Peru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
República del Perú
Bendera
MottoFirme y Feliz por la Unión
(Spanyol: "Teguh dan Gembira untuk Suatu Persatuan")
Lagu kebangsaanLagu Kebangsaan Peru
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Lima
Bahasa resmi Spanyol
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Ollanta Humala
 -  Perdana Menteri César Villanueva
Kemerdekaan
 -   - Dari Spanyol
28 Juli 1821 
Luas
 -  Total 1,285,216 km2 (20)
 -  Perairan (%) 0,41
Penduduk
 -  Perkiraan 2013 30.475.144 (40)
 -  Sensus 2007 28.220.764 
 -  Kepadatan 23/km2 (191)
PDB (KKB) Perkiraan 2013
 -  Total $344,998 miliar[1] 
 -  Per kapita $11.148[1] 
Mata uang Nuevo Sol (PEN)
Zona waktu (UTC-5)
 -  Musim panas (DST)  (UTC-5)
Ranah Internet .pe
Kode telepon 51

Republik Peru (bahasa Spanyol: Perú; bahasa Quechua, bahasa Aymara: Piruw) adalah sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat, berbatasan dengan Ekuador dan Kolombia di utara, Brasil di timur, Bolivia di timur, tenggara dan selatan, Chili di selatan dan Samudra Pasifik di barat. Peru merupakan negara yang kaya dalam budaya antropologi, dan dikenal sebagai tempat lahir Kerajaan Inca yang beribu kota di Machu Picchu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Señor de los Milagros, Lima

Sebelum orang Spanyol tiba, Peru merupakan letak dari berbagai kebudayaan pra-Inca dan kemudian, Kerajaan Inca. Francisco Pizarro mendarat di pantai Peru pada 1532, dan pada akhir 1530-an, Peru menjadi Virreinato dan sebuah sumber emas dan perak utama bagi Kerajaan Spanyol.

Peru mengumumkan kemerdekaannya dari Spanyol pada 28 Juli 1821 berkat aliansi antara tentara Argentina José de San Martín, dan tentara Neogranadine Simon Bolivar. Presiden terpilih pertamanya, tetapi, tidak berkuasa sampai 1827. Dari 1836 sampai 1839 Peru dan Bolivia menjadi satu dalam Konfederasi Peru-Bolivia, dibubarkan setelah konflik bersenjata dengan Chili dan Argentina. Antara tahun-tahun ini, ketidakamanan politik tidak berakhir, dengan tentara sebagai kekuatan politik yang penting.

Sekali lagi, antara 1879 dan 1883, Peru dan Bolivia membuat aliansi dan berperang melawan Chili dalam Perang Pasifik. Setelah peperangan berakhir (dengan kehilangan provinsi Tarapaca), kestabilan politik tercapai, selama masa awal 1900-an; sampai Augusto Leguia dan kediktatorannya datang.

Politik[sunting | sunting sumber]

Casa de Pizarro, Gedung Pemerintahan Peru

Presiden Alejandro Toledo adalah pemimpin negara Peru saat ini dan Ketua Perú Posible. Ia terpilih dengan 53% suara pemilih pada pemilu babak kedua tahun 2001 dan mengalahkan mantan presiden sosialis Alan García Pérez. Perú Posible meraih 45 kursi dari 120 kursi parlemen. Untuk posisi kedua dan ketiga, masing-masing diduduki Partido Aprista Peruano (PAP, 28 kursi) pimpinan Alan García Pérez dan Unidad Nacional (UN, 17 kursi) pimpinan Lourdes Flores Nano.


Wilayah[sunting | sunting sumber]

Peta Peru

Wilayah Peru dibagi menjadi 25 region (jamak:regiones; tunggal: región). Region ini dibagi menjadi provinsi, yang terdiri dari distrik. Peru memiliki 180 provinsi dan 1747 distrik.

Area yang ditempati oleh kota Lima disebut Lima Metropolitana (Metropolitan Lima) dan tidak termasuk region manapun.

Hingga 2002, Peru dibagi menjadi 24 departamentos (departemen), dan banyak orang masih menggunakan istilah ini untuk menunjuk region yang sekarang ini, meskipun departemen ini sudah tidak berlaku.


Geografi[sunting | sunting sumber]

Peru terletak di Amerika Selatan bagian barat, berbatasan dengan Samudra Pasifik Selatan, antara Chili dan Ekuador. Dia juga berbatasan dengan Kolombia, Brasil, dan Bolivia.

Dataran pantai barat dipisahkan dengan dataran rendah hutan Basin Amazon di selatan dengan Andes yang tinggi dan kasar di tengah. Di perbatasasan Bolivia terdapat Danau Titicaca, danau tertinggi ternavigasi di dunia dengan ketinggian 3821 m.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Ekonomi Peru telah menjadi peningkatan orientasi pasar, dengan privatisasi utama diselesaikan sejak 1990; dalam industri pertambangan, listrik dan telekomunikasi. Berkat investasi asing yang kuat dan kerja sama antara pemerintahan Alberto Fujimori, IMF dan Bank Dunia, pertumbuhan kuat berlangsung pada 1994-1997 dan inflasi terkendali. Pada 1998 dan 1999, dampak El Niño pada pertanian, krisis finansial Asia, dan ketidakstabilan di pasar Brasil memotong pertumbuhan. Peru berhasil mengatur negosiasi yang menyeluruh untuk Fasilitas Dana Tambahan dengan IMF pada Juni 1999, meskipun dia harus beberapa kali menegosiasikan targetnya. Tekanan dalam pengeluaran bertambah di pemilihan 2000.

Urutan internasional[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Spanyol merupakan bahasa resmi negara tetapi kaum pendatang masih menggunakan bahasa mereka masing-masing. Di samping itu terdapat 17 bahasa orang asli yang utama, termasuk Quechua dan Aymara.

Di Peru ada sebuah festival yang bernama Takanakuy[2]. Di festival ini, para penduduk lokal akan berkelahi tangan kosong dengan sesama penduduk sekitar. Baik laki-laki, anak-anak, orang tua, bahkan perempuan turut serta dalam festival ini.

Tokoh[sunting | sunting sumber]


Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Peru". International Monetary Fund. Diakses May 23, 2013. 
  2. ^ (Inggris) vice-peru-takanakuy /index.html "Takanakuy : The fighting festival of Peru" (HTML). Diakses 2012-07-21. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]