Diosdado Macapagal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Diosdado Macapagal
Presiden Filipina ke-9
Masa jabatan
30 Desember 1961 – 30 Desember 1965
Wakil Presiden Emmanuel Pelaez (1961-1965)
Didahului oleh Carlos Garcia
Digantikan oleh Ferdinand Marcos
Wakil Presiden Filipina ke-6
Masa jabatan
30 Desember 1957 – 30 Desember 1961
Presiden Carlos Garcia
Didahului oleh Fernando Lopez
Digantikan oleh Emmanuel Pelaez
Anggota DPR dari Pampanga di disrik 1
Masa jabatan
1947–1957
Didahului oleh Amado Yuzon
Digantikan oleh Francisco Nepomuceno
Informasi pribadi
Lahir 28 September 1910
Lubao, Filipina
Meninggal 21 April 1997 (umur 86)
Makati City, Filipina
Partai politik Partai Liberal
Suami/istri Purita de la Rosa (1938–1943)
Eva Macaraeg (1946–1996)
Anak Cielo
Arturo
Gloria
Diosdado
Alma mater Universitas Filipina
Universitas Santo Tomas
Profesi Pengacara
Profesor
Agama Katolik Roma
Tanda tangan

Diosdado Pangan Macapagal (lahir di Lubao, Pampanga , 28 September 1910 – meninggal di Makati City, Metro Manila, 21 April 1997 pada umur 86 tahun) adalah politikus Filipina. Ia menjabat sebagai Presiden Filipina ke-9 dan presiden kelima dari republik ketiga. Ia terpilih pada tahun 1961 untuk menggantikan Presiden Carlos P. Garcia. Jabatannya berakhir pada 1965 ketika ia dikalahkan oleh Presiden Ferdinand Marcos. Ia dijuluki "Orang Jujur" (The Incorruptable). Presiden Gloria Macapagal-Arroyo yang menjabat sebagai Presiden Filipina sejak tahun 2001 adalah anak perempuan dari istri keduanya.

Awal hidup dan karier[sunting | sunting sumber]

Macapagal lahir di Lubao, Pampanga dari sebuah keluarga miskin, Urbano Macapagal dan Romana Pangan. Ia lulus terbaik dari SD Lubao dan lulus kedua terbaik dari SMA Pampanga. Meskipun keluarganya miskin, berkat bantuan Menteri Dalam Negeri saat itu Honorario Ventura, ia belajar ilmu hukum di Universitas Santo Tomas. Ia berhasil meraih gelar Doktor dalam Hukum Sipil dan Ph.D. dalam ilmu ekonomi di universitas yang sama.

Ia mendapat gelar hukumnya pada 1936. Ia kemudian bekerja sebagai pengacara untuk sebuah perusahaan Amerika di Manila dan menjadi asisten hukum Presiden Manuel L. Quezon. Pada masa pendudukan Jepang selama Perang DuniaII, Macapagal membantu satuan-satuan anti Jepang dan menjadi penghubung intelijen dengan gerilyawan AS. Pada saat itulah istri pertamanya meninggal dunia karena kekurangan gizi. Ia kemudian menikah dengan Evangelina Macaraeg, ibu dari Presiden Gloria Macapagal Arroyo.

Pada tahun 1948, ia menjadi sekretaris dua di Kedutaan Filipina di Washington, DC. Pada tahun 1949, ia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan dan menjabat hingga 1956. Pada saat itu pula ia tiga kali menjadi wakil Filipina di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa

Pada tahun 1957, sebagai anggota Partai Liberal, ia menjadi wakil presiden di bawah Presiden Carlos Garcia dari Partai Nacionalista.

Kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Potret resmi Presiden Macapagal yang dikeluarkan oleh istana Malacañang

Macapagal terpilih sebagai presiden pada tahun 1961 oleh sebuah koalisi antara liberal dan progresif, serta mengalahkan upaya pemilihan kembali Carlos P. Garcia. Ia memusatkan perhatiannya pada upaya-upaya membasmi korupsi dalam pemerintahan. Dalam usahanya untuk merangsang perkembangan ekonomi, ia menerima nasihat dari pendukung-pendukungnya yang kaya dan membiarkan mata uang peso Filipina mengambang dengan mengikuti pasar pertukaran valuta. Kebijakan ini menguras jutaan peso setiap tahunnya dari perbendaharaan negara selama masa pemerintahannya. Upaya-upaya pembaruannya dihalangi oleh Nacionalista, yang mendominasi Dewan Perwakilan dan Senat pada waktu itu. Namun demikian, rata-rata tingkat pertumbuhan PDB di masa kepresidenan Macapagal adalah 5,15%.

Pada 1962, ketika Amerika Serikat menolak untuk terakhir kalinya klaim-klaim keuangan Filipina atas kehancuran yang ditimbulkan oleh pasukan-pasukan Amerika selama Perang Dunia II, Macapagal mengubah perayaan resmi Hari Kemerdekaan dari 4 Juli (hari ketika AS memberikan kemerdekaan Filipina pada 1946) menjadi 12 Juni (tanggal ketika Emilio Aguinaldo mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol pada 1898). Macapagal mengklaim bahwa waktu keputusan untuk mengubah Hari Kemerdekaan Filipina tidaklah didasarkan pada kebencian kepada AS, melainkan lebih sebagai keputusan hukum tentang waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada masa jabatannya, Macapagal juga mengambil keputusan untuk mengakui José P. Laurel, yang dijadikan Presiden Filipina oleh tentara pendudukan Jepang, sebagai presiden resmi negara itu. Sebelum itu, rezim Laurel tidak diakui oleh pemerintahan-pemerintahan Filipina setelah Perang Dunia II, karena dianggap tidak mempunyai status hukum apapun.

Pada 1965, ia dikalahkan dalam pemilu presiden oleh Ferdinand Marcos yang menang besar atasnya. Marcos membangun koalisi konservatif untuk menghalangi pembaruan-pembaruan Macapagal.

Pasca-jabatan sebagai Presiden[sunting | sunting sumber]

Diosdado Macapagal dalam uang kertas 200 peso.

Pada 1971, Macapagal terpilih sebagai presiden konvensi konstitusional yang merancang apa yang kelak menjadi Konstitusi 1973.

Pada 1979 Macapagal membentuk Uni Nasional untuk Pembebasan untuk menentang rezim Marcos.

Setelah pensiun, Macapagal banyak membaca dan menulis. Ia menulis sejumlah buku, dan menulis sebuah kolom mingguan untuk surat kabar Manila Bulletin.

Diosdado Macapagal meninggal dunia karena gagal jantung, radang paru-paru dan komplikasi ginjal di Makati Medical Center pada 21 April 1997. Ia dikebumikan di Libingan ng mga Bayani.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Setelah nama Diosdado Macapagal:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Zaide, Gregorio F. (1984). Philippine History and Government. National Bookstore Printing Press. 
Kursi majelis
Didahului oleh:
Amado Yuzon
Anggota DPR dari Pampanga di disrik 1
1947–1957
Diteruskan oleh:
Francisco Nepomuceno
Jabatan politik
Didahului oleh:
Carlos Garcia
Wakil Presiden Filipina
1957–1961
Diteruskan oleh:
Emmanuel Pelaez
Presiden Filipina
1961–1965
Diteruskan oleh:
Ferdinand Marcos
Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Eugenio Perez
Presiden Partai Liberal
1957–1961
Diteruskan oleh:
Ferdinand Marcos