Samoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Negara Independen Samoa

Malo Saʻoloto Tutoʻatasi o Sāmoa (Samoa)
Independent State of Samoa (Inggris)
SemboyanFa'avae i le Atua Sāmoa
(Samoa: "Samoa Didirikan menurut Tuhan")
Lokasi Samoa
Lokasi Samoa
Ibu kota
Apia
Bahasa resmiSamoa dan Inggris
PemerintahanRepublik parlementer
Va'aletoa Sualauvi II
Tuilaepa Aiono Sailele Malielegaoi
LegislatifFono
Kemerdekaan
• Dari Selandia Baru
1 Januari 1962
 - Perairan (%)
0,3
Population
 - Sensus Penduduk 2011
187.820 (193)
66/km2 (170,9/sq mi) (142)
PDB (KKB)2014
 - Total
$997 juta[1] (179)
$5.180[1] (128)
PDB (nominal)2014
 - Total
$826 juta[1] (176)
$4.308[1] (106)
Ginin/a
Error: Invalid Gini value
IPM (2013) 0.694[2]
Error: Invalid HDI value · 91
Mata uangTālā (WS$)
(WST)
Zona waktuWaktu Samoa Barat (WST)
(UTC+13)
 - Musim panas (DST)
UTC+14 (Waktu Samoa Barat (WST))
Lajur kemudikiri
Kode telepon+685
Kode ISO 3166WS
Ranah Internet.ws

Samoa (dahulu bernama Samoa Jerman dari 1900-1914, Samoa Barat hingga 1997) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang terdiri dari 2 pulau utama dan 7 pulau kecil. Letaknya sekitar setengah jarak perjalanan dari Selandia Baru ke Hawaii. Samoa termasuk ke dalam negara yang mempunyai wilayah terkecil di dunia. Negara Samoa berbatasan dengan Fiji, Tonga, dan Vanuatu di sebelah barat daya, Kepulauan Cook sebelah selatan, dan Kepulauan Tokelau di sebelah utara, serta Tuvalu di sebelah barat laut. Secara resmi dikenal sebagai Negara Independen Samoa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gadis Gadis di Samoa pada tahun 1911
Interior rumah tradisional penduduk Samoa
Keluarga di Samoa. (Foto tahun 1909)

Sejarah negara ini dapat dikatakan sebagai sejarah yang paling menyedihkan di antara negara-negara lainnya yang berada di kawasan Kepulauan Polinesia. Negara ini ditemukan pada 1722 oleh salah seorang warga negara Belanda yang bernama Jacob Roggeveen. Pada saat itu, bentuk pemerintahan dari negara kecil tersebut berupa kerajaan. Pada abad ke-19, bagian-bagian dari negara ini dipecah dan menjadi perebutan antara Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris.

Saat itu, kerajaan dipimpin oleh seorang raja yang bernama Malitoa Laupepa. Pada 1898, sang raja digantikan oleh Malietoa Tooa Mataafa. Inggris dan Amerika Serikat yang mempunyai latar pelakang ekonomi dan politik mendukung Malietoa Tanu yang tidak lain ialah putra dari mendiang Raja Laupepa untuk kepentingannya masing-masing. Pada 15 Maret 1899, Amerika Serikat dan Inggris mengadakan penyerangan ke Samoa tepatnya di Negara Apia dengan cara melempar bom.

Akhirnya, dibentuk perjanjian Samoa Tripartiete Convention yang menghasilkan keputusan untuk membagi kepulauan-kepulauan Samoa menjadi 3 bagian. Inggris memperoleh bagian dari negara ini yang dinamakan dengan Kepulauan Solomon. Amerika Serikat mengambil bagian yang dinamakan dengan American Samoa (Samoa Amerika). Sementara, Jerman memperoleh bagian yang dinamakan Samoa Jerman yang saat ini bernama Samoa merdeka.

Bentuk pemerintahan yang berupa kerajaan akhirnya dihapuskan dari negara tersebut. Pada 1908, masyarakat di negara tersebut mulai mengadakan perlawanan terhadap pemerintah Jerman. Saat Jerman terlibat dalam Perang Dunia I, Selandia Baru mulai mengadakan penyerbuan ke wilayah Samoa Jerman. Jerman yang saat itu terlibat perang di wilayah Eropa tidak memiliki tentara yang mampu mempertahankan pulau tersebut.

Hal ini menyebabkan Jerman menyerah dan wilayah diambil alih oleh Selandia Baru sampai ada perjanjian Versailles. Perjanjian ini berisikan status Samoa yang menjadi mandate dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Barulah pada 1 Januari 1962, negara ini mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya. Dengan begitu, negara kecil ini termasuk negara bebas Polinesia pada abad ke-20.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta topografi Samoa

Samoa terletak di selatan khatulistiwa, terletak di pertengahan jalan antara Hawaii dan Selandia Baru di wilayah Polinesia di kawasan Pasifik Selatan. Total luas daratannya dalah 2.842 km² (1.097 sq mi). Dan terdiri dari dua pulau utama, yaitu Upolu dan Savai'i. 99 % daratan Samoa terletak di kedua pulau itu. Sedangkan sisanya teretak di delapan pulau kecil di sekitarnya. Tiga pulau kecil berada di Selat Apolima (Manono, Apolima dan Nu'ulopa), empat pulau lainnya berada di ujung timur Upolu (Nu'utele, Nu'ulua, Namua, dan Fanuatapu), dan Nu'usafe ' e terletak di lepas pantai Upolu. Pulau Upolu adalah rumah bagi hampir tiga-perempat dari populasi Samoa. Ibu kota Apia juga terletak di pulau ini. Titik tertinggi di Samoa adalah gunung Silisili yang berada di pulau Savai'i.

Politik[sunting | sunting sumber]

Samoa dibagi menjadi 11 distrik:

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

PBB telah mengklasifikasikan Samoa sebagai negara berkembang secara ekonomi sejak 2014. Pada tahun 2017, produk domestik bruto Samoa dalam paritas daya beli diperkirakan sebesar $ 1,13 miliar dolar AS,[3] peringkat 204 di antara semua negara. Sektor jasa menyumbang 66% dari PDB, diikuti oleh industri dan pertanian masing-masing sebesar 23,6% dan 10,4%. Pada tahun yang sama, angkatan kerja Samoa diperkirakan mencapai 50.700.[4]

Mata uang negara ini adalah Samoa Samoa, yang dikeluarkan dan diatur oleh Bank sentral samoa. Ekonomi Samoa secara tradisional bergantung pada pertanian dan perikanan di tingkat lokal. Di zaman modern, bantuan pembangunan, pengiriman uang keluarga pribadi dari luar negeri, dan ekspor pertanian telah menjadi faktor kunci dalam perekonomian negara. Pertanian mempekerjakan dua pertiga dari angkatan kerja dan melengkapi 90% ekspor, menampilkan krim kelapa, minyak kelapa, noni (jus buah nonu, seperti yang dikenal dalam bahasa Samoa), dan kopra.

Di luar pabrik kawat harness otomotif besar (Yazaki Corporation yang mengakhiri produksi pada Agustus 2017),[5]sektor manufaktur terutama memproses produk pertanian. Pariwisata adalah sektor yang berkembang yang saat ini menyumbang 25% dari PDB. Kedatangan wisatawan telah meningkat selama bertahun-tahun dengan lebih dari 100.000 wisatawan mengunjungi pulau-pulau itu pada 2005, naik dari 70.000 pada 1996.

Pemerintah Samoa telah menyerukan deregulasi sektor keuangan, mendorong investasi, dan melanjutkan disiplin fiskal.Para pengamat menunjuk pada fleksibilitas pasar tenaga kerja sebagai kekuatan dasar untuk kemajuan ekonomi di masa depan. Sektor ini memiliki telah banyak dibantu oleh investasi modal besar dalam infrastruktur hotel, ketidakstabilan politik di negara-negara Pasifik yang berdekatan, dan peluncuran Virgin Samoa tahun 2005 sebuah usaha patungan antara pemerintah dan Virgin Australia (saat itu Virgin Blue).

Pada masa sebelum penjajahan Jerman, Samoa menghasilkan sebagian besar kopra. Pedagang dan pemukim Jerman aktif dalam memperkenalkan operasi perkebunan skala besar dan mengembangkan industri baru, terutama, biji kakao dan karet, mengandalkan pekerja impor dari Cina dan Melanesia. Ketika nilai karet alam turun drastis, sekitar akhir Perang Besar (Perang Dunia I), pemerintah Selandia Baru mendorong produksi pisang, di mana ada pasar besar di Selandia Baru.

Karena variasi ketinggian, sejumlah besar tanaman tropis dan subtropis dapat diolah, tetapi tanah umumnya tidak tersedia untuk kepentingan luar. Dari total luas tanah 2.934 km2 (725.000 hektar), sekitar 24,4% merupakan tanaman permanen dan 21,2% lainnya dapat ditanami. Sekitar 4,4% adalah Western Samoan Trust Estates Corporation (WSTEC).

Demografi[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Samoa". International Monetary Fund. Diakses tanggal 26 September 2015. 
  2. ^ "2014 Human Development Report Summary" (PDF). United Nations Development Programme. 2014. hlm. 21–25. Diakses tanggal 27 Juli 2014. 
  3. ^ "Samoa graduates from the LDC category". United Nations Committee for Development Policy. 8 January 2014. Diakses tanggal 11 March 2018. 
  4. ^ "Australia - Oceania :: Samoa — The World Factbook - Central Intelligence Agency". www.cia.gov. Diakses tanggal 2020-01-10. 
  5. ^ "Yazaki Samoa employees work final shift after 25 years in business". RNZ (dalam bahasa Inggris). 2017-08-24. Diakses tanggal 2020-01-10.