Partai Komunis Federasi Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Partai Komunis Federasi Rusia
Коммунистическая партия Российской Федерации
PemimpinGennady Zyuganov
Didirikan14 Februari 1993
Kantor pusatMoskwa, Rusia
IdeologiKomunisme, Marxisme–Leninisme, patriotisme sosialis
Afiliasi internasionalUni Partai Komunis — Partai Komunis Uni Soviet
Warna resmiMerah
Kursi di Duma Negara
92 / 450
Kursi di Parlemen Regional
460 / 3.787
Situs web
http://kprf.ru/

Partai Komunis Federasi Rusia atau PKFR (bahasa Rusia: Коммунистическая партия Российской Федерации, Kommunisticheskaya partiya Rossiyskoy Federatsii; disingkat КПРФ, KPRF) adalah partai komunis di Federasi Rusia. Partai ini sering dianggap sebagai penerus Partai Komunis Uni Soviet yang dilarang oleh Boris Yeltsin pada tahun 1991.

Pendirian partai ini dilakukan pada Kongres Luar Biasa Komunis Rusia II pada tanggal 14 Februari 1993 sebagai penerus Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia. Wilayah yang menjadi basis pendukung partai ini di Federasi Rusia disebut "Sabuk Merah" (bahasa Rusia: Красный пояс, Krasnyiy poyas).

Tujuan utama PKFR adalah membangun "sosialisme baru" di Rusia. Adapun tujuan jangka pendeknya antara lain mengantarkan "kekuatan patriotik" untuk berkuasa serta nasionalisasi sumber daya mineral dan sektor-sektor ekonomi strategis lainnya sembari tetap mempertahankan keberlangsungan usaha kecil dan menengah serta kebijakan sosial. Sejak pendiriannya, partai ini selalu beroposisi dengan pemerintah.

PKFR merupakan partai politik terbesar kedua di Federasi Rusia setelah Rusia Bersatu. Partai ini dikendalikan oleh Komite Pusat. Organisasi kepemudaannya disebut Komsomol Leninis Federasi Rusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • KPRF Ideology and Its Implications for Democratization in Russia oleh Syed Mohsin Hashim dalam "Communist and Post-Communist Studies" Volume 32, Edisi 1, Maret 1999, hlm. 77–89

Pranala luar[sunting | sunting sumber]