Pulau Natal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Territory of Christmas Island
MottoTidak Ada
Lagu kebangsaanTidak Ada
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Flying Fish Cove
Bahasa resmi Inggris
Pemerintahan Organisasi Teritori Australia
 -  Administrator Neil Lucas
 -  Menteri Tinggi Gordon Thomson
-
 -  -
Luas
 -  Total 135 km2 (-)
 -  Perairan (%) -
Penduduk
 -  Perkiraan 2006 1.493 (-)
 -  Sensus -
 -  Kepadatan 11/km2 (-)
PDB (KKB) Perkiraan -
 -  Total - (-)
 -  Per kapita - (-)
Mata uang Dolar Australia (AUD)
Zona waktu (UTC+7)
 -  Musim panas (DST)  (UTC+7)
Ranah Internet .cx
Kode telepon -61-891

Pulau Natal adalah sebuah wilayah luar negeri Australia yang terdiri dari 1 Pulau. Pulau ini terletak di dekat Pulau Jawa, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Jawa. Iklimnya merupakan iklim tropis.

Pulau Christmas yang merupakan wilayah dari Australia di Samudera Hindia terletak 2.600 kilometer (1.600 mil) dari arah barat laut kota Perth, Australia Barat, 500 km (310 mil) dari arah selatan Jakarta,Indonesia dan 975 km (606 mil) dari Pulau Cocos (Keeling).

Pulau ini memiliki populasi sebesar 1.402 warga yang tinggal di sejumlah "daerah pemukiman" di ujung utara pulau: Flying Fish Cove (juga dikenal sebagai Kampung), Kota Perak, Poon Saan, dan Drumsite.

Pulau ini terisolasi secara geografis dan jauh dari jangkauan manusia hingga abad ke-19. Tidak mengherankan jika berbagai flora dan fauna endemik di pulau ini relatif tidak terganggu. Kondisi ini merupakan hal yang penting untuk para ilmuwan dan naturalists.

Pulau ini dahulu dihuni oleh bangsa Melayu (Indonesia), mereka umumnya adalah orang orang Bugis yang mencari nafkah hingga ke bagian Utara Australia termasuk Pulau Christmas. Selain bangsa Melayu, bangsa Tionghoa juga banyak terdapat di Pulau ini. Dahulu mereka didatangkan dari Malaysia dan Singapura sebagai pekerja tambang fosfat (guano).

Asia Pasific Space Center[sunting | sunting sumber]

Asia Pasific Space Center (ASPC) adalah perusahaan peluncuran satelit yang merupakan patungan antara Samara Space Center, Sydney, Australia dan Rosaviacosmos, Rusia. ASPC menjadikan Pulau Natal sebagai tempat peluncuran satelit karena letaknya yang relatif dekat dengan garis khatulistiwa dan iklimnya mudah diprediksi. Selain itu letak Pulau Natal yang terpencil menjadikan risiko jatuhnya roket penngorbit satelit mengenai manusia bisa diminimalkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) http://www.aerospace-technology.com/projects/christmas/christmas3.html