Presiden Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Presiden Federasi Rusia
Президент Российской Федерации
Emblem of the President of Russia.svg
Lambang kepresidenan
Standard of the President of the Russian Federation.svg
Bendera kepresidenan
Vladimir Putin - 2012.jpg
Petahana
Vladimir Putin

sejak 7 Mei 2012
GelarBapak Presiden
(informal)
Kamerad Panglima Tertinggi
(militer)
Yang terhormat[1]
(diplomatik)
JenisKepala negara
KediamanKremlin Moskwa (resmi)
Novo-Ogaryovo (kediaman)
KantorSenat Kremlin
Kremlin Moskwa
Ditunjuk olehPemilihan presiden
Masa jabatan6 tahun, sesudahnya dapat dipilih kembali untuk 1 kali
DibentukKonstitusi Rusia
Pejabat pertamaBoris Yeltsin
WakilPerdana Menteri
Gaji8.885.886 per tahun[2]
Situs weben.kremlin.ru

Presiden Federasi Rusia (bahasa Rusia: Президент Российской Федерации; Prezident Rossiyskoy Federatsii), adalah kepala negara Federasi Rusia, serta panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Rusia. Menurut Konstitusi Rusia 1993 saat ini, presiden Rusia bukanlah bagian dari Pemerintah Rusia, yang menjalankan kekuasaan eksekutif.[3]

Kekuasaan presiden mencakup pelaksanaan hukum federal, di samping tanggung jawab menunjuk menteri federal, pejabat diplomatik, peraturan dan peradilan, dan menyimpulkan perjanjian dengan kekuatan asing dengan saran dan persetujuan dari Duma Negara dan Dewan Federasi. Presiden selanjutnya diberi wewenang untuk memberikan pengampunan dan penangguhan hukuman federal, dan untuk menyelenggarakan dan menunda Majelis Federal dalam keadaan luar biasa. Presiden juga mengarahkan kebijakan luar negeri dan dalam negeri Federasi Rusia.

Presiden dipilih melalui pemilihan umum untuk masa jabatan selama enam tahun. Undang-undang melarang siapa pun untuk dipilih menjadi presiden untuk masa jabatan ketiga berturut-turut. Secara keseluruhan, tiga orang telah menjabat empat presidensi yang mencakup enam periode penuh. Pada Mei 2012, Vladimir Putin menjadi presiden keempat; dia terpilih kembali pada Maret 2018 dan dilantik pada Mei untuk masa jabatan enam tahun.

Wewenang dan tugas[sunting | sunting sumber]

Penjamin Konstitusi[sunting | sunting sumber]

Sebagai penjamin Konstitusi dan seluruh sistem hukum konstitusional, Presiden memastikan bahwa konstitusi, undang-undang dan peraturan wilayah konstituen Federasi Rusia sepenuhnya sesuai dengan Konstitusi negara dan undang-undang federal.

Pengangkatan[sunting | sunting sumber]

Presiden aktif dalam mengangkat pejabat tinggi di negara ini. Dia mencalonkan kandidat untuk posisi resmi negara bagian, yang pada akhirnya harus ditunjuk berdasarkan suara parlemen. Presiden mengajukan nominasi ke Dewan Federasi, majelis tinggi parlemen, untuk hakim Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung dan Mahkamah Arbitrase Agung, serta untuk Jaksa Agung Rusia. Proposal untuk membebaskan Jaksa Agung dari tugasnya juga harus diajukan ke Dewan Federasi. Presiden mengajukan kepada Duma Negara, majelis rendah parlemen, pencalonan untuk penunjukan jabatan Ketua Bank Sentral, dan juga mengajukan kepada Duma Negara setiap usulan untuk membebaskan Ketua Bank Sentral dari tugasnya.[4]

Perundang-undangan[sunting | sunting sumber]

Di bawah prosedur yang ditetapkan oleh Konstitusi, Presiden menggunakan haknya untuk mengajukan rancangan undang-undang, serta hak untuk menandatangani RUU menjadi undang-undang atau memvetonya.

Presiden Vladimir Putin berpidato kepada Majelis Federal

Presiden memiliki hak untuk menangguhkan undang-undang dan peraturan yang dikeluarkan oleh badan eksekutif wilayah konstituen Rusia jika undang-undang dan peraturan tersebut bertentangan dengan Konstitusi, undang-undang federal atau kewajiban internasional Federasi Rusia, atau melanggar hak asasi manusia dan sipil dan kebebasan, sambil menunggu resolusi dari masalah di pengadilan yang sesuai.

Presiden dapat mengeluarkan dekrit, selama dekrit tersebut tidak bertentangan dengan undang-undang yang ada (baik lokal maupun federal), perjanjian internasional Rusia atau Konstitusi Rusia.

Presiden selanjutnya diberi wewenang untuk memberikan grasi dan penangguhan hukuman federal, dan untuk mengadakan dan menunda salah satu atau kedua majelis Majelis Federal dalam keadaan luar biasa.

Kekuasaan Presiden lainnya dalam bidang kegiatan hukum dan dalam interaksinya dengan Parlemen termasuk mengadakan pemilihan Duma Negara, membubarkan Duma Negara dalam kasus-kasus tertentu, dan mengadakan referendum.

Kebijakan dalam negeri[sunting | sunting sumber]

Di bawah Konstitusi, Presiden tidak berwenang untuk menentukan tujuan dan sasaran kebijakan dalam negeri untuk jangka pendek, menengah, dan panjang, tetapi hanya pedoman dasarnya. Dalam praktiknya, ia menentukannya dengan Perdana Menteri dan Pemerintah Federasi. Mereka harus dilaksanakan baik oleh Presiden sendiri maupun oleh Pemerintah Rusia dalam batas-batas kewenangan mereka. Posisi fundamental Presiden mengenai kebijakan dalam negeri dinyatakan dalam keputusan tertulisnya mengenai rancangan undang-undang konstitusi federal dan rancangan undang-undang federal, serta surat-suratnya yang menjelaskan alasan penolakan rancangan undang-undang federal.

Presiden juga membentuk pedoman dasar kebijakan dalam negeri dengan mengeluarkan peraturan hukum dan melalui kegiatan organisasi dan pengaturan, seperti mengeluarkan keputusan dan perintah eksekutif. Setiap tahun Presiden diharuskan membuat Pidato kepada Majelis Federal mengenai situasi dalam negeri dan kebijakan internal dan luar negeri Rusia.

Kebijakan luar negeri[sunting | sunting sumber]

Presiden Dmitry Medvedev dan Presiden AS Barack Obama pada tahun 2010

Presiden berwenang untuk melaksanakan kebijakan luar negeri. Presiden menentukan posisi Rusia dalam urusan internasional, bersama dengan Perdana Menteri dan Pemerintah Federasi, dan mewakili negara dalam hubungan internasional, melakukan negosiasi dan menandatangani ratifikasi dokumen. Presiden mengangkat dan memanggil kembali perwakilan diplomatik Rusia di negara-negara asing dan organisasi internasional. Penunjukan ini didahului dengan konsultasi dengan masing-masing komite atau komisi dari dua kamar Majelis Federal. Presiden menandatangani perjanjian internasional.

Daftar presiden Rusia[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar presiden Federasi Rusia. Presiden Rusia saat ini adalah Vladimir Putin

# Presiden Mulai Menjabat Akhir Jabatan Partai Politik Masa Jabatan
01 Boris Yeltsin[5] Борис Николаевич Ельцин.jpg 10 Juli 1991
(Dilantik)
12 Desember 1991 Non-partai / Independen
(didukung Demokrat Rusia)
1
12 Desember 1991 9 Agustus 1996
9 Agustus 1996
(Dilantik)
5 November 1996
(menjalani proses operasi)
Non-partai / Independen 2
Viktor Chernomyrdin
(Pejabat)
ЧЕРНОМЫРДИН Виктор Степанович.jpg 5 November 1996 6 November 1996 Our Home is Russia

(Rumah Kami adalah Rusia)

2
01 Boris Yeltsin Борис Николаевич Ельцин.jpg 6 November 1996
(kembali dari proses operasi)
31 Desember 1999
(pensiun secara sukarela)
Non-partai / Independen 2
Vladimir Putin
(Penjabat)[6]
Vladimir Vladimirovich Putin.jpg 31 Desember 1999 7 Mei 2000 Non-partai / Independen 2
02 Vladimir Putin 7 Mei 2000
(Dilantik)
7 Mei 2004 3
7 Mei 2004
(Dilantik)
7 Mei 2008
4
03 Dmitry Medvedev Dmitry Anatolyevich Medvedev.jpg 7 Mei 2008
(Dilantik)
7 Mei 2012 Non-partai / Independen
(didukung Rusia Bersatu)
5
04 Vladimir Putin Vladimir Vladimirovich Putin (2nd Presidency).jpg 7 Mei 2012
(Dilantik)
Non-partai / Independen
(didukung Rusia Bersatu)
6

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UNITED NATIONS HEADS OF STATE HEADS OF GOVERNMENT MINISTERS FOR FOREIGN AFFAIRS Protocol and Liaison Service" (PDF). Archived from the original on 2012-09-27. Diakses tanggal 2021-11-30. 
  2. ^ "Here are the salaries of 13 major world leaders". 
  3. ^ I.E. Kozlova and O. E. Kutafin, Konstitutsionnoe Pravo Rossii (Constitutional Law of Russia) (4th ed, 2006) p. 383
  4. ^ "President of Russia | The Interaction of Power Branches". web.archive.org. 2014-02-10. Archived from the original on 2014-02-10. Diakses tanggal 2021-11-30. 
  5. ^ Aleksandr Rutskoy memimpin pihak oposisi pada masa Krisis konstitusional Rusia tahun 1993 dari 22 September 1993-4 Oktober 1993.
  6. ^ Sebagai Perdana Menteri, Vladimir Putin merupakan presiden aktif setelah mundurnya Yeltsin hingga dia dilantik secara resmi pada 7 Mei 2000.