Slavia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Slavia Barat
Słowianie Zachodni (pl.)
Západní Slované (cz.)
Západní Slovania (sk.)
Zôpôdni Słowiónie (csb.)
Pódwjacorne Słowjany (dsb.)
Zapadni Słowjenjo (hsb.)
Slavic europe.svg
     Negara-negara Slavia Barat
Total populasi
>82 juta
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Eropa Tengah
Agama
Katolik Roma, Protestantisme, Ortodoks Timur, non-religius
Kelompok etnis terkait
Suku bangsa Slavia lainnya

Slavia Barat adalah bagian dari suku bangsa Slavia yang menuturkan bahasa-bahasa Slavia Barat. Mereka terpisah dari kelompok Slavia lainnya pada abad ke-7 dan telah mendirikan negara-negara merdeka di Eropa Tengah pada abad ke-8 dan ke-9.

Suku bangsa yang menuturkan bahasa Slavia Barat saat ini adalah Ceko, Kashubia, Polandia, Silesia, Slowakia dan Sorbia. Mereka menghuni wilayah di Eropa Tengah yang terbentang dari pesisir Laut Baltik hingga Sudetes dan Pegunungan Carpathia di selatan. Dalam sejarahnya, mereka juga pernah tersebar di pegunungan Alpen Timur dan kawasan Brandenburg.

Secara budaya, suku bangsa Slavia Barat mengikuti perkembangan di Eropa Barat karena mereka telah berhubungan dengan Kekaisaran Romawi dan Kekristenan Barat. Maka dari itu, mereka terpisah secara budaya dan agama dari suku bangsa Slavia Timur dan sebagian dari suku bangsa Slavia Selatan yang menganut agama Kristen Ortodoks dan dipengaruhi oleh Kekaisaran Romawi Timur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bohemia and Poland. Chapter 20. Dalam: Timothy Reuter. The New Cambridge Medieval History: c. 900-c.1024. 2000. Hlm. 512-513.