Pembajak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembajakan)

Pembajak dapat mengacu pada beberapa hal berikut:

  • Makna asli bahasa Indonesia: orang yang membajak (tanah, sawah, ladang, dsb.) menggunakan alat bajak; petani

Namun dalam konteks modern, biasanya pembajak merupakan kiasan padanan bahasa Inggris: pirate, yang mengacu pada salah satu kegiatan berikut yang memiliki makna negatif / melanggar hukum modern:

  • Arti mula-mula dari Bahasa Inggris pirate: Bajak laut / perompak - orang/sekelompok orang yang hidup dengan cara merampok (perampok) kapal di laut, atau menukarnya dengan tebusan uang.
  • Arti turunan:
    • Pembajak pesawat (bus, kereta api, kapal, dsb.) (bahasa Inggris: Hijacker) - orang/kelompok teroris yang menyandera pesawat terbang, atau kendaraan umum lainnya, dengan/tanpa seluruh penumpangnya untuk menuntut tebusan uang maupun tujuan yang lain (terorisme, melarikan diri, dsb.).
    • Penyebar dan pengguna perangkat lunak bajakan, komik bajakan, buku, musik, permainan video, maupun karya bajakan lainnya - individu-individu yang membuat, menyebarkan, maupun menggunakan perangkat lunak komputer, komik, buku, musik, permainan video, dsb. yang tidak asli / tidak membelinya (pembajakan hak cipta).
    • Pembajak situs web atau peretas (bahasa Inggris: Hacker): orang yang meretas dan masuk tanpa izin, dan merusak, mencuri, atau mengubah tampilan isi situs, dengan berbagai tujuan.
      • Pembajak akun web / akun digital: orang yang meretas akun pengguna orang lain, semisal akun surel, akun media sosial, akun situs, dll.
    • Penjahat siber (atau digital) modern: bermacam-macam jenisnya, misalnya pencipta dan penyebar virus ransomware yang menyandera (membajak) komputer atau sitem komputer korban dan meminta tebusan untuk membebaskannya; pembajakan kode rahasia, kata sandi, PIN bank, identitas digital, dan informasi pribadi lainnya; dan jenis-jenis kejahatan lain yang terus berkembang.

Lainnya

Lihat pula

Halaman-halaman lainnya