Muhammad Yunus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Muhammad Yunus

Muhammad Yunus (bahasa Bengali: মোহাম্মদ ইউনুস), lahir di Chittagong, East Bengal, kini Bangladesh, 28 Juni 1940; umur 73 tahun) adalah seorang bankir dari Bangladesh yang mengembangkan konsep kredit mikro, yaitu pengembangan pinjaman skala kecil untuk usahawan miskin yang tidak mampu meminjam dari bank umum. Yunus mengimplementasikan gagasan ini dengan mendirikan Grameen Bank. Ia juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XII 2001.

Ia terpilih sebagai penerima Penghargaan Perdamaian Nobel (bersama dengan Grameen Bank) pada tahun 2006.

Muhammad Yunus (Chittagonian, Bengali: মুহাম্মদ ইউনুস, diucapkan Muhammôd Iunus; lahir 28 Juni 1940) adalah seorang ekonom Bangladesh dan pendiri Grameen Bank, sebuah lembaga yang menyediakan kredit mikro (kredit kecil untuk rakyat miskin yang memiliki jaminan tidak) untuk membantu klien membangun kredit dan keuangan swasembada. Pada tahun 2006 Yunus dan Grameen menerima Hadiah Nobel Perdamaian "untuk usaha mereka melalui kredit mikro untuk menciptakan pembangunan ekonomi dan sosial dari bawah".

Yunus telah menerima beberapa penghargaan nasional dan internasional lainnya.Dia adalah anggota dewan penasihat di Shahjalal Universitas Sains dan Teknologi. Sebelumnya, dia adalah seorang profesor ekonomi di Chittagong University di mana ia mengembangkan konsep kredit mikro dan keuangan mikro. Pinjaman ini diberikan kepada pengusaha terlalu miskin untuk memenuhi syarat untuk kredit bank tradisional. Dia adalah penulis Banker pada buku Miskin dan dua di Model Bisnis Sosial, dan anggota dewan pendiri Grameen Amerika dan Grameen Foundation. Grameen Intel hanyalah salah satu dari ratusan kemitraan publik dan swasta sekarang dimediasi melalui Pemuda dan Yunus. Pada awal tahun 2007 Yunus menunjukkan minat dalam peluncuran sebuah partai politik di Bangladesh bernama Nagorik Shakti (Power Citizen), namun kemudian dibuang rencana. Dia adalah salah satu anggota pendiri Sesepuh Global.

Yunus juga sebagaidewan direksi dari United Nations Foundation, sebuah badan amal publik diciptakan pada tahun 1998 dengan pengusaha dan bersejarah dermawan Ted Turner senilai $ 1 miliar hadiah untuk mendukung penyebab PBB. Yayasan PBB membangun dan mengimplementasikan kemitraan publik-swasta untuk mengatasi masalah dunia paling mendesak, dan memperluas dukungan bagi PBB.

Pada bulan Maret 2011, setelah berbulan-bulan serangan pemerintah, pemerintah Bangladesh kontroversial dipecat Yunus dari jabatannya di Grameen Bank, dengan alasan pelanggaran hukum dan batas usia pada posisinya [3] Pengadilan Tinggi Bangladesh menegaskan penghapusan pada tanggal 8 Maret.. Yunus dan Grameen Bank yang menarik keputusan, mengklaim penghapusan Yunus itu bermotif politik.

Profesor Yunus dipilih oleh Wharton School of Business untuk film dokumenter PBS, sebagai salah satu 'The 25 Orang Paling Berpengaruh Bisnis dari 25 Tahun Terakhir' Pada tahun 2006, majalah Time terdaftar dia di bawah "60 tahun Pahlawan Asia" sebagai satu. dari 12 pemimpin puncak bisnis Pada tahun 2008., dalam sebuah polling online terbuka, Yunus terpilih sebagai orang intelektual 2 paling atas di dunia dalam daftar Top 100 Intelektual Publik dari Majalah Prospek (Inggris) dan Kebijakan Luar Negeri (Amerika Serikat)

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]