Protokol Alma-Ata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Protokol Alma-Ata
Acara penandatanganan
JenisTraktat yang menyatakan deklarasi pendirian dan prinsip-prinsip Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (Commonwealth of Independent States, CIS).
Ditandatangani21 Desember 1991
LokasiAlma-Ata, Kazakhstan
Efektif21 Desember 1991
Penanda tangan Rusia: Boris Yeltsin
 Ukraina: Leonid Kravchuk
 Belarus: Stanislav Shushkevich
 Armenia: Levon Ter-Petrosyan
 Azerbaijan: Ayaz Mutallibov
 Kazakhstan: Nursultan Nazarbayev
 Kirgizstan: Askar Akayev
 Moldova: Mircea Snegur
 Tajikistan: Rahmon Nabiyev
 Turkmenistan: Saparmurat Niyazov
 Uzbekistan: Islam Karimov

Protokol Alma-Ata adalah deklarasi pendirian dan prinsip-prinsip Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (Commonwealth of Independent States, CIS). Para pemimpin Rusia, Ukraina, dan Belarus telah menyepakati Perjanjian Belavezha pada 8 Desember 1991, yang membubarkan Uni Soviet dan membentuk CIS. Pada 21 Desember 1991, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kazakhstan, Kirgizstan, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, dan Uzbekistan menyepakati Protokol Alma-Ata, bergabung dengan CIS. Perjanjian tersebut melibatkan tiga penandatangan Belavezha yang asli, serta delapan bekas republik Soviet tambahan. Lithuania, Latvia, Estonia, dan Georgia adalah bekas republik yang tak ikut serta.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE ALMA-ATA DECLARATION". Federal Research Division / Country Studies / Area Handbook Series / Belarus / Appendix C. Library of Congress. Archived from the original on 2001-01-22. Diakses tanggal 2019-12-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]