Rodrigo Duterte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
  1. ALIH Templat:Kotak info pemegang jabatan

Rodrigo "Rody" Roa Duterte[1] (lahir 28 Maret 1945; umur 73 tahun), yang berjuluk Digong, adalah seorang politikus dan pengacara Filipina keturunan Visayan. Duterte adalah salah satu walikota yang paling lama menjabat di Filipina dan merupakan walikota Kota Davao, sebuah kota yang sangat tinggi urbanisasinya di pulau Mindanao, selama 7 masa jabatan, dengan total lebih dari 22 tahun. Ia juga menjabat sebagai wakil walikota dan anggota kongres di kota tersebut.

Pada 21 November 2015, Duterte mendeklarasikan pengkandidatannya untuk Presiden Filipina dalam pemilihan 2016.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Duterte lahir pada 28 Maret 1945 di Maasin, Leyte, Persemakmuran Filipina[2] dari pengacara Cebuano Vicente G. Duterte, yang menjabat sebagai Gubernur (pada waktu itu belum dibagi) Davao dan Soledad Roa, yang berasal dari Cabadbaran, Agusan yang merupakan guru sekolah dan pemimpin civic. Ayah Duterte, Vicente, sebelumnya menjadi gubernur provinsi Davao, yang sesekali menjadi walikota Danao di Cebu. Sepupu Rodrigo, Ronald, di sisi lain, menjabat sebagai walikota Kota Cebu dari 1983 sampai 1986. Ayah Ronald, Ramon Duterte, juga memegang jabatan tersebut dari 1957 sampai 1959. Keluarga Duterte dianggap menjadi keluarga politik dari klan Durano dan Almendras sebagai kekerabatan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Personal Data from i-site.ph. URL terakhir diakses pada 2006-10-14.
  2. ^ Lopez, Alexander (11 May 2015). "Duterte returns home on Mother's Day". Manila Bulletin. Diakses tanggal 8 February 2016. 
  3. ^ 17 Things You Didn’t Know About Rodrigo Duterte - FilipiKnow.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]