Duma Negara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Duma Negara

Государственная дума (Rusia)

Gosudarstvennaya duma
Duma Negara Ke-8
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Sejarah
Dibentuk12 December 1993
Didahului olehDewan Kesatuan Uni Soviet (1991)
Pimpinan
Ketua
Vyacheslav Volodin, Rusia Bersatu
sejak 5 Oktober 2016
Wakil Ketua Pertama
Alexander Zhukov, Rusia Bersatu
sejak 5 Oktober 2016
Ivan Melnikov, Partai Komunis
sejak 5 Oktober 2016
Komposisi
Anggota450
Russian 8th State Duma 2021.svg
Kursi
Pemerintah (326)

Oposisi (124)

Jangka waktu
5 Tahun
Pemilihan
Voting paralel: 225 FPTP Kursi, 225 PR Kursi dengan 5% ambang batas parlemen (Metode sisa terbesar)[1]
Pemilihan terakhir
17–19 September 2021
Pemilihan berikutnya
Sebelum 20 September 2026
Tempat bersidang
Последнее пленарное заседание весенней сессии Государственной Думы VII созыва.jpg
Gedung Duma Negara
Moskwa, Rusia
Situs web
www.duma.gov.ru

Duma Negara (bahasa Rusia: Государственная дума; Gosudarstvennaya duma), sering kali disingkat sebagai Gosduma (Госдума) adalah lembaga legislatif majelis rendah dari Majelis Federal Rusia, sedangkan majelis tinggi mereka adalah Dewan Federasi. Markas besar Duma terletak di pusat kota Moskwa, beberapa langkah dari Lapangan Manezhnaya. Anggotanya disebut sebagai deputi. Duma Negara menggantikan Majelis Agung Uni Soviet pada tahun 1993 sebagai hasil dari konstitusi baru yang diperkenalkan oleh Boris Yeltsin setelah krisis konstitusional Rusia tahun 1993, dan disetujui oleh rakyat Rusia dalam sebuah referendum.

Nama "Duma Negara" diambil dari nama parlemen Kekaisaran Rusia yang bernama Duma Negara pula, yang dibentuk sebagai akibat revolusi tahun 1905. Secara formal Duma Negara adalah badan legislatif. Duma Negara I (April–Juli 1906) dan Duma Negara II (Februari–Juni 1907) dibubarkan oleh pemerintah tsar. Dalam Duma Negara Ketiga (tahun 1907–1912) dan Keempat (1912–1917) berdominasi wakil-wakil Seratus Hitam, pemihak otokrasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gedung Duma Negara di Moskwa

Sejarah Duma berawal dari Duma Boyar di masa Rus Kiev, Keharyapatihan Moskwa, serta Kekaisaran Rusia.[2][3] Duma Negara didirikan pada tahun 1905 setelah kekerasan dan pergolakan dalam Revolusi Rusia tahun 1905 dan merupakan parlemen terpilih pertama Rusia. Dua upaya pertama oleh Tsar Nikolai II (1868-1918) untuk mengaktifkannya tidak efektif.

Selanjutnya, masing-masing Duma ini dibubarkan hanya setelah beberapa bulan. Duma ketiga adalah satu-satunya yang bertahan sampai akhir masa jabatan lima tahunnya. Setelah reformasi pemilu 1907, Duma ketiga, yang dipilih pada November 1907, sebagian besar terdiri dari anggota kelas atas, karena pengaruh radikal di Duma hampir seluruhnya telah dihilangkan. Pembentukan Duma setelah Revolusi 1905 adalah untuk menandai perubahan signifikan pada sistem otokratis Kekaisaran Rusia sebelumnya. Selanjutnya, Duma kemudian memiliki pengaruh penting pada sejarah Rusia, karena merupakan salah satu faktor pendukung dalam Revolusi Februari 1917, yang pertama dari dua tahun itu, yang menyebabkan penghapusan otokrasi di Rusia dan penggulingan sang Tsar.

Sejarah terkini[sunting | sunting sumber]

1990-an[sunting | sunting sumber]

Pada pemilihan Desember 1993, partai-partai pro-Yeltsin memenangkan 175 kursi di Duma versus 125 kursi untuk blok kiri. Keseimbangan kekuasaan terletak pada enam puluh empat deputi dari partai ultranasionalis Demokrat Liberal Rusia. Hanya partai-partai yang memenangkan lebih dari lima persen suara yang diberikan kursi daftar partai: delapan melewati ambang batas pada tahun 1993. Selain delapan partai tersebut, kumpulan tiga puluh lima deputi berhak membentuk kelompok terdaftar untuk mencerminkan regional atau kepentingan sektoral. Bisnis diatur oleh komite pengarah, Dewan Duma, yang terdiri dari satu orang dari setiap partai atau kelompok. Tugas yang paling penting adalah membagi posisi ketua di dua puluh tiga komite Duma, yang dilakukan sebagai bagian dari kesepakatan "paket" pembagian kekuasaan.

Terlepas dari kenyataan bahwa Konstitusi Rusia 1993 menyatakan bahwa Duma Negara dipilih selama empat tahun, namun diputuskan untuk memilih Duma Negara pertama selama dua tahun.[4]

Selama paruh kedua tahun 1990-an, Duma menjadi forum penting untuk melobi para pemimpin daerah dan pengusaha yang mencari keringanan pajak dan bantuan legislatif. Pekerjaan komite-komite terkemuka, seperti untuk pertahanan, urusan luar negeri, atau anggaran, menarik banyak perhatian media dan aktivitas lobi.

2000-an[sunting | sunting sumber]

Pada awal 2000-an, setelah pemilihan parlemen 1999, partai pro-presiden Partai Persatuan dan Partai Komunis adalah kekuatan utama di Duma Negara.

Setelah pemilu 2003, sistem partai dominan didirikan di Duma Negara dengan partai Rusia Bersatu yang pro-presidensial. Dalam semua pemilihan berikutnya, Rusia Bersatu selalu menerima suara mayoritas mutlak (lebih dari 226). Setelah pemilu 2007, sistem empat partai dibentuk antara Rusia Bersatu, Komunis, Demokrat Liberal, dan Rusia Berkeadilan. Partai lain tidak bisa mendapatkan cukup suara untuk pergi ke Duma Negara. Baru pada pemilu 2016, dua partai lainnya, Rodina dan Platform Sipil mampu mendapatkan satu kursi.

Pada tahun 2008, setelah mengadopsi amandemen Konstitusi, jangka waktu Duma Negara ditingkatkan dari empat menjadi lima tahun.

2010-an[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, Duma Negara yang terpilih pada tahun 2011 turut ambil bagian dalam mengintegrasikan secara hukum Krimea yang baru saja dicaplok.[5]

Sebuah paparan 2016 oleh Dissernet menunjukkan bahwa satu dari sembilan anggota Duma Negara telah memperoleh gelar akademik dengan tesis secara ilegal karena plagiarisme atau kemungkinan ditulis oleh orang lain.[6] Pada 2018, gedung Duma Negara akan direkonstruksi. Pada Maret 2019 diketahui bahwa perbaikan akan dimulai pada Mei 2019 dan akan berakhir pada September 2020. Selama periode ini, Duma Negara untuk sementara ditempatkan di Gedung Serikat Buruh. Selain itu, konsep ruang konferensi baru, yang berbentuk amfiteater, juga dipresentasikan.[7][8][9]

Menyusul hasil pemilihan 2021, selain empat partai utama, partai Rakyat Baru juga terpilih menjadi Duma Negara. Jadi, untuk pertama kalinya sejak 1999, Duma Negara dengan lima partai dibentuk.[10]

Kekuasaan Duma Negara[sunting | sunting sumber]

Duma Negara memiliki kekuatan khusus yang disebutkan dalam Konstitusi Rusia, yakni:

  • Persetujuan pengangkatan Perdana Menteri Rusia.
  • Mendengar laporan tahunan dari Pemerintah Federasi Rusia tentang hasil kerjanya, termasuk masalah yang diangkat oleh Duma Negara.
  • Memutuskan mosi kepercayaan pada Pemerintah Federasi Rusia.
  • Pengangkatan dan pemberhentian Ketua Bank Sentral Rusia.
  • Pengangkatan dan pemberhentian Ketua dan setengah dari auditor Kamar Akun.
  • Pengangkatan dan pemberhentian Komisaris Hak Asasi Manusia, yang akan bertindak menurut hukum konstitusional federal.
  • Pengumuman amnesti.
  • Mengajukan tuntutan terhadap Presiden Federasi Rusia atas pemakzulannya (memerlukan mayoritas dua pertiga).

Pemilihan[sunting | sunting sumber]

Ketua Duma, Vyacheslav Volodin dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in di Duma Negara, 21 Juni 2018

Kerangka hukum yang digunakan untuk memilih Duma berbeda selama bertahun-tahun.[11][12] Kecuali pemilu parlemen 2007 dan pemilu 2011 sistem voting paralel campuran digunakan untuk memilih Duma. Sistem ini dipulihkan kembali pada bulan Februari 2014 dari sistem perwakilan proporsional daftar partai yang diberlakukan pada tahun 2003 dengan peningkatan ambang batas parlemen sebesar 7% yang kali ini diturunkan menjadi 5%.[13]

Daerah pemilihan[sunting | sunting sumber]

Menurut undang-undang yang diadopsi pada tahun 2014, wilayah Rusia dibagi menjadi daerah pemilihan yang digunakan untuk pemilihan calon tunggal per daerah pemilihan. Namun seluruh Rusia diperlakukan sebagai konstituen tunggal untuk surat suara daftar partai.[14]

Prosedur[sunting | sunting sumber]

RUU dan Hukum[sunting | sunting sumber]

Alat pemungutan suara

Rancangan undang-undang (RUU) Duma Negara diadopsi oleh suara mayoritas dari jumlah total deputi Duma Negara, kecuali jika prosedur lain direncanakan oleh Konstitusi. Semua RUU pertama kali disetujui oleh Duma Negara dan selanjutnya diperdebatkan dan disetujui (atau ditolak) oleh Dewan Federasi.

Relatif sedikit suara panggilan yang telah diterbitkan yang mengidentifikasi suara masing-masing deputi. Suara setiap individu dicatat hanya jika pemungutan suara terbuka dan pemilihan metode elektronik digunakan.[15] Meskipun tidak semua suara secara resmi merupakan suara panggilan, setiap kali seorang deputi memberikan suara secara elektronik, komputer akan mencatat suara masing-masing deputi.[16]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Федеральный закон от 22.02.2014 № 20-ФЗ "О выборах депутатов Государственной Думы Федерального Собрания Российской Федерации"" [Federal Law of 22 February 22, 2014 No. 20-FZ "On the Election of Deputies of the State Duma of the Federal Assembly of the Russian Federation"]. 24 February 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 February 2014. Diakses tanggal 21 June 2020. 
  2. ^ "boyar | Russian aristocrat". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-28. 
  3. ^ "Duma | Encyclopedia.com". www.encyclopedia.com. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  4. ^ "Chapter 9. Constitutional Amendments and Review of the Constitution & Concluding and Transitional Provisions | The Constitution of the Russian Federation". www.constitution.ru. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  5. ^ "History of the State Duma". The State Duma (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-28. 
  6. ^ "The thriving Russian black market in dissertations—and the crusaders fighting to expose the country's fake Ph.D.s." web.archive.org. 2016-12-30. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  7. ^ "В Госдуме показали проект нового зала пленарных заседаний". Недвижимость РИА Новости (dalam bahasa Rusia). 20190307T1552. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  8. ^ Поздеева, Мария (2019-03-07). "Представлены эскизы нового зала заседаний Госдумы". Daily Storm (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2021-10-28. 
  9. ^ "Ремонт зала в Госдуме планируют завершить к сентябрю 2020 года". ТАСС. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  10. ^ "ЦИК утвердил окончательные итоги выборов в Госдуму". Российская газета (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2021-10-28. 
  11. ^ Herszenhorn, David M. (2013-01-02). "Putin Orders Change in Election Rules". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  12. ^ "History of the State Duma". The State Duma (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-28. 
  13. ^ "History of the State Duma". The State Duma (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-28. 
  14. ^ "Federal Law On Elections of Deputies to the State Duma of the Federal Assembly of the Russian Federation" (PDF). 
  15. ^ Chandler, Andrea M. (2004-01-01). Shocking Mother Russia: Democratization, Social Rights, and Pension Reform in Russia, 1990-2001 (dalam bahasa Inggris). University of Toronto Press. ISBN 978-0-8020-8930-4. 
  16. ^ Ostrow, Joel M. (2000). Comparing post-Soviet legislatures : a theory of institutional design and political conflict. Internet Archive. Columbus, OH : Ohio State University Press. ISBN 978-0-8142-0841-0.