Lemuria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lemuria (benua))

Lemuria (/lɪˈmʊriə/) adalah benua hipotesis yang diusulkan oleh ahli zoologi Philip Sclater pada tahun 1864, yang berteori tentang tenggelamnya sebuah benua di bawah Samudra Hindia, kemudian teori ini diambil alih oleh para okultis dengan dugaan asal usul manusia. Teori ini didiskreditkan dengan penemuan lempeng tektonik dan pergeseran benua pada abad ke-20.[1]

Hipotesis ini diajukan sebagai penjelasan atas keberadaan fosil lemur di Madagaskar dan India, tetapi tidak ditemukan di Afrika atau Timur Tengah. Saran ahli biologi Ernst Haeckel pada tahun 1870 bahwa Lemuria bisa menjadi rumah leluhur umat manusia menyebabkan hipotesis bergerak di luar lingkup geologi dan zoogeografi, memastikan popularitasnya di luar kerangka komunitas ilmiah.

Okultis dan pendiri Teosofi Helena Blavatsky, selama bagian akhir abad ke-19, menempatkan Lemuria dalam sistem doktrin mistik-religiusnya, mengklaim bahwa benua ini adalah tanah air nenek moyang manusia, yang disebutnya Lemuria. Tulisan-tulisan Blavatsky memiliki dampak signifikan pada esoterisme Barat, mempopulerkan mitos Lemuria dan penghuni mistiknya.

Teori tentang Lemuria menjadi tidak dapat dipertahankan pada 1960-an, ketika komunitas ilmiah menerima teori pergeseran benua Alfred Wegener, disajikan pada tahun 1912, tetapi gagasan itu tetap hidup dalam imajinasi populer, terutama dalam kaitannya dengan tradisi Teosofis.

Kumari Kandam[sunting | sunting sumber]

"Lemuria" dalam sastra mistik nasionalis Tamil sebagai Kumari Kandam, menghubungkan Madagaskar, India Selatan, dan Australia (mencakup sebagian besar Samudra Hindia)

Beberapa penulis Tamil seperti Devaneya Pavanar mengaitkan Lemuria dengan Kumari Kandam, daratan cekung legendaris yang disebutkan dalam literatur Tamil, mengklaim bahwa itu adalah tempat lahirnya peradaban. Seorang komentator Tamil, Adiyarku Nallar, menggambarkan dimensi yang terbentang antara Sungai Pahruli dan Sungai Kumari di negeri Pandyan yang kemudian diambil alih oleh lautan.[2]

Ketika bagian selatan Kumari tertutup laut, Kapatapuram digambarkan pernah dijadikan ibu kota Pandya. Menurut komentator Tamil ada 49 negara di tanah yang hilang ini; mereka menafsirkan Nadu sebagai negara. Sebenarnya, Nadu mengacu pada pemukiman atau kota atau desa.[3]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1880-an, konsep Lemuria memiliki tempat yang menonjol dalam mitologi Teosofi, Antroposofi, dan kepercayaan okultisme dan Zaman Baru lainnya, menginspirasi banyak novel, acara televisi, film, dan musik. Ini bukan ide-ide ilmiah, tetapi termasuk dalam ranah arkeologi semu dan budaya populer.

  • C. S. Lewis's poem "The Last of the Wine".[4]
  • Therion, Swedish Symphonic Metal band, 2003 album Lemuria.
  • Visions of Atlantis, Austrian symphonic metal band, 2018 album The Deep & the Dark.
  • The Deep, 2015–2019 animated TV show.[5]
  • Underworld: The Mysterious Origins of Civilization (2002) by Graham Hancock discusses Lemuria in the chapter titled "The Quest of Kumari Kandum"

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roos, Dave. "Did the Lost Continent of Lemuria Ever Exist?". HowStuffWorks (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Juli 2022. 
  2. ^ "Login - Single Sign On | The University of Kansas". KU (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-27. 
  3. ^ "Download Limit Exceeded". Citeseerx (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-27. 
  4. ^ Lewis, C. S. (1964). Poems. Geoffrey Bles. hlm. 40–41. 
  5. ^ The Deep (TV Series 2015– ) - IMDb

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Lost Continents: The Atlantis Theme in History, Science, and Literature (1954) by L. Sprague de Camp. New York: Gnome Press & Dover Press.
  • (Inggris) Ramaswamy, Sumathi. (1999). "Catastrophic Cartographies: Mapping the Lost Continent of Lemuria". Representations. 67: 92-129.
  • (Inggris) Ramaswamy, Sumathi. (2000). "History at Land's End: Lemuria in Tamil Spatial Fables". Journal of Asian Studies. 59(3): 575-602.
  • (Inggris) Cybernetic Culture Research Unit (Ccru). (2015). "Lemurian Time War". Writings 1997-2003. Time Spiral Press.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Lemuria at the Encyclopedia of Fantasy