Piala Dunia Rugbi 1995

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Piala Dunia Rugby 1995 (Afrikaans: Rugbywêreldbeker 1995) adalah Piala Dunia Rugbi ketiga. Tuan rumah dan pemenangnya adalah Afrika Selatan, dan ini adalah Piala Dunia Rugby pertama di mana setiap pertandingan diadakan di satu negara.

Piala Dunia ini merupakan acara olahraga besar pertama yang diselenggarakan di Afrika Selatan setelah berakhirnya apartheid. Ini juga menjadi Piala Dunia pertama di mana Afrika Selatan diizinkan berkompetisi; International Rugby Football Board (IRFB, sekarang World Rugby) baru saja membuka kembali keterlibatan Afrika Selatan dalam rugbi internasional pada tahun 1992, menyusul negosiasi untuk mengakhiri apartheid. Piala Dunia ini juga merupakan acara besar terakhir era amatur rugbi; dua bulan setelah turnamen, IRFB membuka olahraga ini untuk profesionalisme.

Dalam pertandingan final, yang diadakan di Ellis Park di Johannesburg pada 24 Juni, Afrika Selatan mengalahkan Selandia Baru 15–12, dengan Joel Stransky mencetak drop goal di waktu tambahan untuk memenangkan pertandingan. Setelah kemenangan Afrika Selatan, Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan, mengenakan kaos dan topi rugbi Springboks, menyajikan Piala Webb Ellis kepada kapten Afrika Selatan, François Pienaar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Video luar
Rugby World Cup 1995: Pool A - Australia v South Africa di YouTube