Anna Politkovskaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anna Politkovskaya

Anna Stepanovna Politkovskaya (Bahasa Rusia: Анна Степановна Политковская; New York City, Amerika Serikat, 1958Moskwa, 7 Oktober 2006) adalah seorang jurnalis Rusia. Ia terkenal akan kritiknya terhadap pemerintahan Vladimir Putin.

Terlahir dengan nama Anna Mazepa, Politkovskaya adalah lulusan Universitas Negeri Moskwa dalam bidang jurnalisme dan memulai kariernya di harian Izvestia. Dari 1999 hingga 2006, ia bekerja di surat kabar Novaya Gazeta. Ia pernah menerbitkan beberapa buku mengenai Chechnya dan rezim Putin.

Pada November 1999 ia mengorganisir evakuasi 89 pasien Grozny Nursing Home dari zona perang dan membantu mereka untuk menetap di beberapa wilayah Rusia.

Pada Oktober 2002 Politkovskaya terlibat dalam menegosiasikan pembebasan para sandera dalam kasus penyanderaan di gedung teater Moskwa. Saat terjadi krisis penyaderaan di sebuah sekolah di Beslan pada 2004, Politkovskaya secara misterius mengalami keracunan setelah meminum teh dalam penerbangan menuju Beslan untuk membantu para negosiator.

Politkovskaya ditemukan telah mati ditembak di apartemennya pada 7 Oktober 2006.

Putin pernah berjanji untuk menginvestigasi kematiannya, namun ia juga berkata bahwa Politkovskaya hanyalah figur yang tidak terlalu berpengaruh. Namun, pernyataan itu terbantahkan dengan hadirnya ribuan pelayat pada hari pemakamannya, termasuk beberapa diantaranya adalah diplomat, jurnalis dan warga Moskwa.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • ^ "Anna Politkovskaya Biography - life, family, childhood, children, parents, name, story, death, history, school". www.notablebiographies.com. Diakses tanggal 2019-09-03.