Kekutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sebuah ilustrasi kekutu yang menjadi maskot Bugzilla
Foto yang menunjukkan kekutu pertama yang ditemukan pada komputer.

Kekutu[1] (bahasa Inggris: bug), seranggaan[2] atau galat/kesalahan program adalah suatu kesalahan desain pada suatu katras (perangkat keras) atau katnak (perangkat lunak) yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Kekutu umumnya ditemukan pada katnak, bukan katras.

Asal usul istilah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1945, sewaktu ukuran komputer masih sebesar kamar, pihak militer Amerika Serikat menggunakan komputer yang bernama "Mark 1". Pada suatu hari, komputer tersebut tidak berfungsi dengan semestinya. Setelah komputer itu diperiksa ternyata ada suatu bagian katras yang terdapat bug (serangga). Setelah bug itu diangkat dari katras, komputer dapat berfungsi dengan baik. Maka semenjak itu, kata bug lekat pada dunia perkomputeran.

Kejadian kekutu yang terkenal[sunting | sunting sumber]

  • Y2K, yaitu kekutu yang berhubungan dengan kebiasaan banyak pemrogram yang menyimpan tahun dalam format 2 angka pada tahun 1980-an. Kebiasaan ini menimbulkan masalah saat mendekati tahun 2000, yaitu kesadaran bahwa tahun 2000 akan ditafsirkan sebagai tahun 1900.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pemadanan istilah dengan memanfaatkan awalan pembentuk kata benda ke-, yakni yang mempunyai sifat atau ciri (KBBI III).
  2. ^ Pemadanan istilah dengan memanfaatkan akhiran pembentuk kata benda -an, yakni sesuatu yang mempunyai sifat (KBBI III).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]