H. P. Blavatsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Helena Blavatsky)
Jump to navigation Jump to search
Helena Petrovna Blavatsky
Helena Petrovna Blavatsky.jpg
Helena Blavatsky, co-founder of the Theosophical Society
Lahir 12 August 1831
Yekaterinoslav, Russian Empire (now Dnipropetrovsk, Ukraine)
Meninggal 08 May 1891 (aged 59)
London, Great Britain
Kebangsaan American
Pekerjaan Spiritualist
Author
Dikenal atas Theosophical Society
Occultism
Suami/istri Nikifor Vassilievich Blavatsky

Petrovna Helena Blavatsky adalah seorang pendiri Teosofi dan Theosophical Society.[1] Orangtuanya Kolonel Peter von Hahn dari keluarga Hahn kuno von adalah sebuah keluarga bangsawan Jerman dari Basedow dan Helena Fadeyeva.[1] Adik Blavatsky yang bernama Vera Zhelikhovsky adalah seorang penulis okultisme.[1] Sepupu pertama Blavatsky adalah Sergei Witte seorang Menteri Rusia, dan kemudian menjadi Perdana Menteri pada masa pemerintahan Tsar Nicholas II.[1] Dalam memoarnya, Count Witte mengingat pertemuannya dengan Helena.[1] Kakek dari ibu Blavatsky adalah Andrey Mikhailovich Fadeyev, Gubernur Saratov dan istrinya Putri Helene Dolgoruki, tokoh usia pencerahan Rusia.[1] Blavatsky tumbuh di tengah budaya yang kaya dalam spiritualitas dan mitologi tradisional Rusia, yang memperkenalkan ke dunia supranatural.[2] Meskipun tinggal di New York City, ia mendirikan Theosophical Society pada bulan September 1875 bersama dengan Henry Steel Olcott, William Quan Hakim.[2] Blavatsky menulis bahwa semua agama sama-sama benar dalam ajaran batin mereka.[2] Tulisannya menghubungkan pengetahuan spiritual esoteris dengan ilmu pengetahuan baru yang dapat dianggap sebagai contoh pertama dari apa yang sekarang disebut cara berpikir yang baru.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris)Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.245-246.
  2. ^ a b c d (Inggris)Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.133.