Rama Navami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Rama Navami (Devanagari: राम नवमी) adalah festival Hindu, merayakan kelahiran Rama sebagai putra Raja Dasarata dan Ratu Kausalya dari Ayodhya.[1][2] Rama adalah inkarnasi ke-7 dari Dasawatara Wisnu. Bertahun-tahun kemudian Rama menikah dengan Sinta pada Vivaha Panchami. Pernikahan suci Dewi Sinta dengan Rama diadakan pada Margashirsha Shukla Panchami menurut Ramayana tulisan Walmiki (kesempatan ini dikenal sebagai Seetha Kalyanam). Festival Rama Navami jatuh di Shukla Paksha pada hari Navami, hari kesembilan bulan Chaitra dalam kalender Hindu. Oleh karena itu juga dikenal sebagai Chaitra Masa Suklapaksha Navami, dan menandai akhir dari sembilan hari perayaan Chaitra-Navratri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam epik Ramayana, Dasaratha, Kaisar dari Ayodhya, memiliki tiga istri bernama Kausalya, Sumitra dan Kaikeyi dalam Treta Yuga, yang mengikuti Satya Yuga dan digantikan oleh Dwapara Yuga. Khawatir mereka yang terbesar adalah bahwa mereka tidak punya anak, sehingga mereka tidak punya pewaris tahta di Ikshvaku Kula atau kerajaan keturunan besar, saleh, Kaisar indah. Rishi Vasistha menyarankan dia untuk melakukan Puthra Kamesti Yagna, melalui mana ia dapat memiliki anak yang diinginkan. Dia juga memberitahu dia untuk mengundang Maharshi Rishyasringa untuk melakukan yagna ini untuknya. Kaisar Dasaratha persetujuan dan kepala ke ashram Maharshi Rishyasringa, untuk mengundangnya. Maharshi setuju dan menyertai Kaisar Dasaratha ke Ayodhya (Ibukota Avadha) dan melakukan yagna tersebut.Sebagai hasil dari yagna ini, Yagneshwara muncul dan memberikan Dasaratha semangkuk puding ilahi (Khidir / payasam) dan meminta dia untuk memberikannya kepada istri-istrinya.Dasaratha memberikan satu setengah payasam kepada istri tua nya Kausalya, dan setengah yang lain untuk istri Kaikeyi mudanya. Mereka berdua memberikan setengah dari porsi mereka untuk Sumitra. Setelah beberapa hari ketiga ratu tersebut hamil.Pada hari kesembilan (Navami) dari Chaithra Masa (bulan pertama dalam kalender Weda), pada siang hari Kausalyaa melahirkan Rama, Kaikeyi melahirkan Bharata, dan Sumitra anak laki-laki kembar, Laksmana dan Shatrughna.Rama adalah inkarnasi ketujuh Wisnu, yang mengambil kelahiran dengan kehendak-Nya sendiri, pada Bhuloka (Bumi) ketika aturan Adharma atas Dharma. Ia melindungi semua pengikutnya dengan menaklukkan akar Adharma. Rama memutuskan untuk menjelma untuk menghancurkan Asura atau orang dengan membentuk setan dan jahat, yang disebut Rahwana.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ram Navami BBC.
  2. ^ Sri Ram Navami VedaDharma (Hindu) and Muhammadan festivals, John Murdoch. Asian Educational Services, 1991. ISBN 81-206-0708-2. Hlm. 47