Guyana Prancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Région Guyane
Bendera Guyana Prancis
(Bendera Prancis) Logo Region
Letak
Peta Prancis memperlihatkan Region Guyana Prancis
Administrasi
Ibu kota Cayenne
Presiden Regional Antoine Karam
Arondisemen 2
Kanton 19
Komune 22
Statistik
Luas1 [[1 E{{{area_scale}}} m²|83.534 km²]]
Penduduk (Peringkat {{{population_rank}}})
 - perkiraan 1 Januari 2010 215.036
 - sensus 8 Maret 1999 157.213
 - Kepadatan (2005) 2,3/km²
1 Menurut data pendaftaran tanah Prancis, tidak termasuk danau, kolam, dan glasier yang lebih besar dari 1 km² serta muara sungai.
Prancis

Guyana (atau Guiana) Prancis (bahasa Prancis: Guyane) adalah sebuah département luar negeri (département d'outre-mer/DOM) Prancis di pesisir Karibia, Amerika Selatan. Guyana Prancis berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah utara, Brasil di timur dan selatan, dan Suriname di barat.

Dengan luas daratan 83.534 km2, Guyana Prancis adalah region terbesar kedua di Prancis (lebih dari sepertujuh luas Prancis Metropolitan) dan wilayah terluar terbesar di Uni Eropa. Guyana Prancis memiliki kepadatan penduduk yang sangat rendah, dengan hanya 3,5 penduduk per kilometer persegi. Setengah dari 294.436 penduduknya pada tahun 2022 tinggal di wilayah metropolitan Cayenne. 98,9% wilayah daratan Guyana Prancis ditutupi oleh hutan, sebagian besar adalah hutan hujan primer. Taman Nasional Amazon Guyana, yang merupakan taman nasional terbesar di Uni Eropa, mencakup 41% wilayah Guyana Prancis.

Sejak Desember 2015, baik wilayah maupun departemen telah diperintah oleh satu majelis dalam kerangka kolektivitas teritorial baru, Kolektivitas Teritorial Guyana Prancis. Majelis Guyana Prancis menggantikan bekas dewan regional dan dewan departemen yang dibubarkan. Majelis Guyana Prancis bertanggung jawab atas pemerintahan regional dan departemen. Presidennya adalah Gabriel Serville.

Terintegrasi penuh di Republik Prancis sejak 1946, Guyana Prancis adalah bagian dari Uni Eropa, dan mata uang resminya adalah euro. Sebagian besar ekonomi Guyana Prancis bergantung pada pekerjaan dan bisnis yang terkait dengan keberadaan Pusat Antariksa Guyana, yang sekarang menjadi situs peluncuran utama Badan Antariksa Eropa di dekat khatulistiwa. Seperti di tempat lain di Prancis, bahasa resminya adalah bahasa Prancis, tetapi setiap komunitas etnis memiliki bahasanya sendiri, di mana bahasa Kreol Guyana Prancis , bahasa kreol berbasis Prancis, adalah yang paling banyak digunakan. Guyana Prancis adalah satu-satunya wilayah di wilayah kontinental baik di Amerika Utara atau Amerika Selatan yang berada di bawah kedaulatan negara Eropa, apalagi terintegrasi penuh dalam negara Eropa.

Perbatasan antara Guyana Prancis dan Brasil adalah perbatasan darat terpanjang yang dimiliki Prancis dengan negara lain, serta salah satu dari hanya dua perbatasan yang dimiliki Prancis dengan negara-negara non-Eropa, yang lainnya adalah perbatasan dengan Suriname di barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Guyana Prancis berisi orang orang pribumi: Kalina, Arawak, Galibi, Palikur, Emerillon dan pertama kali dihuni oleh orang Prancis tahun 1604, Guyana Prancis telah menjadi koloni Prancis sejak abad ke 18. Guyana Prancis sempat diambil oleh Portugis-British pada tahun 1806 dan dikembalikan pada tahun 1814, tetapi Portugis tetap menaruh pasukan disana hingga tahun 1817. Guyana Prancis terkenal sebagai hunian para pelanggar hukum (lihat Pulau Setan) hingga 1951. Wilayah ini kemudian berstatus département luar negeri Prancis pada 19 Maret 1946.

Politik[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian integral Prancis, Guyana Prancis — dengan wilayah terbesar di luar Eropa — termasuk dalam Uni Eropa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]