Wilayah Samudra Hindia Britania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wilayah Samudra Hindia Britania
British India Ocean Territory
Motto"In tutela nostra Limuria" (Latin)
"Limuria dalam tanggung jawab kami"
Lagu kebangsaanGod Save the Queen
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Diego Garcia
7°18′LU 72°24′BT / 7,3°LS 72,4°BT / -7.300; 72.400
Bahasa resmi Bahasa Inggris
Kelompok etnik (2001[1])
  • 95.88% Orang Britania / Amerika
  • 4.12% lainnya
Pemerintahan Wilayah Seberang Laut Britania
 -  Monarki Elizabeth II
 -  Komisaris Peter Hayes[2]
 -  Pengelola John McManus[2]
 -  Menteri yang bertanggung jawaba (UK) Mark Simmonds MP
Didirikan 1965 
Luas
 -  Total 54.400 km2 
 -  Perairan (%) 99,89
Penduduk
 -  Perkiraan  3.000[3] 
 -  Kepadatan 58,3/km2 
Mata uang
Zona waktu (UTC+6)
Lajur kemudi kanan
Ranah Internet .io
Kode telepon +246

Wilayah Samudra Hindia Britania (bahasa Inggris: British Indian Ocean Territory/BIOT) terdiri atas 6 pulau karang atol di kepulauan Chagos dengan sekitar 56 buah pulau-pulau kecil di Samudra Hindia. Terletak pada koordinat 6° LS, 71°30' BT. Merupakan daerah wilayah lepas pantai dari Britania Raya. Diego Garcia adalah pulau terbesar yang terletak di ujung selatan merupakan lokasi strategis di Samudra Hindia dan juga merupakan fasilitas militer gabungan antara Inggris dan Amerika Serikat. Luas wilayah tersebut sekitar 60 km².

Sejarah[sunting | sunting sumber]

BIOT sebelum kemerdekaan Seychelles tahun 1976

BIOT dijadikan wilayah Britania Raya pada 8 November 1965 yang terdiri atas:

  • Gugus kepulauan Chagos.
  • Aldabra.
  • Farquhar.
  • Kepulauan Desroches.

Pada 23 Juni 1976, Aldabra, Farquhar dan Desroches dikembalikan kepada Seychelles ketika negara tersebut merdeka. Sebagai konsekuensinya BIOT menjadi enam buah kepulauan di gugus kepulauan Chagos. Kepulauan Diego Garcia yang merupakan pulau terbesar dan paling selatan merupakan fasilitas angkatan laut gabungan antara Britania Raya dan Amerika Serikat. Pulau-pulau yang lain tidak berpenghuni. Bekas petani-petani yang dulunya tinggal di pulau-pulau tersebut direlokasi ke Mauritius dan Seychelles antara tahun 1967 dan 1973. Pada tahun 2000, Pengadilan tinggi Britania Raya membatalkan perintah yang menginstruksikan imigrasi dari kepulauan-kepulauan tersebut, tetapi tetap memberikan status militer khusus di Diego Garcia. Status pinjaman dari Amerika Serikat akan berakhir pada 2016. Mauritius diketahui telah melakukan klaim atas gugus kepulauan Chagos.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Sebagai daerah Britania Raya, wilayah ini dipimpin oleh ratu Elizabeth II dan sebagai kepala pemerintahan adalah komisaris Tony Crombie (sejak Januari 2004) yang menggantikan David Ross MacLennan dan administrator Tony Humphries (sejak 2005) menggantikan Charles A. Hamilton. Semuanya berdomisili di Inggris. Tidak ada pemilihan untuk itu, semuanya ditunjuk langsung berdasarkan sistem monarki.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sebuah pos polisi di Diego Garcia

Semua aktivitas perekonomian berkonsentrasi di Diego Garcia, dimana terletak fasilitas gabungan antara Britania Raya dan Amerika Serikat. Sekitar 3.000 penduduk asli dikenal dengan nama the Chagosians atau Ilois dipaksa untuk dipindahkan ke Mauritius sebelum pembangunan fasilitas tersebut pada tahun 1995. Ada sekitar 1.700 personel militer Inggris dan Amerika Serikat beserta 1.500 kontraktor sipil tinggal di pulau tersebut. Proyek-proyek konstruksi dibutuhkan oleh instalasi militer dikerjakan oleh militer dan pekerja yang dikontrak berasal dari Britania Raya, Mauritius, Filipina dan Amerika Serikat. Tidak ada kegiatan industri dan pertanian di kepulauan tersebut. Izin industri perikanan memberikan pendapatan tahunan sebesar satu juta dollar untuk daerah tersebut. Fasilitas komunikasi telepon tersedia memberikan layanan telepon komersial termasuk jaringan internet. Layanan telepon internasional melalui jaringan satelit. Daerah tersebut memiliki tiga buah stasion radio, satu buah stasion AM, dua FM dan satu stasiun televisi. Top-Level domain dari wilayah ini adalah .io. Perangko diterbitkan oleh BIOT sejak 17 Januari 1968.

Geografi dan transportasi[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan pulau-pulau di wilayah ini tidak memiliki jalan. Diego Garcia memiliki jalan yang menghubungkan antara pelabuhan dan lapangan udara. Kebanyakan sarana angkutan menggunakan sepeda. Satu-satunya pelabuhan dan lapangan udara di wilayah ini terdapat di Diego Garcia. Beberapa landas pacu di Diego Garcia memiliki panjang 3.000 meter.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "British Indian Ocean Territory". worldstatesman.com. Diakses 5 April 2013. 
  2. ^ a b British Indian Ocean Territory (British Overseas Territory), Foreign and Commonwealth Office. Retrieved 24 November 2012.
  3. ^ a b "About Us". BIOT Post Office. Diakses 5 April 2013. 
  4. ^ FCO country profile[pranala nonaktif]
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama CIA
  6. ^ "British Indian Ocean Territory Currency". GreenwichMeantime.com. Diakses 5 April 2013. 
  7. ^ Pobjoy Mint Ltd (17 May 2009). "Launch of First Commemorative British Indian Ocean Territory Coin". coinnews.net. Diakses 4 April 2014.