Slavia Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Slavia Selatan
Južni Slaveni/Јужни Славени (bs.)
Южни славяни (bg.)
Južni Slaveni (hr.)
Južni Sloveni/Јужни Словени (mk. / me. / sr.)
Južni Slovani (sl.)
South Slavic Europe.svg
     Negara-negara Slavia Selatan     Negara-negara Slavia Barat dan Timur
Total populasi
-35 juta
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Mayoritas: Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Republik Makedonia, Montenegro, Serbia, Slovenia. Minoritas: Albania, Yunani, Republik Kosovo (wilayah sengketa), Rumania, Jerman, Belanda, Turki, Italia, Polandia, Hongaria, Slowakia, Austria, Rusia, Ukraina
Bahasa
Bahasa Slavia Selatan Timur:
Bulgaria, Makedonia
Bahasa Slavia Selatan Barat:
Serbo-Kroasia (Bosnia, Kroasia, Montenegro, Serbia) dan Slovenia
Agama
Kekristenan Ortodoks (Bulgaria, Serbia, Makedonia dan Montenegro), Katolik (Slovenia dan Kroasia), Islam (orang Bosnia, Pomak dan Torbešis)
Kelompok etnis terkait
Orang Slavia lain, terutama Slavia Timur

Slavia Selatan adalah bagian dari suku bangsa Slavia yang menuturkan bahasa-bahasa Slavia Selatan.

Mereka menghuni wilayah Semenanjung Balkan dan pegunungan Alpen timur, dan secara geografis dipisahkan dari orang-orang Slavia Barat dan Timur oleh suku bangsa Rumania, Hongaria dan Austria. Suku bangsa Slavia Selatan mencakup orang-orang Bosnia, Bulgaria, Kroasia, Makedonia, Montenegro, Serbia dan Slovenia. Maka dari itu, mereka merupakan populasi mayoritas di negara Bulgaria, Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Republik Makedonia, Montenegro, Serbia dan Slovenia.

Pada abad ke-20, negara Yugoslavia (secara harfiah berarti "Slavia Selatan") menyatukan wilayah-wilayah yang dihuni oleh suku bangsa Slavia Selatan (kecuali Bulgaria). Konsep "Yugoslavia" sebagai negara untuk suku bangsa Slavia Selatan pertama kali muncul pada akhir abad ke-17 dan menjadi pergerakan yang penting setelah kemunculan gerakan Iliria pada abad ke-19. Mimpi ini terwujud saat Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia diproklamirkan pada 1 Desember 1918. Nama kerajaan ini lalu diganti menjadi Yugoslavia pada tahun 1929.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]