan Batin -->> Kenrick95 (bicara) 14:39, 16 September 2009 (UTC) <<--
Tidak apa-apa. Peladen Wikipedia sedang "kecapaian" dan istirahat sebentar. :)
Bennylin
08:46, 29 Oktober 2009 (UTC)

Mengecek kategorisasi

Bagaimana cara mengecek kategorisasi untuk artikel yang baru dibuat, agar tidak terjadi penggandaan kategori yang bermiripan ? Dengan fungsi Cari?Kembangraps (bicara) 06:41, 21 September 2009 (UTC)

Maksudnya gimana Mbang? Contoh? •• ivanlanin 08:23, 21 September 2009 (UTC)

Contoh: (1) Tokoh dari Surakarta, Tokoh Surakarta, Tokoh kelahiran Surakarta; (2) Tanaman sayuran, Sayuran. Maksud saya, dari sisi penyunting mereka tidak punya catatan mengenai kategori yang sudah eksis. Ketika harus mau memasukkan kategori, apakah harus mengecek halaman artikel yang sejenis dulu? Adakah shortcut untuk mengecek Kategori yang mungkin bersesuaian dengan artikel yang baru saja ditulis, semacam "suggestion" begitu? Saya lihat, wikipedia sudah menerapkan itu pada fungsi Cari. Misalnya ketika salah mengetik nama, muncul suggestion untuk artikel yang dimaksud. Bisakah ini diterapkan bagi artikel baru yang belum berkategori? (Umpama, karena ada tulisan "tumbuhan" atau "sayuran" di teks, maka akan muncul suggestion untuk kategori yang terkait dengan kata2 kunci itu.

Satu problem lain. Ada satu feature artikel "Kategori:" yang mengganggu: tidak bisa didisambiguasi. Ini sangat menyulitkan ketika ada perubahan penulisan standarisasi, khususnya bagi yg tidak menguasai bot. Saya pernah mencoba mengubah satu nama penulisan di kecamatan di Jambi, walah, kelurahan yang harus diganti banyaknya minta ampun. Satu jam untuk satu kecamatan. Fyuh. :) Kembangraps (bicara) 15:44, 21 September 2009 (UTC)

Fitur HotCat akan secara otomatis memberikan usulan, hampir sama seperti pengusulan saat kita mengetik di kotak pencarian.
Saya di sini juga mengusulkan agar nama-nama kategori yang agak mirip (misal Tumbuhan dan Tanaman) dapat dialihkan menggunakan {{softredirect}}, kemudian tinggal mengecek Istimewa:Pranala balik/Templat:Softredirect untuk memastikan bahwa setiap kategori tersebut kosong.
Bennylin
08:45, 29 Oktober 2009 (UTC)

Perhatian pemuat gambar

Wikipediawan sekalian yang sering memuatkan gambar dari Wikipedia bahasa lain, templat {{Dari}} telah saya perbarui sehingga memiliki tiga parameter manasuka baru, lisensi yang digunakan di Wikipedia sumber, pemuat asli, dan tanggal pemuatan. Semuanya bertujuan agar jika berkas tersebut dihapus di Wikipedia sumbernya, maka kita masih memiliki catatannya. Mohon lain kali jika menggunakan templat {{Dari}} ketiga parameter tersebut bisa diisi. Mengenai teknisnya, silakan lihat dokumentasi templat tersebut.
Bennylin
08:39, 29 Oktober 2009 (UTC)

Preferensi tampilan perubahan terbaru

Tahukah Anda opsi perubahan terbaru tingkat lanjut yang dapat Anda pasang melalui halaman preferensi Anda? Caranya gampang, Preferensi->Perubahan terbaru-> beri centang pada "Gunakan tampilan perubahan terbaru tingkat lanjut (memerlukan JavaScript)".
Bennylin
06:47, 30 Oktober 2009 (UTC)