Samoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Negara Independen Samoa

Malo Saʻoloto Tutoʻatasi o Sāmoa (Samoa)
Independent State of Samoa (Inggris)
SemboyanFa'avae i le Atua Sāmoa
(Indonesia: "Samoa didirikan menurut Tuhan")
Lokasi Samoa
Lokasi Samoa
Ibu kota
Apia
Bahasa resmiSamoa dan Inggris
PemerintahanRepublik parlementer
Va'aletoa Sualauvi II
Naomi Mataʻafa
LegislatifFono
Kemerdekaan
• Dari Selandia Baru
1 Januari 1962
 - Perairan (%)
0,3
Populasi
 - Sensus Penduduk 2011
187.820 (193)
66/km2 (142)
PDB (KKB)2014
 - Total
$997 juta[1] (179)
$5.180[1] (128)
PDB (nominal)2014
 - Total
$826 juta[1] (176)
$4.308[1] (106)
IPM (2013)0,694[2]
sedang · 91
Mata uangTālā (WS$)
(WST)
Zona waktuWaktu Samoa Barat (WST)
(UTC+13)
 - Musim panas (DST)
UTC+14 (Waktu Samoa Barat (WST))
Lajur kemudikiri
Kode telepon+685
Kode ISO 3166WS
Ranah Internet.ws

Samoa adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang terdiri dari 2 pulau utama dan 7 pulau kecil. Letaknya sekitar setengah jarak perjalanan dari Selandia Baru ke Hawaii. Samoa termasuk ke dalam negara yang mempunyai wilayah terkecil di dunia. Negara Samoa berbatasan dengan Fiji, Tonga, dan Vanuatu di sebelah barat daya, Kepulauan Cook sebelah selatan, dan Kepulauan Tokelau di sebelah utara, serta Tuvalu di sebelah barat laut. Secara resmi dikenal sebagai Negara Independen Samoa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gadis Gadis di Samoa pada tahun 1911
Interior rumah tradisional penduduk Samoa
Keluarga di Samoa. (Foto tahun 1909)

Sejarah negara ini dapat dikatakan sebagai sejarah yang paling menyedihkan di antara negara-negara lainnya yang berada di kawasan Kepulauan Polinesia. Negara ini ditemukan pada 1722 oleh salah seorang warga negara Belanda yang bernama Jacob Roggeveen. Pada saat itu, bentuk pemerintahan dari negara kecil tersebut berupa kerajaan. Pada abad ke-19, bagian-bagian dari negara ini dipecah dan menjadi perebutan antara Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris.

Saat itu, kerajaan dipimpin oleh seorang raja yang bernama Malitoa Laupepa. Pada 1898, sang raja digantikan oleh Malietoa Tooa Mataafa. Inggris dan Amerika Serikat yang mempunyai latar pelakang ekonomi dan politik mendukung Malietoa Tanu yang tidak lain ialah putra dari mendiang Raja Laupepa untuk kepentingannya masing-masing. Pada 15 Maret 1899, Amerika Serikat dan Inggris mengadakan penyerangan ke Samoa tepatnya di Negara Apia dengan cara melempar bom.

Akhirnya, dibentuk perjanjian Samoa Tripartiete Convention yang menghasilkan keputusan untuk membagi kepulauan-kepulauan Samoa menjadi 3 bagian. Inggris memperoleh bagian dari negara ini yang dinamakan dengan Kepulauan Solomon. Amerika Serikat mengambil bagian yang dinamakan dengan American Samoa (Samoa Amerika). Sementara, Jerman memperoleh bagian yang dinamakan Samoa Jerman yang saat ini bernama Samoa merdeka.

Bentuk pemerintahan yang berupa kerajaan akhirnya dihapuskan dari negara tersebut. Pada 1908, masyarakat di negara tersebut mulai mengadakan perlawanan terhadap pemerintah Jerman. Saat Jerman terlibat dalam Perang Dunia I, Selandia Baru mulai mengadakan penyerbuan ke wilayah Samoa Jerman. Jerman yang saat itu terlibat perang di wilayah Eropa tidak memiliki tentara yang mampu mempertahankan pulau tersebut.

Hal ini menyebabkan Jerman menyerah dan wilayah diambil alih oleh Selandia Baru sampai ada perjanjian Versailles. Perjanjian ini berisikan status Samoa yang menjadi mandate dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Barulah pada 1 Januari 1962, negara ini mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya. Dengan begitu, negara kecil ini termasuk negara bebas Polinesia pada abad ke-20.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta topografi Samoa

Samoa terletak di selatan khatulistiwa, terletak di pertengahan jalan antara Hawaii dan Selandia Baru di wilayah Polinesia di kawasan Pasifik Selatan. Total luas daratannya dalah 2.842 km² (1.097 sq mi). Dan terdiri dari dua pulau utama, yaitu Upolu dan Savai'i. 99 % daratan Samoa terletak di kedua pulau itu. Sedangkan sisanya teretak di delapan pulau kecil di sekitarnya. Tiga pulau kecil berada di Selat Apolima (Manono, Apolima dan Nu'ulopa), empat pulau lainnya berada di ujung timur Upolu (Nu'utele, Nu'ulua, Namua, dan Fanuatapu), dan Nu'usafe ' e terletak di lepas pantai Upolu. Pulau Upolu adalah rumah bagi hampir tiga-perempat dari populasi Samoa. Ibu kota Apia juga terletak di pulau ini. Titik tertinggi di Samoa adalah gunung Silisili yang berada di pulau Savai'i.

Politik[sunting | sunting sumber]

Samoa dibagi menjadi 11 distrik:

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

PBB telah mengklasifikasikan Samoa sebagai negara berkembang secara ekonomi sejak 2014. Pada tahun 2017, produk domestik bruto Samoa dalam paritas daya beli diperkirakan sebesar $ 1,13 miliar dolar AS,[3] peringkat 204 di antara semua negara. Sektor jasa menyumbang 66% dari PDB, diikuti oleh industri dan pertanian masing-masing sebesar 23,6% dan 10,4%. Pada tahun yang sama, angkatan kerja Samoa diperkirakan mencapai 50.700.[4]

Mata uang negara ini adalah Samoa Samoa, yang dikeluarkan dan diatur oleh Bank sentral samoa. Ekonomi Samoa secara tradisional bergantung pada pertanian dan perikanan di tingkat lokal. Di zaman modern, bantuan pembangunan, pengiriman uang keluarga pribadi dari luar negeri, dan ekspor pertanian telah menjadi faktor kunci dalam perekonomian negara. Pertanian mempekerjakan dua pertiga dari angkatan kerja dan melengkapi 90% ekspor, menampilkan krim kelapa, minyak kelapa, noni (jus buah nonu, seperti yang dikenal dalam bahasa Samoa), dan kopra.

Di luar pabrik kawat harness otomotif besar (Yazaki Corporation yang mengakhiri produksi pada Agustus 2017),[5] sektor manufaktur terutama memproses produk pertanian. Pariwisata adalah sektor yang berkembang yang saat ini menyumbang 25% dari PDB. Kedatangan wisatawan telah meningkat selama bertahun-tahun dengan lebih dari 100.000 wisatawan mengunjungi pulau-pulau itu pada 2005, naik dari 70.000 pada 1996.

Pemerintah Samoa telah menyerukan deregulasi sektor keuangan, mendorong investasi, dan melanjutkan disiplin fiskal.Para pengamat menunjuk pada fleksibilitas pasar tenaga kerja sebagai kekuatan dasar untuk kemajuan ekonomi di masa depan. Sektor ini memiliki telah banyak dibantu oleh investasi modal besar dalam infrastruktur hotel, ketidakstabilan politik di negara-negara Pasifik yang berdekatan, dan peluncuran Virgin Samoa tahun 2005 sebuah usaha patungan antara pemerintah dan Virgin Australia (saat itu Virgin Blue).

Pada masa sebelum penjajahan Jerman, Samoa menghasilkan sebagian besar kopra. Pedagang dan pemukim Jerman aktif dalam memperkenalkan operasi perkebunan skala besar dan mengembangkan industri baru, terutama, biji kakao dan karet, mengandalkan pekerja impor dari Cina dan Melanesia. Ketika nilai karet alam turun drastis, sekitar akhir Perang Besar (Perang Dunia I), pemerintah Selandia Baru mendorong produksi pisang, di mana ada pasar besar di Selandia Baru.

Karena variasi ketinggian, sejumlah besar tanaman tropis dan subtropis dapat diolah, tetapi tanah umumnya tidak tersedia untuk kepentingan luar. Dari total luas tanah 2.934 km2 (725.000 hektar), sekitar 24,4% merupakan tanaman permanen dan 21,2% lainnya dapat ditanami. Sekitar 4,4% adalah Western Samoan Trust Estates Corporation (WSTEC).

Demografi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Samoa

Samoa melaporkan populasi 194.320 dalam sensus 2016.[6] Sekitar tiga perempat populasi tinggal di pulau utama Upolu.[7]

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Wabah campak dimulai pada Oktober 2019. Per 7 Desember, telah terjadi 68 kematian (0,31 per 1.000, berdasarkan populasi 201.316[8]) dan lebih dari 4.460 kasus (2,2% dari populasi) campak di Samoa,[9][10] terutama anak-anak di bawah empat tahun, dan 10 kasus dilaporkan di Fiji .[11] Diperkirakan 70 orang akan meninggal dan hingga 6.500 orang akan terinfeksi.[12]

Kelompok etnis[sunting | sunting sumber]

Populasi adalah 92,6% Orang Samoa, 7% Euronesia (orang-orang dari keturunan campuran Eropa dan Polinesia) dan 0,4% Eropa, menurut Buku Fakta Dunia CIA.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Samoa (Gagana Fa'asāmoa) dan bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Termasuk penutur bahasa kedua, ada lebih banyak penutur bahasa Samoa daripada bahasa Inggris di Samoa.[13] Bahasa Isyarat Samoa juga umum digunakan di antara populasi gangguan pendengaran di Samoa. Untuk menekankan pentingnya inklusi penuh dengan bahasa isyarat, Bahasa Isyarat Samoa dasar diajarkan kepada anggota Dinas Kepolisian Samoa, Masyarakat Palang Merah, dan publik selama Pekan Tuna Rungu Internasional 2017.[14]

Agama[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2017, Pasal 1 Konstitusi Samoa menyatakan bahwa "Samoa adalah negara Kristen yang didirikan oleh Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus".[15]

Ketaatan beragama orang Samoa meliputi: Gereja Jemaat Kristen Samoa 31,8%, Katolik Roma 19,4%, Metodis 15,2%, Pertemuan Tuhan 13,7%, Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir 7,6%, Advent Hari Ketujuh 3,9%, Pusat Ibadah 1,7%, Kristen lainnya 5,5%, lainnya 0,7%, tidak ada 0,1%, tidak ditentukan 0,1% (perkiraan 2011).[16] Kepala Negara sampai 2007 , Malietoa Tanumafili II, adalah seorang Baháʼí. Samoa menjadi tuan rumah ketujuh (dari sembilan saat ini) Rumah Ibadah Baháʼí di dunia; selesai pada tahun 1984 dan didedikasikan oleh Kepala Negara, berlokasi di Tiapapata, 8 km (5,0 mi) dari Apia.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pemerintah Samoa menyediakan delapan tahun pendidikan dasar dan menengah yang bebas biaya kuliah dan diwajibkan sampai usia 16 tahun.[17]

Institusi pendidikan pasca-sekolah menengah utama Samoa adalah Universitas Nasional Samoa, didirikan pada tahun 1984. Negara ini juga merupakan rumah bagi beberapa cabang multi-nasional Universitas Pasifik Selatan dan Universitas Kedokteran Oseania.[18]

Pendidikan di Samoa telah terbukti efektif karena laporan UNESCO tahun 2012 menyatakan bahwa 99 persen orang dewasa Samoa melek huruf.[19]

Inisiatif Pengukuran Hak Asasi Manusia (HRMI)[20] menemukan bahwa Samoa hanya memenuhi 88,0% dari apa yang seharusnya dipenuhi untuk hak atas pendidikan berdasarkan tingkat pendapatan negara.[21] HRMI memecah hak atas pendidikan dengan melihat hak atas pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dengan mempertimbangkan tingkat pendapatan Samoa, negara ini mencapai 97,7% dari apa yang seharusnya dimungkinkan berdasarkan sumber daya (pendapatan) untuk pendidikan dasar tetapi hanya 78,3% untuk pendidikan menengah.[22]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Lembah Falefa dari Le Mafa Pass, timur Upolu
Seorang pria muda dengan ie'toga

fa'a Samoa, atau cara tradisional Samoa, tetap menjadi kekuatan yang kuat dalam kehidupan dan politik Samoa. Sebagai salah satu budaya Polinesia tertua, fa'asamoa berkembang selama 3.000 tahun, bertahan berabad-abad pengaruh Eropa untuk mempertahankan kebiasaan sejarah, sistem sosial dan politik, dan bahasa. Adat budaya seperti upacara 'ava Samoa adalah ritual penting dan khusyuk pada acara-acara penting termasuk penganugerahan gelar utama matai. Barang-barang bernilai budaya tinggi termasuk tenunan halus 'ie toga.[23][24]

Mitologi Samoa mencakup banyak dewa dengan kisah penciptaan dan tokoh legenda seperti Tagaloa dan dewi perang Nafanua, putri Saveasi'uleo, penguasa alam roh Pulotu. Legenda lain termasuk kisah terkenal Sina dan Belut yang menjelaskan asal usul pohon kelapa pertama.

Beberapa orang Samoa bersifat spiritual dan religius, dan secara halus telah mengadaptasi agama dominan Kristen untuk 'menyesuaikan diri' dengan fa'a Samoa dan sebaliknya. Kepercayaan kuno terus hidup berdampingan dengan agama Kristen, khususnya dalam hal adat dan ritual tradisional fa'a Samoa. Budaya Samoa berpusat pada prinsip vāfealoa'i, hubungan antar manusia. Hubungan ini didasarkan pada rasa hormat, atau fa'aaloalo. Ketika agama Kristen diperkenalkan di Samoa, kebanyakan orang Samoa berpindah agama. Saat ini 98% penduduk mengidentifikasi diri mereka sebagai Kristen.[25]

Beberapa orang Samoa menjalani cara hidup komunal, berpartisipasi dalam kegiatan secara kolektif. Contohnya adalah fale (rumah) tradisional Samoa yang terbuka tanpa dinding, menggunakan kerai yang terbuat dari pelepah kelapa pada malam hari atau cuaca buruk.

Tari Samoa siva memiliki gerakan tubuh yang lembut dan unik pada saat alunan musik dan bercerita, meskipun tarian pria Samoa bisa lebih tajam.[26] The sasa juga merupakan tarian tradisional di mana barisan penari melakukan gerakan sinkronisasi yang cepat mengikuti irama kendang kayu (pate)' ' atau tikar yang digulung. Tarian lain yang dilakukan oleh laki-laki disebut fa'ataupati atau tarian tamparan, menciptakan suara berirama dengan menampar bagian tubuh yang berbeda. Ini diyakini berasal dari menampar serangga di tubuh.[butuh rujukan]

Tato[sunting | sunting sumber]

Seorang wanita Samoa dengan tradisional malu

Seperti budaya Polinesia lainnya (Hawaii, Tahiti dan Māori) dengan tato yang signifikan dan unik, orang Samoa memiliki dua tato yang spesifik gender dan signifikan secara budaya. Untuk laki-laki, itu disebut Pe'a dan terdiri dari pola geometris dan rumit tatoed yang menutupi area dari lutut hingga ke tulang rusuk. Laki-laki yang memiliki tatau seperti itu disebut soga'imiti. Seorang gadis Samoa atau teine diberi malu, yang menutupi area dari bawah lutut hingga paha atasnya.[27]

Budaya kontemporer[sunting | sunting sumber]

Albert Wendt adalah seorang penulis Samoa yang signifikan yang novel dan ceritanya menceritakan pengalaman Samoa. Pada tahun 1989, novelnya "Flying Fox in a Freedom Tree" dibuat menjadi film layar lebar di Selandia Baru, disutradarai oleh Martyn Sanderson.[28] Novel lain Sons for the Return Home juga telah dibuat menjadi film layar lebar pada tahun 1979, disutradarai oleh Paul Maunder.[29]

Almarhum John Kneubuhl, lahir di Samoa Amerika, adalah seorang dramawan dan penulis skenario dan penulis yang ulung. Dramanya Think of Garden ditayangkan perdana di Auckland pada tahun 1993 setahun setelah kematiannya, disutradarai oleh Nathaniel Lees, berlatar tahun 1929 dan tentang perjuangan Samoa untuk kemerdekaan.[30][31]

Sia Figiel memenangkan 1997 Commonwealth Writers' Prize untuk fiksi di kawasan Asia Tenggara/Pasifik Selatan dengan novelnya "Where We Once Belonged".

Momoe Malietoa Von Reiche adalah penyair dan seniman yang diakui secara internasional.

Tusiata Avia adalah penyair pertunjukan. Buku puisi pertamanya "Anjing Liar Di Bawah Rok Saya" diterbitkan oleh Victoria University Press pada tahun 2004. Dan Taulapapa McMullin adalah seorang seniman dan penulis.

Penyair dan penulis Samoa lainnya termasuk Sapa'u Ruperake Petaia, Eti Sa'aga dan Savea Sano Malifa, editor Pengamat Samoa.

Dalam musik, band lokal populer termasuk The Five Stars, Penina o Tiafau dan Punialava'a. The Yandall Sisters' dari lagu "Sweet Inspiration" mencapai nomor satu di tangga lagu Selandia Baru pada tahun 1974.

King Kapisi ​​adalah artis hip hop pertama yang menerima penghargaan bergengsi Selandia Baru APRA Silver Scroll Award pada tahun 1999 untuk lagunya "Reverse Resistance". Video musik untuk Reverse Resistance difilmkan di Savai'i di desanya.

Artis hip hop Samoa sukses lainnya termasuk rapper Scribe, Dei Hamo, Savage dan Tha Feelstyle yang video musiknya "Suamalie' ' difilmkan di Samoa.

Lemi Ponifasio adalah seorang sutradara dan koreografer yang terkenal secara internasional dengan Perusahaan tari MAU-nya.[32] Perusahaan Neil Ieremia Black Grace juga telah menerima pengakuan internasional dengan tur ke Eropa dan New York.

Hip hop memiliki dampak yang signifikan terhadap budaya Samoa. Menurut Katerina Martina Teaiwa, PhD dari University of Hawaii di Manoa, "Budaya hip hop khususnya populer di kalangan pemuda Samoa."[33] Seperti di banyak negara lain, musik hip hop sangat populer. Selain itu, integrasi elemen hip hop ke dalam tradisi Samoa juga "membuktikan bahwa bentuk tarian itu dapat dialihkan," dan "sirkuit yang dilalui orang dan semua pengetahuan yang terkandung di dalamnya."[34] Tarian baik dalam bentuk tradisional maupun bentuk yang lebih modern tetap menjadi mata uang budaya utama bagi orang Samoa, khususnya kaum muda.[33]

Organisasi seni Tautai Pacific Arts Trust adalah sebuah kolektif informal seniman visual termasuk Fatu Feu'u, Johnny Penisula, Shigeyuki Kihara, Michel Tuffery, dan Lily Laita pada 1980-an dan diresmikan menjadi sebuah perwalian pada 1995 dan sekarang menjadi organisasi seni Pasifik terkemuka yang disutradarai oleh Courtney Sina Meredith.Kesalahan pengutipan: Tag <ref> harus ditutup oleh </ref> Marilyn Kohlhase mengelola galeri berfokus Pasifik yang disebut Okaioceanikart dari 2007 - 2013.[35]

Sutradara Sima Urale adalah seorang pembuat film. Film pendek Urale O Tamaiti memenangkan Film Pendek Terbaik yang bergengsi di Venice Film Festival pada tahun 1996. Film fitur pertamanya Apron Strings membuka NZ International] 2008. Festifal Film. Film fitur Siones Wedding, yang ditulis bersama oleh Oscar Kightley, sukses secara finansial setelah pemutaran perdana di Auckland dan Apia. Film 2011 The Orator adalah film Samoa pertama yang sepenuhnya, diambil di Samoa dalam bahasa Samoa dengan pemeran Samoa yang menceritakan kisah Samoa yang unik. Ditulis dan disutradarai oleh Tusi Tamasese, film ini menerima banyak pujian dan perhatian kritis di festival film di seluruh dunia.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Samoa (biru) vs. Afrika Selatan pada Juni 2007

Olahraga utama yang dimainkan di Samoa adalah rugby union, kriket Samoa dan netball. Rugby union adalah kode sepak bola nasional[butuh klarifikasi] Samoa. Di desa Samoa, bola voli juga populer.

Persatuan rugbi adalah olahraga nasional di Samoa dan tim nasional, dijuluki Manu Samoa, secara konsisten bersaing melawan tim dari negara yang jauh lebih padat penduduknya. Samoa telah berkompetisi di setiap Piala Dunia Rugbi sejak 1991, dan mencapai perempat final pada tahun 1991, 1995 dan putaran kedua 1999 Piala Dunia.[36] Pada piala dunia 2003, Manu Samoa nyaris mengalahkan juara dunia akhirnya, Inggris. Samoa juga bermain di Pasifik Nations Cup dan Pasifik Tri-Nations. Olahraga ini diatur oleh Serikat Sepak Bola Rugbi Samoa, yang merupakan anggota dari Aliansi Rugbi Kepulauan Pasifik, dan dengan demikian, juga berkontribusi pada tim persatuan rugbi Kepulauan Pasifik internasional.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Negara dan Bangsa Jilid 4: Asia, Australia, Selandia Baru, Oseania, Eropa. Jakarta: Widyadara. 1988. ISBN 979-8087-03-8.  (Indonesia)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Samoa". International Monetary Fund. Diakses tanggal 26 September 2015. 
  2. ^ "2014 Human Development Report Summary" (PDF). United Nations Development Programme. 2014. hlm. 21–25. Diakses tanggal 27 Juli 2014. 
  3. ^ "Samoa graduates from the LDC category". United Nations Committee for Development Policy. 8 January 2014. Diakses tanggal 11 March 2018. 
  4. ^ "Australia - Oceania :: Samoa — The World Factbook - Central Intelligence Agency". www.cia.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-21. Diakses tanggal 2020-01-10. 
  5. ^ "Yazaki Samoa employees work final shift after 25 years in business". RNZ (dalam bahasa Inggris). 2017-08-24. Diakses tanggal 2020-01-10. 
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama census
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama DS
  8. ^ "Australia - Oceania :: Samoa — The World Factbook - Central Intelligence Agency (Perkiraan Juli 2018)". www.cia.gov. Diarsipkan dari -world-factbook/countries/samoa/ versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 6 Desember 2019. 
  9. ^ "Jumlah kematian akibat campak meningkat menjadi 68 di Samoa". RNZ. 8 Desember 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-27. Diakses tanggal 8 Desember 2019. 
  10. ^ Samoa, Pemerintah (5 Desember 2019). archive.org/web/20211028192753/https://twitter.com/samoagovt/status/1202707973048418304 "Pembaruan terbaru: 4.357 kasus campak telah dilaporkan sejak wabah dengan 140 tercatat dalam 24 jam terakhir. Sampai saat ini, 63 kematian terkait campak telah dicatat" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Twitter (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2021. Diakses tanggal 6 Desember 2019. 
  11. ^ /11738138 "Samoa mewajibkan vaksinasi campak setelah wabah membunuh 32" Periksa nilai |url= (bantuan). Berita ABC (dalam bahasa Inggris). 26 November 2019. Diakses tanggal 26 November 2019. 
  12. ^ Russell, Emma (29 November 2019). "Wabah campak Samoa: 70 kematian diproyeksikan dan 6500 terinfeksi". New Zealand Herald (dalam bahasa Inggris). ISSN 1170-0777. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 November 2019. Diakses tanggal 1 Desember 2019. 
  13. ^ "Samoa". Ethnologue. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-10. Diakses tanggal 4 September 2016. 
  14. ^ "Pelatihan bersejarah untuk Polisi Samoa pada Pekan Tuna Rungu Internasional". Samoa Planet. 25 September 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Juni 2018. Diakses tanggal 21 Juni 2018. 
  15. ^ Wyeth, Grant (16 Juni 2017). "Samoa Resmi Menjadi Negara Kristen". The Diplomat . Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-16. Diakses tanggal 16 Juni 2017. 
  16. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama cia
  17. ^ "Samoa". 2001 Temuan tentang Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak. U.S. Biro Urusan Perburuhan Internasional. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-11-05. Diakses tanggal 27 Februari 2018. 
  18. ^ "Education in Samoa". Nexus Commonwealth Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Februari 2018. Diakses tanggal 27 Februari 2018. 
  19. ^ UNESCO (2015). [https:/ /web.archive.org/web/20180406041009/http://uis.unesco.org/sites/default/files/documents/pacific-education-for-all-2015-review-en_1.pdf "Pasifik Education for All 2015 Review"] Periksa nilai |archive-url= (bantuan) (PDF). UNESCO. Diarsipkan dari default/files/documents/pacific-education-for-all-2015-review-en_1.pdf versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF) tanggal 6 April 2018. 
  20. ^ "Inisiatif Pengukuran Hak Asasi Manusia – Inisiatif global pertama untuk melacak kinerja hak asasi manusia di berbagai negara". humanrightsmeasurement.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Maret 2022. Diakses tanggal 2022-03-26. 
  21. ^ .archive.org/web/20220315171721/https://rightstracker.org/ "Samoa - Hak HRMI Pelacak" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). rightstracker.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Maret 2022. Diakses tanggal 2022-03-26. 
  22. ^ [https:// web.archive.org/web/20220315171721/https://rightstracker.org/ "Samoa - HRMI Pelacak Hak"] Periksa nilai |archive-url= (bantuan). rightstracker.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Maret 2022. Diakses tanggal 2022-03-26. 
  23. ^ "KIE HINGOA 'NAMED MATS', 'IE TŌGA 'FINE MATS' DAN TEKSTIL BERHARGA LAINNYA DARI SAMOA DAN TONGA". The Journal of the Polynesian Society. 108 (2). Juni 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 April 2022. Diakses tanggal 22 April 2022. 
  24. ^ "'Ie Toga (Fine Mat): Tradisi Tenun Samoa - Guru (U.S. National Park Service)". www.nps.gov (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari -toga-fine-mat-samoan-traditions-of-weaving.htm versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 28 Juli 2021. Diakses tanggal 2022-04-22. 
  25. ^ Wyeth, Grant. [https:/ /web.archive.org/web/20170616153746/https://thediplomat.com/2017/06/samoa-officially-becomes-a-christian-state/ "Samoa Resmi Menjadi Negara Kristen"] Periksa nilai |archive-url= (bantuan). thediplomat.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari samoa-officially-becomes-a-christian-state/ versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 16 Juni 2017. Diakses tanggal 2021-09-06. 
  26. ^ .org/web/20071117045520/http://www.samoa.co.uk/dance.html "Dance: Siva" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Samoa.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2007. Diakses tanggal 27 November 2007. 
  27. ^ archive.org/web/20090330024149/http://www.oma-online.org/worn_with_pride_04.html "Dikenakan Dengan Kebanggaan – Tatau (Tatoo)" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Museum Seni Oceanside. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 March 2009. Diakses tanggal 26 November 2007. 
  28. ^ "NZ Feature Project: Flying Fox di Pohon Kebebasan – Arsip Film Selandia Baru". Diarsipkan dari nz/feature-project/pages/Flying-Fox.php versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 25 Mei 2010. Diakses tanggal 30 Juni 2010. 
  29. ^ [https:/ /web.archive.org/web/20100525170130/http://www.filmarchive.org.nz/feature-project/pages/SFTRH.php "NZ Feature Project: Sons For the Return Home – Arsip Film Selandia Baru"] Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari /feature-project/pages/SFTRH.php versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 25 Mei 2010. Diakses tanggal 30 Juni 2010. 
  30. ^ "Pikirkan Taman". Basis Data Theater Aotearoa. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-27. Diakses tanggal 2022-01-27. 
  31. ^ /www.stuff.co.nz/auckland/100505127/samoan-history-play-think- of-a-garden-to-be-staged-literally-in-a-garden "Lakon sejarah Samoa 'Think of a Garden' akan dipentaskan , secara harfiah, di taman" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Stuff (dalam bahasa Inggris). 2018-01-17. Diarsipkan dari -garden versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 27 Januari 2022. Diakses tanggal 2022-01-27. 
  32. ^ Home Diarsipkan 2022-07-30 di Wayback Machine.. Mau.co.nz. Diakses pada 9 November 2016.
  33. ^ a b /http://www.piccom.org/dancesoflife/samoa.html Dances of Life | Samoa Amerika. piccom.org
  34. ^ Henderson, April K. " Menari Antar Pulau: Hip Hop dan Diaspora Samoa." Dalam The Vinyl Ain't Final: Hip Hop dan Globalisasi Budaya Populer Kulit Hitam, ed. oleh Dipannita Basu dan Sidney J. Lemelle, 180–199. London; Ann Arbor, MI: Pluto Press, 2000
  35. ^ { {Cite web |last=Kohlhase |first=Marilyn |title=Kisah Okaioceanikart |url=https://pantograph-punch.com//posts/the-okaioceanikart-story,%20https://pantograph-punch.com/ /posts/the-okaioceanikart-story |access-date=2022-01-27 |website=Pantograph Punch}}
  36. ^ "Rugby in Samoa". ManuSamoa.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Februari 2012. Diakses tanggal 26 November 2007.